Semboyan35 Indonesian Railfans

Full Version: All About Harina (Diskusi, Formasi)
You're currently viewing a stripped down version of our content. View the full version with proper formatting.

kalo sekarang mungkin udah >200rb ya mas, jadi ternyata emang udah lama KA ini jadi pilihan alternatif ya?
liburan sekolah gini apa ada wacana Harina Pagi bakal dijalankan lagi ?
soalnya tadi liat sekitar jam 2-an ngelewat rangkaian nya harina pake lok DIPO SMC ke arah bandung
pas Harina Pagi masih jalan, emang biasanya Harina yg dari semarang masuk di Purwakarta sekitar jam 2-an
kalo Gopar kan kyknya ga ada ya yg jam segitu dari gambir ? CMIIW
^^
Gopar tambahan itu, pake lok CC20329.

Out of Topic ʕ•́ᴥ•̀ʔっ

di dalamnya ada master ambulakral itu, wakakakakak






udah beli untuk mudik 15 agustus, dari CKP-SMT.....

Ngeledek

Gopar tambahan itu blm ada rencana harina pagi lagi kayak e
entah nanti kalau lebaran Wek
[spoiler=KA Harina Pagi Direncanakan Dibuka Kembali]

Rabu, 18/07/2012 08:16 WIB
Angling Adhitya Purbaya - detikNews


Semarang, Kereta Api (KA) Harina Pagi rute Semarang-Bandung dan sebaliknya sudah dilikuidasi sejak November 2011 lalu. Namun baru-baru ini kereta yang dulunya berangkat setiap pukul 08.30 WIB tersebut mulai dikaji lagi keaktifannya.

"Tahun 2011 lalu KA Harina Pagi dilikuidasi bersamaan dengan KA Rajawali Siang," kata Humas PT KA Daerah Operasi (Daops) IV Semarang, Sapto Hartoyo, di sela perjalanannya dari Bandung menuju Semarang menggunakan KA Harina Malam, Rabu (18/7/2012) pagi.

Harina Pagi ditutup karena minim peminat. Padahal tujuan awal kereta yang menggantikan KA Mahesa tersebut untuk meningkatkan potensi wisata dan bisnis di kedua daerah baik Semarang maupun Bandung.

"Tingkat okupansinya rendah dan hal itu tidak sesuai dengan biaya operasionalnya. Tapi jika dilihat pada KA Harina Malam tingkat antusiasnya meningkat, kemungkinan KA Harina Pagi bisa dibuka lagi," terang Sapto.

Sementara itu Kepala Humas PT KA Daops II Bandung Bambang S Prayitno saat pertemuan dengan rombongan Daops IV di Balai Pelatihan Sinyal, Telekomunikasi dan Listrik, Bandung, Selasa (17/7) lalu mengatakan, selama lima bulan sejak dibuka, KA Harina Pagi tidak pernah mengangkut penumpang lebih dari 50 persen dari kapasitas.

"Dari kapasitas sebanyak 300 penumpang, rata-rata KA Harina Pagi mengangkut penumpang di bawah 50 persen," katanya.

Namun setelah meilhat antusiasme pengguna layanan KA Harina Malam yang semakin meningkat, baik Daops IV atau Daops II berencana untuk membuka lagi KA Harina Pagi.

"Untuk hari biasa, pengguna KA Harina Malam adalah 60-70 persen, sedangkan untuk weekend atau hari libur, bisa mencapai 100 persen.

Meski demikian, menurut Bambang, untuk melihat tingkat antusias pengguna KA Harina Pagi nantinya butuh waktu yang lama. "Seperti pada KA Agrowilis jurusan Bandung-Surabaya yang diawal sepi peminat, namun lama kelamaan antusiame semakin tinggi bahkan menjadi KA favorit," tandasnya.

Saat ini rencana dibukanya kembali KA Harina Pagi masih dalam proses pengkajian dan pengamatan untuk peminat rute Semarang-Bandung atau sebaliknya.

"Nanti diadakan kuesioner lalu dikaji. Kemungkinan KA Harina Pagi akan dibuka kembali," imbuh Sapto.

KA Harina Pagi akan dibuka untuk angkutan umum, wisata, atau pun angkutan barang. Diharapkan dengan dibukanya kembali kereta tersebut, nantinya bisa menjadi penghubung yang lebih efisien kedua kota dari segi bisnis dan wisata karena waktu tempuh yang lebih cepat.

(alg/mok)


[/spoiler]

Mengutip potongan paragraf berikut:

Meski demikian, menurut Bambang, untuk melihat tingkat antusias pengguna KA Harina Pagi nantinya butuh waktu yang lama. "Seperti pada KA Agrowilis jurusan Bandung-Surabaya yang diawal sepi peminat, namun lama kelamaan antusiame semakin tinggi bahkan menjadi KA favorit," tandasnya.

Kenapa saat itu tidak dicoba dipertahankan dulu? Padahal kan saat itu KA Harina Pagi baru beroperasi kurang lebih 6-7 bulan?

Padahal kan gak bener-bener sepi, mereka tidak memperhitungkan secara akurat yg berangkat dari/ke Cirebon yg setengah jalan...

Ya berharap saja, setelah dioperasikan kembali, okupansinya bisa lebih baik, sehingga pemberhentian dini tidak perlu terulang lagi...
dulu gampang banget dapat tiket KA ini (pagi ataupun malam), tapi sekarang agak susah, kemarin (sekitar bulan juni 2012) aja niat mau beli untuk lebaran ud ga dapat. padahal kan murah banget nih KA. untuk Exe 250.000, bisnis 160.000. murah kan? ini tarif untuk lebaran loh.

OMG :v Harina Pagi hidup lagi... Big Grin

Btw, pakai rangkaian siapa ya ? BD udah pas, SMC juga. Selain itu, masih ada KA Rajawali yang menjadi tanggung jawab rangkaian Harina.
Apa kembali ke kayak dulu ya ? Kaligung Mas punya sendiri, Harina punya sendiri, dan Rajawali punya sendiri.

OMG :v Harina Pagi hidup lagi... Big Grin

Btw, pakai rangkaian siapa ya ? BD udah pas, SMC juga. Selain itu, masih ada KA Rajawali yang menjadi tanggung jawab rangkaian Harina.
Apa kembali ke kayak dulu ya ? Kaligung Mas punya sendiri, Harina punya sendiri, dan Rajawali punya sendiri.
[/quote]

wkwkwkw tiketnya bakal makin naik...soale banyak mengkaji molo dan terburu2 dapat untung :v

Dulu masih roling Lal. Justru yang sekarang punya rangkean sendiri2. Kalau dulu kang kaligung mas siang blm ada. msh satu trip PP. berangkat TG jam 5 nyampe semarang jam 8 dan berubah jd rajawali ke sbi.
serta harinanya sampe d Semarang jam stg 5 dan berangkat lg ke BD jam stg 7.

nah kalau kondisi sekarang harina sampe semarang istirahat dan jam stg 9 pagi menjadi rajawali. Dan back semarang malam dan berubah jd harina lagi k BD.
sementara kaligungnya punya rangkean sendiri. Berangkat jam 5 dr TG nyampe semarang jam 8 dan stg 9 balik lg ke TG dan sorenya ke semarang lg dan ke TG lagi. jadi ga bisa digunakan untuk rangkean harina Siang.

Sementara rangkean harina yang dinepin di BD yang biasa jd GOPAR tambahan. Sepertinya rada susah karena cm ada satu rangkean. :v.

Sementara di daop 4 jumlah rangkean k1 sepertinya ga banyak. Apa lg k1nya banyak dibawa sindoro ama muria.
cadangannya cm 1-3 kereta sisa untuk k1.

Sindoro ma muria biasa bawa 6-7k1
Harina/Rajawali bawa 3-4 k1
xgungmas bawa 1-2k1
sisanya cm 1-2 k1lah...dan kadang jg ini d pake ama sindoro dan muria
blm BP dan KMnya....

justru yang banyak di SMC/T itu kereta k3nya
sekarang bayangin aja....kalau siang hari ada set k3 sebagai berikut:
1 set rangkean twangjaya
1 set rangkean eks Feeder Bonjonegoro
1 set rangkean cadangan TJ (eks Feeder Cepu)
kali ini setnya Eks cepu mau di retro jd eksa or eko ac mgkn Wek biar armadanya nambah Ngakak

atau harina siangnya pake kelas ekonomi ekspress aja hahahhaha