23-08-2009, 11:53 AM
saya dapet info dari mbah wiki, tgv satu set menyedot daya antara 6500-12500 kw. yang paling gede itu eurostar (12500 kw). paling irit yang atlatique. kalo thallys pbka 8800kw. gak tahu kalo yang agv brapa nyedot listriknya.
tinggal dihitung aja berapa rangkaian yang beroperasi, segitulah kira2 daya listrik yang dibutuhkan.
trus kalo di eropa sana, harga bbmnya selangit. pajaknya aja sampe 30%. makanya mereka lebih mengutamakan energi listrik yang lebih murah. udah gitu, disana namanya pltn buanyak banget.
kalo di sini, selama bbm masih murah, pilihan elektrifikasi kayaknya berat juga.
tinggal dihitung aja berapa rangkaian yang beroperasi, segitulah kira2 daya listrik yang dibutuhkan.
trus kalo di eropa sana, harga bbmnya selangit. pajaknya aja sampe 30%. makanya mereka lebih mengutamakan energi listrik yang lebih murah. udah gitu, disana namanya pltn buanyak banget.
kalo di sini, selama bbm masih murah, pilihan elektrifikasi kayaknya berat juga.
"Train approaching! Please remain behind yellow line!"





yang tahap pembangunanya dimulai pada tahun 2011 nanti. Saya mohon teman2 memberitahukan apa benar dah dipersiapkan lahan untuk track ini, dll.



lha loko C1/C3/C4 aja cuman 100km/jam taspatnya wakakak kabuuuur
![[Image: a2vric.jpg]](http://i41.tinypic.com/a2vric.jpg)