Posts: 2,217
Threads: 0
Joined: Sep 2009
Reputation:
25
Quote:Layani wisatawan, PG Gondang Baru siap luncurkan kereta uap Gendismanis
29 April 2010
Klaten (Espos)--Pabrik Gula (PG) Gondang Baru, Klaten bersiap meluncurkan kereta uap Gendismanis Gondangwinangun guna melayani wisatawan yang ingin mengunjungi warisan cagar budaya ini.
Administratur PG Gondang Baru, Hanung Tri Hutomo kepada Espos, Kamis (29/4), mengungkapkan kereta uap Gendismanis Gondangwinangun itu rencananya akan diluncurkan pada saat upacara Tebu Temanten yang akan digelar pada tanggal 15 Mei mendatang.
Menurutnya, diluncurkannya kereta uap Gendismanis Gondangwinangun itu akan menambah sarana wisata yang sebelumnya ditawarkan antara lain Museum Gula, taman bermain, rest area, bangunan bersejarah, dan lain-lain. “Melaui kereta uap ini, wisatawan nanti bisa mengelilingi komplek PG Gondang Baru untuk melihat langsung bagaimana proses produksi tebu dengan menggunakan peralatan kuno, mengamati jenis bangunan kuno, melihat koleksi di dalam Museum Gula, dan lain-lain,†ujar Hanung.
Hanung menjelaskan, pada masa kejayaan PG Gondang Baru, kereta uap bermerek Orenstein & Koppel ini biasa digunakan untuk mengangkut tebu dari sejumlah kebun menuju pabrik. Kereta uap buatan Berlin, Jerman pada 1931 itu sempat mangkrak karena alat pengangkut tebu sudah bergeser ke jenis angkutan truk. Dia menceritakan, upaya perbaikan kereta uap itu sudah dimulai pada bulan November 2009 lalu. Hingga kini, kereta itu mempunyai satu unit gerbong berukuran besar dan tiga unit gerbong berukuran kecil.
“Satu gerbong yang besar mampu mengangkut sebanyak 20 orang. Sementara satu gerbong kecil bisa mengangkut sebanyak 12 orang,†papar dia.
http://www.solopos.com/2010/klaten/layan...anis-20130
ada yang punya pictnya?
.
Posts: 1,813
Threads: 0
Joined: Mar 2010
Reputation:
23
kalau g salah itu udh dibahas di threat mblusukan ya?
lok-nya itu adl D 8, 0-8-0T buatan Orenstein & Koppel (12262/1932) dan sebenarnya hijrahan dari PG Rendeng.
ini foto lokomotifnya
Posts: 619
Threads: 0
Joined: Aug 2009
Reputation:
10
sayang jalur yg ke kebun tebu dah dicabutin
Posts: 1,091
Threads: 0
Joined: Oct 2009
Reputation:
10
01-05-2010, 11:37 AM
(This post was last modified: 01-05-2010, 11:37 AM by fun_plano.)
Picnya pliss...hayo temen2 yang ada di klaten ne...biar kita yang jauh dari sono bisa menikmati...Ane harap program ini bisa diikuti PG2 yang laen...
Posts: 3,300
Threads: 0
Joined: Oct 2009
Reputation:
38
(01-05-2010, 11:37 AM)fun_plano Wrote: Picnya pliss...hayo temen2 yang ada di klaten ne...biar kita yang jauh dari sono bisa menikmati...Ane harap program ini bisa diikuti PG2 yang laen...
Tunggu tanggal tayangnya mas Flano..  ..ini tak pindah dulu saja.
Ini loko uapnya.
ini gerbong besarnya.
loriku tak berhenti lama..tut..tut..kobong..
Jangan matikan aku bila perlu tambah dan panjangkan jalurku, biarkan kereta melaju di punggungku....SPOR RAIDER
GREEN LIVING
Salam Kereta, Nuwun
Posts: 2,217
Threads: 0
Joined: Sep 2009
Reputation:
25
jendelanya lebar2 ya
.
Posts: 3,300
Threads: 0
Joined: Oct 2009
Reputation:
38
(01-05-2010, 12:00 PM)animaX Wrote: jendelanya lebar2 ya
pokoknya mantap hayo usahakan datang yaa..momen perdana ini.pas hari sabtu lagi..
Jangan matikan aku bila perlu tambah dan panjangkan jalurku, biarkan kereta melaju di punggungku....SPOR RAIDER
GREEN LIVING
Salam Kereta, Nuwun
Posts: 1,091
Threads: 0
Joined: Oct 2009
Reputation:
10
Posts: 3,300
Threads: 0
Joined: Oct 2009
Reputation:
38
Jangan matikan aku bila perlu tambah dan panjangkan jalurku, biarkan kereta melaju di punggungku....SPOR RAIDER
GREEN LIVING
Salam Kereta, Nuwun
Posts: 2,344
Threads: 0
Joined: Dec 2008
Reputation:
8
02-05-2010, 01:52 PM
(This post was last modified: 02-05-2010, 01:54 PM by bonbon.)
Terdampar di Purwokerto setahun gara-gara proyek fiber optik Jateng ga kelar
|