mari kita lanjutkan lagi cerita TR sya yg kedua ini..
perjalanan yang biasa saja, dengan suasana yang seadanya juga
selepas masuk peron, sya langsung bergegas menuju ke kereta sya yg kebetulan adanya pas di belakang loko aka K3-1..
tapi ada yg terasa aneh (tapi nggak bin ajaib) ketika pas pertama kali sya masuk ke kereta yg (ternyata) berkode K3 0 05 02 itu. "kondisinya agak panas euy!" begitu perasaan sya saat itu.

"apa mungkin karena cuaca diluar yg masih cerah, dan juga kebetulan sang surya masih anteng bercokol dengan sinar teriknya (di hari itu) hingga menyebabkan AC di kereta sya itu tidak terasa?" mencoba sya positif thinking terhadap sitkon yg baru saja yg alami saat itu..
[spoiler]
![[Image: 1901139_622951611129177_5903715309854623717_n.jpg]](https://fbcdn-sphotos-g-a.akamaihd.net/hphotos-ak-ash3/t1.0-9/r270/1901139_622951611129177_5903715309854623717_n.jpg)
[/spoiler]
penampakan kereta sya, ketika pas pertama kali sya masuk
[spoiler]
![[Image: 10155940_622952607795744_1781553402370244065_n.jpg]](https://fbcdn-sphotos-e-a.akamaihd.net/hphotos-ak-ash3/t1.0-9/r270/10155940_622952607795744_1781553402370244065_n.jpg)
[/spoiler]
dan ini no kode kereta sya yg berdipo SBI
karena mendapati situasi dan kondisi seperti itu, akhirnya setelah sya masuk kemudian sya keluar lagi. selain karena faktor itu, juga kebetulan keberangkatan KA sya masih lama (saat itu masih >30 menit lagi). jadi sya punya kesempatan buat sekedar main2 dulu atau melihat2 suasana di sekitar sini..
*kalau bahasa RF mah, hunting dulu mungkin ya
dan dari acara main2 dulu itulah, akhirnya sya bisa memperoleh gambar2 yg mungkin saja menarik buat para pembaca dan penyimak setia TR sya ini..
*tapi maaf, jika ada beberapa gambar yg kurang jelas atau buram
[spoiler]
![[Image: 10277818_622953957795609_6257495663428844068_n.jpg]](https://fbcdn-sphotos-c-a.akamaihd.net/hphotos-ak-prn1/t1.0-9/r270/10277818_622953957795609_6257495663428844068_n.jpg)
[/spoiler]
plang KA Kertajaya yg ada di kereta 2
[spoiler]
![[Image: 1982289_623201061104232_6651715879333521930_n.jpg]](https://fbcdn-sphotos-b-a.akamaihd.net/hphotos-ak-frc3/t1.0-9/1982289_623201061104232_6651715879333521930_n.jpg)
[/spoiler]
[spoiler]
![[Image: 10169269_623201391104199_4083318083224330034_n.jpg]](https://fbcdn-sphotos-f-a.akamaihd.net/hphotos-ak-ash3/t1.0-9/10169269_623201391104199_4083318083224330034_n.jpg)
[/spoiler]
ada rangkaian KA Harina yg tengah stabling di jalur sebelahnya Kertajaya
*kebetulan menurut jadwal resminya, si doi berangkat setelah 1 jam mas Kerta lepas landas dari SBI
[spoiler]
![[Image: 10301295_623201237770881_2582409520883030252_n.jpg]](https://fbcdn-sphotos-h-a.akamaihd.net/hphotos-ak-frc3/t1.0-9/10301295_623201237770881_2582409520883030252_n.jpg)
[/spoiler]
[spoiler]
![[Image: 1621916_623201857770819_1125885578652745400_n.jpg]](https://fbcdn-sphotos-c-a.akamaihd.net/hphotos-ak-prn2/t1.0-9/1621916_623201857770819_1125885578652745400_n.jpg)
[/spoiler]
[spoiler]
![[Image: 1549427_623202007770804_2480907512856804091_n.jpg]](https://fbcdn-sphotos-e-a.akamaihd.net/hphotos-ak-frc3/t1.0-9/1549427_623202007770804_2480907512856804091_n.jpg)
[/spoiler]
penampakan rangkaian KA Kertajaya sore itu di SBI
[spoiler]
![[Image: 10270471_623201684437503_2701372066490056426_n.jpg]](https://fbcdn-sphotos-d-a.akamaihd.net/hphotos-ak-prn2/t1.0-9/10270471_623201684437503_2701372066490056426_n.jpg)
[/spoiler]
plang SBI di bagian dalam peron stasiun
[spoiler]
![[Image: 1151009_623202111104127_1662279128701318502_n.jpg]](https://fbcdn-sphotos-d-a.akamaihd.net/hphotos-ak-prn2/t1.0-9/1151009_623202111104127_1662279128701318502_n.jpg)
[/spoiler]
[spoiler]
![[Image: 1544537_623202387770766_2881352360712087870_n.jpg]](https://fbcdn-sphotos-f-a.akamaihd.net/hphotos-ak-ash3/t1.0-9/1544537_623202387770766_2881352360712087870_n.jpg)
[/spoiler]
[spoiler]
![[Image: 10171887_623202474437424_3054659266978868073_n.jpg]](https://fbcdn-sphotos-h-a.akamaihd.net/hphotos-ak-frc3/t1.0-9/10171887_623202474437424_3054659266978868073_n.jpg)
[/spoiler]
dan ini lokomotif yg akan membawa kami saat itu, CC 201 83 54 dengan dipo induk SDT
dan ini susunan lengkapnya, rangkaian KA Kertajaya yg berdinas membawa sya di hari itu:
K3 0 05 02 SBI (K3AC-1)
K3 0 05 07 SBI (K3AC-2)
K3 0 05 04 SBI (K3AC-3)
K3 0 65 46 SBI (K3AC-4)
KMP3 0 05 01 SBI (restorasi)
K3 0 05 01 SBI (K3AC-5)
K3 0 97 10 SBI (K3AC-6)
K3 0 03 04 SBI (K3AC-7)
K3 0 05 05 SBI (K3AC-8)
B 0 68 04 SBI (bagasi)
*lokomotifnya sudah lebih dulu sya sebut di atasnya (dalam deskripsi foto)
[spoiler]
![[Image: 1797456_623204061103932_7095841990175863439_n.jpg]](https://fbcdn-sphotos-c-a.akamaihd.net/hphotos-ak-prn2/t1.0-9/1797456_623204061103932_7095841990175863439_n.jpg)
[/spoiler]
lagi rangkaian Kertajaya, yg sedang siap2 menunggu untuk diberangkatkan
[spoiler]
![[Image: 10271535_623203884437283_3618983530486377381_n.jpg]](https://scontent-b-nrt.xx.fbcdn.net/hphotos-frc3/t1.0-9/10271535_623203884437283_3618983530486377381_n.jpg)
[/spoiler]
ini bagasi yg akan dibawa mbak Rina pada hari itu
saat sya sedang main2 dulu di sekitar area SBI itu, iseng2 juga sya masuk ke kereta yg di belakang sya. tapi sya lupa, waktu itu sya masuk ke kereta berapa..
*tapi yg pasti, kereta yg dihuni oleh anak2 sekolah yg dari Cirebon itu..berarti antara 2,3 atau 4 (seinget sya sih antara itu)
dan ternyata, suasana disana sangat segar dan adem. itu berarti, ACnya sudah dinyalakan atau berfungsi dengan baik. "lha, yg di sya koq panas ya? apa jangan2 ACnya belum dinyalain atau kurang full nyetelnya?" fikir sya waktu itu..
"atau juga mungkin ini kereta belum jalan aja, jadi anginnya belum berasa ke badan sya?" hati kecil sya tetap mencoba berharap, bahwa ini kereta sya sebenarnya "aku ra popo"..
*nah lho, koq jadi nyrempet2 ke sebuah judul lagu seah?
[spoiler]
![[Image: 1044573_623204264437245_3391196919159889477_n.jpg]](https://scontent-a-nrt.xx.fbcdn.net/hphotos-prn1/t1.0-9/1044573_623204264437245_3391196919159889477_n.jpg)
[/spoiler]
oops, ternyata ada yg sedang briefing nih..dan sepertinya ini para kru KA Kertajaya
*sya kira prosedur kaya gini, hanya ada di KA Ekse aja..hehehe
[spoiler]seperti ini contohnya:
briefing para kru KA 6 sebelum dinas
![[Image: 644275_670791022949606_1189538997_n.jpg]](https://fbcdn-sphotos-d-a.akamaihd.net/hphotos-ak-ash3/t1.0-9/644275_670791022949606_1189538997_n.jpg)
[/spoiler]
dan akhirnya, saat yg dinanti2 pun tiba;
kereta Kertajaya dengan no perjalanan 119, pada hari itu resmi berangkat dari stasiun Surabaya Pasarturi tepat di jam 15:00. ini berarti berangkat sesuai jadwal..
cumaaa,
harapan sya semoga kondisi gerbong kereta sya itu jadi rada adem setelah kereta ini jalan, ternyata jauh2 dari angan2..
*jiaah, bahasanya seperti didramatisir..hahay
AC tetep nggak kerasa. dan bukan hanya sya lho yg merasakan seperti itu (pada saat itu). tapi beberapa rekan penumpang yg satu kereta dengan sya, juga merasakan hal yg sama..
sempat sya (dalam satu kesempatan) meminta kepada salah seorang kru KA, buat memaksimalkan kondisi AC yg ada di kereta sya. namun apa jawaban dari kru KA tsb? "ini sudah maksimal pak!" begitu jawabnya dengan simpel..
*hadeeh, makan tape ma sayur lodeh..cape deh

gara2 dengan kondisi itu, jadi deh sepanjang awal2 perjalanan kami saat itu (minimal sampai maghrib lewat), sya merasa kegerahan hingga pakai jaket pun malah jadi tambah panas..
*ya iya lah, lha wong saat itu juga cuma pake kaos saja sudah gerah
situasi ini, juga "diperparah" dengan kondisi cuaca di luar sana yg ternyata (masih) cerah bin terang di sepanjang awal2 perjalanan kami pada hari itu (bahkan bablas sampai ke Jakarta)..
*bandingkan dengan ketika sya naik bang Gembes..hujan yg turun di hampir
sepanjang perjalanan, justru malah membikin adem bin sejuk seisi kereta
sebenarnya kondisi panasnya kereta sya itu karena AC kurang maksimal, nggak terlalu parah sih (kalau nggak mau dibilang buruk). cuma memang sya orangnya nggak tahanan sama kondisi atau cuaca yg panas seperti yg terjadi pada perjalanan itu..
[spoiler]harap maklum mas bro..tinggal di kota yg kadar udaranya lembab karna konon intensitas hujannya cukup tinggi disini, membuat cuaca di kota sya ini cenderung lebih sering sejuk dan adem..sepanas2nya pun, nggak bakal deh menandingi panasnya cuaca ibu kota negara kita (jika sedang musim kemarau)

[/spoiler]
sitkon yg tak mengenakan ini, juga diperparah dengan kondisi toiletnya (khususnya di kereta sya) yg ternyata rada bau. memang sih, baunya nggak menyengat dan tak bikin seisi kereta menutup hidung semua..
tapi tetap saja, buat sya pribadi perjalanan dengan kondisi yg beberapa halnya nggak bikin nyaman sya, membuat sya merasa perjalanan sya dengan mas Kerta di tgl 13 April 2014 itu (secara umum) jadi berasa
TIDAK BERKESAN..
tapi sya berharap, semoga ini cuma kebetulan saja atau memang nasib sya saja yg sedang kurang beruntung saat itu, di saat perjalanan pertama sya dengan mas Kerta tsb..
*abdi teu nanaon eh aku ra popo
Yo wis, curhatane tak pendem ing jero ati ae.. Ojo terus diumbar, mergo nanti aku disangkane lebay..
[spoiler]belajar bahasa jawa saetik2..teuing bener, teuing henteu eta ge..wkwkwk[/spoiler]
sekarang kita ke cerita dan moment apa saja yg sya dapatkan selama perjalanan sya tsb..
secara umum, sebenarnya tidak ada hal yg menarik yg sya dapatkan saat itu (menurut sya ini juga). moment tunggu silang? atau ada kejadian apa gitu selama dalam perjalanannya? kayanya memang nggak ada dan itu berarti sya nggak harus cerita disini.. hahaha
khusus moment persilangan, semenjak jalur Cirebon-Surabaya hampir sebagian besar sudah double track dan sudah dipakai, moment2 seperti itu memang jadi hampir tak ada buat kereta2 yg melintas di petak itu (termasuk tentunya KA yg sya naiki saat itu)..
*koreksi jika salah ya, di bagian ini
tapi, kalau cerita yg ringan2 mah pasti ada lah. ya anggap saja sekedar pengiring TR sya di perjalanan hari itu..
(cerita) dimulai ketika pas kereta berangkat dari SBI, sya dilanda ngantuk berat hingga sempat "tak sadarkan diri" dan bangun2 pas kereta berhenti di stasiun Lamongan (sekitar jam 15:44). itu pun tak lama kemudian, kereta berangkat lagi dari stasiun ini..
setelah itu, barulah sya menikmati perjalanan tsb dengan banyak melihat pemandangan sya dapati di sepanjang arah laju kereta ini..
*dari pada sya bete, diam di kereta (pasca bangun tidur) nggak ngapa2in dengan kondisi AC nggak dingin..hehe
[spoiler]
![[Image: 10157361_623205744437097_7032378087981774731_n.jpg]](https://fbcdn-sphotos-a-a.akamaihd.net/hphotos-ak-frc3/t1.0-9/10157361_623205744437097_7032378087981774731_n.jpg)
[/spoiler]
suasana yg tertangkap di kereta sya, pasca lepas LMG
*ntu yg paling pojok adalah tempat duduk sya yg sebenarnya..cuma karena ada yg minta tukar (dengan posisi sya motret), jadinya sya pindah ke situ
oh ya khusus di jalur setelah stasiun Lamongan sampai dengan stasiun Bojonegoro (kalau nggak salah), pemandangan yg dominan sya dapati adalah sawah, kebun dan terutama kolam empang..
bahkan saking seringnya sya melihat kolam empang yg berpetak2 di sepanjang pesisir jalur ini, sampai2 sya berfikiran: "mungkin kabupaten Lamongan cocok kali ye, disebut kota dengan seribu empang"
*mungkin ada teman2 disini yg asli Lamongan, bisa menjelaskan tentang hal diatas
[spoiler]
![[Image: 1017765_623204534437218_7587874524580762632_n.jpg]](https://fbcdn-sphotos-g-a.akamaihd.net/hphotos-ak-ash3/t1.0-9/1017765_623204534437218_7587874524580762632_n.jpg)
[/spoiler]
[spoiler]
![[Image: 1002687_623209791103359_3159763224580983399_n.jpg]](https://fbcdn-sphotos-h-a.akamaihd.net/hphotos-ak-frc1/t1.0-9/1002687_623209791103359_3159763224580983399_n.jpg)
[/spoiler]
[spoiler]
![[Image: 10269459_623211454436526_566906286463294130_n.jpg]](https://fbcdn-sphotos-e-a.akamaihd.net/hphotos-ak-frc3/t1.0-9/10269459_623211454436526_566906286463294130_n.jpg)
[/spoiler]
seperti inilah empang2 yg sya capture, di sepanjang lintas LMG-BJ
[spoiler]
![[Image: 10153232_623209021103436_1882417998811828574_n.jpg]](https://fbcdn-sphotos-b-a.akamaihd.net/hphotos-ak-prn2/t1.0-9/10153232_623209021103436_1882417998811828574_n.jpg)
[/spoiler]
[spoiler]
![[Image: 1904098_623210457769959_1547711670371149133_n.jpg]](https://fbcdn-sphotos-c-a.akamaihd.net/hphotos-ak-prn2/t1.0-9/1904098_623210457769959_1547711670371149133_n.jpg)
[/spoiler]
[spoiler]
![[Image: 10171277_623212127769792_6336143468378207973_n.jpg]](https://scontent-a-nrt.xx.fbcdn.net/hphotos-ash3/t1.0-9/10171277_623212127769792_6336143468378207973_n.jpg)
[/spoiler]
[spoiler]
![[Image: 1687_623212597769745_6510809535682544257_n.jpg]](https://fbcdn-sphotos-a-a.akamaihd.net/hphotos-ak-ash3/t1.0-9/1687_623212597769745_6510809535682544257_n.jpg)
[/spoiler]
kalau yg ini, pemandangan yg standar kalau di jalur kereta: sawah dan kebun
*tapi walau kesannya standar, menurut sya slalu enak koq dipandang mata..
[spoiler]jalan2 ke kota kinabalu,
jangan lupa mampir ke brastagi..
untuk sementara segini dulu,
lain kali nanti sya lanjutkan lagi..[/spoiler]