Semboyan35 Indonesian Railfans
KA Kalijaga (Purwosari-Semarang Poncol PP) - Printable Version

+- Semboyan35 Indonesian Railfans (http://www.semboyan35.com)
+--- Thread: KA Kalijaga (Purwosari-Semarang Poncol PP) (/showthread.php?tid=8553)

Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14


KA Kalijaga (Purwosari-Semarang Poncol PP) - CC20606 - 10-02-2014

om momod saya izin buat thread ya tentang KA Kalijaga relasi Solo-Semarang dan kepada RF Daop VI dan IV saya izin buat thread nya ya...kalo udah ada yang serupa silahkan di gembok aja...

Quote:03 Februari 2014 | 20:57 wib | Semarang
KA Kalijaga Semarang-Solo Siap Beroperasi


SEMARANG, suaramerdeka.com - Jalur kereta Semarang-Solo akan kembali dilalui kereta lokal mulai 15 Februari 2014. Kereta tersebut diberi nama KA Kalijaga, kelas ekonomi AC.

"PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan menggunakan tujuh gerbong dengan kapasitas tiap gerbong 104 orang. Kereta akan berangkat pukul 05.25 Wib dari Stasiun Purwosari dan tiba di Stasiun Poncol pukul 08.00 Wib. Kereta berangkat lagi dari Stasiun Poncol pukul 09.00 Wib," kata Humas PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 4 Semarang, Eko Budiyanto, Senin (3/2).

Rencananya untuk satu minggu pertama harga tiket ditetapkan sebesar Rp 15.000, karena masih dalam masa promo. Untuk minggu kedua sampai tiga bulan pertama harga akan menjadi Rp 20.000.

Selain dilengkapi dengan AC, fasilitas lain yang bisa dinikmati para penumpang di antaranya colokan HP, toilet, dan tempat duduk yang nyaman. "KA Kalijaga menggunakan rangkaian KA Bengawan dan memanfaatkan waktu senggang kereta tersebut. Sebab rangkaian kereta ini hanya digunakan sore hari untuk rute Jebres-Pasar Senen," ujarnya.

Jalur Semarang-Solo merupakan salah satu jalur potensial. Sayangnya jalur ini sudah tidak dilalui kereta penumpang lokal sejak 1 November 2011. Kereta terakhir yang melintas adalah KA Pandanwangi. Sebelumnya KA Banyubiru di lintas ini juga dihentikan operasionalnya oleh PT. Kereta Api Indonesia (Persero) sejak 1 Mei 2011, dengan alasan yang sama yakni tidak dapat memberikan keuntungan bagi perusahaan.

Minimnya jumlah penumpang di jalur Semarang-Solo disebabkan jam keberangkatan yang terlalu pagi, persaingan dengan moda transportasi lain yakni bus, dan rangkaian kereta yang sering mengalami kerusakan. "Kalau sekarang dijamin jarang rusak karena rangkaian ditarik oleh lokomotif. Tidak lagi menggunakan kereta rel diesel (KRD) seperti Banyubiru dan Pandanwangi," katanya.

Selama ini kereta yang melintasi jalur selatan di wilayah Daop 4 Semarang ini hanya kereta eksekutif yaitu KA Brantas jurusan Kediri-Jakarta, KA Matarmaja Malang-Jakarta, serta kereta barang dan BBM.

rencananya pakai rangkaian Bengawan nih...semoga okupansinya bagus...Xie Xie


RE: KA Kalijaga (Purwosari-Semarang Poncol PP) - bayucool - 10-02-2014


sayang cuma satu trip Bethe
batal deh rencana nyicipin perjalanan perdana ni KA Bethe


RE: KA Kalijaga (Purwosari-Semarang Poncol PP) - CC20606 - 10-02-2014


ya mau gimana lagi...kan pake rangkaian Bengawan yang harus berangkat ke Jakarta sekitar jam 3 sore...Xie Xie


RE: KA Kalijaga (Purwosari-Semarang Poncol PP) - mustgoon - 10-02-2014

Belum ada bocoran berhenti di stasiun mana saja ya,,,??


RE: KA Kalijaga (Purwosari-Semarang Poncol PP) - CC20606 - 12-02-2014

ini jadwal perjalanan KA Kalijaga...Playboy

Quote:Solo-Semarang
PWS 05.25
SLO 05.31
GD 06.18
KEJ 07.05
SMT 07.48
SMC 07.58

Semarang-Solo
SMC 09.05
SMT 09.10
KEJ 09.54
GD 10.46
SLO 11.32
PWS 11.42



RE: KA Kalijaga (Purwosari-Semarang Poncol PP) - BAMBANG EKO - 13-02-2014


Nggak bisa saya bayangkan
Dengan KA Pandanwangi saja yg berkapasitas 64 x 2 = 128 [ 2 KD3 ] penumpang nggak terisi penuh dgn tarip yg murah.
sedangkan KA Kalijaga ini direncanakan membawa 7 K3 atau 742 penumpang
apakah sambutan masyarakat nanti dengan hadirnya rangkaian ini bisa memenuhi target perusahaan ?
yang saya khawatirkan trayek ini hanya seumur jagung , tetapi semoga rasa khawatir dan dugaan saya salah .
Semoga derajat okupansi nanti menggembirakan sesuai dengan harapan.

Jika kita membuka lembaran sejarah angkutan KA di koridor Semarang - Solo di masa silam yang pernah dilayani dengan rangkaian KA Pattas Pandanaran yang sehari mencapai 3 Trip atau bahkan sampai 5 Trip dengan Lok BB 200 buatan General Motor yang berdaya sekitar 875 PK atau terkadang BB 301 buatan Krupp yang mempunyai tenaga 1,230 PK dengan membawa rangkaian rutin 4 CW [ K3 ] plus satu DW / Bagasi [ B ] yang berlari meniti rel type R 33 dengan membawa 320 penumpang / rangkaian atau 960 penumpang / hari dan hampir semua stasiun disinggahi maka boleh saja kita optimis karena memang kompetitor pada saat itu belum sebanyak sekarang .
Namun seperti yang telah kita ketahui bersama , angkutan ban karet saat ini tumbuh dan berkembang mengikuti permintaan pasar , maka rasa khawatir timbul kembali.

Tetapi sebagai RF , saya yakin dan berharap , semoga Sang Warga Baru ini dapat tumbuh , berkembang dan mencapai sukses yang dapat menyumbang pundi2 perusahaan plat merah tercinta , mengikuti jejak sukses KA Prameks yang pada awalnya menggunakan rangkaian KA Senja Utama Solo yang idle dan pada akhirnya dapat maju , tumbuh dan berkembang karena dikelola oleh tangan2 trampil abdi dalem Daop VI yang bekerja sama dengan abdi dalem Daop IV yang pada akhirnya dapat menjadi tambang emas bagi Perusahaan karena memang dibutuhkan sekaligus dicintai oleh para penggunanya sebab dapat melibas jarak Solo - Yogyakarta hanya dengan waktu tempuh sekitar satu jam atau jauh lebih cepat dari angkutan jalan raya.

Jadi , melihat peluang di jalur ini [ Semarang - Kedungjati - Telawa - Karangsono - Gundih ] sangat memungkinkan untuk dicoba dihidupkan kembali , rangkaian sudah ada , nggak usah beli baru , cukup menggunakan kereta yang " bobok siang " yang biasa meluncur di trayek Solo - Tanjung Priok dengan gelar KA Bengawan
Memang harus dicoba selagi masih bisa dan mungkin , kapan lagi ?

Selamat bertugas KA Kalijaga . Ramaikan koridor Semarang - Solo dengan deru dan peluitmu.
Yakinlah bahwa kita pasti bisa

KadoKado


RE: KA Kalijaga (Purwosari-Semarang Poncol PP) - Banjaran - 13-02-2014

banner KA Kalijaga perhari ini udah keluar di situs resmi PT. KAI
gambar :




RE: KA Kalijaga (Purwosari-Semarang Poncol PP) - CC20606 - 15-02-2014

Gimana nih peluncuran ka ini...apakah tertunda karena efek kelud?Bingung


RE: KA Kalijaga (Purwosari-Semarang Poncol PP) - Bogor_station - 15-02-2014

KAI Luncurkan KA Kalijaga Jurusan Solo-Semarang Dhani Irawan - detikNews

Jakarta - PT. Kereta Api Indonesia (Persero) resmi meluncurkan KA Kalijaga dengan tujuan Solo-Semarang pada hari Sabtu (15/2). Peluncuran ini dihadiri Dirut PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Ignatius Jonan, Menteri BUMN Dahlan Iskan, dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

"Pengoperasian KA Kalijaga dilakukan untuk mengakomodir permintaan dari masyarakat yang ingin bepergian dari Solo ke Semarang atau sebaliknya," ujar Manager Humas Daop 6 Yogyakarta, Bambang S Prayitno dalam siaran persnya, Sabtu (15/2/2014).

KA Kalijaga ini berkapasitas 530 tempat duduk dan menempuh jarak 114 kilometer. Jarak itu akan ditempuh dalam waktu 2 jam 33 menit.

"Waktu tempuh ini lebih singkat daripada waktu yang dibutuhkan jika menggunakan moda transportasi jalan raya seperti yang biasanya diakses oleh masyarakat," ucapnya.

Tarif KA yang dikenakan adalah sebesar Rp 25 ribu dan merupakan taruf tanpa subsidi (PSO). Para penumpang dapat memesan di semua loket resmi pemesanan tiket KA.

Berikut adalah jadwal keberangkatan dan kedatangan KA Kalijaga:

Keberangkatan

Stasiun Purwosari 05.25 Stasiun Solo Balapan 05.31 Stasiun Gundih 06.18 Stasiun Kedung Jati 07.05 Stasiun Semarang Tawang 07.48 Stasiun Semarang Poncol 07.58

Kedatangan

Stasiun Purwosari 09.05 Stasiun Solo Balapan 09.10 Stasiun Gundih 09.54 Stasiun Kedung Jati 10.46 Stasiun Semarang Tawang 11.32 Stasiun Semarang Poncol 11.42


RE: KA Kalijaga (Purwosari-Semarang Poncol PP) - BAMBANG EKO - 15-02-2014


Semua informasi tentang peluncuran KA Kalijaga ini membuat saya bangga , ternyata putra-putri Indonesia [ baca PT. Kereta Api Indonesia (Persero) ] masih memikirkan pentingnya lintas di koridor ini untuk tetap dilintasi rangkaian KA .
Tepuk Tangan
Tetapi masih ada ganjalan dengan tarip jauh - dekat sebesar Rp 25.000.- yang menurut saya pribadi merasa kurang sreg , seakan tersirat dalam hati layanan KA ini tidak menghendaki naiknya penumpang jarak dekat seperti Solo > Gundih , Semarang > Kedungjati , Semarang > Telawa atau Gundih > Kedungjati dsb yang demikian lama menunggu hadirnya kembali Kereta Api sejak tahun 2011.
BingungBingung

Dalam lamunan saya beberapa waktu silam sebelum rangkaian KA ini diluncurkan ada perbedaan tarip yang tergantung jarak sbb :

SM > Kedung Jati Rp 10,000,- [ tarip minimal ]
SM > Telawa , Karangsono Rp 15.000.-
SM > Gundih , Salem Rp 20.000.-
SM > Solo Rp 25.000.-

dan lamunan memang hanya bayangan yang sulit untuk dibuktikan
namun saya yakin , nanti pasti akan ada peninjauan kembali , kebijakan yang dapat mengetahui daya beli serta kemampuan para pengguna Kereta api di koridor ini.
Semoga mereka para pemberi keputusan masih punya hati dan segera tersadar , bahwa " beliau2 " ini juga dilahirkan dari masyarakat , mengabdi kepada masyarakat dan kemudian kembali berpulang kepada masyarakat juga .