Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
KA Kalijaga (Purwosari-Semarang Poncol PP)
#1
om momod saya izin buat thread ya tentang KA Kalijaga relasi Solo-Semarang dan kepada RF Daop VI dan IV saya izin buat thread nya ya...kalo udah ada yang serupa silahkan di gembok aja...

Quote:03 Februari 2014 | 20:57 wib | Semarang
KA Kalijaga Semarang-Solo Siap Beroperasi


SEMARANG, suaramerdeka.com - Jalur kereta Semarang-Solo akan kembali dilalui kereta lokal mulai 15 Februari 2014. Kereta tersebut diberi nama KA Kalijaga, kelas ekonomi AC.

"PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan menggunakan tujuh gerbong dengan kapasitas tiap gerbong 104 orang. Kereta akan berangkat pukul 05.25 Wib dari Stasiun Purwosari dan tiba di Stasiun Poncol pukul 08.00 Wib. Kereta berangkat lagi dari Stasiun Poncol pukul 09.00 Wib," kata Humas PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 4 Semarang, Eko Budiyanto, Senin (3/2).

Rencananya untuk satu minggu pertama harga tiket ditetapkan sebesar Rp 15.000, karena masih dalam masa promo. Untuk minggu kedua sampai tiga bulan pertama harga akan menjadi Rp 20.000.

Selain dilengkapi dengan AC, fasilitas lain yang bisa dinikmati para penumpang di antaranya colokan HP, toilet, dan tempat duduk yang nyaman. "KA Kalijaga menggunakan rangkaian KA Bengawan dan memanfaatkan waktu senggang kereta tersebut. Sebab rangkaian kereta ini hanya digunakan sore hari untuk rute Jebres-Pasar Senen," ujarnya.

Jalur Semarang-Solo merupakan salah satu jalur potensial. Sayangnya jalur ini sudah tidak dilalui kereta penumpang lokal sejak 1 November 2011. Kereta terakhir yang melintas adalah KA Pandanwangi. Sebelumnya KA Banyubiru di lintas ini juga dihentikan operasionalnya oleh PT. Kereta Api Indonesia (Persero) sejak 1 Mei 2011, dengan alasan yang sama yakni tidak dapat memberikan keuntungan bagi perusahaan.

Minimnya jumlah penumpang di jalur Semarang-Solo disebabkan jam keberangkatan yang terlalu pagi, persaingan dengan moda transportasi lain yakni bus, dan rangkaian kereta yang sering mengalami kerusakan. "Kalau sekarang dijamin jarang rusak karena rangkaian ditarik oleh lokomotif. Tidak lagi menggunakan kereta rel diesel (KRD) seperti Banyubiru dan Pandanwangi," katanya.

Selama ini kereta yang melintasi jalur selatan di wilayah Daop 4 Semarang ini hanya kereta eksekutif yaitu KA Brantas jurusan Kediri-Jakarta, KA Matarmaja Malang-Jakarta, serta kereta barang dan BBM.

rencananya pakai rangkaian Bengawan nih...semoga okupansinya bagus...Xie Xie
Sosmed sayaBig Grin

Line:Luthfi20606
Instagram:Luthfi_20606

Ingin menjadi insan yang lebih baikWek


Reply


Messages In This Thread
KA Kalijaga (Purwosari-Semarang Poncol PP) - by CC20606 - 10-02-2014, 02:01 PM

Forum Jump:


Users browsing this thread: 1 Guest(s)