28-05-2013, 02:51 AM
(12-01-2013, 01:23 PM)mdnboy Wrote:Kalo diliat pernyataan diatas, kemampuan tractive effort lebih kepada lemampuan loko untuk menarik beban, semakin besar semakin banyak beban yg bisa ditarik(14-12-2012, 02:25 PM)Lin Ming Wrote: Sedikit OOT :
Mengapa ya KAI kog sekalian tidak memesan jenis JT42CWRM yang dapat berjalan dengan kecepatan 120Km/jam ? mengapa nanggung dengan pilihan GT38ACE ? apakah pertimbangan berat locomotive JT42CWRM yang 129 Ton, 21 ton lebih berat dari GT38ACE yang 108 Ton?
saya berpikir di Malaysia yang gauge nya juga cuman 1000mm dan nyaris sama kondisi nya dengan indonesia saja nyatanya juga kuat dibebani Blue Tiger GE DE-AC33C yang lebih dari 120 Ton. adakah faktor lain? cost & benefit misalnya ?
kalau menurut saya adalah faktor traksi effort (kemampuan lok dalam menarik rangkaian)
traksi effort JT42CWRM sebesar 409 kN (starting) dan 260 kN (continous)
sementara GT38AC (CC205) memilik traksi effort sebesar 600 kN (starting) dan 400 kN (continous)
dari keterangan di atas bisa dilihat bahwa GT38AC memiliki traksi effort LEBIH BESAR, jadi GT38AC/CC205 mampu menarik beban lebih banyak dan berat daripada JT42CWRM sehingga oleh karena itulah KAI lebih memilih GT38AC
JT42CWRM
GT38AC alias CC205
Lantas tenaga kuda HP ngaruh nya untuk apa tuh?
Secara jt42cwrm punya tenaga kuda yg lbh besar
(12-01-2013, 08:54 PM)pascal_8513 Wrote: kalo buat bbr, indonesia kan ngejar standar aar, itulah knp gak ngambil jt42.Iya sih cc205 basicnya dari sd70ace dengan mesin yg berbeda walaupun sama2 EMD 710 tp yang cc205 cuma 8 silinder dan sd70ace 16 silinder
Lagipula, EMD JT42CWRM itu ternyata basicnya adalah EMD GP60, sedangkan EMD GT38ACe itu basicnya EMD SD70ACe. Sedang untuk CC202, itu basicnya EMD SD40-2.
Kenapa KAI gak mesen aja ya sd70ace sekalian tp dibuat gauge seperti dimari, apa terlalu besar ya ukurannya, sd70ace tractive effortnya gede bgt


![[Image: 547632_464120150323317_1240503572_n.jpg]](https://fbcdn-sphotos-g-a.akamaihd.net/hphotos-ak-prn1/547632_464120150323317_1240503572_n.jpg)
![[Image: 482296_464118500323482_791507098_n.jpg]](https://fbcdn-sphotos-b-a.akamaihd.net/hphotos-ak-ash4/482296_464118500323482_791507098_n.jpg)
![[Image: 72775_464117996990199_500561091_n.jpg]](https://fbcdn-sphotos-d-a.akamaihd.net/hphotos-ak-ash3/72775_464117996990199_500561091_n.jpg)
![[Image: 48096_464117600323572_344614615_n.jpg]](https://fbcdn-sphotos-a-a.akamaihd.net/hphotos-ak-prn1/48096_464117600323572_344614615_n.jpg)
![[Image: 64478_464116616990337_131795383_n.jpg]](https://fbcdn-sphotos-g-a.akamaihd.net/hphotos-ak-prn1/64478_464116616990337_131795383_n.jpg)
[/spoiler]