kalau jalur penghubung SGU dan SBI sudah jadi,harusnya KA JAKK-JR lewat jalur utara.Kalau memang kekurangan rangkaian,KA-KA kayak Sembarani atau Gumarang bisa diteruskan ke JR.Tapi konsekuensinya Mutiara Timur jam berangkatnya harus diundur agak siangan biar jadwalnya gak bentrok sama kereta dari jakarta ini.
Untuk mempersingkat perjalanan KA JR-JAKK juga sebaiknya tidak terlalu banyak berhenti khususnya kota-kota yang ada ditengah perjalanan.Kalau boleh usul rutenya...JR-probolinggo-Bangil-Sidoarjo-SGU/SBI (salah satu saja)-SMT-CN-JAKK.masinisnya di shift JR-SMT,SMT-JAKK.
Kalau JAKK-SBI rata-rata 12 jam + SBI-JR 3,5~4 jam = 16 jam.......masih okelah...KA1 ini,(lha wong GBMS aja bisa nyampe 17~18 jam atau Pasundan yang bisa nyampe 15 jam.)
oh ya,kalau pakai rangkaian sendiri(bukan terusan anggrek/sembrani/gumarang),namanya saya usulkan ;
1.Argo Betiri
2.Ranu Kumbolo
3.Argo Ijen
4.Argo Raung
5.Argo Argopuro (nah loh bingung kan)
5.Argo Gambir (lebih bingung lagi kan)
7.Blambangan (ini lebih identik dgn banyuwangi sih)
8.Argo Baluran (ini juga bau-bau banyuwangi)
9.Ambulu express (tapi kalau nama-nama sungai gini biasanya dipakai K3 ya,dan 'sandar'nya di tanah abang)
eh usul kalau bisa Daop 9 sama Pemkab Jember atau dinas pariwisatanya,pas soft launchingnya mengadakan undian berhadiah perjalanan JAKK-JR bersama Dewi Perssik,pastik asyik tuh......... apalagi kalau ada kereta tidurnya.....wow 16 jam bersama Dewi Perssik...
Quote:Kalo pake transit dan mengganti rangkaian..kayaknya ga efektif..karena penumpang harus turun bawa barang2, proses bongkar muat memindahkan barang2 bawaan pnumpang n barang2 ekpedisi..butuh waktu n tenaga lagi..alangkah baiknya bila yg diganti hanya lok, gerbong pembangkit n Kereta makan, mungkin kereta makan n pembangkit bisa jd satu dgn menggunakan KMP..Jadi Tinggal merangkai Lok n KMP saja, dg begini waktu tunggu pnumpang tdk terlalu lama di setasiun transit..KM yg dibawa dari JAKK Bisa ditinggal diganti dg KM yang baru n kru yg fresh pula....
wah bisa juga tuh (sistemnya mirip seperti kereta bengawan yang tinggal nyambung gerbong dr wonogiri pas sampai di stasiun purwosari solo). soalnya kalo membuat rangkaian khusus ke jember pertimbangannya pertama tidak ekonomis
Quote:Ya boleh2 aja. Tapi PT. KAI DAOP 9 JEMBER apa mau ? Coz q prnh ngungkapin persaan begitu, PAK KAHUMAS jawab tidak mau, karena biaya operasional mahal.
CC204 10 Wrote:gerbongx yg KZ aj kyk KA Biman jadul.....
mksdx KA BIMa tempo doeloe...
Bisa sih pake kelas Kz..tapi kita liat nilai ekonomisnya krn ini menyangkut playanan dan keuntungan...service harus di jaga selama perjalanan,jgn sampe profitnya tdk sepadan dgn Biaya operational..perlu pertimbangan..jarak n waktu yg ditempuh,tenaga yg harus dibayar,bahan bakar lokomotif n bahan bakar genset dll...harus ditutupi dg harga ticket yg harus dapat bersaing dg moda angkutan lain..waktu tempuh pun berhubungn dg kekuatan loko, harus melihat daya dukung tr,ack n jembatan
[/URL] Dilarang keras membawa klonengan di Atas kereta api