totok purwo Wrote:Ngomong-ngomong DAOP 5 punya rencana gak buat jalanin kereta argo sendiri .... maksudnya penumpang dari purwokerto gak nebeng sama keretanya daop 6 (argo lawu en dwipangga) ... harusnya kan dah direncanain dari sekarang tuh ... nanti kalo lintas kroya - cirebon dah spur kembar kan waktu tempuhnya jadi makin pendek .... mungkin pwt - gmr bisa 5 jam (sekarang 7 jam) .... suruh dong pejabat-pejabat daop 5 pwt punya inovasi .... ntar keduluan daop lain .... buktinya : daop 3 cn bikin argo jati plus dan rencananya argo jati perjalanannya ditambah jadi 8 trip .... daop 6 yk rencana punya argo merapi .... daop 4 sm mau tambah kelas argo pengganti kamandanu .... mana daop 5 pwt ...... bangun .... bangun ..... jalanain dong ARGO SLAMET gitu ....
IMHO: bedanya Daop 5 dengan daop yang laen yang udah pake Argo, karena para penumpang dari Daop V sendiri tidak sebanyak dari kota laen (Cn, Yk, Slo, Smt de el el), rame paling cuma wik en doank...
klo di liat dari Cn misalnya, Argo Jati sendiri merupakan evolusi dari kereta2 sebelumnya, Argo Jati yg masih pake KRD (CMIIW) terus animonya bagus, dibikin cireks, bagus juga, terus ada cirek utama, masih bagus jadi deh Argo Jati..
lah klo PWT??? rame paling cuma wik en doank....
dari segi pendapatanpun kereta penumpang paling tinggi justru kutojaya ekonomi, bahkan purwojaya yang kadang narik 3K1 pun kalah sama sawunggalih yg cuma bawa 1 K1
klo dilihat dari segi bisnis sih belum saatnya Daop V punya Argo..
kalo liat kondisi skrg sih iya .. tp dari segi bisnis ... ada barang ada konsumen ... kalo barang gak ada yg mo dibeli apa ?? bikin dulu kemudian pasarkan ... itu baru bisnis ....
(Pola pikir bisnis boss PT.KA kalah sama Om Hedwig .... bikin dulu kaos .... gratisin 1 unit .... maka kemudian laku 100 unit ..... gratis 5 unit ... maka laku 1000 unit) Bener nggak Om Hedwig .....
akan lebih bagus lagi jika jalur ke wonosobo di aktipkan kembali dengan kondisi rel yg baik dan tekanan gandarnya 18 ton lebih. Pangsa Pasar dari daerah ini ke jakarta cukup besar yang saat ini dimonopoli oleh bus..
Yang penting untuk akhir pekan Daop 5 mengusahakan kenyamanan KA Sawunggalih dan KA Kutojaya, jangan Cuma KA Purwojaya Doang.....
Padahal Kontribusinya kan Lebih Banyak KA Sawunggalih & KA Kutojaya.....
setuju...... daripada jalanin argo sendiri mendingan meningkatkan pelayanan sawunggalih..... klo bisa jadi kelas satwa dong
saya sering naik k1nya sawunggalih... klo hari biasa sepi penumpangnya. artinya animo masyarakatnya akan kereta k1 masih kurang..apalg argo, jdnya akan sia2 klo bikin argo. lagian jg smua argo yg lwt Pwt berhenti di Pwt ko.
so saran saya perbaiki yg jelas2 mendatangkan keuntungan