Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
[INFO] Pemula dalam Kereta Model.
#67

1. Sebenarnya, kalo pake pengontrol analog, gak perlu dua kok mas bro. Satu cukup. kalo dua itu misalnya kalo pengen menjalankan dua loko atau lebih dalam satu layout secara bersamaan dan mandiri. Misalnya loko A narik penumpang pengen dihentikan di stasiun, loko B narik rangkaian barang ingin tetap dijalankan. Kalo kasusnya begini baru dibutuhkan dua pengontrol. Kalo kasusnya begini bisa pake satu trafo untuk dua pengontrol asal trafonya memiliki kuat arus yang cukup (minimal satu ampere). Tapi musti tetep dibikin pengaturan kabel yang cukup cermat di rel supaya gak konslet antar dua pengontrol tadi. Lumayan ribet si apalagi kalo dah masang kabel di wesel.

2. Kalo semua aksesori tambahan pengen dimasukkan ke satu trafo yang sama, bisa aja. Tapi sebaiknya gunakan trafo dengan kuat arus yang cukup (misalnya dua ampere atau lebih tergantung ukuran layout dan banyaknya aksesori). Bisa juga menggunakan trafo tersendiri yang terpisah dari trafo untuk pengontrol kereta. Yang penting, lakukan pemasangan kabel dengan cermat supaya tidak terjadi hubung singkat.

kalo saran ogut, mendingan langsung aja pake sistem digital mas bro. Lebih mahal sedikit tapi lebih lebih gampang nambah rangkaian dan loko, perkabelan lebih sederhana, dan banyak lagi. Kalo masalahnya dana, ya sebaiknya nabung dulu dengan sabar untuk beli sistem digital (loko & controller) . Gak perlu keburu-buru.
[/quote]

Ooo..gtu ya om..mkasih om sarannya,..klo dipikir2 emang lbih praktir dcc ya om,..oke deh,..tapi harus lebih sabar nih,..maklum pelajar kantongnya cetek,..hehehe


1. Sebenarnya, kalo pake pengontrol analog, gak perlu dua kok mas bro. Satu cukup. kalo dua itu misalnya kalo pengen menjalankan dua loko atau lebih dalam satu layout secara bersamaan dan mandiri. Misalnya loko A narik penumpang pengen dihentikan di stasiun, loko B narik rangkaian barang ingin tetap dijalankan. Kalo kasusnya begini baru dibutuhkan dua pengontrol. Kalo kasusnya begini bisa pake satu trafo untuk dua pengontrol asal trafonya memiliki kuat arus yang cukup (minimal satu ampere). Tapi musti tetep dibikin pengaturan kabel yang cukup cermat di rel supaya gak konslet antar dua pengontrol tadi. Lumayan ribet si apalagi kalo dah masang kabel di wesel.

2. Kalo semua aksesori tambahan pengen dimasukkan ke satu trafo yang sama, bisa aja. Tapi sebaiknya gunakan trafo dengan kuat arus yang cukup (misalnya dua ampere atau lebih tergantung ukuran layout dan banyaknya aksesori). Bisa juga menggunakan trafo tersendiri yang terpisah dari trafo untuk pengontrol kereta. Yang penting, lakukan pemasangan kabel dengan cermat supaya tidak terjadi hubung singkat.

kalo saran ogut, mendingan langsung aja pake sistem digital mas bro. Lebih mahal sedikit tapi lebih lebih gampang nambah rangkaian dan loko, perkabelan lebih sederhana, dan banyak lagi. Kalo masalahnya dana, ya sebaiknya nabung dulu dengan sabar untuk beli sistem digital (loko & controller) . Gak perlu keburu-buru.
[/quote]

Ooo..gtu ya om..mkasih om sarannya,..klo dipikir2 emang lbih praktir dcc ya om,..oke deh,..tapi harus lebih sabar nih,..maklum pelajar kantongnya cetek,..hehehe
Reply


Messages In This Thread
Pemain baru.. butuh info.. - by trains_lover - 14-09-2009, 01:06 AM
RE: Pemain baru.. butuh info.. - by denzuko - 14-09-2009, 05:33 AM
RE: Pemain baru.. butuh info.. - by dhionpp - 14-09-2009, 11:34 AM
RE: Pemain baru.. butuh info.. - by trains_lover - 14-09-2009, 12:52 PM
RE: Pemain baru.. butuh info.. - by dhionpp - 14-09-2009, 01:36 PM
RE: Pemain baru.. butuh info.. - by denzuko - 14-09-2009, 01:23 PM
RE: Pemain baru.. butuh info.. - by trains_lover - 14-09-2009, 10:37 PM
RE: Pemain baru.. butuh info.. - by denzuko - 15-09-2009, 08:12 AM
RE: Pemain baru.. butuh info.. - by trains_lover - 15-09-2009, 10:10 PM
RE: Pemain baru.. butuh info.. - by eling - 15-09-2009, 10:23 PM
RE: Pemain baru.. butuh info.. - by denzuko - 16-09-2009, 08:46 AM
RE: Pemain baru.. butuh info.. - by trains_lover - 16-09-2009, 01:52 PM
RE: Pemain baru.. butuh info.. - by eling - 16-09-2009, 03:23 PM
RE: Pemain baru.. butuh info.. - by trains_lover - 16-09-2009, 05:18 PM
RE: Pemain baru.. butuh info.. - by eling - 16-09-2009, 07:07 PM
RE: Pemain baru.. butuh info.. - by dhionpp - 16-09-2009, 09:20 PM
RE: Pemain baru.. butuh info.. - by eling - 16-09-2009, 09:31 PM
RE: Pemain baru.. butuh info.. - by trains_lover - 16-09-2009, 11:06 PM
RE: Pemain baru.. butuh info.. - by eling - 17-09-2009, 12:57 AM
RE: Pemain baru.. butuh info.. - by trains_lover - 18-09-2009, 01:05 AM
RE: Pemain baru.. butuh info.. - by eling - 18-09-2009, 01:19 AM
RE: Pemain baru.. butuh info.. - by trains_lover - 20-09-2009, 09:04 AM
RE: Pemain baru.. butuh info.. - by eling - 20-09-2009, 09:34 AM
RE: Pemain baru.. butuh info.. - by trains_lover - 20-09-2009, 03:44 PM
RE: Pemain baru.. butuh info.. - by trains_lover - 20-09-2009, 08:14 PM
RE: Pemain baru.. butuh info.. - by eling - 20-09-2009, 08:39 PM
RE: Pemain baru.. butuh info.. - by dhionpp - 20-09-2009, 10:27 PM
RE: Pemain baru.. butuh info.. - by trains_lover - 20-09-2009, 10:07 PM
RE: Pemain baru.. butuh info.. - by adipe - 21-09-2009, 06:07 AM
RE: Pemain baru.. butuh info.. - by dhionpp - 21-09-2009, 07:33 PM
RE: Pemain baru.. butuh info.. - by trains_lover - 21-09-2009, 05:31 PM
RE: Pemain baru.. butuh info.. - by CC 204 - 21-09-2009, 08:50 PM
RE: Pemain baru.. butuh info.. - by dhionpp - 23-09-2009, 07:56 AM
RE: Pemain baru.. butuh info.. - by trains_lover - 22-09-2009, 12:13 PM
RE: Pemain baru.. butuh info.. - by eling - 22-09-2009, 09:35 PM
RE: Pemain baru.. butuh info.. - by trains_lover - 22-09-2009, 09:46 PM
RE: Pemain baru.. butuh info.. - by eling - 22-09-2009, 09:53 PM
RE: Pemain baru.. butuh info.. - by ardian.puput - 22-09-2009, 10:01 PM
RE: Pemain baru.. butuh info.. - by trains_lover - 22-09-2009, 10:48 PM
RE: Pemain baru.. butuh info.. - by trains_lover - 23-09-2009, 02:31 PM
RE: Pemain baru.. butuh info.. - by trains_lover - 24-09-2009, 06:53 PM
RE: Pemain baru.. butuh info.. - by adipe - 23-05-2010, 12:39 AM
RE: Pemain baru.. butuh info.. - by dytto_argo - 22-05-2010, 11:26 PM
RE: [INFO] Pemula dalam Kereta Model. - by Gege - 30-01-2012, 09:21 AM
RE: [INFO] Pemula dalam Kereta Model. - by eling - 19-10-2012, 07:44 PM
RE: [INFO] Pemula dalam Kereta Model. - by lanapurwa - 06-11-2012, 09:12 AM
Butuh petunjuk... Masih pemula. - by Sthrattoff - 22-09-2009, 01:13 AM
RE: Butuh petunjuk... Masih pemula. - by eling - 22-09-2009, 02:25 AM
RE: Butuh petunjuk... Masih pemula. - by dhionpp - 23-09-2009, 07:45 AM
RE: Butuh petunjuk... Masih pemula. - by m.rizal - 21-08-2011, 09:54 AM
Newbie - by Aa_Bubu - 29-01-2012, 03:53 PM

Forum Jump:


Users browsing this thread: 1 Guest(s)