09-12-2012, 01:19 AM
Simplenya: krn umur & perawatan yg salah
Panjangnya:
Sepengetauan gw boggie bolsterless macem K9 bgini kalo diluar butuh perawatan yg sensitive bgt dg waktu berkala yg sangat sering, sperti itu pun operator di luar cuma membatasi umur efektif dines boggie bolsterless cuma /5-7 taun, selebihnya akan diganti sama boggie baru, boggie yg lama dilebur total dl baru dibuat ulang & stelah uda dlm kondisi baru lg baru dipake lg, smentara berbalikan dg di indonesia perawatan boggie macem itu perawatannya ga semaksimal diluar, umurnya jg uda nuampe 15 taunan tp masi jg ttp dipake, sementara track di jawa pun yg bukan pegunungan aja punya banyak curve dg lengkung yg sempit, beda dg diluar yg curve nya banyakan uda diperbesar lengkungnya &ga sebanyak di jawa, otomatis itu mempengaruhi boggie jg, krn bolsterless itu dirancang bnernya buat lari di track datar lurus.
Pengerjaan semasa karantina di INKA jg cuma dikasi (entah apa namanya, lupa lg) smacem stabilize yg ada di boggie K5 jaman dulu buat menahan boggie waktu melewati curve, krn pernah denger pihak INKA sndiri omong "ini sih krn emank perawatan & umur, kalo mau bagus lg ya ganti lha sama boggie K9 yg baru, kalo mau pake yg ttp ada otomatis cuma bisa dikerjain begini, lha masalahnya emank kondisi track di jawa emank ga sebagus luar jlas kalo boggie forsir & PLH, qta dpt karantinaan ya paling buat boggie cuma bisa pencocokan dg apa yg dibutuhin di track jawa aja", itu sekilas soal boggie K9 yg gw tau
[/quote]
Trims Mas Andrew atas penjelasannya , yah cuman sangat di sayangkan sekali yah dahulu ketika pertama di keluarkan dan di launching bertujuan agar bisa saingan dengan pesawat dan menjadi Primadona Si Anggrek , Kenapa yah Ngga di ganti make boogie k8 seperti lawu bacth 2008 secara lebih nyaman , sebab akhir bulan lalu saya naik anggrek serasa naik k2 goyangan itu loh yang ngga nahan
My web site :