25-10-2012, 12:14 AM
(24-10-2012, 03:39 PM)bramoy Wrote: Jelas operator yang salah, bukan berarti saya ingin menyalahkan tapi kondisi yang ada saat ini bener2 bikin gemez. Semenjak prameks kuning diluncurin sampe sekarang pun pt spor TIDAK pernah membeli kereta baru lagi. Padahal udah tahu jalur poros selatan itu profitable tapi tidak pernah dimanfaatkan. Hampir semua armada KRD itu hibah dari pemerintah, saya belum tahu adakah armada yang dibeli dari dana pt spor sendiri. KRDE Prameks, KRDE AC, KRDI, KRDI AC, KRD Ungu, semuanya dari pemerintah. Kalo KRD Ungu kan udah lama, waktu itu status perusahaan belum perseroan berarti masih dibeli oleh pemerintah. Setahu saya, armada penumpang yang benar2 dari gocek pt spor sendiri adalah KA Argo Jati New Image dan Gajayana, mudah2an masih ada yang laen.
Nah, sekarang jadwal prameks banyak yang dibatalin, karena armadanya rusak dan rusak, perbaikannya ngga tahu sampe kapan. Sekrang Goweks rusak, batalin lagi perjalanannya. Sampe kapan ini terus berlanjut. Sudah tahu sperti ini, ngapain diluncurin kereta. Kesimpulan sementara, mungkin pt spor ngga mau ngoperasiin kereta antar perkotaan jarak pendek.
Kalo dari awal operator KA berbentuk PT itu merupakan perusahaan dgn manajemen yg sehat & tdk merugi, saya rasa akan dipikirkan masa regenerasi dgn armada yg lbh baru. Paling tdk ada kala ulang utk perawatan besar. Pemerintah berinisiatif utk selalu memberikan modal berupa armada saya pikir tujuannya utk mendongkrak agar pendapatan PT KA (Persero) pada waktu itu kembali membaik. Kalo ditanya aset yg benar2 gocek PT. Kereta Api Indonesia (Persero) selain Argo Jati & Gajayana yg terbaru ada di Divre 3 sana.
Kalo sekarang jadwal Prameks banyak yg dibatalin karena armada rusak ya tinggal kesadaran calon penumpang & pelanggan utk meninggalkan sejenak Prameks. Kalo nanti sdh kembali beroperasi & kangen naik KA ya tinggal kembali naik Prameks. Simple sajah..., nggak naik KA kan nggak patheken tha....?
(24-10-2012, 05:22 PM)BuGe780 Wrote: iya kang..pt.spur sekarang lebih mikirin profit dan juga jarak..sebenarnya kalo sy perhatikan komuter di lintas selatan mulai dari Prameks sampe yg baru aja diluncurin Mageks itu profitable, hanya pt.spur aja yg ga peduli apa pura2 ga peduli...mungkin harus menerapkan pola seperti pt.kcj di Daop 1 Jkt, pemisahan antara KA Komuter dan jarak menengah ataupun jauh..semoga semua ini bisa jadi renungan dan evaluasi buat pt.spur khususnya.
Kalo nggak mikirin profit namanya bukan PT, Kang.... Apalg operator KA ini merupakan Badan Usaha Milik Negara yg diharuskan mampu ikut menopang pendapatan di APBN.
Saya pikir Daop2 sekarang secara manajemen sdh kyk PT KCJ, yg mana armada2 yg dimiliki oleh setiap Daop harus dikelola dgn baik oleh Daop itu sendiri. Kantor Pusat hanya memonitor sejauh mana kesiapan armada meskipun utk tarif KA justru dikelola oleh Kantor Pusat.
Buktinya ada, sewaktu KA Maguwo rusak bbrp waktu yg lalu pihak Daop V tdk serta merta langsung menutup operasi tapi mencoba mengganti dgn armada cadangan, bbrp K2+KMP3 ditarik oleh loko. Tapi berhubung loko yg tersedia terbatas & ketidakpuasan konsumen dgn rangkaian ini akhirnya tdk dilanjutkan.
(24-10-2012, 07:31 PM)spoor_jadul Wrote: Maguwo ekspress sudah selesai diperbaiki oleh tim pt inka, saat ini menunggu telegram untuk test run.
Kira2 dr PT INKA jg menyertakan garansi terbaru apa nggak ya, Kang...? Misalnya garansi mesin 3 tahun atau 300.000 km mana yg lbh dulu tercapai. Syukur2 ada tempelan garansinya di kaca depan KRDE ini. :p
