28-07-2012, 11:55 AM
(28-07-2012, 09:15 AM)bayubayubayu Wrote:(28-07-2012, 01:50 AM)aatea_goparmania Wrote: lok listrik pertama aka bon2 bisa hidup kembali dengan mengambil onderdil bbrp krl jepang
apa untuk CC200 ini ga bisa ya mengkanibal milik loko lain atau direpower gt
jadi lok listrik dan lok uap pertama di indonesia bisa sama2 dinas narik ka wisata
(sayangnya ga ketauan lok uap pertama di indo)
maap klo rada oot
lok uap pertama indonesia kalo ga salah gaugenya 1435 mas, itu juga mungkin sebelum indonesia merdeka udah ga operasi lagi.
kalo menurut saya, wah kalo dikanibal hanya partnya sangat susah mas, krna tipe mesinnya aja udah beda, pasti spesifikasi tekniknya beda juga. sama seperti menghidupkan mobil atau motor tua, gak mungkin kan partnya mesin ford diganti begitu aja pake merek toyota.. buat menyesuaikan spesifikasi teknik ga mudah, apalagi kalo bentuk partnya udah beda jauh juga. kalo mau yah paling direpower pake mesin yang baru dgn tipe atau spesifikasi yang sama, tapi muncul pertanyaan apakah alco masih memproduksi mesin jadul tipe 244E yg digunakan di CC200?
cara kedua yah istilahnya swap engine pake tipe bahkan merek yg beda, mungkin pake mesinnya 7FDL seperti punya cc201 atau cari yang spesifikasinya hampir sama entah pakai mesin coper bessemer, CAT, MTU, MB, EMD atau lainnya, itupun pasti ada kendala lagi.
yah walaupun gada yang gak mungkin, tapi kan masalahnya dari pt. ka selaku pemilik lok tersebut apakah ada niat untuk melakukan itu serta pembiayaannya yang gak murah.
mohon maaf kalo ada yang menyinggung, itu hanya pendapat dari saya..
ALCO udah bangkrut mas, mending cc200 15 cirebon dibiarkan apa adanya aja. Nah, jenazah cc200 yg di pengok drpada nganggur pasang aja mesin EMD 2300HP yg kayak cc205, jadi bisa narik 15 K3 deh...
