13-08-2011, 09:46 AM
(This post was last modified: 13-08-2011, 09:59 AM by Dana Komuter.)
Miris sih iya... tapi gimana pun juga masih banyak turis yang rela naik KA koq ketimbang moda transportasi lainnya... Tengok Taksaka, GoPar, Turangga, Argo Wilis dan Lodaya... Apa pernah mereka mengucap kata2 keluhan? Justru sepandangan mata aku aja mereka asyik berfoto panorama alam pegunungan yang ada. Tanpa terlepas dari keluhan lamanya perjalanan, gimana hidangan nasi goreng yang bagi lidah mereka gak cocok dan tayangan TV yang monoton, mereka asyik aja tuh... Beberapa didampingin para pemandu orang kita yg faseh bahasa Inggris tentunya.
Keluhan yang sama juga banyak dilontarin sama temen dan keluarga aku. Ke Sorabaya mendingan naek pesawat apalagi ke Kutoarjo naik bus. Soalnya ada yg berpendapat naik KA itu ngeri, ada yang komentar lebih murah cuma beda bbrp Rupiah saja dan cepet sampai. Keluhan2 yang lumrah dan serasa klasik. Tapi yah... bersyukur masih ada kita di tengah keterpurukkan perkereta apian negeri ini ketimbang negara2 macem Eropa dan Amerika sih... Bahkan di Asia Timur sekalipun...
Yang menyakitkan dari temen mas Christianto itu menyatakan KA kita butut... Memangnya dari sudut pandang mananya?????? Aku yang termasuk langganan beli MKA tiap bulannya... yang ditampilin itu tampilan KA yang bagus2 koq... Memang pasti ada bbrp yang terlihat jelek khususnya bagi awam... Tapi apakah dengan tampilan eksterior dan interior rangkaian KA Klas Argo aja dibilang butut??? AC boleh kurang dingin, perjalanan boleh telat2an, pelayanan pr teknisi di lapangan boleh kurang sigap, bahkan menu2 kulinernya pun boleh gak gitu lengkap dan bbrp kosong, tapi apa dengan tampilan eksterior dan interior KA penumpang yang ada bisa dibilang butut??? Kecepatan lok CC 203 bisa mencapai angka 150 km / jam di beberapa petak rel yg sudah R 54 gitu... apa bisa dibilang kuno dan ketinggalan jaman?? Salah kalau bandinginnya dg sang super cepat dari JKepang, Inggris atau pun Perancis... Anjlok dan terguling itu cuma bagian dari para vandaliser aja yg mau berbuat onar hingga bisa kita julukin sebagai teroris...
Jadi intinya, coba renungkan sejauh mana kebututan perkereta apian di negeri kita ini dengan lahirnya produk - produk dari PT. INKA? Meski itu semua juga karena pola asuhan adaptasi dari LN sih pastinya... Tapi itu rakitan tangan2 terampil dan ide2 cemerlang hasil karya anak2 bangsa dari negeri kita sendiri khan???![[Image: overstappen.png]](http://www.semboyan35.com/images/overstappen.png)
Ada yang terpenting... Klas Ekonomi pernah aku ngalamin lampu mati, atap bocor pas hujan mendera dan bau karet kebakar seolah2 kita siap ikutan terlumati oleh panasnya bara api entah dari mesin generatornya... yg jelas waktu di KRL Rheostatic. Tapi jangan... 1x lagi JANGAN...!!! ....bandingin sama KRL bahkan KRD komuter Ekonomi di negara2 maju macet Jepang, Inggris, Perancis, Belanda, dsb.... Bersyukur kita punya KRL Ekonomi yang dikhususkan buat pr juragan kantoran yang selalu menikmati perjalanan KA komuter bak naik bus AC atau pun mobil - mboil pribadi mereka... Hanya saja sopir mrk itu yah masinis... Dari sini khan jelas sekali perbedaan mana yang golongan masyarakat kurang dan tidak mampu secara ekonomi (dg KRL Ekonomi) maupun masyarakat yang mampu dan cukup mampu (dg KRL Ekonomi AC kala itu). Meski kala itu dg KRL Ekonomi AC bagi yg di Jabodetabek, tapi setidaknya image kita di mata masyarakat internasional terbilang baik karena mau ke stasiun terdekat gak perlu bergumel dengan kisruhnya KRL Ekonomi yang super pengap dan gak manusiawi lagi di kala jam2 sangat sibuk. Kini, ada yg namanya KRL AC (berhenti tiap stasiun kalo skarang ini) dan di luar Jabodetabek punya Prameks, Madiun Jaya, Baraya Geulis, dll...
Tapi jangan salah... orang2 asing pun juga pernah bbrp kali aku pelototin asyik menikmati KA Ekonomi koq... Ma'af yah kalau aku selalu berpatokan dg turis asing... Mengapa? Karena mrk cerminan dunia luar yang ingin tahu tentang kita. Meski demikian, turis domestik juga termasuk koq... Bahkan masyarakat lokal sekalipun alias yg menetap di Jabodetabek bahkan di bbrp kota di Indonesia juga yg terjamahkan dg KA tentunya...
Keluhan yang sama juga banyak dilontarin sama temen dan keluarga aku. Ke Sorabaya mendingan naek pesawat apalagi ke Kutoarjo naik bus. Soalnya ada yg berpendapat naik KA itu ngeri, ada yang komentar lebih murah cuma beda bbrp Rupiah saja dan cepet sampai. Keluhan2 yang lumrah dan serasa klasik. Tapi yah... bersyukur masih ada kita di tengah keterpurukkan perkereta apian negeri ini ketimbang negara2 macem Eropa dan Amerika sih... Bahkan di Asia Timur sekalipun...
Yang menyakitkan dari temen mas Christianto itu menyatakan KA kita butut... Memangnya dari sudut pandang mananya?????? Aku yang termasuk langganan beli MKA tiap bulannya... yang ditampilin itu tampilan KA yang bagus2 koq... Memang pasti ada bbrp yang terlihat jelek khususnya bagi awam... Tapi apakah dengan tampilan eksterior dan interior rangkaian KA Klas Argo aja dibilang butut??? AC boleh kurang dingin, perjalanan boleh telat2an, pelayanan pr teknisi di lapangan boleh kurang sigap, bahkan menu2 kulinernya pun boleh gak gitu lengkap dan bbrp kosong, tapi apa dengan tampilan eksterior dan interior KA penumpang yang ada bisa dibilang butut??? Kecepatan lok CC 203 bisa mencapai angka 150 km / jam di beberapa petak rel yg sudah R 54 gitu... apa bisa dibilang kuno dan ketinggalan jaman?? Salah kalau bandinginnya dg sang super cepat dari JKepang, Inggris atau pun Perancis... Anjlok dan terguling itu cuma bagian dari para vandaliser aja yg mau berbuat onar hingga bisa kita julukin sebagai teroris...
Jadi intinya, coba renungkan sejauh mana kebututan perkereta apian di negeri kita ini dengan lahirnya produk - produk dari PT. INKA? Meski itu semua juga karena pola asuhan adaptasi dari LN sih pastinya... Tapi itu rakitan tangan2 terampil dan ide2 cemerlang hasil karya anak2 bangsa dari negeri kita sendiri khan???
![[Image: overstappen.png]](http://www.semboyan35.com/images/overstappen.png)
Ada yang terpenting... Klas Ekonomi pernah aku ngalamin lampu mati, atap bocor pas hujan mendera dan bau karet kebakar seolah2 kita siap ikutan terlumati oleh panasnya bara api entah dari mesin generatornya... yg jelas waktu di KRL Rheostatic. Tapi jangan... 1x lagi JANGAN...!!! ....bandingin sama KRL bahkan KRD komuter Ekonomi di negara2 maju macet Jepang, Inggris, Perancis, Belanda, dsb.... Bersyukur kita punya KRL Ekonomi yang dikhususkan buat pr juragan kantoran yang selalu menikmati perjalanan KA komuter bak naik bus AC atau pun mobil - mboil pribadi mereka... Hanya saja sopir mrk itu yah masinis... Dari sini khan jelas sekali perbedaan mana yang golongan masyarakat kurang dan tidak mampu secara ekonomi (dg KRL Ekonomi) maupun masyarakat yang mampu dan cukup mampu (dg KRL Ekonomi AC kala itu). Meski kala itu dg KRL Ekonomi AC bagi yg di Jabodetabek, tapi setidaknya image kita di mata masyarakat internasional terbilang baik karena mau ke stasiun terdekat gak perlu bergumel dengan kisruhnya KRL Ekonomi yang super pengap dan gak manusiawi lagi di kala jam2 sangat sibuk. Kini, ada yg namanya KRL AC (berhenti tiap stasiun kalo skarang ini) dan di luar Jabodetabek punya Prameks, Madiun Jaya, Baraya Geulis, dll...
Tapi jangan salah... orang2 asing pun juga pernah bbrp kali aku pelototin asyik menikmati KA Ekonomi koq... Ma'af yah kalau aku selalu berpatokan dg turis asing... Mengapa? Karena mrk cerminan dunia luar yang ingin tahu tentang kita. Meski demikian, turis domestik juga termasuk koq... Bahkan masyarakat lokal sekalipun alias yg menetap di Jabodetabek bahkan di bbrp kota di Indonesia juga yg terjamahkan dg KA tentunya...
