Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Mblusuk Jalur Lori jaman Belanda
PG.GONDANG BARU dalam perkembangannya.

PG.Gondang Baru didirikan pada tahun 1860 oleh hindia Belanda karena untuk mencukupi permintaan Dunia pada waktu itu, seiring dengan perkembangan zaman ternyata PG.Gondangbaru masih tetap bertahan dan beroperasi sampai sekarang, bahkan mempunyai musium gula yang terkenal sampai manca negara. Diawal oprasional guna memperlancar angkutan hasil tebu dari ladang ,maka di bangunlah jalur lori yang di tarik oleh loc uap dengan daya 30 HP dengan lebar sepur 700 mm. Yang unik dubangun juga jalur kereta api dari PG ke stasiun Srowot serta ada lori petugas cek jalan, waktu terus bergulir dan loc uap yang operasional mulai menua dan uzur dan sukucadang yang menipis sehingga harus masuk musium.
sebagai monomen didepan musium Gula.

trem kereta api menarik tetes.

loc diesel generasi pertama buatan German.

lori patroli jalur.

Ternyata di PG.Gondang juga dipo lokomotive yang masih aktif.
Jangan matikan aku bila perlu tambah dan panjangkan jalurku, biarkan kereta melaju di punggungku....SPOR RAIDER

GREEN LIVING
Salam Kereta, Nuwun
Reply
Mantap Top Banget kang laporan lori tebu sekitar klaten bersinar sip mantap
Reply
Didalam stasiun lokomotive ada sekitar 5 unit loc uap yang mangkrak dan beberapa loc diesel yang aktif.
sudah di kanibal

Dipo/stasiun lokomotive

jejeran loc uap yang wafat.

loc diesel dan loc uap yang lagi retrofit untuk di hidupkan lagi

loc diesel masih sehat walafiat.he.he.

beruntung cuaca cerah kang semut wong biasanya hujan lo.
Jangan matikan aku bila perlu tambah dan panjangkan jalurku, biarkan kereta melaju di punggungku....SPOR RAIDER

GREEN LIVING
Salam Kereta, Nuwun
Reply

Yang menarik tetes tuh nampaknya memang loko khas buat trem uap jaman dulu....he,he... Spoor sempit atau normal tuh)

Salam spoor,
Reply
Sepur normal kang Toto..dahulu mondar mandir PG ke stasiun Srowot bila musim giling tiba ( info dari karyawan Gondang yang sudah sepuh).
Jangan matikan aku bila perlu tambah dan panjangkan jalurku, biarkan kereta melaju di punggungku....SPOR RAIDER

GREEN LIVING
Salam Kereta, Nuwun
Reply

Loko uap di PG sekarang kayaknya kebanyakan pakai ampas tebu. Kalau loko diesel kebanyakan produksi Schoema dari Jerman (CMIIW)

Salam Spoor,

alhamdilillah jalur lori d PG.semboro msh panjang kang.
buktinya PG.semboro beli 2 lok diesel baru.
salah satu jalurx da yg sampai kec balung n tu panjang relnya ampe 20km n tu msh aktif.Xie Xie
tp jg da beberapa yang g di pakai n di bongkar,tu krn petani bnyak yg beralih bertanam jeruk,dll coz labanya lebih bnyak di bndingkan tebu.ini lah penyebab utama kebangkrutan semua PG yang berakibat lori tak terpakai lg.Sakit

ni adl lok uap no 2 dan 3 seri C.
lok ni tidak mempunyai ketel,sehingga lok ini tidak bisa menghasilkan uap sendiri.
jd uapx di dapat dari pabrik,maksudx uap di masukkan k lok ni baru dia bisa jalan.
oleh sebab tu lok ni tidak pernah keluar pabrik coz takut kehabisan uap di jalan.
lok ni msh aktif dan msh bekerja,tugasnya yaitu menarik gerbong lori bermuatan tebu dari tempat parkir menuju k mesin penggiling dan kejanya pd malam hari sampai pagi coz kalau siang pabrik menggiling tebu dari truk.jd tebu yg di angkut dg lori di taruh di tempat parkir dlu,baru malemya di giling.

lok no2 dan 3 ni pny nama unik yaitu "kereta api susu"
nama ni di ambil karena setiap lok ni di bongkar/dibtulin,pd tabung tempat penyimpanan uapnya harus di beri "susu kental manis" untuk melapisi dindingnya.mngkin ini bertujuan untuk menghindari korosi/karat pd dinding tabung,tp oleh mekanikx pernh di coba d beri oli,n hasilnya lok ni g mau jalan.
stelah d kasih "susu kental manis" lg,lok ni baru mau jalan.
unik kan.......................?????????

dan yang buat lok ni unik,di "dunia" lok jenis sprt ini(tidak mempnyai ketel uap) tinggal 2 tempat yg mempunyai,yaitu di PG.semboro n di negara BRAZIL.
tu info yg q dpt dr kepala mekanik lok d PG.semboro
tolon di koreksi y?klo da yg pny info tentang lok sprt ni tolong bagi2 coz klo ni mang bnr2 tinggl 2 d "dunia" bs2 qt khilangan satu seri kereta api?????/
[/quote]

Kira-kira ada atau tidak loko PG Semboro yang dulu bekas milik jalur Spoor Sempit (Narrow Gauge) Balung-Rambipuji?

Salam Spoor,
[/quote]

jumlah lok uap d pg.semboro tu da 4 yaitu:
- 2 lok susu yaitu no 2 dan 3
- 1 lok seri C yaitu no 29
- 1 lok seri BB yaitu no 15
smuax msh aktif kang tp yg no 29 dan 15 untuk wisata turis dan yang no 2 dan 3 untuk menarik gerbong tebu di dlm pabrik.
klo d pg lok uapx gak pke kayu mas,tp pke ampas tebu.

klo 2 lok diesel yg baru tu adalah:
- 1 seri C buatan china
- 1 seri B mesinya buatan jerman tp body n rangkax buatan malang(indonesia)
lo jumlah lok dieselx kira2 da 20 lbih n tu trdiri lok seri B(warna hijau) n seri C(warna kuning)

untuk jalur narow gauge q msh blm tau mas cz mksdx narow gauge ja q msh blm faham,tlong mas q d ksih tau dg jlas n lo bs ma gmbarx.ntar q crikan infox d PG.semboro key?







ni adl 2 lok bru milik pg.semboro
yg warna hijau muda tu seri B
yg merah tu seri C buatan china,maklum lo buatan jerman hargax muahal pol.......
Reply









ni adl lahan parkir lori tebu.lokasix d dlm pabrik d belakang mesin giling.
jd stelah lok diesel membwa gerbong lori bermuatan tebu dari lahan tebu,lalu lori bermuatan tebu tu d parkir dsni smua,jika tebu dari truk udah d giling smua,maka giliran tebu d lori d giling dg d tarik oleh lok uap(susu).
lahan parkir ni terdapat 10-lebih jalur lori dg panjang 250 meter lbih.


















inilah keadaan d dlm bengkel loko.bnyak lok uap yang udah rusak berat d antarax seri BB dan B.kebanyakan dikanibal untuk mempertahankan lok uap no 15 cz spare partx udah g ada lg.

oia q lupa sbenarnya PG.semboro pny 8 lok uap yg msh aktif,tp yg 4 lg(bkn jenis lok susu) d berikan kpd PG lain yg membtuhkan.
alasan lok uap g d pke lg d pg.semboro adl krn kurang efisien.tu krn lok uap butuh wkt 2 jam dari menyalakan api d ketel sampai uap siap d gunakan untuk menjalankan lok.sedangkan lok diesel hanya hutuh waktu 15menit dari mesin dingin smpai mesin siap berjalan.
maaf klo da fotoQ n temenQ he.....3X
Reply
Lanjut terus mas hamdy robbi benar2 laporan yg mantap Top Banget
Reply
Ternyata PG.Semboro sangat besar dan komplit serta dapat loc diesel baru sehingga akan memperlancar produksi gula, tapi sayang yang wisata kok harus carter,...mantap laporannya cak.infonya terusss..Tepuk Tangan
Jangan matikan aku bila perlu tambah dan panjangkan jalurku, biarkan kereta melaju di punggungku....SPOR RAIDER

GREEN LIVING
Salam Kereta, Nuwun
Reply
Kereta lori Wisata di PG.Gondang Baru.
Inilah wisata dan hiburan yang murah meriah bagi yang punya saudara atau anak yang masih kecil tapi kenyataanya orang yang dewasa juga tidak mau ketinggalan sampai nenek dan kakeknya, disini akan saya sajikan seklumit liputannya.
ditarik loc diesel buatan German 30hp dan rencana akan ditarik juga dengan loc uap yang baru diperbaiki 80% tapi jalurnya akan di tambah.

jalur wisata juga dibersihkan dari rumput.

rencana jalur baru yang akan di operasikan dengan menggunakan loc uap sudah dibersihkan dan diperbaiki.

lebih marem lagi kalu datang sendiri.monggo.he.he.he. bukan promosi loXie Xie
Liputan yang lebih seru ada di PG.Tasikmadu karena disitu sarangnya BIG BOY lori Indonesia..silahkan RF yang mau meliput pasti ditanggung geleng-geleng dan marem..nuwun.Xie Xie
Jangan matikan aku bila perlu tambah dan panjangkan jalurku, biarkan kereta melaju di punggungku....SPOR RAIDER

GREEN LIVING
Salam Kereta, Nuwun
Reply


Forum Jump:


Users browsing this thread: 2 Guest(s)