03-03-2010, 12:48 PM
PG.GONDANG BARU dalam perkembangannya.
PG.Gondang Baru didirikan pada tahun 1860 oleh hindia Belanda karena untuk mencukupi permintaan Dunia pada waktu itu, seiring dengan perkembangan zaman ternyata PG.Gondangbaru masih tetap bertahan dan beroperasi sampai sekarang, bahkan mempunyai musium gula yang terkenal sampai manca negara. Diawal oprasional guna memperlancar angkutan hasil tebu dari ladang ,maka di bangunlah jalur lori yang di tarik oleh loc uap dengan daya 30 HP dengan lebar sepur 700 mm. Yang unik dubangun juga jalur kereta api dari PG ke stasiun Srowot serta ada lori petugas cek jalan, waktu terus bergulir dan loc uap yang operasional mulai menua dan uzur dan sukucadang yang menipis sehingga harus masuk musium.
sebagai monomen didepan musium Gula.
trem kereta api menarik tetes.
loc diesel generasi pertama buatan German.
lori patroli jalur.
Ternyata di PG.Gondang juga dipo lokomotive yang masih aktif.
PG.Gondang Baru didirikan pada tahun 1860 oleh hindia Belanda karena untuk mencukupi permintaan Dunia pada waktu itu, seiring dengan perkembangan zaman ternyata PG.Gondangbaru masih tetap bertahan dan beroperasi sampai sekarang, bahkan mempunyai musium gula yang terkenal sampai manca negara. Diawal oprasional guna memperlancar angkutan hasil tebu dari ladang ,maka di bangunlah jalur lori yang di tarik oleh loc uap dengan daya 30 HP dengan lebar sepur 700 mm. Yang unik dubangun juga jalur kereta api dari PG ke stasiun Srowot serta ada lori petugas cek jalan, waktu terus bergulir dan loc uap yang operasional mulai menua dan uzur dan sukucadang yang menipis sehingga harus masuk musium.
sebagai monomen didepan musium Gula.
trem kereta api menarik tetes.
loc diesel generasi pertama buatan German.
lori patroli jalur.
Ternyata di PG.Gondang juga dipo lokomotive yang masih aktif.
Jangan matikan aku bila perlu tambah dan panjangkan jalurku, biarkan kereta melaju di punggungku....SPOR RAIDER
GREEN LIVING
Salam Kereta, Nuwun
GREEN LIVING
Salam Kereta, Nuwun