Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Mblusuk Jalur Lori jaman Belanda
Kembali ke PG.Ceper yang keberadaan loc lori dan jalurnya hampir tidak berbekas apalagi terpantau, mau di upload tapi sudah tidak berbekas cuma tinggal lokasinya saja, akan tetapi karena masalah moral dan merasa bersalah kalau tahu tidak di publikasikan.
Tak ambil ujung2 lintasan jalurnya saja, ini dari PG.Ceper arah timur menuju kebarat di petak kec.Wedi yang mana dahulu bertemu dengan lintasan ujung yang dari PG.Gondang, ini bukti kemungkinan tersambungnya antar PG. ikut narcis si RAIDER jadul.

Jalur dari Ceper ke arah utara Jatinom sudah jadi jalan antar kampung.

Jalur pas di bahu jalan yang tertimbun aspalt perhatikan perbedaannya, di Jurangjero Karanganom.

sudah taktersisa siapa yang sanggup menjawab anak cucu nanti..Sedih
Jangan matikan aku bila perlu tambah dan panjangkan jalurku, biarkan kereta melaju di punggungku....SPOR RAIDER

GREEN LIVING
Salam Kereta, Nuwun
Reply
Top Banget kang eko picnya sip mantap top maskotop maknyus tambah lagi picnya kang hehehe
Reply
Jalur lori yang memotong jalan raya yogya-solo, posisi dari jalan raya bersebelahan dengan terminal Penggung.

dari arah pengambilan gambar posisi rel lori lurus kemudian memotong jalan terus ke Jatinom, pas di tiang reklame dahulu ada jalur cabang kekanan dan posisi di Karanganom Klaten.

tidak mengingatkan nostalgia lama lo kang semuth itu hanya ke Jatinom.NgakakNgakak
Jangan matikan aku bila perlu tambah dan panjangkan jalurku, biarkan kereta melaju di punggungku....SPOR RAIDER

GREEN LIVING
Salam Kereta, Nuwun
Reply
Sip weleh2 mantap nostalgia jaman mbiyen kang pas dudut tebu pas lori mlaku milangkori ndeso lan sawah tebu hehehe
Reply
Omong omong soal PG, ada yang punya pics PG BANTUL gak?
Reply

alhamdilillah jalur lori d PG.semboro msh panjang kang.
buktinya PG.semboro beli 2 lok diesel baru.
salah satu jalurx da yg sampai kec balung n tu panjang relnya ampe 20km n tu msh aktif.Xie Xie
tp jg da beberapa yang g di pakai n di bongkar,tu krn petani bnyak yg beralih bertanam jeruk,dll coz labanya lebih bnyak di bndingkan tebu.ini lah penyebab utama kebangkrutan semua PG yang berakibat lori tak terpakai lg.Sakit
[spoiler]



[/spoiler]

ni adl lok uap no 2 dan 3 seri C.
lok ni tidak mempunyai ketel,sehingga lok ini tidak bisa menghasilkan uap sendiri.
jd uapx di dapat dari pabrik,maksudx uap di masukkan k lok ni baru dia bisa jalan.
oleh sebab tu lok ni tidak pernah keluar pabrik coz takut kehabisan uap di jalan.
lok ni msh aktif dan msh bekerja,tugasnya yaitu menarik gerbong lori bermuatan tebu dari tempat parkir menuju k mesin penggiling dan kejanya pd malam hari sampai pagi coz kalau siang pabrik menggiling tebu dari truk.jd tebu yg di angkut dg lori di taruh di tempat parkir dlu,baru malemya di giling.

lok no2 dan 3 ni pny nama unik yaitu "kereta api susu"
nama ni di ambil karena setiap lok ni di bongkar/dibtulin,pd tabung tempat penyimpanan uapnya harus di beri "susu kental manis" untuk melapisi dindingnya.mngkin ini bertujuan untuk menghindari korosi/karat pd dinding tabung,tp oleh mekanikx pernh di coba d beri oli,n hasilnya lok ni g mau jalan.
stelah d kasih "susu kental manis" lg,lok ni baru mau jalan.
unik kan.......................?????????

dan yang buat lok ni unik,di "dunia" lok jenis sprt ini(tidak mempnyai ketel uap) tinggal 2 tempat yg mempunyai,yaitu di PG.semboro n di negara BRAZIL.
tu info yg q dpt dr kepala mekanik lok d PG.semboro
tolon di koreksi y?klo da yg pny info tentang lok sprt ni tolong bagi2 coz klo ni mang bnr2 tinggl 2 d "dunia" bs2 qt khilangan satu seri kereta api?????/
Reply
Berarti PG.Semboro masih sangat produktif apalagi dengan penambahan loc diesel yang baru akan menambah menggeliatnya produktifitas PG, dan jalur yang 20km apakah dilewati saat rembang tebu atau juga sebagai wisata mas.Xie Xie
Jangan matikan aku bila perlu tambah dan panjangkan jalurku, biarkan kereta melaju di punggungku....SPOR RAIDER

GREEN LIVING
Salam Kereta, Nuwun
Reply

d pakainya pas tebang tebu aja.
klo untuk wisata saya kurang tau rutenya tp denger2 sih klo turis g pernah jauh2,biasany ke tempt tebang tebu terdekat ato cm muter2 ja gt.

oia pg.semboro dlu jg pnya 2 anak cabang/PG pembantu yg berukuran kecil yaitu PG.kencong dan PG.balung
y maklum lah ktx mbahq,dlu tu tanam tabu di paksakan pada rakyatx n orang desa takut smua,jd hasil tebu sangat melimpah hingga di bngun 2 anak pabrik.
tp seiring berjalanx waktu,rakyat pun semakin pintar n membrontak dan akhirnya paksaan tanam tebu berakhir yg berakibat PG.kencong dan PG.balung di tu2p
dan sekarang kedua PG tu rata dg tanah,yg tersisa tinggal menara ketelx aja.skrng lahan kedua PG tu di jdkan lahan tebu dech.......Sakit
Reply
mas Robby itu loc uap pedet yang doyan nyusu jumlahe berapa? and loc uap yang memakai bahan bakar kayu apa juga masih aktif? terus loc diesel yang baru kalau boleh buatan mana ya?
ma'af pertanyaane banyak ya..Xie Xie
Jangan matikan aku bila perlu tambah dan panjangkan jalurku, biarkan kereta melaju di punggungku....SPOR RAIDER

GREEN LIVING
Salam Kereta, Nuwun
Reply

Loko uap di PG sekarang kayaknya kebanyakan pakai ampas tebu. Kalau loko diesel kebanyakan produksi Schoema dari Jerman (CMIIW)

Salam Spoor,

alhamdilillah jalur lori d PG.semboro msh panjang kang.
buktinya PG.semboro beli 2 lok diesel baru.
salah satu jalurx da yg sampai kec balung n tu panjang relnya ampe 20km n tu msh aktif.Xie Xie
tp jg da beberapa yang g di pakai n di bongkar,tu krn petani bnyak yg beralih bertanam jeruk,dll coz labanya lebih bnyak di bndingkan tebu.ini lah penyebab utama kebangkrutan semua PG yang berakibat lori tak terpakai lg.Sakit

ni adl lok uap no 2 dan 3 seri C.
lok ni tidak mempunyai ketel,sehingga lok ini tidak bisa menghasilkan uap sendiri.
jd uapx di dapat dari pabrik,maksudx uap di masukkan k lok ni baru dia bisa jalan.
oleh sebab tu lok ni tidak pernah keluar pabrik coz takut kehabisan uap di jalan.
lok ni msh aktif dan msh bekerja,tugasnya yaitu menarik gerbong lori bermuatan tebu dari tempat parkir menuju k mesin penggiling dan kejanya pd malam hari sampai pagi coz kalau siang pabrik menggiling tebu dari truk.jd tebu yg di angkut dg lori di taruh di tempat parkir dlu,baru malemya di giling.

lok no2 dan 3 ni pny nama unik yaitu "kereta api susu"
nama ni di ambil karena setiap lok ni di bongkar/dibtulin,pd tabung tempat penyimpanan uapnya harus di beri "susu kental manis" untuk melapisi dindingnya.mngkin ini bertujuan untuk menghindari korosi/karat pd dinding tabung,tp oleh mekanikx pernh di coba d beri oli,n hasilnya lok ni g mau jalan.
stelah d kasih "susu kental manis" lg,lok ni baru mau jalan.
unik kan.......................?????????

dan yang buat lok ni unik,di "dunia" lok jenis sprt ini(tidak mempnyai ketel uap) tinggal 2 tempat yg mempunyai,yaitu di PG.semboro n di negara BRAZIL.
tu info yg q dpt dr kepala mekanik lok d PG.semboro
tolon di koreksi y?klo da yg pny info tentang lok sprt ni tolong bagi2 coz klo ni mang bnr2 tinggl 2 d "dunia" bs2 qt khilangan satu seri kereta api?????/
[/quote]

Kira-kira ada atau tidak loko PG Semboro yang dulu bekas milik jalur Spoor Sempit (Narrow Gauge) Balung-Rambipuji?

Salam Spoor,
Reply


Forum Jump:


Users browsing this thread: 8 Guest(s)