![]() |
Semua tentang PK/OC - Printable Version +- Semboyan35 Indonesian Railfans (http://www.semboyan35.com) +--- Thread: Semua tentang PK/OC (/showthread.php?tid=7320) |
Semua tentang PK/OC - evolution_inside - 13-04-2012 Selamat Siang rekan-rekan semua Saya mohon izin untuk moderator untuk membuat thread baru tentang PK/OC, apabila sudah ada sebelumnya saya mohon di maklumi dan agar di gabung. PK/Pusat kendali, bahasa Inggrisnya Oprasional Control/OC Tugas dari PK adalah memonitoring pergerakan kereta api dalam wilayahnya, dalam keadaan luar biasa, pk bisa memberikan masukan kepada PPKA untuk pengaturan perka untuk kelancaran, dan perintah yang diberikan oleh PK di catat oleh PPKA dalam bentuk nomer berapa ya saya aga lupa. Di samping itu PK juga menjadi mediator antara Masinis dengan PPKA dalam komunikasi yaitu tentang rinja, gangguan persignalan, taspat, perjalanan sepur salah, atau jika masinis mengalami permasalahan terhadap lokomotif atau rangkaianya yang mengakibatkan rinja pada petak jalan. PK juga bertugas membuat grafik perjalanan sebuah kereta, dimulai dari awal kereta tersebut hingga keluar dari wilayah pemantauanya, dan itu menjadi dasar untuk pembuatan GAPEKA, untuk DAOP I, letak PK ada di MRI dekat dengan stasiun ada bangunan berlantai 4, dan wilayah kerjanya di bagi menjadi PK Selatan, PK Barat, PK Timur dan PK Jabotabek, Selatan mengatur perka krl, Barat mengatur perka lintas kulon yaitu kereta seperti rangkas jaya, batu bara, dkk dan PK Timur. Jika persinyalan sudah elektrik seperti di daop I, maka pk dapat memantau pergerakan kereta melalui layar ctc ataupun dari layar lebar yang tertempel di dinding PK, sedang untuk daerah yang masih menggunakan persinyalan mekanik PK hanya mengandalkan laporan dari PPKA saja. Oh ya ini untuk menjawab pertanyaan beberapa rekan, apakah PPKA bisa berkomunikasi dengan masinis, jawabanya bisa, yaitu dengan cara PPKA menghubungi PK lalu bisa meminta di hubungkan dengan masinis KA yang ingin dituju, namun dalam keadaan darurat maka dapat menekan tombol emergency pada radio WS, dan suara dari PPKA atau Masinis tersebut akan terdengar di seluruh lokomotif dan stasiun Sekian informasi dari saya, untuk rekan-rekan yang ingin menambahkan monggo ![]() ![]() RE: Semua tentang PK/OC - aditnugie - 13-04-2012 wah pasti tugasnya lebih berat ya...Soalnya memonitor seluruh pergerakan KA di wilayahnya. Apalagi kalau ada kejadian luar biasa yang menyebabkan pergeseran/perubahan Gapeka. RE: Semua tentang PK/OC - gajayana321 - 13-04-2012 didaop 8 di SGU,dkat KANTOR DAOP 8 RE: Semua tentang PK/OC - ajuy - 13-04-2012 kalau PK OC Daop III di CN atau Prujarakan? ![]() RE: Semua tentang PK/OC - megaloblast - 13-04-2012 Tanggung jawabnya besar ![]() RE: Semua tentang PK/OC - aditnugie - 13-04-2012 yang bekerja di PK/OC butuh pendidikan berapa tahun ya?soalnya khan inti pekerjaannya memanajemen trafik KA. Apalagi kalo di DAOP I yang terkenal padat. Ane penasaran banget sama kerja PK/OC. Pasti sibuk banget. RE: Semua tentang PK/OC - Bimantara - 13-04-2012 Kalo DAOP 1 dimana om ? RE: Semua tentang PK/OC - ajuy - 13-04-2012 di Manggarai mas RE: Semua tentang PK/OC - phepe_ph - 13-04-2012 Bisa dijelaskan juga apakah yang bersangkutan bekerja secara manual, ataukah menggunakan sebuah perang lunak, perangkat keras, juga algoritma kerjanya beserta alat komunikasi yang digunakan. Terima kasih ![]() RE: Semua tentang PK/OC - evolution_inside - 13-04-2012 DAOP I ada di sebelah selatan setasiun MRI, ada sebuah bangunan besar berlantai 4 yang banyak menaranya Untuk menjadi PK, sama pendidikanya untuk menjadi PPKA yaitu L3, yaitu 3 bulan di BP OPSAR bandung, karena kalo L3 materinya menyeluruh seperti tentang kondektur, ppka, keuangan, pembuatan grafik, ya kalo L3 itu ibaratnya pendidikan untuk menjadi calon KS dan setingkatnya, terkadang untuk menjadi KS malah harus di tempatkan di PK terlebih dahulu, yakni bertujuan agar orang tersebut menguasai segala medan stasiun baik dalam keadaan normal maupun ketika di luar kendali, namun tidak semua melewati tahap tersebut, ada juga yang langsung menjadi ks dari ppka |