Semboyan35 Indonesian Railfans
Stasion Manggarai Jakarta Disiapkan Jadi Stasiun Utama Komuter - Printable Version

+- Semboyan35 Indonesian Railfans (https://www.semboyan35.com)
+-- Forum: Kereta Api (https://www.semboyan35.com/forum-5.html)
+--- Forum: Depo dan Stasiun (https://www.semboyan35.com/forum-30.html)
+--- Thread: Stasion Manggarai Jakarta Disiapkan Jadi Stasiun Utama Komuter (/thread-3497.html)

Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16


setujukah anda jika manggarai di jadikan stasiun central - dedy vh - 12-10-2009

ke depannya setelah double double track antara manggarai - cikarang selesai ada kabar bahwa semua aktifitas kesibukan stasiun gambir akan di pindah ke manggarai. selain menggabungkan terminal busway dan rencana nya water way juga nantinya kereta bandara bermula dari stasiun ini.

jika di lihat dari rencana tersebut tentu ada nilai positif dan negatifnya jika rencana tersebut terealisasi nantinya.
menurut anda apa sisi positif dan negatifnya di mata railfans ?


RE: setujukah anda jika manggarai di jadikan stasiun central - Narendro Anindito - 12-10-2009

ide bagus!!
bisa jadi pusat perkeretaapian di JKT!


RE: setujukah anda jika manggarai di jadikan stasiun central - ady_mcady - 12-10-2009

ada satu yang kurang menurut saya, yaitu akses jalan. mri tidak dilewati jalan protokol yang besar seperti gambir, senen, thb, kota.

akses jalan sangat penting mengingat kecenderungan penumpang ka kita yang biasa naik mobil pribadi dari rumah untuk mengantar/menjemput kerabat dari stasiun ka, karena tempat tinggal mereka tidak dilayani jalur krl.


RE: setujukah anda jika manggarai di jadikan stasiun central - nino - 12-10-2009

mengingat juga kepadatan penduduk di jakarta yang gila2an, dan dengan kebutuhan angkutan umum massal tingkat tinggi, ga bisa dibayangkan kaya apa ramenya saat semua manusia itu berkumpul di 1 stasiun, mungkin lebih baik kalo stasiun awalnya tetep tersebar di 8 stasiun besar.

maksudnya stasiun central seperti itu bukan? atau maksudnya pusat kegiatan administrasi PT. KCB?


RE: setujukah anda jika manggarai di jadikan stasiun central - Joe_cn - 12-10-2009

(12-10-2009, 02:08 PM)ady_mcady Wrote: ada satu yang kurang menurut saya, yaitu akses jalan. mri tidak dilewati jalan protokol yang besar seperti gambir, senen, thb, kota.

akses jalan sangat penting mengingat kecenderungan penumpang ka kita yang biasa naik mobil pribadi dari rumah untuk mengantar/menjemput kerabat dari stasiun ka, karena tempat tinggal mereka tidak dilayani jalur krl.

Nah ini yang harus diperhatikan.


RE: setujukah anda jika manggarai di jadikan stasiun central - ino_pl - 12-10-2009

sepertinya aga sulit dech..Ngeledek..karena letak dan area Manngarai yang sudah padat di tambah akses jalan yang suka banjir jika kali disana meluap.....
saya lebh setuju jika stasiunjatinegara yang di jadiin stasiun besar...tinggal di panjangkan ke arah underpass jalan toll. apalagi disana ada area bekas port pasir yang bisa di gunakan....tinggal perbaikan akse lajur jalan yang di benahi...Playboy


RE: setujukah anda jika manggarai di jadikan stasiun central - ouilevio - 12-10-2009

idenya sih memang bagus, namun utk mewujudkan itu bth area yg luas.


RE: setujukah anda jika manggarai di jadikan stasiun central - editpes - 12-10-2009

(12-10-2009, 04:52 PM)ino_pl Wrote: sepertinya aga sulit dech..Ngeledek..karena letak dan area Manngarai yang sudah padat di tambah akses jalan yang suka banjir jika kali disana meluap.....
saya lebh setuju jika stasiunjatinegara yang di jadiin stasiun besar...tinggal di panjangkan ke arah underpass jalan toll. apalagi disana ada area bekas port pasir yang bisa di gunakan....tinggal perbaikan akse lajur jalan yang di benahi...Playboy

lebih setuju kalo JNG jadi yang pusat,kan dua tuh jalurnya,ada ke PSE ada ke MRI
sebenernya juga JNG sepurnya banyak

tapi kalo manggarai juga bisa aja,mengingat jalurnya juga bercabang


RE: setujukah anda jika manggarai di jadikan stasiun central - brantas - 12-10-2009

idealnya mah dipisah, jd ad dua stasiun sentral di Jakarta yaitu JNG dan MRI. JNG utk kelas eksekutif dan MRI untuk kelas Bisnis dan Ekonomi atau sebaliknya. Mengingat lintas MRI - GMR - JAKK yg sangat padat. Jika hanya dipusatkan di MRI, seluas apapun MRI akan padat kemmbali satu saat nanti karena tetap bersingungan dgn jalur padat BOO - JAKK.


RE: setujukah anda jika manggarai di jadikan stasiun central - cavalino - 13-10-2009


Idenya bagus, tp untuk sekarang ini MRI klo jd stasiun central masih kesulitan keqnya untuk diterapkan, ane ngeliatnye dari jadwal kepadatan KA aja yang selalu melintas MRI, bisa di katakan KA yang mau ke THB, BOO, GMR, JAKK, dll sebagian besar lewat MRI.
Ada pendapat lain... ???