Semboyan35 Indonesian Railfans
Liburan Singkat (tapi) Penuh Makna - Printable Version

+- Semboyan35 Indonesian Railfans (https://www.semboyan35.com)
+-- Forum: Peron (https://www.semboyan35.com/forum-4.html)
+--- Forum: Kegiatan (https://www.semboyan35.com/forum-10.html)
+---- Forum: Laporan Perjalanan (https://www.semboyan35.com/forum-42.html)
+---- Thread: Liburan Singkat (tapi) Penuh Makna (/thread-8633.html)

Pages: 1 2 3 4 5 6 7


RE: Liburan Singkat (tapi) Penuh Makna - yogisuryawan - 15-04-2014

Oke mas, dan klo bisa tampilan fotonya diperbesar biar lebih maknyus liatnya..


RE: Liburan Singkat (tapi) Penuh Makna - zae abjal - 15-04-2014

(15-04-2014, 12:58 PM)Eko Widodo Wrote: Ijin nyimak sambil gelar tiker bah.... Big Grin

ojo lali, kopi lan udede yo kang mas.. Ngeledek

(15-04-2014, 01:47 PM)yogisuryawan Wrote: Oke mas, dan klo bisa tampilan fotonya diperbesar biar lebih maknyus liatnya..

insya Allah, untuk selanjutnya akan sya usahakan dipost via komputer..diatas itu, kenapa gambarnya bisa kurang guede gitu? karena sya ngepostnya di hp.. Nyengir

*belum ada kesempatan ke warnet soalnya


RE: Liburan Singkat (tapi) Penuh Makna - zae abjal - 15-04-2014

Mari kita teruskan trip reportnya..

PERJALANAN PERGI

dari JAKK ke SGU, dengan bang Gembes

Pasca turun dari KRL, sya nggak langsung pergi ke pintu gate in/out untuk tap out kartu THB sya. Tapi sya sempatkan dulu buat istirahat sejenak, sekedar melepas lelah dan lapar (kebetulan dari rumah, sya bawa nasi uduk buat sarapan)..

Setelah itu, barulah kemudian sya tap out kartu dan nggak lama kemudian sya masuk lagi untuk boarding pass KA yg sebentar lagi sya akan naiki..

[spoiler][Image: 1400768_620239508067054_5207870785052427668_o.jpg][/spoiler]
[spoiler][Image: 1966029_620239504733721_7802573102168749577_o.jpg][/spoiler]
suasana pintu masuk boarding pass di JAKK (sebelum sya masuk lagi)

[spoiler][Image: 902353_620239511400387_737709263593972093_o.jpg][/spoiler]
suasana antrian di tempat fasilitas CTM atau cetak tiket mandiri

[spoiler][Image: 1973459_620483764709295_4037423115931779677_o.jpg][/spoiler]
[spoiler][Image: 10271233_620483768042628_5217551913469280548_o.jpg][/spoiler]
beberapa suasana yg terekam di JAKK saat itu

[spoiler][Image: 882328_620483761375962_7836506287073948155_o.jpg][/spoiler]
tiket Gembesku aka Gaya Baru Malam, yg telah distempel oleh petugas (boarding pass)


RE: Liburan Singkat (tapi) Penuh Makna - dhika_railfans - 15-04-2014

cerita perjalanan jauh nih,
gelar tiker dulu ah... laanjuuttt kang...


RE: Liburan Singkat (tapi) Penuh Makna - CC20606 - 16-04-2014

iya om zae,waktu itu krl yang ane naikin aja sempat ketahan di beberapa stasiun cukup lama dan di sinyal masuk DP cukup lama juga.Bethe
kalo KMP Siliwangi dibawa Gembes sejak doi ada masalah pada bogienya dan diganti sama KMP Bunga BangkaiXie Xie
Btw,monggo dilanjut


RE: Liburan Singkat (tapi) Penuh Makna - zae abjal - 16-04-2014

banyak terhambat di awal-awal perjalanan

Saat sya boarding pass, jam sudah menunjukan angka 10 lewat 32 menit. Itu berarti, sejam kurang dikit lagi kereta Gembes yg akan sya naiki, berangkat dari stasiun ini..

Tapi faktanya, di hari itu hingga sepuluh menit sebelum keberangkatan, KA yg dengan no perka 116 itu belum muncul dari peraduannya. "wah, kayanya bakal telat nih berangkatnya" bisik batin sya kala itu..

Dan feeling sya ternyata tepat, di jam yg seharusnya ia berangkat, ia malah justru baru nongol dari kandangnya.. Bethe

[spoiler][Image: 964980_620485144709157_997241080975545506_o.jpg][/spoiler]
[spoiler][Image: 964933_620485151375823_546763950878583513_o.jpg][/spoiler]
suasana yg tergambar di peron jalur 9 JAKK; para calon penumpang resah menunggu Gembes datang

[spoiler][Image: 964933_620485148042490_1196724191231011217_o.jpg][/spoiler]
tadinya sya kira, K3 yg sedang stabling di jalur 7 ini adalah KA Gembes yg akan sya naiki..tapi ternyata bukan

*sepertinya ini KA lokal JAKK-CKP/PWK deh Pasrah Aja Dah

[spoiler][Image: 1957657_620493318041673_4828493768198247386_o.jpg][/spoiler]
rangkaian KA Gembes yg hari itu akan sya naiki

[spoiler][Image: 1559416_620493314708340_4133167880658247563_o.jpg][/spoiler]
oops, sejak kapan KMPnya kang Siliwangi ini dipinjem sama abangnya? Bingung

[spoiler][Image: 736144_620493321375006_571604872985060461_o.jpg][/spoiler]
inilah (gerbong) kereta Gembes sya, yg merupakan K3AC-4

Dan berikut ini adalah stamformasi KA Gaya Baru Malam alias Gembes pada perjalanan hari itu:

CC 201 99 01R JNG (lokomotif)
K3 0 95 01 SDT (aling2)
K3 0 07 09 JAKK (K3AC-1)
K3 0 09 02 JAKK (K3AC-2)
K3 0 09 06 JAKK (K3AC-3)
K3 0 66 77 JAKK (K3AC-4)
KMP3 0 66 11 JAKK (restorasi)
K3 0 66 67 JAKK (K3AC-5)
K3 0 07 11 JAKK (K3AC-6)
K3 0 09 08 JAKK (K3AC-7)
K3 0 09 04 JAKK (K3AC-8)
B 0 54 02 JAKK (bagasi)

(15-04-2014, 11:54 PM)dhika_railfans Wrote: cerita perjalanan jauh nih,
gelar tiker dulu ah... laanjuuttt kang...

monggo..jangan lupa kopi atau teh serta cemilannya jga yo kang mas..

(16-04-2014, 07:44 AM)CC20606 Wrote: iya om zae,waktu itu krl yang ane naikin aja sempat ketahan di beberapa stasiun cukup lama dan di sinyal masuk DP cukup lama juga.Bethe
kalo KMP Siliwangi dibawa Gembes sejak doi ada masalah pada bogienya dan diganti sama KMP Bunga BangkaiXie Xie
Btw,monggo dilanjut

oh gitu..
Yo wis, makasih telah berbagi cerita disini..

credit
[spoiler]karena mulai dari awal fotonya kecil2, sejak cerita trip gembes fotonya sya edit aka ganti ke yg lebih besar lagi..mohon maaf atas ke tak nyamanan ini
[/spoiler]


RE: Liburan Singkat (tapi) Penuh Makna - zae abjal - 16-04-2014

sebelum kita lanjut, ini ada video kedatangan KA Gembes ke jalur 9 JAKK, sebelum KA itu sya dan para penumpang lain menaikinya.. tapi maaf di tayangan akhir, ada yg kurang fokus karena waktu itu badan sya kesenggol seseorang.. Pisss ahhh...



karena dari datangnya saja sudah telat, membuat KA gembes yg sya naiki hari itu telat berangkat 14 menit dari jadwal yg seharusnya (jam 11:44).. sialnya, setelah berangkat telat, di awal2 perjalanan pun ia kerap tersendat-sendat (terutama di petak BKS-CKP-CNP) karena sering berhenti bukan di "jadwal yg semestinya".. Bethe

[spoiler][Image: 1973363_620586771365661_7972614145844459295_o.jpg][/spoiler]
di petak inilah diantaranya KA kami berhenti saat itu

*saat berhenti, waktu menunjukan jam 12:56-12:59

[spoiler][Image: 10255268_810366588992048_6584965391815136067_o.jpg][/spoiler]
[spoiler][Image: 1979958_810366765658697_506782635912822607_o.jpg][/spoiler]
pemandangan yg terjadi, sebelum memasuki staiun Pasir Bungur

[spoiler][Image: 1980451_810367265658647_9030751839051413036_o.jpg][/spoiler]
[spoiler][Image: 893012_810368065658567_4330956309948564475_o.jpg][/spoiler]
[spoiler][Image: 1941416_810368398991867_2675149481635389968_o.jpg][/spoiler]
[spoiler][Image: 1795850_810368642325176_2330717595579503245_o.jpg][/spoiler]
[spoiler][Image: 1614056_810369205658453_7854385123100161094_o.jpg][/spoiler]
pemandangan sawah dan kebon, masih mendominasi di petak setelah Pasir Bungur

*kayanya kalau pemandangan seperti ini, standar ya kalau di lintas jalan rel Xie Xie

karena berangkatnya saja sudah telat, maka otomatis ia berhenti di stasiun tempat pemberhentian ia yg pertama (kalau berangkat dari Jakarta), pun jadi telat.. kata salah seorang penumpang yg berangkat dari sana, telatnya sekitar hampir setengah jam..

[spoiler][Image: 1780093_810369448991762_5185962998421595335_o.jpg][/spoiler]
[spoiler][Image: 1492438_810369605658413_6052206720363479161_o.jpg][/spoiler]
disinilah seharusnya KA Gaya Baru Malam 116, berhenti resmi pertama kali sesuai jadwalnya

*untuk sementara, segitu dulu ya..nanti kalau ada waktu disambung lagi Bye Bye Pisss ahhh...


RE: Liburan Singkat (tapi) Penuh Makna - triez_RF Cirebon - 17-04-2014

petak JAKK-HGL gak berpapasan dengan kereta lain yah kang?
ko gak diceritain juga sih sekalian, apalagi petak JAKK-BKS, kan banyak bgt tuh kereta rel listriknya..

akhirnya, bisa posting juga setelah sebulan berpuasaNgakak


RE: Liburan Singkat (tapi) Penuh Makna - zae abjal - 17-04-2014

(17-04-2014, 03:42 PM)triez_RF Cirebon Wrote: petak JAKK-HGL gak berpapasan dengan kereta lain yah kang?
ko gak diceritain juga sih sekalian, apalagi petak JAKK-BKS, kan banyak bgt tuh kereta rel listriknya..

akhirnya, bisa posting juga setelah sebulan berpuasaNgakak

kalau kebiasaan sya, itu biasanya sya post di Lapkanya (yg lengkap) yg akan sya posting di akhir TR KA ini..
Ngeledek

tapi kalau kejadiannya menarik hati sya, pasti sya ceritain di deskripsinya..

*IMHO: buat sya, kalau moment kereta sya berpapasan dengan kereta lain (saat on board), itu nggak terlalu special..lain halnya kalau moment silangan

Edited:
atau mungkin sya nya saja yg lupa mencatat atau menceritakannya.. Nyengir

seperti kejadian pas berhenti di sebuah petak pada jam 12:56 s/d 12:59 atau sebelum masuk CKP (di atas sudah sya diceritakan)..

waktu itu KA berhenti karena ternyata kami mesti mempersilahkan dulu sebuah K3 lewat di depan kami.. Bethe

*kalau melihat dari jadwalnya, sepertinya bukan KA JJ alias KA lokal..CMIIW
Pisss ahhh...


RE: Liburan Singkat (tapi) Penuh Makna - zae abjal - 18-04-2014

Mari kita lanjut lagi..

Oh ya, sya belum bercerita tentang kondisi gerbong kereta serta kondisi para penumpang KA 116 hari itu seperti apa..

Secara umum, okupansinya saat itu rame dan hampir full seat. Tapi khusus di kereta sya, 2 jatah kursi di seberang kursi sya kosong (21BC). Asyiknya, hingga sampai perjalanan berakhir, itu bangku tetep tidak terisi. Jadilah, para penghuni bangku di sekitar seat tsb (21A, 22AB) merasa lega hingga di sepanjang perjalanan, kami kerap bertukar tempat duduk untuk sekedar selonjoran buat meluruskan ini pinggang.. Ngakak

*kebetulan kami bertiga turun di stasiun akhir

Sedang untuk kondisi AC, cukup dingin. Apalagi di hampir sepanjang perjalanan (tepatnya setelah lepas Jatibarang hingga masuk Kebumen), hujan ringan/rintik2 hingga intentitas sedang plus disertai petir yg menggelegar, menemani kami di hari itu..

*menurut mitos, hujan dengan model seperti itu memang awet bin lama
Jadilah, sepanjang perjalanan kami merasa adem ayem (bahkan sempat kedinginan) dan sama sekali tidak kegerahan walau sya sendiri baru pake jaket, pas perjalanan mau masuk waktu senja.. Xie Xie

Sekarang kita kembali ke cerita perjalanannya..

Sebelum sya melanjutkan, ini ada video saat KA 116 hari itu melintasi petak sebelum Cikampek:


Oh ya ada yg kelupaan sya.. Nyengir sebelum berhenti di stasiun Haurgeulis, kereta sempat berhenti juga di stasiun Pasir Bungur walau cuma 1 menit (kalau sya nggak salah ingat)..

*nggak tahu sebabnya apa..sedang waktu di petak sebelumnya, kereta berhenti karena nunggu KA lokal lewat

Dan waktu di HGL, kereta cuma dikasih 2 menit saja untuk berhenti (jam 14:04-14:06)..

[spoiler][Image: 10013402_810369845658389_3817061222750136158_o.jpg][/spoiler]

[spoiler][Image: 1974186_810370322325008_9027281367262634492_o.jpg][/spoiler]

[spoiler][Image: 10269173_810371325658241_2640794704456516760_o.jpg][/spoiler]
view yg terlihat, setelah lewat HGL

*lagi2 kebon dan sawah

kalau ini, video saat kereta sudah melawati CKP dan sebelum masuk stasiun Pasir Bungur:



*maaf, jika hasilnya seadanya..maklum cuma ditake pake kamera hp Xie Xie

Selanjutnya, kereta pun akhirnya tiba di stasiun pemberhentian yg kedua, yaitu stasiun Jatibarang di jam 14:40 (telat 24 menit dari jadwal yg seharusnya)..

[spoiler][Image: 1978581_810372652324775_6717332034619244458_o.jpg][/spoiler]

[spoiler][Image: 893051_810373045658069_89245809798563046_o.jpg][/spoiler]

[spoiler][Image: 1795797_810373915657982_8948509378914336869_o.jpg][/spoiler]
suasana JTB di siang menjelang sore hari itu

*terlihat ada banner iklan Pemilu 2014, yg nempel di dinding JTB

Di stasiun ini, kereta cuma berhenti 2 menit saja.. setelah itu, lalu kereta pun kemudian meneruskan lajunya..

*oops, maning2 Nyengir

ini ada video saat bang Gembes melintasi petak sebelum memasuki JTB, di hari itu:


Tapi tak lama dari JTB, kereta kami kembali berhenti di Arjawinangun walau cuma satu menit (jam 15:02-15:03).. Nggak tahu, ia berhenti disini karena memang jadwalnya atau cuma BLB karena suatu hal??? Bingung Pasrah Aja Dah

[spoiler][Image: 10257467_810377425657631_5576855848538847906_o.jpg][/spoiler]
cuma pict ini yg sya dapat, ketika KA 116 yg sya naiki berhenti di AWN

[spoiler][Image: 10255268_810378775657496_8749747952857611770_o.jpg][/spoiler]
sawah maning, pemandangan yg sya tangkap saat lepas dari AWN

Hanya 15 menit sejak ngacir dari AWN, laju kereta kembali tertahan di sebuah petak, tapi bukan di sebuah stasiun.. Sempat sya lihat keluar yg ternyata keretanya sedang tertahan sinyal di depannya. "kayanya sih, ini mau masuk stasiun" fikir sya waktu itu..

[spoiler][Image: 966552_810379882324052_5827512639281760506_o.jpg][/spoiler]
cukup lama kami berhenti di petak ini, yaitu sekitar 5 menit

*terlihat disana lampu merah menyala, yg itu artinya kereta kami tertahan sinyal

Dan dugaan sya ternyata benar. Setelah jalan lagi dengan kecepatan yg sangat rendah, tak lama sya melihat plang stasiun Cirebon..

Mestinya KA ini wajib bablas di stasiun ini.. Tapi kenyataannya, hari itu ia berhenti di situ.. Sya kira cuma BLB doang sebentar, lalu pergi lagi deh dari stasiun pusatnya Daop III itu.. Tapi, samar2 terdengar dari annoucher stasiun bahwa KA akan dilangsir mundur ke belakang.. Waktu itu, sya nggak tahu kenapa dibegituin.. Tapi setelah dapat cerita pengalaman dari seorang teman, sya baru tahu bahwa kalau saat itu KA akan mengisi bahan bakar..

*bingung juga ya, logikanya ia kan baru saja jalan dan akan menempuh perjalanan yg sangat jauh..tapi belum juga memakan setengah perjalanannya, koq udah abis lagi ya bahan bakarnya? Heran Mikir Dulu

Cukup lama kami berhenti disini (jam 15:28 s/d jam 15:38)..

[spoiler][Image: 1622398_810381698990537_1884135641270221831_o.jpg][/spoiler]
salah satu plang CN

[spoiler][Image: 1890413_810382125657161_8071259218559319430_o.jpg][/spoiler]
peron area merokok di CN

*karena kebetulan berhentinya di pas area itu, kesempatan berhenti lama di CN ini digunakan sebaik2nya oleh para penumpang Gembes yg perokok Ngakak

[spoiler][Image: 1957704_810382708990436_3040092257628281835_o.jpg][/spoiler]
bangunan utamanya CN, dilihat dari sebuah sudut yg agak jauh

[spoiler][Image: 10264173_810383162323724_4416089100679145582_o.jpg][/spoiler]
selagi belum ada pengumuman mau diberangkatkan kembali, maka puas2in dulu deh ngududnya Ngakak

[spoiler][Image: 1504483_810383622323678_4155260948108658716_o.jpg][/spoiler]

[spoiler][Image: 1502831_810385942323446_3999799327121204716_o.jpg][/spoiler]
penampakan rangkaian KA Gembes saat BLB di CN sabtu itu

Dari stasiun ini, KA baru bisa kembali berangkat setelah pihak stasiun setempat mempersilahkan dulu KA Tegal Ekspres "melangkahi" kami di CN.. Bethe
ini ada videonya:


*sekali lagi maaf, jika hasil rekaman videonya seadanya Xie Xie

*waduh, koq sepi ya trit TR sya kali ini??? Bethe yo wislah, kita lanjut aja mendingan

Selepas dari CN, kereta jalannya melambat.. Ya, karena satu petak setelahnya kereta kami akan memasuki stasiun Cirebon Prujakan.. Dan di stasiun inilah, sejatinya KA Gembes genap berhenti (normal) lagi setelah dari stasiun Jatibarang menurut jadwalnya..

[spoiler][Image: 1507478_810386152323425_470057105565392133_o.jpg][/spoiler]
polsuska dan PKD CNP terlihat tengah asyik ngobrol bersama rekan2nya

[spoiler][Image: 10258510_810386775656696_1296291428298816455_o.jpg][/spoiler]
suasana di CNP saat itu

[spoiler][Image: 10257353_810386915656682_8520816471664272222_o.jpg][/spoiler]
nun jauh disana, terlihat sinyal masih merah

*ini yg ke arah Jakarta

[spoiler][Image: 1507515_810387608989946_1452028854496376643_o.jpg][/spoiler]

[spoiler][Image: 1490750_810387922323248_8605152826644394461_o.jpg][/spoiler]
penampakan KA Gembes saat berhenti di CNP, pada sabtu (pekan lalu) itu

*masih di CiPru

[spoiler][Image: 10255642_810387328989974_2245221690422510881_o.jpg][/spoiler]
dan ini KMPnya Siliwangi yg hari itu memang sedang ikut kami "jalan2" ke timur pulau jawa

Di Cirebon Prujakan, kami harus menunggu lama untuk diberangkatkan kembali oleh pihak yg berwenang di stasiun tsb.. Dan terdengar dari pengumuman annoucher stasiun, bahwa KA Gaya Baru Malam belum bisa diberangkatkan kembali karena sedang ada gangguan sinyal di stasiun setelahnya..

*di lain kesempatan, pihak annoucher stasiun menyebutkan sedang nunggu sinyal aman di petak setelahnya

Kebetulan saat sedang berhenti di CNP itu, petir menggelar bersahutan menemani kami di sore itu.. Dan mungkin inilah penyebabnya, kenapa sampai terjadi gangguan di CNP (atau stasiun2 di sekitar wilayah Cirebon) kala itu.. Sedih

Dan tepat di jam 4 sore lewat 3 menit, kereta kami akhirnya diperbolehkan jalan lagi untuk menuju ke stasiun2 berikutnya.. Ceria
Dan itu berarti juga, KA kami cukup lama "tertahan" di Cirebon Prujakan (20 menit), sebagaimana juga yg kami alami di stasiun sebelumnya aka Cirebon (Kejaksan)..

*untuk sementara segitu dulu ya..mohon maaf jika di atas ada kesalahan atau ada yg kurang berkenan Pisss ahhh...