![]() |
|
Parahiyangan BUBAR..??? - Printable Version +- Semboyan35 Indonesian Railfans (https://www.semboyan35.com) +-- Forum: Kereta Api (https://www.semboyan35.com/forum-5.html) +--- Forum: Jalur Barat (https://www.semboyan35.com/forum-16.html) +--- Thread: Parahiyangan BUBAR..??? (/thread-3934.html) |
RE: Parahiyangan BUBAR..??? - antimon40 - 23-04-2010 Kayaknya perkeretaapian kita semakin aneh saja.... ironis.. semakin nggak masuk akal RE: Parahiyangan BUBAR..??? - Hadi_Bima - 24-04-2010 Kalau menurut saya ka parahyangan kalahnya sama team sendiri Ka Argo gede, kalau sama tranportasi lain relatif, liatnya dari sisi mana, karna ka parahyangan tadinya jadwalnya banyak jadi sedikit, trus argo gede, dari jadwal sedikit jadi banyak, begitu juga layanannya, ka argo gede ditingkatkan, parahyangan, cenderung sepertinya menurun. sepertinya hanya diliat darisisi profit bukan sejarahnya. Kalau menurut saya ka parahyangan lebih banyak, dan argo gede hanya ada pagi, pada saat brnagkat kantor, dan sore pulang kantor,dan sisipin siang jam istirahat dan eksisnya ka parahyangan pakai eksis ka satwa, seperti ada tvnya,atau bisnisnya ditambah ac kayak di sumatera. layanannya lah ditingkatkan, bukan keretanya dimatikan. dan kalau perlu ada jadwal parahyangan yg sampai tasikmalaya. seperti cirek ada yg sampai tegal......cobalah kalau bisa lo RE: Parahiyangan BUBAR..??? - Andrew_CN - 24-04-2010 (23-04-2010, 04:46 PM)indoloko Wrote:(23-04-2010, 02:04 PM)animaX Wrote: Selain itu, Sugeng juga menyampaikan bahwa kondisi prasarana perjalanan kereta api Bandung-Jakarta kurang memungkinkan untuk pengoperasian dua jenis kereta, yakni Argo Gede dan Parahyangan. "Secara geografis perjalanan Bandung Jakarta juga banyak tebing, sering longsor," katanya. Meluruskan aja kang, maksudnya pak sugeng d sini adalah pada dasarnya geografisnya petak sono dari awal pemasangan rel jaman baheula uda cukup labil & kemungkinan terjadi longsor tinggi, pa lagi musim ujan. Tapi knapa hal sperti ini skarang ini d tekankannya, sdangkan dulu2 rasanya jarang muncul brita bgini? Karna kronologisnya dulu jumlah KA parahyangan masi cukup sdikit & argo gede muncul pada awal2 juga cuma brapa trip, jadi frekuensi lalu lintas KA d sana masi lengang, KA sampe k BD cukup 2 stenga jam aja dengan brenti silang paling cuma 1x waktu itu, tapi karna memank PT KA kan mencari keuntungan, maka d tambah2kan lah trip parahyangan & argo gede sampe semaksimal mungkin yg tanpa d sadarin jalur yg sulit untuk d bikin double ato malah triple track itu full, jadi dikit2 harus silang & juga ga d sadari bahwa tanah yg pada dasarnya cukup labil itu saat d lewati KA otomatis mengalami guncangan kecil yg tidak alami, tapi guncangan kecil karna lewatnya KA d tanah itu klo dengan trip yg sdikit sperti jaman dulu itu resiko longsor menjadi smakin sering itu kecil, tapi dengan ampirt 1 jam skali ada KA yg lewat lama2 tanah sperti d bajak juga, smakin halus & gembur, ga kuat menahan rangkaian yg pendek sklipun dengan waktu sering. Skarang aja parahyangan ada 12 trip dari aarah berlawanan & argo gede 10 trip dari arah berlawanan, blom terhitung lokalan, serayu, harina & kontainer, tanah itu sudah sperti d bajak 1 jam skli dengan lewatnya KA smakin gembur, sklipun KA lewatnya d lapisi ballast tapi tekanan terhadap tanah masi besar, apa lagi dengan jalur kemirinagan tertentu sperti ciganea-sukatani & d petak plered. Jadi maksud pak sugeng d sini bukan skedar trafik argo gede & parahyangan aja yg mempengaruhi lambatnya perjalanan suatu KA yg musti berenti untuk bersilang, tapi dasarnya faktor biologis yg membuat sulit jalur ini, dengan gemburnya tanah hingga berefek longsor & juga pembuatan jalur full double track ato triple track yg harus memangkas tebing lebih dulu & itu justru beresiko tinggi dengan kodrat alam d banding teknologi semaju apapun. (23-04-2010, 02:04 PM)animaX Wrote: Dengan demikian, penghentian seluruh perjalanan KA Parahyangan dapat memberikan hasil yang positif, meningkatkan efektivitas dengan memaksimalkan pengoperasian Argo Gede. "Toh masih ada Argo Gede, harganya pun tidak terlalu berbeda, Parahyangan Eksekutif dan Argo Gede sama-sama di kisaran Rp 50.000," imbuhnya. Kecuali kalo Argo Gede ada tiket 35.000 Rupiah, itu baru sama Pak. Kalo tidak, sama saja membuat layanan yang tidak dapat dinikmati oleh orang melarat :-) [/quote] sbenernya pelayanan argo gede klo d stabilkan smua dengan argo gede new image yg ada colokan & pemasangan wi fi & d kembalikannya pengadaan tuslah pada penumpang dengan harga 50rb termasuk worthed lha bagi penumpang, tinggal PT KA mau ga merealisasikannya, mengembalikan sdikit keuntungan pada penumpang demi keuntungan kedepan yg lebi bsar lagi. Slaen itu dengan ga adanya parahyangan memank berdampak cukup bsar bagi lajunya perjalanan argo gede, karna ga perlu lagi banyak terhambat dengan adanya parahyangan d dpannya ato KA laen untuk bersilang dengan dia sehingga dia musti brenti smentara. memank tidak adanya parahyangan nanti mengurangi sampai stengah dari kepadatan jalur yg terjadi dalam brapa taun blakangan d jalur sempit bgitu, seharusnya lebih cpet larinya itu menjadi layanan basic yg d kembalikan PT kA k penumpang yg seharusnya dari dulu d berikan PT KA. (23-04-2010, 02:04 PM)animaX Wrote: Seperti yang telah diberitakan, 27 April, pengoperasian KA Parahyangan yang dianggap bersejarah dan pernah menjadi urat nadi perjalanan Bandung-Jakarta akan dihentikan. Sebagai gantinya, PT KA akan membuka jalur perjalanan Bandung-Malang (Malabar). Kita lihat saja nanti, menang mana lawan Bus Malem untuk arah Malang. [/quote] om momod, yg ini ijin OOT ya... Sbenernya trip KA malabar ini salah d tempatkan karna saingan yg sudah banyak d 80% jalurnya pada malam hari dari K1 uda ada turangga, K2 ada mutsel & K3 ada kahuripan. Seharusnya KA ini d jalankan siank sperti d utarakan d thread ini d sebelah. karna klo toh d jalur ini petak BD-YK failed karna uda ada lodaya & argo wilis, tapi KA ini masi bisa menang d siank hari untuk petak YK-ML yg stenga jalan, karna KA siank ga da yg menghubungkan langsung dari YK k ML & itu isa jadi kantong buat PT KA sbenernya. (23-04-2010, 08:41 PM)BAMBANG EKO Wrote: Tak bantu kang bambang: klo masalah waktu dengan peleburan 2 KA ini menjadi 1 dengan trip tiap hari hanya 10-12 trip bolak balik otomatis mengurangi kpadatan trafic sperti yg tak jlasin d atas itu kondisinya jadi perjalanan KA isa cpet smoga kembali jadi 2 stenga jam ato 2 jam 45 mnit sperti dulu lagi. Untuk pemberhentian memank jadi ga ketara karna yg kang bambang bilang itu, menurun. tapi bedanya argo parahyangan ini dengan K1 parahyangan isa d bilang akan terlihat klo rangkaian K argonya ini d berikan sama dengan argo gede new image yg memiliki colokan d tiap seat untuk charge HP & laptop, pengoprasian operator KATV standard KA argo, pemasangan wi fi gratis & sukur2 klo tuslah d adakan lagi, jadi terasa apa yg qta beli d tiket harga sgitu balik modal kang. Namun untuk harga memank itungan 50rb itu harusnya si ga d naekin lagi karna itu uda harga ideal, secara hari biasa kcepatan KA memank masi kalah dengan supir travel d*y tr**s yg sering dapet laporan nyetirnya kek orang krasukan & mreka d dalem travel situ dapet tuslah & pada jam tertentu brenti d rumah makan, dengan ada juga travel yg tidak perlu bayar lagi lho makanan yg pnumpang mreka ambil. Jadi bgitulah kira2 perbandingannya K1 parahyangan yg ga dapet apa2, K argo parahyangan yg masi dalem perkiraan & K argo D*y Tr**s yg ada d rute yg sama
RE: Parahiyangan BUBAR..??? - BAMBANG EKO - 24-04-2010 Makasih atas pencerahannya Mas .
Jadi ingat beberapa bulan yg lalu saat ke Bandung bersama keluarga , Pas mau balik Ke Jakarta ndilalahnya tiket habis ( bisnis ) mau ga mau nunggu sampai pemberangkatan Parahiyangan Tambahan , janjinya berangkat sejam lagi e.. kok ada pengumuman bahwa Rangkaian KA Parahiyangan Tambahan terlambat karena baru masuk Purwakarta ... biyuh... biyuh... . Jalan pintas pun ditempuh , Cari Tiket KA Argo Gede , Ndilalah kersaning Allah kok ya Habis juga , akhirnya terpaksa nunggu KA Parahiyangan terlambat , 3 jam lebih itupun terpaksa beli tiket K1 karena K2 nya sudah ludes , padahal malem senin. sekitar jam 9 malem akhirnya pulang juga naik KA legendaris ini , . perut lapar tapi ternyata petugas restorka nawarin Mie instan rebus , pake telur dan saos , gayungpun bersambut . Sampai Bekasi jam 12 malem .Weleh...Weleh ....Kok sekarang mau tinggal kenangan ya RE: Parahiyangan BUBAR..??? - ouilevio - 24-04-2010 pilih mana??? 1. parahyangan ttp beroperasi tp pt ka merugi terus 2. parahyangan bubar tp muncul rute baru yg blm tau bakal laris atw ga RE: Parahiyangan BUBAR..??? - dawetjawa - 25-04-2010 iya mas, parahyangan bubar, gara-gara toll cipularang RE: Parahiyangan BUBAR..??? - Mysterio - 26-04-2010 Setelah lebih dari 30 thn mengabdi.. Cuma begini saja akhirnya.. hiks..
RE: Parahiyangan BUBAR..??? - IwanParahyangan - 26-04-2010 Saya naek Argo Gede kalau tujuannya mau tidur saja di perjalanan sampe Bdg/Gambir... Selamat jalan Parahyangan ![]()
RE: Parahiyangan BUBAR..??? - sepurku - 26-04-2010 (24-04-2010, 07:04 PM)Andrew_CN Wrote:(23-04-2010, 04:46 PM)indoloko Wrote: [quote='animaX' pid='152362' dateline='1272006264'] Meluruskan aja kang, maksudnya pak sugeng d sini adalah pada dasarnya geografisnya petak sono dari awal pemasangan rel jaman baheula uda cukup labil & kemungkinan terjadi longsor tinggi, pa lagi musim ujan. Tapi knapa hal sperti ini skarang ini d tekankannya, sdangkan dulu2 rasanya jarang muncul brita bgini? Karna kronologisnya dulu jumlah KA parahyangan masi cukup sdikit & argo gede muncul pada awal2 juga cuma brapa trip, jadi frekuensi lalu lintas KA d sana masi lengang, KA sampe k BD cukup 2 stenga jam aja dengan brenti silang paling cuma 1x waktu itu, tapi karna memank PT KA kan mencari keuntungan, maka d tambah2kan lah trip parahyangan & argo gede sampe semaksimal mungkin yg tanpa d sadarin jalur yg sulit untuk d bikin double ato malah triple track itu full, jadi dikit2 harus silang & juga ga d sadari bahwa tanah yg pada dasarnya cukup labil itu saat d lewati KA otomatis mengalami guncangan kecil yg tidak alami, tapi guncangan kecil karna lewatnya KA d tanah itu klo dengan trip yg sdikit sperti jaman dulu itu resiko longsor menjadi smakin sering itu kecil, tapi dengan ampirt 1 jam skali ada KA yg lewat lama2 tanah sperti d bajak juga, smakin halus & gembur, ga kuat menahan rangkaian yg pendek sklipun dengan waktu sering. Skarang aja parahyangan ada 12 trip dari aarah berlawanan & argo gede 10 trip dari arah berlawanan, blom terhitung lokalan, serayu, harina & kontainer, tanah itu sudah sperti d bajak 1 jam skli dengan lewatnya KA smakin gembur, sklipun KA lewatnya d lapisi ballast tapi tekanan terhadap tanah masi besar, apa lagi dengan jalur kemirinagan tertentu sperti ciganea-sukatani & d petak plered. Jadi maksud pak sugeng d sini bukan skedar trafik argo gede & parahyangan aja yg mempengaruhi lambatnya perjalanan suatu KA yg musti berenti untuk bersilang, tapi dasarnya faktor biologis yg membuat sulit jalur ini, dengan gemburnya tanah hingga berefek longsor & juga pembuatan jalur full double track ato triple track yg harus memangkas tebing lebih dulu & itu justru beresiko tinggi dengan kodrat alam d banding teknologi semaju apapun. sori, Andrew, aku bantah ya bro, sekaligus ngebantah pak sugeng yg kehilangan logika utk cari pembenaran yg jadinya membuat pernyataan yg amburadul. Kalo jalur purwakarta-ciganea ada yang nyaingin tuh, yg relnya di tepi tebing, rawan longsor, sudut tanjakannya gak kalah menantang, n traffic KAnya cukup ramai pula : 1. yg deket dululah : jalur nagrek - leles & jalur cibatu - cipeundeuy -ciawi (tasik) 2. jalur bumiayu-purwokerto 3. jalur jember - kalibaru Hitung sendirilah berapa rangkaian KA yg lewat di jalur padat bumiayu-purwokerto, yg jelas lebih dari 2 kali lipat yg lewat ciganea, longsor juga sering terjadi di situ. Itulah suara2 ngelesnya para looser, yg gak mau intropeksi n memperbaiki diri. Oh, andaikan Parahyangan start dari Tangerang-kota, atau serpong-tanah abang-sudirman, pasti gak dihapus oleh the looser-mental management of KAI !! turut berdukacita...
RE: Parahiyangan BUBAR..??? - Agung - 27-04-2010 skarang coba pikir dari struktur tanahnya dolo bro........... yang kamu sebutin itu struktur tanahnya kuat dan tahan untuk dibajak dan digetarkan sampe berkali2.........nah sekarang......jalur ciganea dari dolo itu struktur tanahnya terkenal labil karena terletak di 2 lempeng pegunungan kapur yang berbeda sehingga rawan pergerakan tanah..... skarang kenapa parahyangan harus ditutup karena memang ruginya besar sekali........ kita lihat realitanya saja dah......jangan hanya berpaku pada kira2...... kereta itu hanya ramenya pada waktu weekend saja yang hanya 3 hari........sedangkan pada 4 hari sisanya yaitu hari weekdays sangatlah menyakitkan.......dari 6 gerbong dibawanya, yang bisa terisi penumpang hanyalah 3-4 gerbong saja.....sedangkan sisanya kosong melompong.......dan itu terjadi di semua jadwal pemberangkatan yang mencapai 5x dalam sehari........... jelas itu sangat memberatkan PT KA untuk meneruskan operasionalnya........karena biaya operasional KA itu ditentukan dengan penuh tidaknya penumpang yang ada dalam KA tersebut......... kalo sepi kan jelas pendapatan menurun........sedangkan biaya operasional untuk menjalankan KA tersebut tetap......... nah skarang coba pikir.....dengan pendapatan yang menurun lalu harus menambal biaya operasional yang tinggi apa itu gak rugi jatuhnya...........skarang bentuk perusahaan KA adalah Perseroan Terbatas (PT) yang notabene harus profit oriented untuk dapat terus menjalankan usahanya......dan yang bisa mendatangkan profit adalah produknya yaitu Kereta Api.......sekarang kalo kereta api itu merugi terus, apa harus dipertahankan selamanya...........jika kamu seorang direktur pasti akan langsung menutupnya...... coba deh pikir dari sudut pandang orang bisnis bukan dari sudut pandang orang awam dan railfans....... sebab kereta api sekarang adalah suatu bisnis yang besar bukan lagi suatu bentuk pelayanan kepada masyarakat..... |