Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
BLUSUKAN KAVALERI-CIBANGKONG-CIKUDAPATEUH-SAMOJA/KAREES-PINDAD
#11
Jozz gandos sesuai dengan impian angkat topi kang..
Jangan matikan aku bila perlu tambah dan panjangkan jalurku, biarkan kereta melaju di punggungku....SPOR RAIDER

GREEN LIVING
Salam Kereta, Nuwun
Reply
#12
Setelah selesai makan kami melanjutkan penelusuran, kali ini menyebrang menuju ke Utara yakni menuju bekas Stasiun Cibangkonglor. Rel berpotongan dengan Jl. Gatot Subroto,
[spoiler]

kapanlagi

20100212172725_IMG_0082_copy_4b752d0da51a4.jpg
[/spoiler]
kondisi rel di sepanjang sisian BSM masih relatif utuh meski dipenuhi dengan bangunan-bangunan liar seperti warung-warung makan, gerobak, kandang ayam, jemuran dan bengkel las.
[spoiler]

kapanlagi

20100212172725_IMG_0728_4b752d0d9b516.JPG

kapanlagi

20100212172725_IMG_0089_copy_4b752d0dbd841.jpg

kapanlagi

20100212172725_IMG_0086_copy_4b752d0daedc2.jpg

kapanlagi

20100212172725_IMG_0087_copy_4b752d0db62db.jpg
[/spoiler]
Kami sempat mendiskusikan ketika ada proyek pengaspalan baru rel diangkat terlebih dahulu karena mungkin untuk kepentingan kepentingan militer jadi pemerintah tidak berani menimbun apalagi memotong jalur yang menyilang dijalan raya. Tahun 2000 rel ini masih aktif dilalui oleh kereta untuk mengangkut tank-tank sisa peperangan di timor-timur dari Markas Kavaleri ke PT Pindad untuk diperbaiki, tapi sekarang TNI sudah memiliki truk yang khusus buat angkut tank jika mengalami kerusakan.

BERSAMBUNG.........

Reply
#13
Jalur masih bagus masih bisa dislamatkan dan kalau lihat foto itu sambil membayangkan KA gerbong datar sedang memuat tank PT-76 buatan rusia..lanjut kang Asep.
Jangan matikan aku bila perlu tambah dan panjangkan jalurku, biarkan kereta melaju di punggungku....SPOR RAIDER

GREEN LIVING
Salam Kereta, Nuwun
Reply
#14
Maaf, saya masih kurang paham, maklum sy bukan orang bandung, jalur ke kavaleri itu cabang dari jalur mana? apakah cabang dr sta. kiara condong ? dan apa hubungannya jalur ke kavaleri dgn jalur ke Ciwidey dan soreang?
Reply
#15
percabangannya itu (yg k bsm) antara cikudapateuh dan kircon klo g salah
Senangnya kulihat para petani melepas lelah dan berhenti sejenak untuk melihat Kereta Api melewati ladang mereka.....
Terharu
Reply
#16
keren kang asep postingnya..

saya ingat ketika masih kelas tiga SD (1990) pernah diajak paman buat jalan2 di jalur ini. pas mau pulang kalo ga salah ada kereta flat bed yang lagi langsir di jalur ini, dan yang pastinya suasanya belum seramai sekarang. rangkaian kereta ini seingat saya ditarik ma lok seri cc201.

waktu itu kereta masih bisa tembus ke persimpangan pas mau masuk ke stasiun kiara condong.

makasi buat kang asep yang udah menghidupkan kembali kenangan lama.

oya di deket situ ada balai yasa jembatan, di dalamnya ada sisa-sisa gerbong keluaran sebelum taun 40'an. ga tau sekarang masih ada ato ga.
Reply
#17
(12-02-2010, 08:41 AM)eko winarno Wrote: kelihatannya masih aktif jalur ini ya cuma sekarang posisi tidur karena di dalam Markas Batalion Yonkav2 Divisi I kostrad adalah tempat pelatihan dan gudang Tank AMX 30 serbu dan SCORPION, karena di dalam masih banyak gerbong datar yang siap 24 jam
untuk bergerak. Harusnya jalur ini tetap dipertahankan.

Yang benar AMX-13, bukan AMX-30. Sedangkan PT-76 adalah milik Marinir TNI-AL dan bermarkas di Cilandak. Kalaupun ada PT-76 naik kereta kemungkinannya melihat dari Pangkalan Armatim Surabaya, dimana memang ada jalur relnya.
Tahun 1990an saya pernah melihat belasan panser Ferret, Saladin dan Saracen dari YonKav Kostrad Singosari diangkut dari sta. ML... Sayang saat itu belum punya kamera.
[Image: 4860986383_7d35fd903e_b.jpg]
Reply
#18
Kami terus berjalan menuju arah Cibangkonglor, kondisi rel lumayan masih bagus dan bantalannya sedikit komplit. Sekedar cerita, tahun 2005 rel tersebut pernah dilewati lok BB30017 untuk melangsir gerbong PPW Angad atau gerbong pengangkut tank. Di daerah RW 05 Kelurahan Cibangkong kami menemukan sebuah jembatan yang anehnya disebelahnya ada rangka jembatan juga. Apakah dulu disitu bekas Stasiun???? atau bekas double trek???? Yang satu masih terdapat rel sedangkan yang satunya di cor oleh warga sebagai jalan umum.
[spoiler]

kapanlagi

20100213055937_IMG_0095_copy_4b75dd5922297.jpg

kapanlagi

20100213055937_IMG_0094_copy_4b75dd591ad37.jpg
[/spoiler]
Setelah berjalan sekitar 15 menit kami sampai di daerah Cibangkong Lor, kami mengamati kemungkinan letak bekas Stasiun Cibangkonglor. Di depan sebuah bangunan terdapat sebuah percabangan yang cukup unik, dimana percabangan tersebut berbentuk huruf “X”.
[spoiler]

kapanlagi

20100213060833_Cibangkong_area_4b75df719f67d.jpg
[/spoiler]
Jika arah ke barat yang belok kiri ke depo Pertamina Samoja dan Karees (kini menjadi jalan Cita Asih Selatan)
sedangkan yang berbelok kanan menuju Stasiun Cikudapateuh (kini menjadi jalan Cita Asih Utara) tapi tidak nyambung dengan rel sekarang, karena dulunya Stasiun Cikudapateuh berbentuk pulau.
[spoiler]

kapanlagi

20100213055937_IMG_0110_copy_4b75dd5930cb3.jpg
[/spoiler]
Jika arah ke Timur yang lurus (kanan) menuju Stasiun Kiaracondong dan PT Pindad sedangkan yang belok ke kiri menuju ke Ciwidey, Kavaleri dan Majalaya.
[spoiler]

kapanlagi

20100213055937_IMG_0108_copy_4b75dd5929785.jpg
[/spoiler]

BERSAMBUNG.....

Reply
#19
(13-02-2010, 01:39 AM)Penjelajah Wrote:
(12-02-2010, 08:41 AM)eko winarno Wrote: kelihatannya masih aktif jalur ini ya cuma sekarang posisi tidur karena di dalam Markas Batalion Yonkav2 Divisi I kostrad adalah tempat pelatihan dan gudang Tank AMX 30 serbu dan SCORPION, karena di dalam masih banyak gerbong datar yang siap 24 jam
untuk bergerak. Harusnya jalur ini tetap dipertahankan.

Yang benar AMX-13, bukan AMX-30. Sedangkan PT-76 adalah milik Marinir TNI-AL dan bermarkas di Cilandak. Kalaupun ada PT-76 naik kereta kemungkinannya melihat dari Pangkalan Armatim Surabaya, dimana memang ada jalur relnya.
Tahun 1990an saya pernah melihat belasan panser Ferret, Saladin dan Saracen dari YonKav Kostrad Singosari diangkut dari sta. ML... Sayang saat itu belum punya kamera.


Trimakasih koreksinya mas penjelajah tapi pada waktu tim-tim apa sudah punya AMX-13 YA? yang punya Ferret dan saladin he.he
ma'AF OOT-nya.
Jangan matikan aku bila perlu tambah dan panjangkan jalurku, biarkan kereta melaju di punggungku....SPOR RAIDER

GREEN LIVING
Salam Kereta, Nuwun
Reply
#20
(13-02-2010, 06:28 AM)eko winarno Wrote: Trimakasih koreksinya mas penjelajah tapi pada waktu tim-tim apa sudah punya AMX-13 YA? yang punya Ferret dan saladin he.he
ma'AF OOT-nya.

Malah ketiganya udah riwa-riwi saat Gestapu.

KEMBALI KE LEPPTOPP...
[Image: 4860986383_7d35fd903e_b.jpg]
Reply


Forum Jump:


Users browsing this thread: 3 Guest(s)