Semboyan35 Indonesian Railfans

Full Version: Railbus Batara Kresna (D/H: Railbus SOLO)
You're currently viewing a stripped down version of our content. View the full version with proper formatting.
Semoga segera beroperasi lagiMalaikat dulu waktu doi beroperasi,belum sempet main ke Daop VI,udah gak jalan lagiNangis
[/quote]

sumber :


September 2014, Railbus Solo-Wonogiri bakal Dijalankan
24 Agustus 2014

Wonogiri – Rencananya awal September 2014 mendatang, railbus jurusan Solo-Wonogiri bakal diujicoba. Angkutan darat itu nantinya diharapakan menjadi moda transportasi baru bagi warga Wonogiri.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Wonogiri, Ismiyanto, mengatakan pihaknya bersama instansi lintas sektor telah menggelar rapat koordinasi (Rakor) ujicoba railbus jurusan Solo-Wonogiri. Hasilnya, uji coba railbus akan dilakukan akhir Agustus 2014 atau mungkin awal September 2014.

“Pelaksanaan ujicoba railbus, kami masih nunggu info dari Kemenhub. Kemungkinan akhir Agustus 2014 atau awal September 2014,” katanya saat dihubungi wartawan, Minggu (24/8/2014).

Ujicoba railbus dilakukan mulai dari Stasiun Purwosari hingga Stasiun Wonogiri. Pematangan ujicoba akan difokuskan pada kesiapan jalur rel kereta api sepanjang Solo-Wonogiri. kecepatan railbus saat ujicoba maksimal 40 km/jam.
update, ini sudah akhir September 2014,

Quote:
Fasilitas Siap, Railbus Bathara Kresna Menunggu Uji Coba

arikrist 19:54 Jumat, 26/09/2014

SOLO – PT Kereta Api (PT KA) sudah membuat grafik perjalanan kereta api railbus Bathara Kresna dari Stasiun Purwosari menuju Wonogiri dengan dua kali pulang pergi. Fasilitas penunjang seperti rel, sinyal maupun peron pun sudah siap meski belum sempurna.

“Saat ini tinggal menunggu kapan itu direalisasi,” terang Kepala Stasiun Solo Kota, Ambyah Santoso, Jumat (26/9/2014).

Direncanakan, setiap hari bakal ada dua kali perjalanan dari Stasiun Purwosari dan Wonogiri. Berangkat dari Stasiun Purwosari Pukul 07.05 dan 14.00 sedangkan dari Wonogiri Pukul 10.00 dan 17.00 termasuk diluar waktu yang ditentukan bisa juga jalan.

“Dalam grafik ini mencakup perjalanan kereta api di Daerah Operasi (Daop) VI Yogyakarta salah satunya Solo-Wonogiri,” imbuhnya.

Menurutnya, fasilitas penunjang yang sudah selesai pemasangan sinyal Solo-Wonogiri berikut perbaikan rel. Jembatan ditimur Stasiun Solo Kota sudah hampir selesai, sedangkan peron dan penambahan jalur di Stasiun Solo Kota, tengah dikerjakan.

“Meski belum akan segera dipakai, semua tetap akan diperiksa rutin dan dirawat. Yang jadi masalah, kalau jalur Solo-Wonogiri terlalu lama vakum, masyarakat nanti malah memanfaatkan untuk macam-macam. Bisa membangun terlalu dekat, bisa untuk jemuran, tentu akan menjadi masalah,” papar Ambyah.

Kepala Dishubkominfo Kota Surakarta, Yosca Herman Soedrajat menyatakan juga belum mendapatkan informasi lebih lanjut pengoperasionalan railbus dan juga rencana uji coba.

“Saya belum dapan info lagi, memang sudah diberi tahu mau ada uji coba tapi waktunya yang belum tahu. Yang jelas nanti kami juga akan mempersiapkan untuk pengoperasionalan railbus,” pungkasnya. Ari Welianto

"Sumber Berita"
http://joglosemar.co/2014/09/fasilitas-siap-raibul-bathara-kresna-menunggu-uji-coba.html


+ info sekarang Stasiun Solo Kota sudah dipagari
welcome back Railbus Bathara Kresna Big Grin
Quote:“Yang jelas akan dioperasionalkan pada tahun ini. Belum tahu waktu kapan,”

tarif ???
jadwal ???
sarana & prasarana ???

sumber:
http://www.solopos.com/2014/11/09/pasti-railbus-wonogiri-solo-akhir-tahun-ini-beroperasi-550964



Hari ini ada test Purwosari-Wonogiri ya, ada sempat liat? 


sumber:
http://nblo.gs/11DHmm



-------------
dari akun twitter @KomuterNews

*tulisan LED di moncong Batara Kresna tertulis YOG Was Was
wow palang pintu perlintasannya juga sudah difungsikan
Ujicoba hari ini nemuin kabel listrik putus di pinggir rel KA serta dahan pohon besar di Jl. Slamet Riyadi. Waktu tempuh perjalanan sekitar dua jam karena railbus berjalan pelan dan hati-hati. Kecepatannya hanya sekitar 15-20 km/jam. Jadwal Batara Kresna akan disesuaikan dengan jadwal Prameks namun jadwal dan tarif akan ditentukan setelah dilakukan evaluasi bersama pemerintah Kota Surakarta, Kabupaten Sukoharjo, dan Wonogiri. Humas Daop VI mengatakan tarifnya akan terjangkau karena termasuk perintis. Moga aja tarifnya ga jauh beda sama Jenggala hehe
 Mupeng Banget




sumber:
http://www.solopos.com/2014/11/27/railbus-batara-kresna-kabel-putus-dan-dahan-pohon-mengganggu-laju-railbus-solo-wonogiri-555591




Kalau harga tiketnya terjangkau sy siap pp sehari aja..
TARIF RP 4000. Sumber Koran Joglosemar 28 Nov 2014

berarti pake skema tarif keperintisan dong kayak Jenggala?