Semboyan35 Indonesian Railfans

Full Version: Stasiun Solo Jebres
You're currently viewing a stripped down version of our content. View the full version with proper formatting.
Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11
Quote:

Stasiun Jebres Direvitalisasi

Sabtu, 23/01/2010 11:00 WIB - dya

BALAIKOTA—Selasa (26/1) pekan depan, rencananya PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan melaksanakan proyek revitalisasi Stasiun Jebres. Rencana ini, didasarkan pada fakta sejarah, di mana Stasiun Jebres merupakan stasiun yang pernah digunakan pihak keraton.

Kepala Pusat Pelestarian Benda dan Bangunan milik PT. Kereta Api Indonesia (Persero), Ella Ubaidi kepada wartawan mengatakan, untuk tahun ini pihaknya telah mengalokasikan anggaran Rp 500 juta untuk revitalisasi Stasiun Jebres. Dana tersebut digunakan untuk pengecatan dinding dengan warna putih, abu-abu, dan gabungan warna hijau dan prada, serta mengembalikan bentuk ubin lantai seperti semula.

“Proyek ini nantinya sifatnya bukan mengubah, akan tetapi mengembalikan Stasiun Jebres seperti dulu saat masih digunakan oleh pihak Keraton Kasunanan,” terang dia ketika dihubungi, Jumat (22/1).

Ella memaparkan, sebelumnya, pihak Keraton Kasunanan Surakarta pernah mempergunakan Stasiun Jebres sebagai tempat tunggu kereta api. Bahkan, di sini juga tersedia ruang tunggu VIP yang sering dipergunakan oleh keluarga Keraton.

“Namun, setelah puluhan tahun, ruang tunggu tersebut tidak lagi digunakan untuk umum. Untuk itu setelah ini (revitalisasi, red) ruang tersebut akan kita buka untuk umum dan nantinya di situ juga akan kita berikan informasi sejarah Stasiun Jebres,” terang dia.

Selamatan

Disinggung mengenai persiapan proyek yang direncanakan berjalan selama tiga bulan ke depan ini, selain menunjuk pihak ketiga, pihaknya juga berkoordinasi dengan pihak Keraton Kasunanan Surakarta dan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo.

“Dengan pihak Keraton sudah setuju, bahkan hari Senin (18/1) kemarin pihak Keraton telah mengadakan upacara selamatan sebelum pelaksanaan proyek. Selasa (26/1) minggu depan sudah kita mulai proyeknya,” ujar Ella. Dia juga menyebutkan, pihaknya memperoleh bantuan dari Pemkot berupa tamanisasi di area depan Stasiun Jebres.

Sebelumnya, Kepala Dinas Tata Ruang Kota (DTRK) Kota Solo, Yob S Nugroho membenarkan jika rencana revitalisasi Stasiun Jebres tersebut telah disetujui pihak Pemkot. “Kami hanya berpesan agar dalam pelaksanaan revitalisasi ini dilakukan dengan hati-hati karena menyangkut bangunan bersejarah,” ujar dia, di Balaikota, kemarin.

Selain itu, lanjut Yob, pihaknya juga berharap agar PT. Kereta Api Indonesia (Persero) dalam proyek revitalisasi ini menyertakan rekomendasi Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3). (dya)



ternyata zaman dulu stasiun-stasiun di Solo pemiliknya berbeda-beda, misalnya Stasiun Purwosari milik mangkunegaran, sedangkan Jebres milik Kraton Kasunanan.
Mana pic peronnya mas biar tambah meriah?
Kalo SLO dulu milik siapa?

SK diberi peron tinggi donk, biar naik-turun penumpang lebih gampang...

aku tidak punya fotonyaWink


SLO sepertinya punya Mangkunegaran. Jaraknya cukup dekat dengan Mangkunegaran.

ada yang tahu sejarahnya Solo Jebres disingkat SK? SK sebetulnya lebih tepat untuk Solo Kota. Solo Jebres: SJ
bener. harusnya dkasih peron tinggi. byar kalo mbah2 yg naek ato turun ka g ksrimpet. .haha
Baru skali ke stasiun ini, tapi'a cuma diatas Prameks doank n gak sempet turun, cuma ngedadahin PPKA aja trus jalan lagih, tp kalo d liat2 sih bersih ini stasiun
lantainya mau diganti jadi tegel kuno jaman dahulu

Karena stasiun Solojebres dulunya milik Keraton Kasunanan Surakarta, maka SK = Solo Kasunanan...

Karena stasiun Solojebres dulunya milik Keraton Kasunanan Surakarta, maka SK = Solo Kasunanan...
[/quote]

ooohhNgakak dulu sebelum ada lokomotif uap, kereta ditarik dengan kudaTersenyuum

sebutan lain stasiun ini: Ledoksari.
bukannya cuman untuk tremnya mas
Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11