15-06-2009, 08:18 PM
ane komentar ya tapi sory OOT dikit neh n gak nyambung sama perkeretaapian.kali ini mau komentar soal format petunjuk kerjanya aja..maklum anak pabrikan ,....
sebagai orang pabrikan yang kerjaannya mbuat n ngontrol SOP atawa work instruction(WI)/operation standard/operation guidance standard/prosedur kerja.tuh petunjuk akan lebih baik lagi kalau tiap poin langkah kerjanya disertai dengan gambar ilustrasi.akan lebih baik kalau berupa foto asli yang menggambarkan langkah kerja masing-masing poin.
jadi seorang operator /masinis baru pun faham tiap-tiap langkah kerjanya.terus seharusnya itu petunjuk harus ada issued/revision no. & date,checked dan approved dari atasan.jadi kalau terjadi apa-apa bawahan tidak disalahin karena prosedur kerjanya sudah diaprovved sama atasan.tapi itu kalau di pabrik sih.......kalau di PT. KA gak tau lagi dah.........pan sistem manajemen PT. KA belum pakai ISO-ISOan apa ya? CMIIW.
btw monggo silahkan ke teknis CC204 lagi ............
[/quote]
OOT lagi ...betul om aye juga orang pabrikan memang setiap pos atau tempat kerja yang sudah mempunyai ISO ..harus terdapat SOP dan UK/PK dengan petunjuk detail di ikuti standart dan berikut gambar...dan juga sudah di ACC oleh atasan.....sehingga jika terdapat kesalahan tinggal di check apakah kesalahan terjadi karena SOP nya yang tidak sesuai atau memang pekerjanya yang tidak mengikuti SOP dengan baik...sehingga analisa maslah nya bisa di tangani dengan cepat...
tapi ngak tau apakah PT. Kereta Api Indonesia (Persero) mempunyai standart2 tersebut...tapi kalo yang aye liat..di cabin masinis tidak terdapat seperti itu....
Cikeusal stasion