20-10-2013, 10:23 AM
Itu yang saya heran, kalo divre 3 kebanyakan KA barang kenapa gak pake CC 206 aja yang spesialis nguli?
Kabar tadi siang CC 204 08 - 26 udah ngumpul di BY MRI. Dan katanya malam ini mulai dikapalkan. Ada yang punya info lebih lengkap?
[/quote]
Kenapa CC 204 yang dikirim? Ada 2 hal yang jadi pertimbangan.
Pertama, karena orang Divre 3 udah familiar dengan sistem loko CC 204. Secara CC 204 dan 201 basicnya sama, perbedaan cuma di HP dan komputer SB yang bikin tenaga jadi lebih optimal dan bisa menarik rangkaian lebih banyak. Dulu pas CC 204 edisi 27 - 37 dikirim kesana orang Divre 3 udah dikasih training dan diklap pengoperasian loko tersebut sehingga gak kaget pas bawa CC 204.
Kedua, CC 206 kan loko yang bener2 baru dan sistemnya sudah beda dengan CC 201 - 204 biarpun masih pake GE7FDL8. Nah sebagai lok baru tentunya butuh training dan diklap lagi, yang di DAOP saja belum semuanya bisa mengoperasikan CC 206 lagian sparepart dan perawatannya lebih rumit. Coba sekarang hitung di Divre 3 udah ada CC 201, 202, 203, 204, 205 kalo ditambah CC 206 ada 6 jenis lokomotif. Lah perawatan tiap loko beda, apa gak makin rumit kalo CC 206 yang dimutasi kesana? Di Jawa saja sparepat masih terbatas, ini lagi mau disebar di Divre 3..
Simpelnya buat efisiensi perawatan loko, jangan kaget kalo suatu saat CC 201 adanya cuma di DAOP dan Divre 1..
Kabar tadi siang CC 204 08 - 26 udah ngumpul di BY MRI. Dan katanya malam ini mulai dikapalkan. Ada yang punya info lebih lengkap?
[/quote]
Kenapa CC 204 yang dikirim? Ada 2 hal yang jadi pertimbangan.
Pertama, karena orang Divre 3 udah familiar dengan sistem loko CC 204. Secara CC 204 dan 201 basicnya sama, perbedaan cuma di HP dan komputer SB yang bikin tenaga jadi lebih optimal dan bisa menarik rangkaian lebih banyak. Dulu pas CC 204 edisi 27 - 37 dikirim kesana orang Divre 3 udah dikasih training dan diklap pengoperasian loko tersebut sehingga gak kaget pas bawa CC 204.
Kedua, CC 206 kan loko yang bener2 baru dan sistemnya sudah beda dengan CC 201 - 204 biarpun masih pake GE7FDL8. Nah sebagai lok baru tentunya butuh training dan diklap lagi, yang di DAOP saja belum semuanya bisa mengoperasikan CC 206 lagian sparepart dan perawatannya lebih rumit. Coba sekarang hitung di Divre 3 udah ada CC 201, 202, 203, 204, 205 kalo ditambah CC 206 ada 6 jenis lokomotif. Lah perawatan tiap loko beda, apa gak makin rumit kalo CC 206 yang dimutasi kesana? Di Jawa saja sparepat masih terbatas, ini lagi mau disebar di Divre 3..
Simpelnya buat efisiensi perawatan loko, jangan kaget kalo suatu saat CC 201 adanya cuma di DAOP dan Divre 1..