Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Laporan Perjalanan KA Rajabasa
#30
Sambungan..

Setelah orang tersebut naik kedalam kabin Lok Merah Biru , tak beberapa terlihat seseorang berseragam putih keluar dari balik dinding dikejauhan sembari membawa tongkat sakti berwarna hijau. Rupanya dia adalah petugas pengatur perjalanan kereta api stasiun sulusuban.
Sinyal Stasiun sulusuban tidak tampak oleh mata dari dalam dalam kabin. Keberngkatan hanya mengandalkan HT, dan semboyan 40-41.

[spoiler=PPKA SLS]

[/spoiler]

Terdengar S35 dari badan Lok Merah Biru . putaran roda besi semakin jelas terdengar.
Didepan, kita akan menyusul batu bara rangkaian super panjang yang ditarik oleh duos cc 205.

[spoiler]

[/spoiler]

[spoiler]

[/spoiler]

Lama-kelamaan, kotak kuning yang merupakan semboyan 21 BBR super, nampak semakin jelas.
Pdahal, tadi dari jauh hampir gak kelihatan

[spoiler]

[/spoiler]

[spoiler]

[/spoiler]

[spoiler]

[/spoiler]

[spoiler]

[/spoiler]

[spoiler=panjang gileeee..]

[/spoiler]

[spoiler=masih badannya BBR Super]

[/spoiler]

[spoiler=ketemu kepala BBR]

[/spoiler]

[spoiler=ketemu kepala BBR 2]

[/spoiler]

[SPOILER=ketemu kepala BBR 3]

[/spoiler]

Lok Merah Biru penarik KA Batubara rangkaian Super Panjng adalah: cc20515 + cc20501

[spoiler=CC 205 15]

[/SPOILER]

Kemudian, Lok Merah Biru CC 20415 berhenti sebentar, kira-kira 10 detik-an guna menunkan dan menaikan kru KA. Disini terjadi barter pegawai. Maksudnya, pegawai KA yang tadi nebeng di Lok Merah Biru cc20415 turun, kemudian naik kedalam Lok Merah Biru CC 20515. Sementara dari Lok Merah Biru CC 20515 keluarlah beberapa orang pegawai, dan naik di K3-2 S8 Rajabasa. Menurut obrolan saya dengan railfans divre 3, kegiatan seperti ini sudah sering dan mudah ditemui disini.
Walaupun begitu, tambah dia, ini adalah perbuatan ilegal dan tidak boleh di share ke awak media.
Kalo sampe dirut tau, bisa gempar ini urusannya Big Grin

[spoiler=Naik ke Lok Merah Biru CC20515]

[/spoiler]

[spoiler=Turun dari loko]

[/spoiler]

[spoiler=mulai rame]

[/spoiler]

[spoiler=persiapan naik S8 Rajabasa]

[/spoiler]

[spoiler=persiapan naik S8 Rajabasa orang kedua]

[/spoiler]

[spoiler=masih ada nih]

[/spoiler]

Setelah naik di S8 RAJABASA, sekarang giliran pegawai yang naik ke Lok Merah Biru cc205

[spoiler=Naik Lok Merah Biru CC 20515]

[/spoiler]

[Spoiler=Naik Lok Merah Biru CC20515 (2)]

[/SPOILER]

[spoiler=ta.. raa... semua Kru telah naik]

[/spoiler]

[spoiler]

[/spoiler]

[spoiler=merhatiiin S21]

[/SPOILER]

Nah, itulah cerita dari stasiun sulusuban.
untuk bentuk videonya juga ada, coba cek dibawah ini om :p





[spoiler=sinyal angkat, aman]

[/spoiler]

[spoiler=lebih dekat]

[/spoiler]

[spoiler=aman]

[/spoiler]

[spoiler=disambut penjaga pos]

[/spoiler]

Setelah kegiatan itu itu selesai, maka perjalanan S8 Rajabasa kembali dilanjutkan kembali.
Perjalanan menuju stasiun persinggahan berikutnya adalah stasiun BBA.
Perjalanan menuju stasiun BBA suasana sudah mulai berubah, sepanjang perjalanan sudah memasuki rimbunnya hutan karet lampung utara.

[spoiler]

[/spoiler]

Sepanjang perjalanan menuju BBA, hawa disini semakin dingin saja. Maklum, mbordest dari TNK Ngakak. Bisa-bisa sampe KPT masuk angin malah.
Dan sepanjang perjalanan itu pula, tak nampak satu batang biji-pun PKD. Padahal, kalo dijawa biasanya setelah KA berhenti disuatu stasiun selalu ada yang ngecek posisi pintu. Terbuka atau tidak. Tapi lain ceritanya jika di S8 Rajabasa Big Grin. Ente mau ngapain ajah bebas coy

Kanan-kiri masih dengan suasana alam hutan karetnya, dimana-mana hijau ijo royo menamni perjalanan kami. Sering kami temui beberapa penduduk lokal disana. Baik manusia, maupun hewan. Tapi, yang paling kami jumpai adalah hewan liar yang jumlahnya tak banyak, namun berkelompok semacam babi hutan

10 menit berselang, S8 mulai menurun kecepatan.
Itu pertanda KA akan berhenti disuatu stasiun. Kira-kira, akan disilang apa yah? Mikir Dulu
BBR regular, super, atau kah KRD Way ompu. Soalnya dari tadi belom ketemu juga ama si “ompu” itu.

Sebelum masuk stasiun, ternyata S8 tertahan beberapa detik didepan sinyal masuk stasiun BBA.
Dan ketika sinyal tengah mengangkat, massinis langsung tancap gas





Nah, jawaban dari pertanyaan diatas sudah terjawab kan?
Dan, ternyata adalah

[spoiler]
BBR Super
[/spoiler]

.. Lah yang kami susul saat itu. Di video, jelas sekali terlihat kecepatan KA Rajabasa ketika akan mendahului BBR tersebut. mulai dari KKBW paling akhir aka S21 hingga ke ujung lokomotif. Semakin mendekati Lok Merah Biru, kecepatan diturunkan.

[spoiler=Kuis Berhadiah]
Kita main tebak-tebakan yuk :
Ogut punya dua pertanyaan berdasarkan video diatas, ada berapa KKBW dan Lok Merah Biru dinas apa yang menarik rangkaian KKBW tersebut??

Pemenang akan mendapatkan hadiah menarik dari meja redaksi. Jawaban tercepat dan terbenarlah yang akan memperoleh hadiahnya. Hadiah akan dikirimkan langsung kepada pemenang Kuis
[/spoiler]

Sesampainya didepan (samping lokomotif), ternyata S8 Rajabasa ini berhenti juga rupanya.
Ya allah, katanya “ekspress:, ko berhenti disemua stasiun gini. Apanya yang ekspress coba?”, keluhku dalam hati.

[spoiler=S8 Rajabasa di BBA]

[/spoiler]

[spoiler=Menyusul BBR Super]

[/spoiler]

[spoiler=BBR dari dekat]

[/spoiler]

[spoiler=S8 saat berhenti di BBA]

[/spoiler]

[spoiler]

[/spoiler]

Sekilas Stasiun Blambangan Pagar
Stasiun Blambangan Pagar berada di Desa Blambangan, Kecamatan Blambangan Pagar, Kabupaten Lampung Utara, Provinsi Bandar Lampung. Stasiun ini memiliki kode stasiun BBA. Stasiun Blambangan Pagar terletak diantara stasiun Sulusuban dan stasiun Kalibalang.

Stasiun Blambangan Pagar memiliki 3 jalur yang masih aktif.
Jalur 1 untuk persilangan, dan susulan KA dengan rangkaian agak pendek seperti KRD Way Ompu dan Rajabasa.
Jalur 2 digunakan oleh Kereta yang berjalan Langsung. Sementara,
Jalur 3 juga digunkan untuk persilangan dan persusulan.
Meskipun jalur 1 dan 3 sama-sama berfungsi sebagai sepor belok, namun keduanya memiliki berbedaan. Dimana, panjang jalur 1 hanya mampu menampung max 10 kereta saja. Sementara jalur 3 mampu menampung KA BBR super.
Panjangnya jalur 2, saya perkirakan sekitar 2 kilometer. Itulah sebabnya, KA BBR Super (baik arah PBM maupun TNK) selalu belok kesini apabila kalah silang atau susul.
Untuk peron, penumpang juga sudah dimanjakan karena PT. Kereta Api Indonesia (Persero) divre 3 SS telah menggikan peron jalur 1 dan 2. Sehingga penumpang tidak perlu bersusah payah apabila ingin menaiki kereta.

[spoiler=bangunan stasiun BBA]
[/spoiler]

[spoiler=BBA]

[/SPOILER]

[spoiler=BBA 2]

[/spoiler]

Pukul 10:38
S8 Rajabasa Diberangkatkan dari jalur 2 stasiun Blambangan Pagar, menyusul KA BBR Super Dijalur 3. Masih sama seperti sebelumnya, hutan karet masih menemani perjalanan kami pagi itu. Jarang sekali kami menemui rumah-rumah penduduk. Jangankan rumah penduduk, orang lewat ajah gak ada bro..
Ngikik

Lama-lama ko lapar yak? Oya, dari semalem ogut belom makan soalnya.
Akhirnya, nekad ajah memasuki gerbong kedua dari depan. Yaitu KMP3. Sama seperti dijawa, menu masakan disini tidak bisa diandalkan. Hanya ada nasi goreng, nasi rames dan pop mie seadanya sebagai senjata mereka. Ada juga mizone dan air mineral lainnya.
Tapi ternyata, harganya tidak semahal sodaranya dipulau jawa.
Nasi goreng disana hanya dihargai Rp 15.000 saja. Cukup murah jika dibandingkan makanan sejenis di pulau jawa.

Sembari menikmati panasnya sajian PT Reska, kunikmati pemandangan hutan karet. Sedap juga dipandang mata rupanya. Kecepatan KA saat itu tidak begitu cepat, mungkin hanya 50 KM/jam.
Yang udah-udah, kalo kecepatan segitu biasanya akan disilang oleh BBR distasiun berikutnya.

Tepat sekali dugaan saya. Tepat didepan sinyal muka, S8 Rajabasa ini berhenti.
Nampak sekali didepan ada sesosok kotak berwarna merah sedang berhenti dalam keadaan berbelok.
Entah BBR apa itu didepan. Bisa BBR regular maupun BBR super.

[spoiler=sosok bayangan]

[/spoiler]

[spoiler=diperbesar]

[/spoiler]

Beberapa detik menunggu, sinyal aman terangkat. Tapi sayang, kami kembali harus berhenti didepan sinyal masuk stasiun kalibalang. Bethe

[spoiler=belom aman]

[/spoiler]

Beberapa detik menunggu didepan sinyal masuk Kalibalang, sinyal masih belom terangkat juga. Masih belom aman rupanya. Yasudah , mau gak mau ya mesti nunggu

[spoiler=masih belom aman]

[/spoiler]



Beberapa detik kemudian, sinyal berhasil diangkat oleh PPKA Kalibalang. Itu tandanya S8 Rajabasa diperbolehkan melenggang masuk kedalam emplasemen stasiun.
Perlahan pasti, akhirnya berhasil juga masuk jalur peron 1 stasiun Kalibalang.
Sementara dijalur 2, sudah tersedia KA BBR super tujuan Tanjung karang hingga Tarahan.
Dan dijalur 3, terdapat rangkaian KKBW tanpa lokomotif.

[spoiler]

[/spoiler]

[spoiler]

[/spoiler]

[spoiler]

[/spoiler]

[spoiler]

[/spoiler]

[spoiler]

[/spoiler]

[spoiler]

[/spoiler]

[spoiler]

[/spoiler]

[spoiler][/spoiler]

[spoiler]

[/spoiler]

[spoiler]

[/spoiler]

[spoiler]

[/spoiler]

[spoiler=BBR Super]

[/spoiler]

[spoiler=S8 RajabasaSilang BBR]

[/SPOILER]

Lokomotif penarik BBR super kali ini adalah:

[spoiler=CC2051315]

[/SPOILER]

[SPOILER=Face Of CC2051315]

[/SPOILER]

[spoiler=S8 Rajabasa X BBR Super]

[/spoiler]

[Spoiler=BBR Super di jalur 2 Stasiun Kalibalang]

[/spoiler]

[spoiler=Kuli Divre 3]

[/spoiler]

[spoiler=KA BBR Super]

[/spoiler]

[spoiler=KA BBR Super]

[/spoiler]

[spoiler=BBR rangkaian Panjang]

[/spoiler]

Setelah dipastikan semboyan 21 S8 rajabasa telah terkunci dan aman berada dijalur 1, maka PPKA stasiun Kalibalangan segera memberangkatkan KA Batubara rangkaian super panjang yang terlah tersedia dijalur 3.





Bersambung dulu yah bro.
Mau salat taraweh dulu
Big_icon_rame
Reply


Messages In This Thread
RE: Laporan Perjalanan KA Rajabasa - by dozykayen - 19-06-2014, 08:33 PM
RE: Laporan Perjalanan KA Rajabasa - by CC-201-23 - 21-06-2014, 09:22 AM
RE: Laporan Perjalanan KA Rajabasa - by CC-201-23 - 21-06-2014, 07:08 PM
RE: Laporan Perjalanan KA Rajabasa - by Darfian_R - 21-06-2014, 07:11 PM
RE: Laporan Perjalanan KA Rajabasa - by Darfian_R - 22-06-2014, 04:09 PM
RE: Laporan Perjalanan KA Rajabasa - by d'tRAiNeR - 24-06-2014, 08:49 AM
RE: Laporan Perjalanan KA Rajabasa - by Darfian_R - 23-06-2014, 11:59 PM
RE: Laporan Perjalanan KA Rajabasa - by Darfian_R - 24-06-2014, 10:46 AM
RE: Laporan Perjalanan KA Rajabasa - by triez_RF Cirebon - 04-07-2014, 07:09 PM
RE: Laporan Perjalanan KA Rajabasa - by Darfian_R - 02-07-2014, 11:25 PM
RE: Laporan Perjalanan KA Rajabasa - by Darfian_R - 06-07-2014, 05:48 PM
RE: Laporan Perjalanan KA Rajabasa - by Resdohra - 08-07-2014, 09:18 PM
RE: Laporan Perjalanan KA Rajabasa - by CC-201-23 - 10-07-2014, 12:46 PM
RE: Laporan Perjalanan KA Rajabasa - by Darfian_R - 11-08-2014, 05:45 PM
RE: Laporan Perjalanan KA Rajabasa - by Darfian_R - 11-08-2014, 06:10 PM
RE: Laporan Perjalanan KA Rajabasa - by KL3-97xx - 12-08-2014, 09:32 AM
RE: Laporan Perjalanan KA Rajabasa - by Gerard322 - 13-08-2014, 07:25 PM
RE: Laporan Perjalanan KA Rajabasa - by Darfian_R - 21-08-2014, 07:59 PM
RE: Laporan Perjalanan KA Rajabasa - by yonif143 - 21-08-2014, 09:11 PM
RE: Laporan Perjalanan KA Rajabasa - by Gerard322 - 05-10-2014, 10:01 PM

Forum Jump:


Users browsing this thread: 1 Guest(s)