Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Buka Rute, PT. Kereta Api Indonesia (Persero) 3 Tahun Ajukan Izin
#1
Buka Rute, PT. Kereta Api Indonesia (Persero) 3 Tahun Ajukan Izin

PT Kereta Api Indonesia (Persero) meminta Kementrian Perhubungan membuka kembali sejumlah jalur jereta api yang telah lama mati. Alasannya, ada beberapa jalur potensial untuk dihidupkan kembali guna menunjang arus pengangkutan logistik atau barang. “Beberapa jalur potensial itu, seperti Tuntang-Ambarawa, Banjar-Pangandaran, Cianjur-Bogor dan Yogyakarta-Semarang. Tapi, kewenangan dibukanya jalur ini sepenuhnya berada di Kementrian Perhubungan. Kami sudah mengajukan usulan sejak tiga tahun lalu, tetapi belum ada tanggapan”, kata Direktur Utama PT. Kereta Api Indonesia (Persero), Ignasius Jonan, Sabtu (28/9), setelah perayaan HUT ke-68 PT. Kereta Api Indonesia (Persero) di Bandung, Jawa Barat.

Pada kesempatan yang sama, diluncurkan maskot PT. Kereta Api Indonesia (Persero), Si Loko dan buku berjudul Jonan da Evolusi Kereta Api Indonesia yang ditulis Hadi M. Djuraid. Selain itu, diluncurkan pula pengoperasian perdana KA Ciremai jurusan Bandung-Cirebon via Purwakarta dan Cikampek. Peluncuran KA Ciremai dilakukan dari Cirebon pukul 13.35. Dicontohkan, Bogor-Sukabumi merupakan jalur yang padat. Salah satunya akibat adanya pengangkutan produk air mineral dalam kemasan. “Jalan raya sebaiknya untuk angkutan manusia saja, sedangkan angkutan barang dan jasa dapat melalui jalur rel (kereta). Beban jalan raya akan berkurang”, ujarnya.

Jalur Tuntang-Ambarawa perlu dibuka kembali karena jalur ini mempunyai sejarah penting dalam perkeretaapian Tanah Air. Jalur ini dapat menjadi destinasi wisata sejarah karena merupakan salah satu jalur kereta api pertama di Indonesia. Jalur kereta api pertama kali dibangun di Indonesia sekitar 150 tahun yang lalu. Lintasan Kedungjati-Tuntang-Ambarawa sepanjang 37 kilometer dibangun tahun 1871. “Namun, jalur ini telah ditutup tahun 1970-an”, kata Jonan.

Menurut VP Public Relations PT. Kereta Api Indonesia (Persero), Sugeng Priyono, pembukaan kembali jalur kereta ini membutuhkan penguatan kapasitas rel dan jembatan. “Hal itu menjadi kewenangan Kementrian Perhubungan”, ujarnya. Jonan menjelaskan, Si Loko, boneka berkepala lokomotif seri CC205 yang mengenakan seragam dinas PT. Kereta Api Indonesia (Persero) merupakan maskot resmi pertama milik PT. Kereta Api Indonesia (Persero). Ini salah satunya untuk menarik perhatian calon penumpang kalangan muda. “Tren saat ini makin banyak penumpang kereta api dari kalangan muda. Penumpang berusia di bawah 30 tahun mencapai sepertiga”, kata Jonan

Koran Harian Kompas, Jakarta, Minggu/29 September 2013
Jauh lebih happy naik kereta dari pd pesawat, ngak tau kenapa

Menunggu kebangkitan era transportasi Kereta Api seperti dulu Lok Merah Biru
BIS akap, pesawat, jalan tol merupakan pesaing terberat
Reply


Messages In This Thread
Buka Rute, PT. Kereta Api Indonesia (Persero) 3 Tahun Ajukan Izin - by krisnasip - 01-10-2013, 03:56 PM

Forum Jump:


Users browsing this thread: 1 Guest(s)