02-09-2016, 06:10 AM
"Harina Pagi reborn"...
yg masih jadi pertanyaan, kira-kira pola pengoperasiannya bakal seperti apa ya? yg sudah pasti sih, Ciremai nantinya bakal punya dua rangkaian, satu rangkaian CN yg sekarang dan satu lagi (mungkin) rangkaian BD, memanfaatkan K2 eks Mutsel dan K1... cadangan?
pola pengoperasiannya sendiri kalo menurut saya ada dua alternatif.
alternatif pertama (paling mudah):
Rangkaian 1: pagi BD-SMT, sore/malam SMT-BD
Rangkaian 2: pagi SMT-BD, sore/malam BD-SMT
alternatif kedua (agak ribet, tapi mungkin saja):
Rangkaian 1: subuh CN-BD, pagi BD-SMT, sore/malam SMT-CN
Rangkaian 2: subuh CN-SMT, pagi SMT-BD, sore/malam BD-CN
kalo alternatif pertama, menurut saya yg perjalanan sore/malamnya bisa berebut penumpang dengan KA Harina, karena otomatis jadwalnya pasti nggak ada perbedaan yg signifikan (melihat cara operasional Harina sewaktu jalan pagi dan malam)...
kalo alternatif kedua, mungkin ribet di pengoperasian rangkaiannya, tapi menurut saya jadwal yg potongan BD-CN bisa tetap mengikuti jadwal Ciremai yg sekarang, tinggal jadwal yg potongan CN-SMT yg perlu diatur. selain itu nggak bakal berebut penumpang dengan KA Harina. hanya saja mungkin buat rute CN-SMT pp bisa ada kemungkinan berebut penumpang, tapi setahu saya tidak ada kereta bisnis yg jalan siang hari di rute tersebut, sedangkan pesaing terdekat untuk kelas eksekutifnya paling duet Argo (Anggrek dan Muria). nah kalo harga tiket Ciremai di rute CN-SMT dibikin "menarik" mungkin bisa menarik penumpang di rute tersebut yg "terpaksa" harus naik Argo dgn tiket yg mahal...
[/quote]
Hmm... KA Mutiara Selatan sdh fix saat ini jg berubah jd Klas Ekonomi?
Kalo utk Alternatif 2 kyknya sih sekilas agak / mungkin saja terlalu ribet... Tp itu semua mungkin kita kembalikan pd kepemilikan masing2 yah alias milik dipo mana dulu....