Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Jalur narrow gauge mati misterius Pulau Handeuleum, Ujung Kulon
#1
Ane nemuin foto jalur lori misterius terpendam air laut di Handeuleum, Ujung Kulon dari sini Heran
rel "masuk" ke laut

bahkan masih ada roda eks gerbongnya!

Kata warga sekitar memperkuat bahwa rel dulunya mengkoneksikan Panaitan & daerah tsb tersimpan harta karun Belanda & jejak kereta api(?) krn ada bekas penjara disana.

Dikutip dari Komunitas Blogger Banten (sumber)
Pulau Panaitan merupakan sebuah pulau yang terletak paling barat di Ujung Semenanjung Taman Nasional Ujung Kulon yang dipisahkan oleh sebuah selat. Pulau Panaitan merupakan wilayah Taman Nasional Ujung Kulon yang tidak kalah eksotisnya denganPulau Peucang. Pulau dengan luas 17.000 Ha ini memiliki berbagai potensiwisatayang sangat menarik untuk dikunjungi baik berupa wisata Bahari, Adventure, maupun Sejarah dan Budaya.
Hutan dan bukit-bukit di Pulau Panaitan merupakan hutan yang masih asli dengan kombinasi vegetasi hutan mangrove, hutan pantai dan hutan hujan dataran rendah. Keadaan hutannya yang masih asli ini dihuni oleh berbagai jenis tumbuhan dan satwa liar seperti rusa, kancil, babi hutan, kera ekor panjang, buaya, kadal, ular phyton, dan aneka jenis burung.
Kawasan pantai Pulau Panaitan merupakan kawasan pantai berbatu dan berpasir putih yang luas dengan terumbu karang yang indah. kawasan tersebut sangat baik untukkegiatan wisata alam bahari seperti menyelam dan snorkeling. Gelombang ombak lautnya cukup tinggi juga sangat cocok juga bagi wisatawan yang mempunyai hoby yang sedikit ekstrim menantang dan menaklukan gulungan ombak pantai selatan untuk berselancar.
Di Pulau Panaitan ini juga terdapat sebuah Arca yang bernama Arca Ganesha beserta benda-benda peninggalan sejarah lainnya yang mempunyai nilai historis sangat tinggi dan merupakan peninggalan jaman hindu kuno, tepatnya di Puncak Gunung Raksa. Selain arca di Pulau Panaitan juga bisa kita temui sebuah lokomotif tua dan rel kereta api peninggalan zaman Belanda. Untuk mencapai tempat-tempat tertentu termasuk puncak gunung Raksa Pada beberapa bagian kawasan daratan pulau ini sudah tersedia jalan setapak untuk petualangan trekking yang sangat menantang.

Yang pasti adlh jalur lori yg kemungkinan utk tambang krn rel kereta eks.SS paling mentok sampai Labuan.
Ada yang tau lebih lanjut??Bingung
Trainz Art Picture - jual & terima order lukisan KA unik & berseni tinggi klik disini
Roda Tebang
Reply


Messages In This Thread
Jalur narrow gauge mati misterius Pulau Handeuleum, Ujung Kulon - jeremiah I.H - 05-12-2012, 10:37 PM

Forum Jump:


Users browsing this thread: 1 Guest(s)