Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Pemindahan Kereta Kayu Magelang
#1
Maaf Kalo Repost Xie Xie

Rabu (09/11) Pusat Pelestarian dan Benda Bangunan PT Kereta Api Indonesia (Persero) melakukan pemindahan kereta penumpang kayu (CR) yang terletak di komplek eks Stasiun Magelang yang sekarang menjadi Terminal Kebonpolo ke Musium Ambarawa. Pemindahan ini merupakan salah satu upaya pelestarian yang dilakukan untuk sarana perkeretaapian yang bernilai sejarah.


Pemindahan kereta kayu Magelang yang menggunakan crane dan truk trailer sebagai media pengangkatan dan pemindahan.

Pemindahan kereta kayu yang dahulunya beroperasi di lintas Yogyakarta - Magelang - Secang - Ambarawa ini menempuh jarak sepanjang kurang lebih 55 km dari Magelang ke Ambarawa. Sepanjang perjalanan tim dari Pusat Pelestarian Benda dan Bangunan PT. Kereta Api Indonesia (Persero) tetap memantau kondisi dan keamanan kereta kayu tersebut, mengingat umur kereta kayu yang sudah 107 tahun, membutuhkan penanganan ekstra agar tidak merusak keaslian dan keantikan kereta kayu tersebut.


Para pekerja memasang stopper sebagai penahan kereta kayu di atas truk trailer.


Pengecekan berkala di jalan, untuk memastikan keamanan selama pemindahan kereta kayu berjalan

Kereta kayu yang dibuat pada tahun 1904 oleh Harkoni Nuisburg am Rhein ini merupakan salah satu kereta kayu yang mempunyai pintu tengah dan mempunyai 4 gandar, dan merupakan kereta kayu modern di jamannya, terlihat dari interior dan eksterior yang sudah maju dibanding kereta kayu lainnya.

Kereta kayu yang sudah ditempatkan di Sub Terminal Kebonpolo sejak 1986 tersebut dalam kondisi rusak. Di bagian bawah, kerusakan mencapai sekitar 30 persen, banyak yang berkarat dan komponen lepas, sedangkan di bagian atas kayu kereta sudah keropos.


Penurunan kereta kayu di komplek emplasemen spoor 1 Museum Kereta Api Ambarawa.


Sejumlah pekerja mengarahkan posisi roda kereta kayu agar sejajar dengan rel, pada saat penurunan kereta kayu di emplasemen spoor 1 Musium Kereta Api Ambarawa.

"Kami akan merestorasi gerbong ini dan ditempatkan di Museum Kereta Api Ambarawa untuk kepentingan ilmu pengetahuan bagi masyarakat," kata Manajer Program Konservasi nonbangunan PT Kereta Api Indonesia, Esya Ibrahim. Menurut dia, gerbong buatan Belanda dengan berat 25 ton tersebut termasuk cagar budaya sehingga harus dilindungi. Ia mengatakan, gerbong itu akan dibangun ulang dengan membersihkan karat dan mengganti kayu gerbong dengan kayu jati baru.


Kereta kayu (CR) di emplasemen spoor 1 Museum Kereta Api Ambarawa setelah selesai diturunkan dari truk trailer.
In Memoriam MV Karana Sembilan first JR E 103 Carrier to Indonesia
Reply


Messages In This Thread
Pemindahan Kereta Kayu Magelang - by denbagoes - 10-08-2012, 11:04 AM
RE: Pemindahan Kereta Kayu Magelang - by nino - 22-09-2012, 11:08 AM
RE: Pemindahan Kereta Kayu Magelang - by tegarz - 14-01-2013, 11:15 AM

Forum Jump:


Users browsing this thread: 1 Guest(s)