Post Reply 
 
Thread Rating:
  • 38 Votes - 3.29 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5

[Diskusi] Masalah pintu K3/K2/K1 (1)

Post: #1
2,3,4 (aka 4,6,8) pintu... Maksudnya?
13-Apr-2009 01:19 AM

Shin Muhammad
Bojonggede Ekspres AC


*

Offline

Posts: 619
Likes Given: 0
Likes Received: 0 in 3 posts
Joined: Mar 2009
Reputation: 8



Selama ini kita tahu bahwa sebagian KA, KRD, KRDE, maupun KRL ada yang memiliki 2,3,4 pintu (tiap sisi, kalo tiap gerbong menjadi 4,6,8).

Yang ane mungkin agak penasaran dari misteri pintu ini:

1. Mengapa KA/KRL komuter produksi Inka menggunakan tipe 3 pintu bukan 4 pintu?
2. Mengapa rata2 KRL di Jepang menggunakan 4 pintu?
3. Kok odong2 seperti Rangkas, menggunakan gerbong dengan 2 pintu? Apa ini tidak mengurangi kemudahan penumpang untuk turun/naik?

Gitu aja sih, pertanyaan yang ane masih penasaran... terima kasih atas jawabannya New_peace

Visit this user's website Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #2
Re: 2,3,4 (aka 4,6,8) pintu... Maksudnya?
14-Apr-2009 15:30 PM

bonbon
Tengah² GST - KMT, Seumur hidup rumah nggak jauh dari rel KA


*

Offline

Posts: 2,341
Likes Given: 0
Likes Received: 7 in 12 posts
Joined: Dec 2008
Reputation: 8



boleh jawab ? ini menurut saya loch

1. 3 pintu lebih murah ketimbang 4 pintu, tergantung pesanan juga kali yah Tongue
2. Karena KRL jepang lebih memprioritaskan ketepatan waktu dan dari sisi jumlah penumpang yang banyak, jadi keluar masuk penumpang lebih cepat
3. Kalo odong-odong 2 pintu wajar, karena ada kata pengulangan yang berjumlah 2 : odong-odong, kalo 3 pintu, jadi odong-odong-odong, kalo 4 pintu jadi odong-odong-odong-odong dan seterusnya...

Silakan menurut lainnya...

Terdampar di Purwokerto setahun gara-gara proyek fiber optik Jateng ga kelarMarah
Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #3
Re: 2,3,4 (aka 4,6,8) pintu... Maksudnya?
14-Apr-2009 15:42 PM

katyusha
Peron Stasiun UI


*

Offline

Posts: 2,294
Likes Given: 0
Likes Received: 3 in 6 posts
Joined: Aug 2008
Reputation: 1



KRL jepang pake 4 pintu krn untuk antisipasi di jam2 rush...pada jam itu kan penumpang membludak banet sampe2 pintu susah mau nutup nya...

~Because Your Smilling Is Our Happiness~
My Railway Photos
Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #4
Standar Bentuk Pintu K3
01-Sep-2009 11:01 AM

Bravo eling
KM1-KM2 Lovers


*

Offline

Posts: 6,451
Likes Given: 0
Likes Received: 15 in 20 posts
Joined: Jul 2008



Liat K3 buatan INKA terbaru kenapa pintunya model jaman dulu ya, pakai 2 daun pintu, yg sekarang ada pintu K3 dominan seperti pintu K2 & K1
sebetulnya standarnya PT KA untuk pintu K3 pakai 1 daun pintu atau 2 daun pintu ?
New_xiexie

Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #5
RE: Standar Bentuk Pintu K3
01-Sep-2009 11:31 AM

asep_0907 [Portugal]
Blusukan Tiada Tara


*

Offline

Posts: 3,208
Likes Given: 0
Likes Received: 4 in 13 posts
Joined: Jun 2008
Reputation: 43



(01-Sep-2009 11:01 AM)eling Wrote:  Liat K3 buatan INKA terbaru kenapa pintunya model jaman dulu ya, pakai 2 daun pintu, yg sekarang ada pintu K3 dominan seperti pintu K2 & K1
sebetulnya standarnya PT KA untuk pintu K3 pakai 1 daun pintu atau 2 daun pintu ?
New_xiexie


menurut saya enakan pintu yang kayak gini, jadi kalau hunting di perjalanan banyak pegangan dan motret bebas ndak kayak K@ atau K1 suka ke halang kuping semboyan 21
New_ngakakNew_ngakakNew_ngakak

Visit this user's website Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #6
RE: Standar Bentuk Pintu K3
01-Sep-2009 14:37 PM

g10d
Gio Dariyo


*

Offline

Posts: 1,780
Likes Given: 1
Likes Received: 2 in 2 posts
Joined: Nov 2008
Reputation: 5



Kalo untuk K3 emang cocoknya pintu yang kaya gitu, soale kalo penumpang penuh berjubel masih bisa keluar masuk tanpa ada halangan dari pintu.


Pengin naik kereta ke Pangandaran lagi
Jalur hidup bisa mati, tapi jalur yang mati lebih baik dihidupkan lagi
Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #7
RE: Standar Bentuk Pintu K3
01-Sep-2009 14:46 PM

Narendro Anindito
Sepur Barang


*

Offline

Posts: 4,521
Likes Given: 24
Likes Received: 14 in 24 posts
Joined: Jun 2009
Reputation: 52



tapi koq setelah PA, bayak yang pintunya jadi 1 ya??
Visit this user's website Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #8
RE: Standar Bentuk Pintu K3
01-Sep-2009 14:46 PM

Riky R Soeripno
Divre 1 Railfans


*

Offline

Posts: 416
Likes Given: 0
Likes Received: 0 in 2 posts
Joined: Apr 2009
Reputation: 5



lebih baik gini ..
apalagi yg udh gk ada kacanya ..
jadi ada pegangannya .
klo di pintu K1/K2 bahaya kalo misalnya pintu nutup ndiri bisa2 kita yg kedorong =))
Visit this user's website Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #9
RE: Standar Bentuk Pintu K3
01-Sep-2009 16:17 PM

antonius
Tawang Jaya


*

Offline

Posts: 74
Likes Given: 0
Likes Received: 0 in 0 posts
Joined: Apr 2009
Reputation: 0



lebih cocok dari desain gerbong sebelomnya,mgkn buat keamanan lebih?
Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #10
RE: Standar Bentuk Pintu K3
01-Sep-2009 20:18 PM

gajayana
banned user


*

Offline

Posts: 1,715
Likes Given: 4
Likes Received: 34 in 40 posts
Joined: Aug 2008
Reputation: 21



(01-Sep-2009 14:46 PM)Riky R Soeripno Wrote:  lebih baik gini ..
apalagi yg udh gk ada kacanya ..
jadi ada pegangannya .
klo di pintu K1/K2 bahaya kalo misalnya pintu nutup ndiri bisa2 kita yg kedorong =))

sipp , sama , gw juga gitu


Hasil karya saya covering lagu di SOUNDCLOUD, like ya
Visit this user's website Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #11
RE: Standar Bentuk Pintu K3
01-Sep-2009 20:58 PM

Muhammad Dhafin Khomsah
Plasser & Theurer Crew


*

Offline

Posts: 779
Likes Given: 4
Likes Received: 3 in 6 posts
Joined: May 2009
Reputation: 13



(01-Sep-2009 11:01 AM)eling Wrote:  Liat K3 buatan INKA terbaru kenapa pintunya model jaman dulu ya, pakai 2 daun pintu, yg sekarang ada pintu K3 dominan seperti pintu K2 & K1
sebetulnya standarnya PT KA untuk pintu K3 pakai 1 daun pintu atau 2 daun pintu ?
New_xiexie


Enaknya pake 2 daun pintu : Bisa jadi pegangan kalo mau motret..
Gag enaknya : Resiko kejepit lebih besar..

Enaknya pake 1 daun pintu : Angin yag masuk gag terlalu kenceng...Pemandangan yang keliatan lebih luass...Mau buka tinggal sekali tarikk..
Gag enaknya : Bisa mencelakakan RF yang mau motret..

Visit this user's website Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #12
RE: Standar Bentuk Pintu K3
01-Sep-2009 21:08 PM

ouilevio
Keep Fighting & Never Give Up


*

Offline

Posts: 3,295
Likes Given: 0
Likes Received: 5 in 12 posts
Joined: Aug 2009
Reputation: 23



ini bukannya K3 jadul yg d renovasi? mungkin bentuknya ga diubah, hny di cat sj n mengganti komponen yg rusak, ga sampe ubah dudukan pintu.
Visit this user's website Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #13
RE: Standar Bentuk Pintu K3
01-Sep-2009 21:16 PM

Kurnianto
Parahyangan


*

Offline

Posts: 585
Likes Given: 0
Likes Received: 0 in 1 posts
Joined: Aug 2009
Reputation: 4



Menurutku lebih enak pintu k3 yg model 2 pintu tapi yg penting naik kereta apinya..
Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #14
RE: Standar Bentuk Pintu K3
01-Sep-2009 23:17 PM

Agung [Portugal]
RAILHUNTER


*

Offline

Posts: 4,518
Likes Given: 0
Likes Received: 11 in 20 posts
Joined: Jan 2008
Reputation: 35



(01-Sep-2009 21:08 PM)ouilevio Wrote:  ini bukannya K3 jadul yg d renovasi? mungkin bentuknya ga diubah, hny di cat sj n mengganti komponen yg rusak, ga sampe ubah dudukan pintu.

ini K3 baru mas....buatan tahun 2008 gress buatan dari INKA
Visit this user's website Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #15
RE: Standar Bentuk Pintu K3
02-Sep-2009 02:46 AM

ouilevio
Keep Fighting & Never Give Up


*

Offline

Posts: 3,295
Likes Given: 0
Likes Received: 5 in 12 posts
Joined: Aug 2009
Reputation: 23



oo... baru gress, wow INKA New_topbgt

kl pintu model itu bs bahaya bwt yg suka berdiri d pintu. coz kl masuk JNG harus hati2, kaki bs membentur peron.
Visit this user's website Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post Reply 


Possibly Related Threads...
Thread: Author Replies: Views: Last Post
  pengaman pintu di kereta pandu prabowo 16 2,517 04-Oct-2012 08:43 AM
Last Post: pandu prabowo
  Tiket KA online .... solusi atau penyelesaian masalah dengan masalah bornneo68 37 13,008 26-Jan-2011 15:14 PM
Last Post: joe cole
Question To be or not to be - RHK di tiap pintu perlintasan KA? d'tRAiNeR 6 2,441 07-Jan-2011 17:06 PM
Last Post: genesis

Forum Jump:


User(s) browsing this thread: 1 Guest(s)