07-02-2012, 05:45 PM
Kalau di Master Plan Perkeretaapian Nasional, ada 3 rencana jalur di Zuid Sumatra:
- Shortcut Tanjung Enim - Baturaja
- Shortcut Rejosari - Tarahan
- Simpang - Tanjung Api-api
Dari JICA, ada rencana untuk membuat partial double track Baturaja - Tarahan dengan mengadopsi shortcut Tanjung Enim Baru - Baturaja.
Langkah yang sangat penting sebenarnya adalah
- membuat alternatif jalur antara Tulung Buyut - Blambangan Umpu yang mempunyai kemiringan 10 per mil
- membuat long siding dibeberapa stasiun yang belum, sampai 1300 m supaya dapat menampung 60 KKBW+3CC202 atau 2CC205+60KKBW
PT. Kereta Api Indonesia (Persero) maupun DJKA sudah mempunyai rencana untuk kedua hal tersebut ditambah jalur ganda, akan tetapi saya belum tau rencana kedepannya bagaimana.
Tetapi jalur ganda X6 - TNK menurut saya merupakan suatu prioritas. Coba kita lihat gambar kapasitas lintas antara X5 - TNK di bawah ini:
Dapat dilihat bahwa mulai dari X5 sampai TNK (kecuali Tiga Gajah - Baturaja) semua petak jalan sudah jenuh dan ada yang over capacity.
- X5-TJH, kapasitas 40 ka/hari < frekwensi 50 ka/hari
- BTA-KB, kapasitas 42 ka/hari > frekwensi 40 ka/hari
- KB-TNK, kapasitas 46 ka/hari = frekwensi 46/hari
Jika jalur ganda ME - X6 pada tahun 2014 sudah beroperasi, maka dapat dipastikan lintas X5 - TNK akan jadi bottle neck.
Irwan Joe