Post Reply 
 
Thread Rating:
  • 24 Votes - 2.92 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5

Rencana pembangunan overpass di Bandung (1)

Post: #1
Rencana pembangunan overpass di Bandung
25-Nov-2011 14:40 PM

chr.christianto
Bandung, YOU ROCKS!


*

Offline

Posts: 83
Likes Given: 3
Likes Received: 2 in 3 posts
Joined: Aug 2011
Reputation: 3



Permisi om momod, newbie mau ikut posting.
Sebelumnya saya udah search tapi ga ktemu. klo ternyata udah ada, bisa tolong digabung.. thanks b4!

Dapet berita dari koran tribun jabar, katanya di Bandung akan di bangun overpass.
Nih berita nya:

Quote:BANDUNG, TRIBUN - Kecelakaan yang melibatkan perkeretaapian, sejak lama, kerap terjadi. Mayoritas, kecelakaan tersebut terjadi pada perlintasan sebidang atau jalur kereta api (KA) yang melintasi ruas jalan raya.

Melihat kondisi itu, tentunya, pemerintah sebaiknya melakukan berbagai langkah untuk mengantisipasinya. Kabarnya, di Kota Bandung, pada masa mendatang, lintasan KA tidak lagi melewati ruas jalan, tetapi melalui terowongan (underpass) atau jembatan (overpass).

Menanggapi kabar tersebut, Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daop) II Bandung, Bambang Setya Prayitno, mengemukakan, pihaknya memang mendukung rencana pembangunan tersebut. "Kami menyambutnya secara positif," ujar Bambang, Kamis (24/11). (win)
Quote:BANDUNG, TRIBUN - Sejauh ini, peristiwa kecelakaan yang melibatkan perkeretaapian memang cukup kerap terjadi, termasuk di Jabar dan Kota Bandung.

Karenanya, beredar kabar bahwa Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung berencana untuk mengurangi jumlah pintu perlintasan kereta api (KA). Caranya, membangun under pass dan over pass.

Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional II Bandung, Bambang Setya Prayitno, mengutarakan, pihaknya memang mendengar kabar tentang rencana pembangunan underpass dan overpass jalur KA di Kota Bandung.

Menurutnya, pembangunan tersebut dapat menekan angka kecelakaan yang melibatkan perkeretaapian. "Saya kira, perlintasan lebih sebidang, seperti underpass atau overpass menjadi sebuah langkah untuk menekan angka kecelakaan," ujar pria berkaca mata tersebut. (win)
Quote:BANDUNG, TRIBUN - Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daop) II Bandung, Bambang Setya Prayitno, mengungkapkan, pihaknya mendengar kabar mengenai rencana pembangunan underpass dan overpass jalur kereta api (KA) di Kota Bandung.

Dikatakan, jika memang ada rencana seperti itu, PT KA, selaku operator, hanya menunggu realisasinya. Pasalnya, jelas dia, penyediaan dan pembangunan prasarana perkeretaapian merupakan tanggung jawab pemerintah.

Misalnya, jelas dia, pembangunan dan penyediaan pintu perlintasan merupakan kewenangan pemerintah. Apalagi, katanya, pembangunan under dan overpass. "Kami hanya operator. Tentunya, kami siap mengoperasikannya," tutur Bambang.

Akan tetapi, sambungnya, idealnya, rencana pembangunan itu harus terkoordinasi secara baik, antara pemerintah dan PT. Kereta Api Indonesia (Persero). Itu karena, jelasnya, jika tidak terkoordinasi, hal itu berpotensi mengganggu kelancaran perjalanan dan pengoperasian KA, baik jarak jauh, maupun komuter. (win)

yah semoga saja bisa direalisasikan dan bukan hanya wacana..
tapi melihat dari pengalaman-pengalaman sebelumnya,

mmm....

mmm...

ya...
hehehe... simpulkan sendiri..
New_ngeledek

Ibu saya bercerita:
"nak, dulu sewaktu kamu masih ada dalam kandungan ibu, ibu pernah hampir tertabrak Parahyangan."
Oow, Pantes saya jadi demen sama Loko_merahbiru
Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #2
RE: Rencana pembangunan overpass di Bandung
25-Nov-2011 17:02 PM

d'tRAiNeR
@lavie_cc201100


*

Offline

Posts: 4,085
Likes Given: 10
Likes Received: 32 in 38 posts
Joined: Aug 2010
Reputation: 81



Dua yg saya pikirkan mengenai hal ini (kebetulan tadi juga baru baca berita serupa di surat kabar yg sama):

1. Kapan dimulai dan kapan selesai
2. Di mana akan dibangun jalur ini

Dulu, pada zaman pembangunan jalur KA layang Manggarai-Beos rampung dalam waktu yang cukup singkat. Harapan saya, pembangunan jalur KA layang ini (katanya tidak akan dibangun underpass karena rawan banjir, menurut Bina Marga) juga tidak memakan waktu lama.

Untuk lokasi, jika dibangun tepat di atas jalur sekarang dikhawatirkan akan cukup mengganggu perjalanan KA dari/ke BD. Selain itu, jika akan dibangun antara Kiaracondong sampai Cimahi, flyover Kiaracondong dan Cimindi tentu menjadi suatu halangan. Khusus untuk Kiaracondong, bisa saja flyover berakhir di dekat Balai Yasa Jembatan PT KA yg berada di sebelah barat stasiun dan flyover, jadi aman-aman saja.

Dan mungkin, belajar dari kasus Stasiun Gambir, harapan saya sih jika flyover KAC-CMI atau apapun trayeknya, semoga ketika melintasi BD bangunan antik bagian selatan, juga bangunan bagian utara, dibiarkan apa adanya, tinggal diberi akses ke peron / jalur di atas.

Oh ya, juga terkait akses dari/ke Dipo Induk Lokomotif dan Dipo Kereta BD, apabila ada flyover ini bagaimana ya caranya?

Sekian dari saya, terima kasih...
Visit this user's website Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #3
RE: Rencana pembangunan overpass di Bandung
25-Nov-2011 18:39 PM

tomrys
Bukan Dirut Apalagi Pemilik PT Sepur


*

Offline
RailTracker

Posts: 2,573
Likes Given: 2
Likes Received: 16 in 22 posts
Joined: Jun 2010
Reputation: 18



Apakah BD benar2 membutuhkan Overpass untuk jalur KA?

alasan yang menjadi pertimbangan ny saja kalau saya lihat berbeda dengan pembangunan overpass JAKK-MRI

berdasarkan sumber yang dikutip,overpass dibutuhkan untuk mengurangi kecelakaan,tetapi yang pernah saya dengar, kebutuhan overpass JAKK-MRI lebih dikarenakan petak JAKK-MRI merupakan jalur padat kendaraan,sehingga jika tetap sebidang akan mengganggu lalu lintas 2 belah pihak (jalan raya dan KA)

CMIIW

693-5073-893-673
Visit this user's website Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #4
RE: Rencana pembangunan overpass di Bandung
25-Nov-2011 18:59 PM

mas_bagus_ajah !!
Berharap bisa minum susu besar.



Offline

Posts: 402
Likes Given: 0
Likes Received: 0 in 3 posts
Joined: Sep 2011



Saya skeptis bakalan jadi kalau yang di overpass jalan kereta apinya. Ini mengingat Bandung yang rawan gempa serta terrain di Bandung (barat) yang naik turun nggak karu-karuan.

Lebih optimis kalau semua jalan besar dibikin overpass diatas jalan KA, atau jalan KA sebagian dibuat "ceruk" seperti di rute antara Bandung-Cimahi.
Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #5
RE: Rencana pembangunan overpass di Bandung
25-Nov-2011 19:38 PM

tomrys
Bukan Dirut Apalagi Pemilik PT Sepur


*

Offline
RailTracker

Posts: 2,573
Likes Given: 2
Likes Received: 16 in 22 posts
Joined: Jun 2010
Reputation: 18



(25-Nov-2011 18:59 PM)mas_bagus_ajah Wrote:  Saya skeptis bakalan jadi kalau yang di overpass jalan kereta apinya. Ini mengingat Bandung yang rawan gempa serta terrain di Bandung (barat) yang naik turun nggak karu-karuan.

Lebih optimis kalau semua jalan besar dibikin overpass diatas jalan KA, atau jalan KA sebagian dibuat "ceruk" seperti di rute antara Bandung-Cimahi.

seperti pembangunan dobel track di petak PWT-PPK dan KTA-YK.
Banyak perlintasan kampung yg sebidang dirombak untuk kemudian dialihkan menjadi underpass

693-5073-893-673
Visit this user's website Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #6
RE: Rencana pembangunan overpass di Bandung
25-Nov-2011 19:39 PM

bonbon
Tengah² GST - KMT, Seumur hidup rumah nggak jauh dari rel KA


*

Offline

Posts: 2,341
Likes Given: 0
Likes Received: 7 in 12 posts
Joined: Dec 2008
Reputation: 8



ga terlalu penting di buat overpass jalur KA, traffik KA disana nggak terlalu padat seperti di MRI-JAKK, bikin underpass atau flyover buat jalanan saja..

kecuali kedepannya ada KRL dan trafiknya padat.

sesuai kebutuhan sajalah

Terdampar di Purwokerto setahun gara-gara proyek fiber optik Jateng ga kelarMarah
Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #7
RE: Rencana pembangunan overpass di Bandung
25-Nov-2011 21:05 PM

mas_bagus_ajah !!
Berharap bisa minum susu besar.



Offline

Posts: 402
Likes Given: 0
Likes Received: 0 in 3 posts
Joined: Sep 2011



Yang pasti, harusnya memang perlintasan sebidang di Bandung harus ditiadakan.
Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #8
RE: Rencana pembangunan overpass di Bandung
28-Nov-2011 21:05 PM

morkies
Senja Utama


*

Offline

Posts: 163
Likes Given: 0
Likes Received: 0 in 0 posts
Joined: Aug 2009
Reputation: 1



paling yg jadi prioritas :
overpass di atas jl. garuda/Abd Saleh s.d cry
overpass dari jl sunda - a yani (cikudapateuh) s/d laswi & turun di KAC
Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #9
RE: Rencana pembangunan overpass di Bandung
30-Nov-2011 18:12 PM

chr.christianto
Bandung, YOU ROCKS!


*

Offline

Posts: 83
Likes Given: 3
Likes Received: 2 in 3 posts
Joined: Aug 2011
Reputation: 3



Nah iya, saya lebih setuju bila yang dijadikan overpass nya adalah jalan raya, bukan rel kereta.

Kenapa?

  1. Bandung belum membutuhkan overpass kereta api.
  2. Kalaupun tetap dibangun overpass kereta api, bagaimana nasibnya jalan layang kiaracondong dan jalan layang cimindi?? Mau diseruduk? atau mau bikin pjl diatas jembatan?New_ngakak.
  3. bila overpass kereta api dipaksakan dengan ketinggian lebih tinggi dari jalan layang cimindi, apa tidak mengganggu sudut elevasi pendaratan pesawat terbang yg mau mendarat di bandara Husein.S?? mengingat posisi jalan layang cimindi agak memotong garis lurus untuk pendaratan pesawat.
  4. Kalau tujuannya untuk mengurangi angka kecelakaan, itu sih tergantung kesadaran pribadi pengguna jalan raya nya sendiri.

Ibu saya bercerita:
"nak, dulu sewaktu kamu masih ada dalam kandungan ibu, ibu pernah hampir tertabrak Parahyangan."
Oow, Pantes saya jadi demen sama Loko_merahbiru
Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #10
RE: Rencana pembangunan overpass di Bandung
30-Nov-2011 21:09 PM

morkies
Senja Utama


*

Offline

Posts: 163
Likes Given: 0
Likes Received: 0 in 0 posts
Joined: Aug 2009
Reputation: 1



Kayaklnya FO Cimindi & KAC ga bakalan diutak-atik. Yang di-raise ya yg saya sebut itu, walaupun saya agak kurang setuju dengan Overpass di Garuda, karenayg seharusnya naik itu jalan rayanya, tapi ya sudahlah, emang pemkotnya aja lamban & tukang tidur, jadi aja jatuhnya ke dirjen perkeretaapian
Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #11
RE: Rencana pembangunan overpass di Bandung
30-Nov-2011 21:31 PM

tomrys
Bukan Dirut Apalagi Pemilik PT Sepur


*

Offline
RailTracker

Posts: 2,573
Likes Given: 2
Likes Received: 16 in 22 posts
Joined: Jun 2010
Reputation: 18



Sayang aja kalo ntar itu Stasiun Besar BANDUNG dijadiin layang..tata letaknya udah bagus. Nggak tega kalo liat itu stasiun dibongkar terus dipancangin tiang.

lagian mw disebelah mana juga yg dipancangin? tanah ny kan udah rapet dr turunan Dipo Kereta..blm viaduct ny..

693-5073-893-673
Visit this user's website Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #12
RE: Rencana pembangunan overpass di Bandung
03-Dec-2011 22:42 PM

debi4n_us3r !!
Kepala Dipo Traksi GK



Offline

Posts: 938
Likes Given: 1
Likes Received: 5 in 8 posts
Joined: Dec 2009



saya kepikiran nih, apa gak terlalu curam kalau misalnya nanti direalisasikan overpass ini. mengingat medan diantara cimahi - bandung yang cukup terjal. terbayang gradien flyover yang mungkin harus turun setelah melewati PJL ciroyom. selain itu seperti yang sudah disebutkan di atas terdapat kendala berupa flyover cimindi dan flyover kiaracondong. selain itu yang menjadi masalah jika dibangun disamping rel yang ada sekarang, pasti akan sulit karena harus membebaskan lahan yang pasti prosesnya menjadi panjang dan lebih sulit lagi. untuk pembongkaran stasiun - stasiun yang bernilai sejarah seperti stasiun bandung dan stasiun cimahi mudah - mudahan tidak dilakukan karena sudah ditetapkan menjadi bangunan cagar budaya yang jelas dilindungi undang - undang. menurut saya, lebih baik mengutamakan dahulu proyek yang jelas - jelas sangat penting, seperti double track kiaracondong - cicalengka dan elektrifikasi padalarang - cicalengka yang rencananya dimulai tahun depan.
Visit this user's website Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #13
RE: Rencana pembangunan overpass di Bandung
05-Dec-2011 17:56 PM

morkies
Senja Utama


*

Offline

Posts: 163
Likes Given: 0
Likes Received: 0 in 0 posts
Joined: Aug 2009
Reputation: 1



Gradenya nanti berpa / mil nih ? 3.00 / mil masih bisa naik ga ?
Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #14
RE: Rencana pembangunan overpass di Bandung
11-Dec-2011 08:23 AM

g10d
Gio Dariyo


*

Offline

Posts: 1,780
Likes Given: 1
Likes Received: 2 in 2 posts
Joined: Nov 2008
Reputation: 5



Bandung kok sering banget ya bikin wacana??? New_bingung
Tapi buktinya belum ada yang terealisasi. New_peace


Pengin naik kereta ke Pangandaran lagi
Jalur hidup bisa mati, tapi jalur yang mati lebih baik dihidupkan lagi
Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #15
RE: Rencana pembangunan overpass di Bandung
12-Dec-2011 09:19 AM

morkies
Senja Utama


*

Offline

Posts: 163
Likes Given: 0
Likes Received: 0 in 0 posts
Joined: Aug 2009
Reputation: 1



(03-Dec-2011 22:42 PM)debi4n_us3r Wrote:  saya kepikiran nih, apa gak terlalu curam kalau misalnya nanti direalisasikan overpass ini. mengingat medan diantara cimahi - bandung yang cukup terjal. terbayang gradien flyover yang mungkin harus turun setelah melewati PJL ciroyom. selain itu seperti yang sudah disebutkan di atas terdapat kendala berupa flyover cimindi dan flyover kiaracondong. selain itu yang menjadi masalah jika dibangun disamping rel yang ada sekarang, pasti akan sulit karena harus membebaskan lahan yang pasti prosesnya menjadi panjang dan lebih sulit lagi. untuk pembongkaran stasiun - stasiun yang bernilai sejarah seperti stasiun bandung dan stasiun cimahi mudah - mudahan tidak dilakukan karena sudah ditetapkan menjadi bangunan cagar budaya yang jelas dilindungi undang - undang. menurut saya, lebih baik mengutamakan dahulu proyek yang jelas - jelas sangat penting, seperti double track kiaracondong - cicalengka dan elektrifikasi padalarang - cicalengka yang rencananya dimulai tahun depan.
Biarlah survey topo yg membuktikan !
Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post Reply 


Possibly Related Threads...
Thread: Author Replies: Views: Last Post
Exclamation All about KA Kiansantang (Bandung-Cianjur PP)(baru rencana) Fadhlan Asshidiqi 139 18,624 23-Aug-2014 19:40 PM
Last Post: chandra_RF_CTA
  Rencana Pembangunan Maglev Jakarta - Bandung - Cirebon uceenk 34 11,928 20-May-2014 12:10 PM
Last Post: bhaskara
  Rencana pembuatan jalur bullet train ( shinkansen ) di indonesia(Jakarta-Bandung) alfarand 24 1,822 07-Apr-2014 16:00 PM
Last Post: alfarand

Forum Jump:


User(s) browsing this thread: 1 Guest(s)