12-04-2013, 09:26 PM
hah beneran?
bukanny dari PB sampe JR semua relnya udah dupgrade?
terus bantalan pun sudah beton?
[/quote]
yang sudah diugrade mulai dari Leces hingga Garahan. Sebagian besar R54 namun ada juga yang masih R42.
Untuk Pasuruan - Leces memang masih menggunakan rel R33 lama namun sudah bantalan beton. Taspat di Gapeka 2013 untuk petak tersebut juga menurun dibanding Gapeka 2011
[/quote]
pantesan suaranya berisik sekali waktu lewat petak Pasuruan - Leces, setalah lewat Leces ke arah timur, jadi hening sekali...apakah ini ada hubungannya dengan tipe rel yang masih R33 ya?
[/quote]
Yoi mas, petak Pasuruan - Leces memang R33, meskipun sudah bantalan beton tetep berisik, ka ga ada beda nye ama bantalan kayu.. Kalo rel R54 memang rel jenis fasteneer and sleeper. Kalo untuk petak Malang - Surabaya sepenuhnya rel tipe R42, tetapi ada perbedaan karakteristik antara Malang - Bangil dan Bangil - Surabaya, petak Bangil - Surabaya lebih sleeper, memang sih secara kasat mata relnya lebih tertata, sampe sekarang saya pun masih penasaran. Kecepatan kereta pun yang melewati jalur Surabaya - Bangil tak kalah cepat sama jalur Solo - Kutoarjo yang udah R54.