05-10-2011, 02:58 AM
Klo okupansi Senja KD dah ngga bs dharapkan lg, PT. Kereta Api Indonesia (Persero) mau mencoba trayek baru... Kenapa ngga? Trayek PWT-ML cukup potensial... Dalam pemikiran saya:
1. Pengelolaannya diberikan kpd Daops V shg KA ini menjelma mnjadi 'Logawa' bisnis tujuan tetap ke ML bkn ke JR, sistem pun mirip dgn KA Logawa yg tdk menerapkan "Tarif Jauh Dekat sama".
2. Berangkat pagi, yg dr ML maupun dr PWT. Dr Pwt KA ini brfungsi membackup Logawa, Dr ML menghindari terganggunya okupansi penumpang K2 Malabar.
3. Target KA ini nantinya tidak hanya org PWT yg beraktivitas di ML dan sebaliknya, tetapi juga masyarakat PWT/ML yg ingin ke daerah Jogja/Solo menggunakan K2 di pagi hari(klo memang bgs bs dikasih K1). Perkiraan saya, warga PWT yg beraktivitas di ML dan sebaliknya kecil shg bs membuat okupansi krg bgs, tapi dgn adanya penumpang yg cm setengah jalan(dlm hal ini cm nyampe YK/SLO) saya kira bs membantu okupansi kereta ttp bgs(dgn syarat tarif yg dipake spt Logawa, mau ke Jogja pake tarif Jogja bukan tarif tujuan akhir)
Dari PWT pagi, dibelakang KA Logawa ambil penumpang yg mau menuju Timur(terakhir naik Logawa,ngobrol sm penumpang yg lain, destinasi mereka beragam,ada yg turun di LPN,SLO,sampe MN. masyarakat PWT-YK sdh terbiasa dgn KA Logawa yg berangkat pagi, jd kalo ada K2 dblkg Logawa kyknya responnya bgs), diusahakan silang dgn Sawung,Kutsel,FU distasiun besar br g keliatan ngodong. Nyampe Jogja, ada sebagian yg turun, tp itu akan digantikan penumpang yg akan ke ML pagi hari, dan begitu juga sebaliknya.
Tapi keputusan akhir tetap berada pada PT. Kereta Api Indonesia (Persero), lg pula ini saran seandainya KA Senja KD tdk mampu bersaing dgn K3 AC yg kabarnya taun depan(klo bs 2 rangkaian,klo pemerintah cm bs sediain 1rangkaian paling rutenya cm sampe SMC(backup Tawang Jaya).