Post Reply 
 
Thread Rating:
  • 51 Votes - 2.82 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5

KRD BUMI GEULIS (1)

Post: #1
KRD BUMI GEULIS
06-Jan-2009 15:04 PM

eka redianto
Unregistered




 



SAYA MINTA DATA TENTANG KRD BUMI GEULIS DONG.!! DAN KIRIM TO MY EMAIL. THAT MY EMAIL = <!-- e --><a href="mailto:ekaredianto@yahoo.co.id">ekaredianto@yahoo.co.id</a><!-- e --> thanks
Quote this message in a reply
Post: #2
Re: KRD BUMI GEULIS
07-Jan-2009 17:03 PM

katyusha
Peron Stasiun UI


*

Offline

Posts: 2,294
Likes Given: 0
Likes Received: 3 in 6 posts
Joined: Aug 2008
Reputation: 1



data gimana nih maksudnya...?
spesifikasi...?

~Because Your Smilling Is Our Happiness~
My Railway Photos
Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #3
Re: KRD BUMI GEULIS
13-Jan-2009 08:15 AM

ArgoRaung
Argo Jati


*

Offline

Posts: 814
Likes Given: 0
Likes Received: 3 in 7 posts
Joined: Sep 2008
Reputation: 9




Bumi Geulis lg weekend-nan di THB
Visit this user's website Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #4
monitor KRD BUMI Geulis
14-Jan-2009 22:39 PM

big bro
Edan Spoor


*

Offline

Posts: 3,471
Likes Given: 0
Likes Received: 5 in 6 posts
Joined: Jan 2008
Reputation: 12



kalo ada info tentang BUMI Geulis...

kasih info disini ya...

kok jadi gak diomongin lagi sekarang....... New_nunggu

THX b4 New_xiexie
Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #5
Re: monitor KRD BAraya Geulis
15-Jan-2009 06:26 AM

katyusha
Peron Stasiun UI


*

Offline

Posts: 2,294
Likes Given: 0
Likes Received: 3 in 6 posts
Joined: Aug 2008
Reputation: 1



bukannya dah ada topik yang judulnya baraya geulis masih bermasalah....
knapa tak kau gabung saja disitu..wehehehehe...

~Because Your Smilling Is Our Happiness~
My Railway Photos
Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #6
Re: monitor KRD BAraya Geulis
15-Jan-2009 09:39 AM

big bro
Edan Spoor


*

Offline

Posts: 3,471
Likes Given: 0
Likes Received: 5 in 6 posts
Joined: Jan 2008
Reputation: 12



katyusha Wrote:bukannya dah ada topik yang judulnya baraya geulis masih bermasalah....
knapa tak kau gabung saja disitu..wehehehehe...

SALah NULIS...

maksudnya BUMI GEULIS...... New_ngikik
Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #7
Re: monitor KRD BAraya Geulis
15-Jan-2009 11:40 AM

katyusha
Peron Stasiun UI


*

Offline

Posts: 2,294
Likes Given: 0
Likes Received: 3 in 6 posts
Joined: Aug 2008
Reputation: 1



big bro Wrote:
katyusha Wrote:bukannya dah ada topik yang judulnya baraya geulis masih bermasalah....
knapa tak kau gabung saja disitu..wehehehehe...

SALah NULIS...

maksudnya BUMI GEULIS...... New_ngikik

oh iya..salah..sori aye kicer...

bumi geulis kayaknya baik2 aja..akhir desember gw kesana naek itu..dari BOO aja dah penuh..sampe batutulis ada yang ga keangkut...

~Because Your Smilling Is Our Happiness~
My Railway Photos
Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #8
Kapasitas KRD Sukabumi-Bogor Sudah &quot;Overload&quot;
26-Jan-2009 10:19 AM

uceenk
Senja Utama


*

Offline

Posts: 186
Likes Given: 0
Likes Received: 0 in 0 posts
Joined: Dec 2008
Reputation: 0



kejadiannya agak lama, hampir 1 bulan yg lalu

Quote:31/12/08 05:13

Kapasitas KRD Sukabumi-Bogor Sudah "Overload"

Oleh Syaiful Hakim

Bogor (ANTARA News) - Tolong...Tolong...Anak saya tidak sadar, kata salah seorang ibu ketika menggendong anaknya yang masih kecil saat menggunakan jasa kereta rel diesel (KRD) kelas Bisnis dari Bogor menuju Sukabumi pada Selasa sore (30/12).

Bagaimana tidak? kereta yang ditumpangi oleh ibu tersebut berdesak-desakan dengan penumpang lainnya, yang juga menggunakan jasa KRD dari Bogor menuju Sukabumi sekitar pukul 17.30 WIB.

Akibatnya, sang anak pun kesulitan memperoleh oksigen, sehingga pingsan, kata salah seorang penumpang lainnya, Syamsul (17) asal dari Jakarta.

Syamsul yang menggunakan jasa KRD Bumi Geulis bersama teman-temannya ke Sukabumi untuk camping di Pondok Halimun, Selabintana, Kabupaten Sukabumi itu, mengaku, sang ibu sempat panik ketika anak yang digendongnya tak sadarkan diri.

Tak ibu tersebut, tetapi penumpang yang lainnya juga panik melihat anak itu. Akhirnya, anaknya pun dapat sadar ketika sejumlah penumpang meneteskan aier ke wajahnya.

"Para penumpang bisa bernafas lega ketika sang anak bisa sadar dari pingsannya. Jangankan anak kecil, kita yang sudah besar saja kesulitan bernafas karena jumlah penumpang begitu banyak," kata Syamsul bersama tujuh orang temannya ketika ditemui di Stasiun Kereta Sukabumi, Selasa malam.

Menurut dia, kapasitas penumpang yang ada di dalam kereta sudah berlebihan karena banyak penumpang merasa kesulitan bernafas dan sumpek.

"Kalau memang dibolehkan naik ke atap kereta, lebih baik saya duduk di atap kereta daripada harus berdesak-desakan dengan penumpang yang lainnya. Itu pun saya dan teman-teman yang lain harus berdiri selama hampir dua jam," keluhnya.

Ia meminta kepada PT Kereta Api (KA) Persero untuk membatasi jumlah penumpang yang akan menggunakan jasa transportasi kereta, pasalnya jumlah penumpang yang ada melebihi kapasitas seharusnya.

"Paling tidak, PT KA menyediakan tambahan kereta agar tidak ada lagi penumpang yang berdesak-desakan," tambah Syamsul.

Hal senada juga dikatakan Wulan (28), yang merupakan warga Depok, bahwa jumlah penumpang yang menggunakan KRD Bumi Geulis sudah `over load`, pasalnya dirinya terpaksa berdesak-desakan dengan penumpang lainnya.

"Dari stasiun Sukabumi saja, jumlah penumpang yang ada dalam gerbong kereta sudah penuh. Namun, petugas di stasiun perlintasan tetap saja menambah penumpang. Akibatnya, penumpang yang satu dengan lainnya saling berdesakan," tuturnya saat menggunakan kereta api dari Sukabumi menuju Bogor pada Minggu pagi (28/12) lalu

Seharusnya, petugas di stasiun tidak menambah penumpang lagi ketika jumlah penumpang yang ada didalam gerbong kereta sudah penuh.

"Penggunaan kereta dengan kapasitas penumpang yang 'over load' bisa mengakibatkan kerusakan pada kereta. KRD yang telah diresmikan oleh Menhub Jusman Syafii Djamal pada Sabtu (13/12) lalu tidak akan bertahan lama penggunaannya," tuturnya yang bekerja di Sukabumi.


Sangat diminati

KRD Bumi Geulis kelas Bisnis, yang memiliki empat gerbong dengan tarif sebesar Rp5.000 (untuk potongan harga selama tiga bulan) atau harga reguler sebesar Rp8.000 dari Sukabumi menuju Bogor sangat diminati masyarakat Sukabumi, khususnya masyarakat yang bekerja di luar Sukabumi, seperti Bogor, Jakarta dan sekitarnya.

Namun, minat warga Sukabumi yang cukup besar ini terhadap penggunaan jasa transportasi kereta ini tidak ditanggapi serius oleh PT KA, pasalnya jadwal keberangkatan dari Sukabumi-Bogor atau sebaliknya hanya dua perjalanani, yakni sekitar pukul 05.00 WIB berangkat dari Sukabumi menuju Bogor dan pukul 17.00 WIB bertolak dari Bogor menuju Sukabumi.

"Kami ingin ada penambahan jadwal keberangkatan kereta dari Sukabumi karena kami kerepotan untuk berangkat pada pagi hari (subuh)," kata salah seorang warga Kecamatan Cibadak, Iman (28).

Pasalnya, banyak warga Sukabumi ingin pergi ke Bogor menggunakan jasa kereta api pada siang harinya.

"Masa` saya harus naik kereta pada subuh hari, sementara keperluan saya di Bogor pada siang hari. Oleh karenanya, saya minta agar ada penambahan frekuensi KRD," ujarnya.

Kepala Stasiun kereta Sukabumi, Budi Mulyana, mengakui, penggunaan jasa transportasi kereta sangat diminati oleh warga Sukabumi, pasalnya mereka sudah kangen menggunakan kereta yang sempat vakum selama dua tahun tersebut.

Tingginya minat masyarakat Sukabumi dalam menggunakan jasa kereta ini menyebabkan jumlah penumpang yang menggunakan KRD Bumi Geulis tersebut setiap harinya selalu penuh, bahkan terkadang melebihi kapasitas.

"Seharusnya kapasitas penumpang KRD Bumi Geulis sebanyak 600 orang, termasuk penumpang yang berdiri. Namun, pada kenyataannya jumlah penumpang dari Bogor menuju Sukabumi pada Selasa sore (30/12) ini jumlahnya mencapai 844 orang," tuturnya.

Budi mengaku, pihaknya tidak bisa berbuat banyak untuk mengantisipasi membludaknya penumpang yang berada di dalam kereta, pasalnya pihaknya sudah berulang kali mengimbau kepada penumpang agar tidak masuk ke dalam kereta saat jumlah penumpang dalam kereta sudah penuh.

"Kami sudah berusaha meminta kepada para calon penumpang, tetapi mereka tetap memaksa untuk naik ke dalam kereta. Kami tidak bisa melarang mereka untuk tidak naik kereta. Toh, mungkin mereka ada keperluan yang mendesak sehingga harus rela berdesak-desakan di dalam kereta," tuturnya.

Penggunaan kereta dengan kapasitas penumpang yang melebihi bisa berakibat terhadap kerusakan pada kereta. Kereta yang diresmikan oleh Menhub tersebut tidak akan bertahan lama penggunaannya.

Sementara itu, Menhub Jusman Syafii Djamal saat peresmian KRD Bumi Geulis jurusan Sukabumi-Bogor pada Sabtu (13/12) lalu, mengatakan, frekuensi KRD Sukabumi-Geulis ini akan ditambah bila permintaan masyarakat akan penggunaan jasa transportasi meningkat.

"Setelah KRD ini beroperasi, kami akan melakukan evaluasi untuk penambahan frekusien kereta. Bila dimungkinkan, maka frekuensi penjadwalan kereta akan ditambah," ujarnya.

Pendapatan Sopir Bogoran Menurun

Minat masyarakat Sukabumi yang tinggi dalam penggunaan jasa transportasi kereta sejak dua pekan yang lalu mengakibatkan tingkat pendapatan angkutan umum Colt L-300 jurusan Sukabumi-Bogor mengalami penurunan hingga mencapai 20 persen.

Pengurus himpunan Sopir Colt Bogoran, Edi Ras mengatakan, gejala penurunan pendapatan sopir Bogoran sudah dirasakan sejak beroperasinya KRD Sukabumi-Bogor pada 13 Desember lalu.

Meski jadwal pemberangkatan kereta baru diberlakukan hanya satu rute perjalanan, namun banyak penumpang yang mulai beralih dari angkutan umum Colt Bogoran ke transportasi kereta, sehingga penghasilan sopir bogoran mengalami penurunan.

"Jika dirata-rata tingkat penurunanan pendapatan sopir Bogoran ini mencapai sekitar 20 persen. Namun, kami tidak bisa berbuat apa-apa dengan kondisi seperti ini karena masalah angkutan ini sepenuhnya menjadi hak para penumpang," ujar Edi.

Disebutkannya, rata-rata pendapatan sopir Colt Bogoran sebelum beroperasinya KRD bisa mencapai Rp300 ribu lebih setiap harinya.

"Besaran pendapatan ini masih bisa memberikan keuntungan bagi sopir Colt Bogoran yang ditarget harus memberikan setoran kepada pemilik kendaraan sebesar Rp240.000/hari. Tetapi, setelah KRD mulai beroperasi, tidak sedikit sopir colt Bogoran yang mengeluh akibat jasa tumpangannya mulai sepi," paparnya.

Menyinggung banyaknya aspirasi penambahan rute perjalanan kereta api, Edi meminta pihak PT KA untuk tidak mengabulkan permohonan itu karena jika penambahan rute KRD ditambah, maka dipastikan jasa angkutan Colt Bogoran akan semakin menurun.

"Tidak menutup kemungkinan, banyak pemilik kendaraan Colt L-300 mengalami gulung tikar," tutur Edi.(*)

sumber : <!-- m --><a class="postlink" href="http://www.antara.co.id/arc/2008/12/31/kapasitas-krd-sukabumi-bogor-sudah-overload/">http://www.antara.co.id/arc/2008/12/31/ ... -overload/</a><!-- m -->

potensi okupansi Sukabumi - Bogor berarti sangat bagus, mudah2an PT KA segera menambah rangkaian untuk koridor ini, sehingga orang yg berdesak2an hampir mau pingsan tidak terulang lg

Pelanggan setia KRD ekonomi Cimahi - Kiaracondong PP

Visit My Blog
Visit this user's website Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #9
Re: monitor KRD BUMI Geulis
26-Jan-2009 15:58 PM

Illia
Densha no Otaku


*

Offline

Posts: 7,346
Likes Given: 9
Likes Received: 28 in 67 posts
Joined: Oct 2008
Reputation: 44



Wah harusnya krd ini dbagi 2-4 trip
kalau saya liat okupasinya bagus
Tersenyuum

Ketika anda berniat mencari pengetahuan atau ilmu, yang harus anda lakukan adalah membaca, mencari informasi, mendengar diskusi, dan memberi pendapat yang logis. Dan itulah gunanya forum :3.

Apakah Hibernasi bisa menghasilkan ilmu dan informasi? Semua orang pun tau jawabannya...

Hibernasi いみは ねていきます. xda
l
Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #10
Re: KRD BUMI GEULIS
13-Feb-2009 01:26 AM


Posts: 2,627
Likes Given: 2
Likes Received: 10 in 29 posts
Joined: Sep 2008
Reputation: 31



sory nih up load nya satu satu

fakir band with


koleksi jepretan ane
http://www.flickr.com/photos/jhon_ipenk/


me whit ss-2v5 PInDAD
Visit this user's website Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #11
Re: KRD BUMI GEULIS
13-Feb-2009 10:45 AM

hedwigus
6th anniversary


*

Offline

Posts: 2,006
Likes Given: 18
Likes Received: 33 in 48 posts
Joined: Jan 2008
Reputation: 40



Tertangkap kamera melintas DPK


Tayangan Video dari Youtube tergantung kualitas jaringan di tempat anda

Visit this user's website Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #12
Re: KRD BUMI GEULIS
13-Feb-2009 23:52 PM


Posts: 2,627
Likes Given: 2
Likes Received: 10 in 29 posts
Joined: Sep 2008
Reputation: 31




koleksi jepretan ane
http://www.flickr.com/photos/jhon_ipenk/


me whit ss-2v5 PInDAD
Visit this user's website Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #13
BUMI GEULIS..
23-Mar-2009 08:40 AM

Sawunggalih Utama
Odong-Odong


*

Offline

Posts: 30
Likes Given: 0
Likes Received: 0 in 0 posts
Joined: Mar 2009
Reputation: 0



2 hari yang lalu, Sabtu (21/3) jam 08.15 WIBsaya melihat KRD Bumi Geulis Melintas di Stasiun Univ. Pancasila, Jakarta.. Padahal Setahu saya, KRD Bumi Geulis hanya Melayani trayek Sukabumi - Bogor PP. Kira-kira ada apa yah..??apa ada trayek baru?? SKB-GMR misalnya..
Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #14
Re: KRD BUMI GEULIS
23-Mar-2009 09:10 AM

Illia
Densha no Otaku


*

Offline

Posts: 7,346
Likes Given: 9
Likes Received: 28 in 67 posts
Joined: Oct 2008
Reputation: 44



Ga, emang rumah dia d THB kalau malam minggu dia jalan2 dari THB sampai Boo KLB Big Grin

Ketika anda berniat mencari pengetahuan atau ilmu, yang harus anda lakukan adalah membaca, mencari informasi, mendengar diskusi, dan memberi pendapat yang logis. Dan itulah gunanya forum :3.

Apakah Hibernasi bisa menghasilkan ilmu dan informasi? Semua orang pun tau jawabannya...

Hibernasi いみは ねていきます. xda
l
Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #15
Re: KRD BUMI GEULIS
23-Mar-2009 17:24 PM

katyusha
Peron Stasiun UI


*

Offline

Posts: 2,294
Likes Given: 0
Likes Received: 3 in 6 posts
Joined: Aug 2008
Reputation: 1



tapi kadang dari BOO-THB atau sebaliknya,dia suka angkut penumpang..waktu itu temen saya ke jakarta naik itu dr UI,terus tadi dapet info kalo dia angkut penumpang di MRI..emang boleh ya..?

~Because Your Smilling Is Our Happiness~
My Railway Photos
Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post Reply 


Possibly Related Threads...
Thread: Author Replies: Views: Last Post
  KRD Rencang Geulis PDL-CBT denzuko 181 54,373 02-Jan-2014 11:05 AM
Last Post: Hammed_Abdisyawal
  Baraya Geulis masih bermasalah uceenk 159 41,939 05-Jan-2013 08:27 AM
Last Post: fajrul01100
  Penamaan Ci, Arek dan Geulis Dana Komuter 25 8,758 20-Feb-2010 16:42 PM
Last Post: Aldio Yudha Trisandy

Forum Jump:


User(s) browsing this thread: 1 Guest(s)