Post Reply 
 
Thread Rating:
  • 37 Votes - 2.97 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5

Jalur Gresik dan sekitarnya (23)

Post: #331
RE: Jalur Gresik dan sekitarnya
27-Feb-2014 09:12 AM

wish.new !!
Banned



Offline

Posts: 194
Likes Given: 6
Likes Received: 13 in 12 posts
Joined: Feb 2014



(26-Feb-2014 15:25 PM)ady_mcady Wrote:  kalau baca2 postingan awal2 thread ini ternyata posisi GKB ada di jalurnya petrokimia ya? termasuk yang dekat stadion bola. berarti misalnya mau diaktifkan yang jalur petro untuk komuter, maka nanti operator komuter [pt. kai] bayar tac nya ke petro dong? soalnya yang punya treknya petrokimia.

Benuuuul mas.. GKB lokasinya dkt petrokimia, stadion petro. Lebih tepatnya di sebelah baratnya...
Find all posts by this user Quote this message in a reply
Post: #332
RE: Jalur Gresik dan sekitarnya
28-Feb-2014 08:05 AM

fajarwe
Parahyangan


*

Offline

Posts: 263
Likes Given: 45
Likes Received: 4 in 6 posts
Joined: Nov 2010
Reputation: 1



(26-Feb-2014 19:16 PM)febri12 Wrote:  [quote='wish.new' pid='402754' dateline='1393404719']

Yahuuudd... ada yg ngarah stasiun yg deket pasar gresik/SMPN 2 Gresik.
kalo yg lewat di bawah Jln veteran kalo yg ane tau saat ini yg masih ada dari gudang semen gresik ke arah indro dan ke arah romokalisari.

Kalo rel yg dari petro menyusuri tengah kota (pasar senggol), jln pangsud, dst masih ada dan sangat layak dilewati.. Cocok dibikin halte2 komuter soalnya ini rel lewat belakang sekolah paling populer di gresik (SMAN 1 Gresik) dan dekat jg dengan SMPN 3 Gresik. Lumayan buat angkutan pelajar. Tp kayaknya jalannya harus pelan2.. banyak gang yg dilewati rel itu.

Tp skrg ni kayaknya dah gak pernah dilewati (CMIIW coz udah jarang pulang kampung).

angkutan pelajar pake kereta, boleh juga sih New_xiexie

(26-Feb-2014 15:26 PM)fajarwe Wrote:  Kelihatannya daerah yang memungkinkan di jadikan stasiun Gresik Baru ada di daerah jalan Ibrahim zahir, mungkin tanahnya milik PT semen Gresik, mungkin ada perkiraan usulan yang lain?

ini rel yg kearah gudang semen gresik itukah jalurnya?

(26-Feb-2014 15:25 PM)ady_mcady Wrote:  kalau baca2 postingan awal2 thread ini ternyata posisi GKB ada di jalurnya petrokimia ya? termasuk yang dekat stadion bola. berarti misalnya mau diaktifkan yang jalur petro untuk komuter, maka nanti operator komuter [pt. kai] bayar tac nya ke petro dong? soalnya yang punya treknya petrokimia.

Mengutip kata kata Kepala Humas PT KA Daops VIII Surabaya Sri Winarto "bahkan bisa juga sampai ke Stasiun Pelabuhan Gresik" maka berdasarkan pengamatan dan penerewangan pergerakan komuter yang bergerak di jalan poros, maka kemungkinan usulan yang lain, untuk pendirian "stasiun gresik baru" ada di ujung jalan deandless (jalan Gubernur Suryo) dekat pintu masuk pelabuhan, jalurnya ada 2, bisa diperbaiki dan diperbanyak menjadi 3 jalur karena sepertinya masih ada sisa lahan.. semoga!

RF fajarwe, telah menjadi warga Semboyan35, Indonesian Railfans sejak Nov 2010.
Visit this user's website Find all posts by this user Quote this message in a reply
Post: #333
RE: Jalur Gresik dan sekitarnya
28-Feb-2014 10:00 AM

ady_mcady
Nusantara


*

Offline

Posts: 2,582
Likes Given: 32
Likes Received: 27 in 38 posts
Joined: Sep 2008
Reputation: 22



dari 2 rute ini [jalur petro dan jalur pelabuhan] kira2 mana yang paling bagus prospeknya untuk angkutan komuter ke surabaya?

"Knowledge cannot replace friendship. I'd rather be an idiot than lose you..."
( patrick star)
Find all posts by this user Quote this message in a reply
Post: #334
RE: Jalur Gresik dan sekitarnya
28-Feb-2014 14:26 PM

fajarwe
Parahyangan


*

Offline

Posts: 263
Likes Given: 45
Likes Received: 4 in 6 posts
Joined: Nov 2010
Reputation: 1



(28-Feb-2014 10:00 AM)ady_mcady Wrote:  dari 2 rute ini [jalur petro dan jalur pelabuhan] kira2 mana yang paling bagus prospeknya untuk angkutan komuter ke surabaya?

kedua jalur tersebut itu terletak di lokasi yang sama alias satu jalur, cuma yang ke petro belok ke BArat lebih dahulu kira kira 500 M sebelum pelabuhan gresik. (jalan deandless)

RF fajarwe, telah menjadi warga Semboyan35, Indonesian Railfans sejak Nov 2010.
Visit this user's website Find all posts by this user Quote this message in a reply
Post: #335
RE: Jalur Gresik dan sekitarnya
28-Feb-2014 14:50 PM

febri12
Senja Utama


*

Offline

Posts: 125
Likes Given: 45
Likes Received: 4 in 3 posts
Joined: Aug 2011
Reputation: 0



(28-Feb-2014 14:26 PM)fajarwe Wrote:  
(28-Feb-2014 10:00 AM)ady_mcady Wrote:  dari 2 rute ini [jalur petro dan jalur pelabuhan] kira2 mana yang paling bagus prospeknya untuk angkutan komuter ke surabaya?

kedua jalur tersebut itu terletak di lokasi yang sama alias satu jalur, cuma yang ke petro belok ke BArat lebih dahulu kira kira 500 M sebelum pelabuhan gresik. (jalan deandless)

kalau menurut saya sih kok lebih menjanjikan jalur yg ke pelabuhan, soalnya selain bisa utk angkutan komuter, juga bisa ngambil penumpang yg baru turun dari kapal di pelabuhan. sedangkan yg ke arah petro/ex. gudang semen gresik cukup dibikin halte saja karena jalurnya yg masuk area industri

dari mata turun ke hati
itulah jawaban ketika ditanya "mengapa suka kereta api?" New_xiexie
Visit this user's website Find all posts by this user Quote this message in a reply
Post: #336
RE: Jalur Gresik dan sekitarnya
28-Feb-2014 16:12 PM

fajarwe
Parahyangan


*

Offline

Posts: 263
Likes Given: 45
Likes Received: 4 in 6 posts
Joined: Nov 2010
Reputation: 1



(28-Feb-2014 14:50 PM)febri12 Wrote:  
(28-Feb-2014 14:26 PM)fajarwe Wrote:  
(28-Feb-2014 10:00 AM)ady_mcady Wrote:  dari 2 rute ini [jalur petro dan jalur pelabuhan] kira2 mana yang paling bagus prospeknya untuk angkutan komuter ke surabaya?

kedua jalur tersebut itu terletak di lokasi yang sama alias satu jalur, cuma yang ke petro belok ke BArat lebih dahulu kira kira 500 M sebelum pelabuhan gresik. (jalan deandless)

kalau menurut saya sih kok lebih menjanjikan jalur yg ke pelabuhan, soalnya selain bisa utk angkutan komuter, juga bisa ngambil penumpang yg baru turun dari kapal di pelabuhan. sedangkan yg ke arah petro/ex. gudang semen gresik cukup dibikin halte saja karena jalurnya yg masuk area industri


Pertama. bila yang dimaksud adalah pelabuhan untuk kapal penumpang di Gresik (Surabaya bukannya tanjung perak) maka yang harus di revitalisasi adalah jalur lama (stasiun Gresik kota) jalurnya menanjak dan sudah dipenuhi rumah bahkan bangunan permanen ruko 3 lantai. tentu biayanya sangat mahal dan akan berkonflik dengan masyarakat .. lalu bukannya penunmpang kapal turunnya di tanjung perak?

Kedua. bila yang dimaksud adalah pelabuhan petrokimia (jalan Gub Suryo). maka jalur ini sampai pelabuhan sudah siap, karena rencananya akan ada kereta pengangkut minyak PT Wilmar. jalur ini yang disinggung oleh Kahumas Daop 8. cuma tinggal bikin bangunan halte atau stasiun di ujung jalan Gub Suryo karena masih ada lahan.

ketiga.. buat apa membuat halte kedalam daerah industri? ini kawasan terbatas. orang umum dilarang masuk. dan pegawai/karyawan daerah industri dsini sepertinya tdk membutuhkan KA comuter New_ngakak

RF fajarwe, telah menjadi warga Semboyan35, Indonesian Railfans sejak Nov 2010.
Visit this user's website Find all posts by this user Quote this message in a reply
Post: #337
RE: Jalur Gresik dan sekitarnya
28-Feb-2014 19:02 PM

febri12
Senja Utama


*

Offline

Posts: 125
Likes Given: 45
Likes Received: 4 in 3 posts
Joined: Aug 2011
Reputation: 0



(28-Feb-2014 16:12 PM)fajarwe Wrote:  
(28-Feb-2014 14:50 PM)febri12 Wrote:  
(28-Feb-2014 14:26 PM)fajarwe Wrote:  
(28-Feb-2014 10:00 AM)ady_mcady Wrote:  dari 2 rute ini [jalur petro dan jalur pelabuhan] kira2 mana yang paling bagus prospeknya untuk angkutan komuter ke surabaya?

kedua jalur tersebut itu terletak di lokasi yang sama alias satu jalur, cuma yang ke petro belok ke BArat lebih dahulu kira kira 500 M sebelum pelabuhan gresik. (jalan deandless)

kalau menurut saya sih kok lebih menjanjikan jalur yg ke pelabuhan, soalnya selain bisa utk angkutan komuter, juga bisa ngambil penumpang yg baru turun dari kapal di pelabuhan. sedangkan yg ke arah petro/ex. gudang semen gresik cukup dibikin halte saja karena jalurnya yg masuk area industri


Pertama. bila yang dimaksud adalah pelabuhan untuk kapal penumpang di Gresik (Surabaya bukannya tanjung perak) maka yang harus di revitalisasi adalah jalur lama (stasiun Gresik kota) jalurnya menanjak dan sudah dipenuhi rumah bahkan bangunan permanen ruko 3 lantai. tentu biayanya sangat mahal dan akan berkonflik dengan masyarakat .. lalu bukannya penunmpang kapal turunnya di tanjung perak?

Kedua. bila yang dimaksud adalah pelabuhan petrokimia (jalan Gub Suryo). maka jalur ini sampai pelabuhan sudah siap, karena rencananya akan ada kereta pengangkut minyak PT Wilmar. jalur ini yang disinggung oleh Kahumas Daop 8. cuma tinggal bikin bangunan halte atau stasiun di ujung jalan Gub Suryo karena masih ada lahan.

ketiga.. buat apa membuat halte kedalam daerah industri? ini kawasan terbatas. orang umum dilarang masuk. dan pegawai/karyawan daerah industri dsini sepertinya tdk membutuhkan KA comuter New_ngakak


wah, berarti saya keliru dong nganggep stasiun pelabuhan yg dimaksud letaknya di pelabuhan petro bukan di gresik kotanya New_demam
betul juga sih, kalau gresik kota diaktifin lagi pasti akan berkonflik soalnya bekas bangunannya pun udah jadi rumah penduduk setau saya, cmiiw

nah itu makanya, kalau jalur yg arah industri itu memang tidak diperuntukkan umum, apalagi utk ngangkut penumpang. tapi apa setidaknya bisa dibangun halte yg menuju arah sana. contohnya, eks jalur ke gudang semen bisa dibangun halte tapi letaknya bukan di area industrinya, melainkan di area jln. ibrahim zahir persis di area viaduct itu?

dari mata turun ke hati
itulah jawaban ketika ditanya "mengapa suka kereta api?" New_xiexie
Visit this user's website Find all posts by this user Quote this message in a reply
Post: #338
RE: Jalur Gresik dan sekitarnya
01-Apr-2014 01:30 AM

bad_boy
The Narrow Gaugers


*

Offline

Posts: 169
Likes Given: 0
Likes Received: 1 in 7 posts
Joined: Dec 2010
Reputation: 11



Adolph Wrote:^^ heiyyah, justru sb itu gak ada koneksi langsung ke mesigit/sbi,
di peta di atas jalur yang nyambung dari sidotopo ke mesigit/tugu pahlawan itu jalur yang lewat atasnya sb alias petak sdt-mesigit-sbi, kan memang hanya lewat atasnya sb aja, gak ada pemberhentian di sb itu sendiri..
New_xiexie
gresik baru itu mungkin bisa setelah indro yang dekat sama pusat kota gresik yang baru, jadi bukan stasiun gresik kota,
hmm, rel yang ke sumari udah lama mati sejak jaman belanda, kalo mau dihidupkan lagi, hehe New_mawar

"Out of Topic"
Tapi tetap lewat dalam emplasemen Stasiun Surabaya Kota. Ini foto udaranya tahun 1933, dari KITLV.






Back on Topic

SAY NO TO TOLLWAYS!! SAY YES TO RAILWAYS!!

Kunjungi flickr ane dan juga blog ane ya.

New_bye
Visit this user's website Find all posts by this user Quote this message in a reply
Post Reply 


Forum Jump:


User(s) browsing this thread: 1 Guest(s)