Post Reply 
 
Thread Rating:
  • 53 Votes - 3.15 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5

Kalau Saja Pusat Pemerintahan Bukan di Jakarta (1)

Post: #1
Kalau Saja Pusat Pemerintahan Bukan di Jakarta
29-Sep-2010 18:58 PM

Dana Komuter
Nusantara


*

Offline

Posts: 2,604
Likes Given: 2
Likes Received: 15 in 25 posts
Joined: Sep 2008
Reputation: 22



Ada enggak bayangan dari teman2 kalau saja pusat pemerintahan akan dipindahkan di suatu kota yang bukan di Jakarta lagi? Wacana segenap pemerintahan kita yang konon ibukota negara kita ini tidak menerima kehadiran pusat pemerintahan lagi sudah lama bergulir. Wacana tetap wacana. Bukan berarti tidak akan terwujud bukan? Nah... kalau saja andai nih... yang dijadiin pusat pemerintahan itu Surabaya, apakah ada bayangan dari teman2 kalau saja para wakil rakyat berdomisili di Jakarta dan berdinas di Surabaya, apakah akan selalu pakai KA utk pp yah? Atau... mereka bakal naek pesawat, mobil, bus sekelas Bi* **rd dll dan helikopter?

Ini pengandaian saja kalau saja pusat pemerintahan di Surabaya yah... Apakah mereka bakal punya rumah dinas di Surabaya biar gak bolak - balik Jakarta - Surabaya pp? Rangkaian KA apa yg bakalan dipakai? Apakah nyewa KA Wisata atau mrk punya rangkaian KA sendiri yah? Terus, jangan2 entar dituduh korupsi kali yah tiap hari naek KA...

Bayangan aku ini kalau saja ke depan pusat pemerintahan beneran pindah di luar Jakarta. Kalau andai di Jonggol sih... yah... kita juga dah tau gak ada rel KAnya.

Teman2 sekalian... krn kcerobohan aku sendiri, aku memohon utk mundur dr forum ini yah.. Demi ketenangan teman2 skalian akibat ulah aku sendiri... Tp aku dtg cm utk baca doank koq... gak ngebales.. OK.. Terhitung akhir Juli 2012..
Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #2
RE: Kalau Saja Pusat Pemerintahan Bukan di Jakarta
30-Sep-2010 10:19 AM

dedy vh
Nusantara


*

Offline

Posts: 2,874
Likes Given: 2
Likes Received: 17 in 25 posts
Joined: Sep 2008
Reputation: 14



ada rel nya tinggal nyambung dari stasiun cibinong !

tidak terbayangkan keindahan trem uap ketika lalu lalang di bawah jembatan kereta api jatinegara
foto ane yang lainnya ada disini kang !
http://www.flickr.com/photos/36503981@N02/
Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #3
RE: Kalau Saja Pusat Pemerintahan Bukan di Jakarta
30-Sep-2010 10:33 AM

bagus70 !!
ؤرمط غرك



Offline

Posts: 2,564
Likes Given: 0
Likes Received: 3 in 12 posts
Joined: Feb 2008



Ini tentang wacana pemindahan ibukota itu ya?

Menurut saya sih, lebih baik pusat pemerintahan dipindah saja ke Palangkaraya, karena letaknya pas di tengah negeri ini.

Sementara Jakarta hanya menjadi pusat ekonomi saja. Khususnya industri jasa.

Kalau indsutri yang padat karya semestinya dipindah ke daerah-daerah luar Jawa, untuk mengurangi kepadatan penduduk.
Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #4
RE: Kalau Saja Pusat Pemerintahan Bukan di Jakarta
30-Sep-2010 13:08 PM

alin_masuk sepur 5
Argo Jati


*

Offline

Posts: 973
Likes Given: 2
Likes Received: 7 in 6 posts
Joined: Jul 2010
Reputation: 1



kalo pemindahan ibukota... agak lama rentang waktunya, butuh anggaran lbih bsr pula... kalo dminimalkan kendaraan pribadiny mungkin bs, dgn memeaksimalkan ka..

Menanti dioperasikannya DT Ketanggungan Barat-PrupukNew_mawar
Visit this user's website Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #5
RE: Kalau Saja Pusat Pemerintahan Bukan di Jakarta
30-Sep-2010 13:12 PM

bagus70 !!
ؤرمط غرك



Offline

Posts: 2,564
Likes Given: 0
Likes Received: 3 in 12 posts
Joined: Feb 2008



(30-Sep-2010 13:08 PM)alin_masuk sepur 5 Wrote:  kalo pemindahan ibukota... agak lama rentang waktunya, butuh anggaran lbih bsr pula... kalo dminimalkan kendaraan pribadiny mungkin bs, dgn memeaksimalkan ka..

Dan ini malah lebih lama lagi realisasinya.... Malah mungkin cenderung mustahil, kalau belajar dari pengalaman yang ada...[/align]
Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #6
RE: Kalau Saja Pusat Pemerintahan Bukan di Jakarta
30-Sep-2010 13:27 PM

m_ilhami
otomotif teoritis


*

Offline

Posts: 895
Likes Given: 0
Likes Received: 3 in 4 posts
Joined: Mar 2009
Reputation: 3



kalau pusat nya dipindah ke jonggol tinggal bikin shortcut ke cikampek/cikarang/bekasi. Jadi deh jalur lingkar.
Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #7
RE: Kalau Saja Pusat Pemerintahan Bukan di Jakarta
30-Sep-2010 13:47 PM

bagus70 !!
ؤرمط غرك



Offline

Posts: 2,564
Likes Given: 0
Likes Received: 3 in 12 posts
Joined: Feb 2008



Saya tetap saja tak setuju kalau pusat pemerintahan dipindah ke tempat lain di pulau Jawa. Saya tetap vote for Palangkaraya. Kota itu dibangung dari desa menjadi kota oleh Bung Karno untuk keperluan itu.

Saya sudah baca di beberapa media massa bahwa kalau cuman dipindah ke dekat Jakarta (seperti Jonggol) hasilnya sama saja, karena dalam rentang sekian tahun nantinya jadi seperti Jakarta juga.
Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #8
RE: Kalau Saja Pusat Pemerintahan Bukan di Jakarta
30-Sep-2010 14:21 PM

m_ilhami
otomotif teoritis


*

Offline

Posts: 895
Likes Given: 0
Likes Received: 3 in 4 posts
Joined: Mar 2009
Reputation: 3



@bagus

Sekarang kelebihannya apa..ke palangkaraya mau kesana pakai apa? Nanti kita mau ngurus visa aja harus ke kedubes amerika, harus pake pesawat. Akhirnya jadi ekonomi biaya tinggi bagi pemerintah dan rakyatnya. Presidennya sedikit perlu aja naik pesawat melulu, jadi pemborosan.

Kita jgn lihat cuma geografis nya. Penduduk itu kebanyakan di jawa, sumatera. Itu yang harus lebih diperhatikan. Orang daerah juga nggak kreatif, taunya Jakarta doang, Pinter dikit kuliah ke ITB, UI, trus kerja di Jakarta.

sory bro, nanggapinya sambil santai ya..jgn gampang tersinggung Big Grin
Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #9
RE: Kalau Saja Pusat Pemerintahan Bukan di Jakarta
30-Sep-2010 15:24 PM

g10d
Gio Dariyo


*

Offline

Posts: 1,780
Likes Given: 1
Likes Received: 2 in 2 posts
Joined: Nov 2008
Reputation: 5



Saya tersinggung nih. New_ngikik
Soale saya juga demikian. mau pulang kampung udah kadung dapet kerja di jakarta.
Mau buka usaha di kampung gak punya modal usaha.

Tapi yang sebenarnya sih... tadinya tidak terpikirkan akan sedemikian jadinya.
Cuba kalo kita bisa membangun daerah kita berasal.. pasti Jakarta tidak akan sepadat sekarang.....

Yaitu dia...... kembali lagi kepada kemampuan dan modal kita. New_peace


Pengin naik kereta ke Pangandaran lagi
Jalur hidup bisa mati, tapi jalur yang mati lebih baik dihidupkan lagi
Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #10
RE: Kalau Saja Pusat Pemerintahan Bukan di Jakarta
30-Sep-2010 21:56 PM

ariefbudi125434
CC 2002 12 07


*

Away

Posts: 175
Likes Given: 0
Likes Received: 0 in 0 posts
Joined: May 2010
Reputation: 0



(30-Sep-2010 14:21 PM)m_ilhami Wrote:  @bagus

Sekarang kelebihannya apa..ke palangkaraya mau kesana pakai apa? Nanti kita mau ngurus visa aja harus ke kedubes amerika, harus pake pesawat. Akhirnya jadi ekonomi biaya tinggi bagi pemerintah dan rakyatnya. Presidennya sedikit perlu aja naik pesawat melulu, jadi pemborosan.

Kita jgn lihat cuma geografis nya. Penduduk itu kebanyakan di jawa, sumatera. Itu yang harus lebih diperhatikan. Orang daerah juga nggak kreatif, taunya Jakarta doang, Pinter dikit kuliah ke ITB, UI, trus kerja di Jakarta.

sory bro, nanggapinya sambil santai ya..jgn gampang tersinggung Big Grin

ya itu, penduduk kebanyakan di Jawa n Sumatra krn 2 pulau itu maju pembangunnnya bro.
klo ibukota pindah ke luar Jawa n Sumatra (misal palangkaraya), setidaknya ada pemerataan pembangunan bro. Diharapkan muncul pusat pertumbuhan ekonomi baru n mendorong pembangunan di kawasan yang belum maju, 2 hal yg tak akan terwujud jika ibukota masih di Jawa ato Sumatra.

oh ya, suruh pemerintah bangun sekalian jaringan rel KA di kalimantan. jawa n sumatra maju kan krn ada rel KA nya juga.New_mawar
Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #11
RE: Kalau Saja Pusat Pemerintahan Bukan di Jakarta
01-Oct-2010 11:46 AM

bagus70 !!
ؤرمط غرك



Offline

Posts: 2,564
Likes Given: 0
Likes Received: 3 in 12 posts
Joined: Feb 2008



(30-Sep-2010 14:21 PM)m_ilhami Wrote:  @bagus

Sekarang kelebihannya apa..ke palangkaraya mau kesana pakai apa? Nanti kita mau ngurus visa aja harus ke kedubes amerika, harus pake pesawat. Akhirnya jadi ekonomi biaya tinggi bagi pemerintah dan rakyatnya. Presidennya sedikit perlu aja naik pesawat melulu, jadi pemborosan.

Kita jgn lihat cuma geografis nya. Penduduk itu kebanyakan di jawa, sumatera. Itu yang harus lebih diperhatikan. Orang daerah juga nggak kreatif, taunya Jakarta doang, Pinter dikit kuliah ke ITB, UI, trus kerja di Jakarta.

sory bro, nanggapinya sambil santai ya..jgn gampang tersinggung Big Grin

Sudah saya duga. PAsti ada jawaban yang begini.

Kalau anda orang Jakarta (atau orang yang sudah nyaman di sana) saya bisa memaklumi kalau anda menentang keras pendapat saya.

Saya bukan apriori dengan hal-hal berbau Jakarta, tetapi saya hanya berusaha membuka wawasan kawan-kawan bahwa sudah dari jaman Belanda hingga sekarang semua orang tahu Jakarta bukan kota yang tepat untuk pusat pemerintahan.

Bahkan di jaman Belanda, planningnya adalah: pusat pemerintahan Bandung, pusat industri jasa Batavia (Jakarta), dan pusat industri manufacturing (padat karya) di Surabaya. Walaupun realisasinya pusat pemerintahan dan industri jasa di Batavia/Jakarta, sementara industri manufacturing di Surabaya.

Selama Jakarta menjadi pusat segala-galanya, akan susah bagi Indonesia untuk maju. Ditambah dengan masalah yang makin kompleks di Jakarta (paling kompleks dibandingkan kota-kota lain di Indonesia) maka suatu saat negeri ini akan lumpuh, hanya karena Jakarta saja yang lumpuh.
Ini kan nggak benar? Memangnya Jakarta hanya satu-satunya kota di Indonesia, sementara yang lain desa (seperti yang dipersepseikan beberapa orang luar negeri)?

Indonesia itu negara besar, dan sayang sekali kalau tidak dimanfaatkan dengan baik.

Sejarah membuktikan bahwa banyak sekali ekses di negeri kita hanya karena Jakarta pusat segala-galanya.
-pada era Tritura dan Reformasi seleuruh negeri lumpuh, hanya karena terjadi keributan yang melumpuhkan Jakarta. Padahal saat itu daerah-daerah lain diluar Jakarta aman-aman saja.
-budaya korupsi dimulai di Jakarta. Akibat pejabat pemerintahan iri dengan para OKB di awal orde baru.
-orang Jakarta selalu merasa lebih tahu dan lebih superior dari orang luar Jakarta (atau Jabotabek).
-banyak kota-kota potensial dipandang sebelah mata oleh pengambil kebijakan pusat.
-di Jakarta banyak orang yang menyalahkan Indonesia atas masalah pribadi yang menimpa mereka (padahal itu tak ada sangkut pautnya dengan kondisi negeri).

Makanya ke depan semestinya pusat pemerintahan dan pusat industri (baik yang padat ilmu maupun padat karya) harus dipisah.

Seperti di Amerika:
-pusat pemerintahan di Washington D.C. (kota kecil).
-pusat jasa keuangan di New York.
-pusat industri hiburan di Los Angeles.
-pusat perkereta apian di Chicago.
-industri manufactur tersebar merata ke seluruh penjuru negeri.

Di Australia:
-pusat pemerintahan di Canberra.
-pusat jasa keuangan di Sydney.
-industri manufactur tersebar merata.

Sementara di Indonesia:
-pusat pemerintahan di Jakarta.
-pusat jasa keuangan di Jakarta.
-pusat industri manufaktur di Jakarta (Jabotabek).
-pusat kereta api de facto di Jakarta (de jure di Bandung).

Jadi istilahnya Indonesia itu kaya orang yang bisa mikir dan ngomong, tapi nggak bisa jalan, nggak bisa bertindak, nggak bisa kerja, karena hanya kepalanya saja yang dilatih. Tangan dan kakinya tidak pernah.

Dan Indonesia selama ini bisa digambarkan seperti sebuah bis yang rapi dan bagus, dengan penumpang yang tertib, tapi disopiri oleh sopir ugal-ugalan, sok jago, dan keras kepala. Nggak cocok....

Bahkan adalah fakta bahwa makin dekat ke Jakarta makin rusak lingkungannya.

Dengan memecahkan konsentrasi itu, otomatis magnet yang menarik orang dari Sabang sampai Merauke untuk bermigrasi ke Jakarta tentu saja akan hilang. Dan akan lebih mudah untuk menata kota Jakarta.

Kalau pusat pemerintahan dipindah ke Palangkaraya, sudah pasti infrastrukturnya juga ditingkatkan. Bandara diperbesar, fasilitas pemerintahan dibuat memadai.
Ingat, Palangkaraya sebelum tahun 1950an adalah desa kecil sekali, dan baru jadi kota setelah bung Karno berniat untuk memindahkan ibu kota kesana.

Selama kita masih membela anggapan status quo bahwa hanya Jakarta yang layak jadi kota pusat segala-galanya, saya jamin Indonesia tak akan jadi negara yang maju dan kuat.

Ke depan mestinya Indonesia dibuat seperti ini:
-pusat pemerintahan: Palangkaraya.
-pusat jasa keuangan: Jakarta.
-industri manufaktur tersebar di Sumatera dan Sulaewsi (untuk menyukseskan ini.)

Mohon maaf kalau kurang berkenan.
Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #12
RE: Kalau Saja Pusat Pemerintahan Bukan di Jakarta
01-Oct-2010 13:01 PM

angga caesar
Senja Utama SLO


*

Offline

Posts: 183
Likes Given: 0
Likes Received: 1 in 1 posts
Joined: Sep 2010
Reputation: 4



bener pindahin aja ke palangkaraya , biar dsana dibangun jalur kereta , yg namanya ibu kota kan pasti butuh akses mobilitas yang memadai , jd klo dpindah k Palangkaraya pasti dsna bakal dbngun sarana transportasi yg lebih bnyak termasuk jalur kereta api ...

Bersiap PP SGU - SLO dengan KERETA API hingga 2 bulan kedepan
New_ngakak
Visit this user's website Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #13
RE: Kalau Saja Pusat Pemerintahan Bukan di Jakarta
01-Oct-2010 13:46 PM

ady_mcady
Nusantara


*

Offline

Posts: 2,630
Likes Given: 43
Likes Received: 32 in 42 posts
Joined: Sep 2008
Reputation: 22



kalo menurut saya, kayaknya palembang siap menggantikan jakarta jadi ibukota. apalagi kedepan jembatan jawa-sumatra pasti jadi. sehingga penduduk di jawa kalo mau ke ibukota tinggal naik ka cepat palembang-jawa. hehehe...

New_xiexie

"Knowledge cannot replace friendship. I'd rather be an idiot than lose you..."
( patrick star)
Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #14
RE: Kalau Saja Pusat Pemerintahan Bukan di Jakarta
01-Oct-2010 13:58 PM

bagus70 !!
ؤرمط غرك



Offline

Posts: 2,564
Likes Given: 0
Likes Received: 3 in 12 posts
Joined: Feb 2008



Kalau menurut saya sih Palembang lebih pas buat konsentrasi industri padat karya/manufaktur. MEngingat tanahnya tidak subur, dan luas, plus impak lingkungan tak terlalu parah.

Eh, tapi kalau ditaruh di Palembang, mungkin ada baiknya juga ya. Jadi kalau ada politisi minta macem-macem tinggal "ditujah" aja New_ngakak Lumayan untuk mengurangi kepadatan penduduk New_ngakak
Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #15
RE: Kalau Saja Pusat Pemerintahan Bukan di Jakarta
01-Oct-2010 14:40 PM

ady_mcady
Nusantara


*

Offline

Posts: 2,630
Likes Given: 43
Likes Received: 32 in 42 posts
Joined: Sep 2008
Reputation: 22



yang penting nantinya ibukota baru harus memiliki sistem transportasi massal yang modern macam kota2 modern di luar negri sana.

dan jangan mengikuti sistem transportasi gaya jakarta yang masih primitif dan amburadul kaya sekarang. misalnya sistem setoran yang masih ada harus dibuang karena ini biang kerok angkutan di jakarta serba kacau.

"Knowledge cannot replace friendship. I'd rather be an idiot than lose you..."
( patrick star)
Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post Reply 


Possibly Related Threads...
Thread: Author Replies: Views: Last Post
  Game yang ada KAnya (Bukan MSTS, TRS, RtR) Handika Irawan 26 5,069 21-Dec-2013 13:34 PM
Last Post: Track_core
  Kalau Saja Nama KA Dibuat Seperti Pesawat Dana Komuter 0 1,011 23-Oct-2010 19:02 PM
Last Post: Dana Komuter
  Kalau Saja Railfans Dibuat Film Dana Komuter 5 2,379 28-Jul-2010 23:32 PM
Last Post: Adi Sutjipto
Question Ini CC203 bukan ??? letaknya dimana ??? CC-201-23 12 5,271 24-Nov-2009 17:43 PM
Last Post: asep_0907

Forum Jump:


User(s) browsing this thread: 1 Guest(s)