Post Reply 
 
Thread Rating:
  • 33 Votes - 3.03 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5

jalur mati rambi-balung(bekas narrow gauge) (2)

Post: #16
RE: jalur mati rambi-balung(bekas narrow gauge)
20-Oct-2010 09:59 AM

tjcdes2009
Parahyangan


*

Offline

Posts: 510
Likes Given: 0
Likes Received: 2 in 3 posts
Joined: Sep 2009
Reputation: 6



New_sedihtisue Liat rel jd jembatan. tp gapa2 yg pnting pninggalannya ga hilang hanya brubah fungsi ja. tolong klo bs merujuk petanya donk biar jelas brada di mana.

Suara lokomotif C201 yg bikin kangenLoko_merahbiru
Find all posts by this user Quote this message in a reply
Post: #17
RE: jalur mati rambi-balung(bekas narrow gauge)
20-Oct-2010 12:40 PM

spoor-badug
CC202


*

Offline

Posts: 129
Likes Given: 0
Likes Received: 1 in 1 posts
Joined: Oct 2010
Reputation: 1



ini nih peta jatim yg ane mksud, udah di crop biar jelas.. d peta ini jg ada jalur KA madura.. yg jalur KA ada garis belang hitam putih kayak zebra..

semboyan35.com

Image hosted by kapanlagi.com


Loko_merahbiru CC20408
Visit this user's website Find all posts by this user Quote this message in a reply
Post: #18
RE: jalur mati rambi-balung(bekas narrow gauge)
20-Oct-2010 13:39 PM

rayka
tawang alun user


*

Offline

Posts: 1,484
Likes Given: 0
Likes Received: 1 in 2 posts
Joined: Apr 2009
Reputation: 13



bagus petanya kang, ^^b

tapi yang aku bingung kalo percabangan dari klakah tuh gauge nya yang 1064, jadi akhir dari gauge lori ini dimana ya??

|warm up|

Find all posts by this user Quote this message in a reply
Post: #19
RE: jalur mati rambi-balung(bekas narrow gauge)
20-Oct-2010 13:59 PM

sepur_lori
cah Solo


*

Offline

Posts: 1,813
Likes Given: 0
Likes Received: 2 in 6 posts
Joined: Mar 2010
Reputation: 21



Nemu foto lok uapnya jaman dulu, TC 1006


Trus lok uap yg lain, skrg berada di PG Sragi

Find all posts by this user Quote this message in a reply
Post: #20
RE: jalur mati rambi-balung(bekas narrow gauge)
21-Oct-2010 10:53 AM

hamdi robby
Senja Utama


*

Offline

Posts: 247
Likes Given: 0
Likes Received: 0 in 0 posts
Joined: Feb 2010
Reputation: 9



(18-Oct-2010 18:15 PM)H4R15 0N Wrote:  tahun berapa mulai gak aktif? sisa weselnya?

weselx sudah g ada semua(d stasiun),relx aja sudah banyak yg d manfaatkan warga menjadi jembatan kecil2.

@mas lori: akhirx q tau juga kemana lokox ngungsi.
tp kenapa g d pindah k PG terdekat y??????seperti semboro ato d situbondo kan juga ada PG panji yg bergauge 600.
oia klo TC 1006 sekarang posisix dimana y????????
oia dit upload juga foto yg waktu qt mblusuan.

biarpun jalur lori tertutup tanah, kau takkan luput dari pandanganku.........Icon_waswas
Find all posts by this user Quote this message in a reply
Post: #21
RE: jalur mati rambi-balung(bekas narrow gauge)
21-Oct-2010 12:38 PM

dedy vh
Nusantara


*

Offline

Posts: 2,874
Likes Given: 2
Likes Received: 17 in 25 posts
Joined: Sep 2008
Reputation: 14



sangat mnyedihkan sekali memang di jatim banyak percabangan rel kereta api sama seperti di daop I terutama jakarta

tidak terbayangkan keindahan trem uap ketika lalu lalang di bawah jembatan kereta api jatinegara
foto ane yang lainnya ada disini kang !
http://www.flickr.com/photos/36503981@N02/
Find all posts by this user Quote this message in a reply
Post: #22
RE: jalur mati rambi-balung(bekas narrow gauge)
21-Oct-2010 13:32 PM

sepur_lori
cah Solo


*

Offline

Posts: 1,813
Likes Given: 0
Likes Received: 2 in 6 posts
Joined: Mar 2010
Reputation: 21



(21-Oct-2010 10:53 AM)hamdi robby Wrote:  
(18-Oct-2010 18:15 PM)H4R15 0N Wrote:  tahun berapa mulai gak aktif? sisa weselnya?

weselx sudah g ada semua(d stasiun),relx aja sudah banyak yg d manfaatkan warga menjadi jembatan kecil2.

@mas lori: akhirx q tau juga kemana lokox ngungsi.
tp kenapa g d pindah k PG terdekat y??????seperti semboro ato d situbondo kan juga ada PG panji yg bergauge 600.
oia klo TC 1006 sekarang posisix dimana y????????

G tau ya, tapi yg jelas lok SS ini kemudian hijrah ke waduk Cacaban di Jawa Tengah (sgt mungkin utk membantu angkut2 material di sana), makanya lok ini di Sragi dijuluki lok Cacaban.





Penjelasannya:
"Inilah loko pemilik gandar Goelsdorf pada foto2 sebelumnya. Loko dengan lebar sepur 600 mm jenis 0-8-0T dengan 2 gandar Goelsdorf buatan Hartmann. Loko ini dahulu digunakan oleh SS (Staat Spoorwegen) untuk lintas sepur 600 mm Cikampek-Cilamaya, Jawa Barat, kemudian hijrah ke lintas cabang Balung-Ambulu, Jawa Timur, dijual ke kontraktor swasta dan akhirnya ditemukan di waduk Cacaban, Tegal, Jawa Tengah (kemungkinan besar digunakan untuk membangun waduk tersebut). Karenanya loko ini dengan 3 saudaranya yang lain dikenal sebagai loko Cacaban oleh para pegawai di pabrik gula Sragi."
Sumber: Majalah KA edisi 11/Juni 2007 hal. 37

Oiya TC 1006 udh lenyap dirucat... New_sedihtisue
Find all posts by this user Quote this message in a reply
Post: #23
RE: jalur mati rambi-balung(bekas narrow gauge)
22-Oct-2010 16:01 PM

Toto
Van Tram


*

Offline

Posts: 397
Likes Given: 0
Likes Received: 0 in 2 posts
Joined: Feb 2009
Reputation: 8



(21-Oct-2010 13:32 PM)sepur_lori Wrote:  
(21-Oct-2010 10:53 AM)hamdi robby Wrote:  
(18-Oct-2010 18:15 PM)H4R15 0N Wrote:  tahun berapa mulai gak aktif? sisa weselnya?

weselx sudah g ada semua(d stasiun),relx aja sudah banyak yg d manfaatkan warga menjadi jembatan kecil2.

@mas lori: akhirx q tau juga kemana lokox ngungsi.
tp kenapa g d pindah k PG terdekat y??????seperti semboro ato d situbondo kan juga ada PG panji yg bergauge 600.
oia klo TC 1006 sekarang posisix dimana y????????

G tau ya, tapi yg jelas lok SS ini kemudian hijrah ke waduk Cacaban di Jawa Tengah (sgt mungkin utk membantu angkut2 material di sana), makanya lok ini di Sragi dijuluki lok Cacaban.





Penjelasannya:
"Inilah loko pemilik gandar Goelsdorf pada foto2 sebelumnya. Loko dengan lebar sepur 600 mm jenis 0-8-0T dengan 2 gandar Goelsdorf buatan Hartmann. Loko ini dahulu digunakan oleh SS (Staat Spoorwegen) untuk lintas sepur 600 mm Cikampek-Cilamaya, Jawa Barat, kemudian hijrah ke lintas cabang Balung-Ambulu, Jawa Timur, dijual ke kontraktor swasta dan akhirnya ditemukan di waduk Cacaban, Tegal, Jawa Tengah (kemungkinan besar digunakan untuk membangun waduk tersebut). Karenanya loko ini dengan 3 saudaranya yang lain dikenal sebagai loko Cacaban oleh para pegawai di pabrik gula Sragi."
Sumber: Majalah KA edisi 11/Juni 2007 hal. 37

Oiya TC 1006 udh lenyap dirucat... New_sedihtisue

Posisi loko 0-8-0T itu skarang di mana? nampaknya perlu diselamatkan karena nilai heritage nya tinggi tuh... Di Ambarawa nampaknya blm ada loko SS yang narrow gauge. Apalagi masih jelas ada logo SS nya/

Salam Spoor
Find all posts by this user Quote this message in a reply
Post: #24
RE: jalur mati rambi-balung(bekas narrow gauge)
24-Oct-2010 15:01 PM

sepur_lori
cah Solo


*

Offline

Posts: 1,813
Likes Given: 0
Likes Received: 2 in 6 posts
Joined: Mar 2010
Reputation: 21



(22-Oct-2010 16:01 PM)Toto Wrote:  
(21-Oct-2010 13:32 PM)sepur_lori Wrote:  
(21-Oct-2010 10:53 AM)hamdi robby Wrote:  
(18-Oct-2010 18:15 PM)H4R15 0N Wrote:  tahun berapa mulai gak aktif? sisa weselnya?

weselx sudah g ada semua(d stasiun),relx aja sudah banyak yg d manfaatkan warga menjadi jembatan kecil2.

@mas lori: akhirx q tau juga kemana lokox ngungsi.
tp kenapa g d pindah k PG terdekat y??????seperti semboro ato d situbondo kan juga ada PG panji yg bergauge 600.
oia klo TC 1006 sekarang posisix dimana y????????

G tau ya, tapi yg jelas lok SS ini kemudian hijrah ke waduk Cacaban di Jawa Tengah (sgt mungkin utk membantu angkut2 material di sana), makanya lok ini di Sragi dijuluki lok Cacaban.





Penjelasannya:
"Inilah loko pemilik gandar Goelsdorf pada foto2 sebelumnya. Loko dengan lebar sepur 600 mm jenis 0-8-0T dengan 2 gandar Goelsdorf buatan Hartmann. Loko ini dahulu digunakan oleh SS (Staat Spoorwegen) untuk lintas sepur 600 mm Cikampek-Cilamaya, Jawa Barat, kemudian hijrah ke lintas cabang Balung-Ambulu, Jawa Timur, dijual ke kontraktor swasta dan akhirnya ditemukan di waduk Cacaban, Tegal, Jawa Tengah (kemungkinan besar digunakan untuk membangun waduk tersebut). Karenanya loko ini dengan 3 saudaranya yang lain dikenal sebagai loko Cacaban oleh para pegawai di pabrik gula Sragi."
Sumber: Majalah KA edisi 11/Juni 2007 hal. 37

Oiya TC 1006 udh lenyap dirucat... New_sedihtisue

Posisi loko 0-8-0T itu skarang di mana? nampaknya perlu diselamatkan karena nilai heritage nya tinggi tuh... Di Ambarawa nampaknya blm ada loko SS yang narrow gauge. Apalagi masih jelas ada logo SS nya/

Salam Spoor

Posisi loko sekarang ada di PG Sragi, total ada 4 buah yaitu SS 201T (No. 13), SS 202T (No. 12), SS 203T (No. 16) ama SS 301T (No. 18) tapi sayangnya no. 13 ama 18 sdh masuk ke sub dipo PG Comal Baru-Sragi karena rusak, sementara no. 12 ama 16 msh tetap jalan. Saya dukung kalo mau dibawa ke Ambarawa.
Find all posts by this user Quote this message in a reply
Post: #25
RE: jalur mati rambi-balung(bekas narrow gauge)
24-Oct-2010 19:22 PM

Penjelajah
ML - KML - SMP


*

Offline
RailTracker

Posts: 823
Likes Given: 0
Likes Received: 4 in 6 posts
Joined: Jun 2009
Reputation: 18



(20-Oct-2010 13:39 PM)rayka Wrote:  bagus petanya kang, ^^b

tapi yang aku bingung kalo percabangan dari klakah tuh gauge nya yang 1064, jadi akhir dari gauge lori ini dimana ya??

Berakhir di Sta. Lumajang. Perhatikan lagi warna merah muda dari peta diatas.

Find all posts by this user Quote this message in a reply
Post: #26
RE: jalur mati rambi-balung(bekas narrow gauge)
24-Oct-2010 20:38 PM

Penjelajah
ML - KML - SMP


*

Offline
RailTracker

Posts: 823
Likes Given: 0
Likes Received: 4 in 6 posts
Joined: Jun 2009
Reputation: 18



(21-Oct-2010 13:32 PM)sepur_lori Wrote:  Penjelasannya:
"Inilah loko pemilik gandar Goelsdorf pada foto2 sebelumnya. Loko dengan lebar sepur 600 mm jenis 0-8-0T dengan 2 gandar Goelsdorf buatan Hartmann. Loko ini dahulu digunakan oleh SS (Staat Spoorwegen) untuk lintas sepur 600 mm Cikampek-Cilamaya, Jawa Barat, kemudian hijrah ke lintas cabang Balung-Ambulu, Jawa Timur, dijual ke kontraktor swasta dan akhirnya ditemukan di waduk Cacaban, Tegal, Jawa Tengah (kemungkinan besar digunakan untuk membangun waduk tersebut). Karenanya loko ini dengan 3 saudaranya yang lain dikenal sebagai loko Cacaban oleh para pegawai di pabrik gula Sragi."
Sumber: Majalah KA edisi 11/Juni 2007 hal. 37

Oiya TC 1006 udh lenyap dirucat... New_sedihtisue

Wah, rasanya ini ga di-crosscheck dulu sama sejarahnya. Ini yang benar terbalik, hijrah dari Ambulu ke Cikampek. Lintas ini sejak akhir tahun 60'an sudah diregauge ke 1067 mm. Mungkin karena pergantian itu lok2 TC pindah ke Cikampek yang masih beroperasi hingga tahun 80'an. Hijrahnya pun juga di"pinjam" oleh proyek Waduk Cacaban, yang akhirnya sekalian ditempatkan di Cikampek. Setelah Lintas Cikampek mati, baru dioper ke Sragi..

Emplasemen Sta. Balung tahun 1972, digunakan anak2 berpose


Gerbong di Sta. Balung, tahun 1974


Corong air Sta. Ambulu (1970), dari sekolah Wahid Hasyim

Ketiga foto oleh : Bernostalgia Lewat Foto

Sta. Ambulu (2007)

Foto oleh Ikhlasul Amal

Find all posts by this user Quote this message in a reply
Post: #27
RE: jalur mati rambi-balung(bekas narrow gauge)
24-Oct-2010 21:49 PM

Toto
Van Tram


*

Offline

Posts: 397
Likes Given: 0
Likes Received: 0 in 2 posts
Joined: Feb 2009
Reputation: 8



(24-Oct-2010 19:22 PM)Penjelajah Wrote:  
(20-Oct-2010 13:39 PM)rayka Wrote:  bagus petanya kang, ^^b

tapi yang aku bingung kalo percabangan dari klakah tuh gauge nya yang 1064, jadi akhir dari gauge lori ini dimana ya??

Berakhir di Sta. Lumajang. Perhatikan lagi warna merah muda dari peta diatas.

Bang Wafa,
Jika merujuk pada Buku Sejarah KA Jilid I, nampaknya 600 mm hanya sampai Puger dan jalur percabangan. Jadi rutenya Rambipuji-Balong-Puger. Tapi peta menunjukkan jika rel menuju Puger tidak diregauge, melainkan dimatikan. Dalam peta tidak ada rel menuju Puger. Apakah benar demikian?

Sedangkan jalur mulai Klakah-Lumajang-Kencong, nampaknya sejak dulu memang 1067.

Dengan kata lain, setelah Rambipuji-Balong diregauge, jalur disambung dengan Kencong-Lumajang-Klakah. Apakah perkiraan saya ini benar?

Mohon pencerahan.

Salam Spoor,
Find all posts by this user Quote this message in a reply
Post: #28
RE: jalur mati rambi-balung(bekas narrow gauge)
25-Oct-2010 16:46 PM

Penjelajah
ML - KML - SMP


*

Offline
RailTracker

Posts: 823
Likes Given: 0
Likes Received: 4 in 6 posts
Joined: Jun 2009
Reputation: 18



(24-Oct-2010 21:49 PM)Toto Wrote:  Bang Wafa,
Jika merujuk pada Buku Sejarah KA Jilid I, nampaknya 600 mm hanya sampai Puger dan jalur percabangan. Jadi rutenya Rambipuji-Balong-Puger. Tapi peta menunjukkan jika rel menuju Puger tidak diregauge, melainkan dimatikan. Dalam peta tidak ada rel menuju Puger. Apakah benar demikian?

Sedangkan jalur mulai Klakah-Lumajang-Kencong, nampaknya sejak dulu memang 1067.

Dengan kata lain, setelah Rambipuji-Balong diregauge, jalur disambung dengan Kencong-Lumajang-Klakah. Apakah perkiraan saya ini benar?

Mohon pencerahan.

Salam Spoor,

Awalnya lintas Rambipuji - Balung (ejaan Belanda:Balong)- Lumajang adalah 600 mm. Sejak diregauge akhir '60an, tinggal lintas Balung - Ambulu (yang pernah ditutup th. 1945) dan lintas Balung - Puger yang tetap gaugenya. Lintas ini akhirnya ditutup total tahun 1986.

Find all posts by this user Quote this message in a reply
Post: #29
RE: jalur mati rambi-balung(bekas narrow gauge)
28-Oct-2010 16:26 PM

Toto
Van Tram


*

Offline

Posts: 397
Likes Given: 0
Likes Received: 0 in 2 posts
Joined: Feb 2009
Reputation: 8



(25-Oct-2010 16:46 PM)Penjelajah Wrote:  
(24-Oct-2010 21:49 PM)Toto Wrote:  Bang Wafa,
Jika merujuk pada Buku Sejarah KA Jilid I, nampaknya 600 mm hanya sampai Puger dan jalur percabangan. Jadi rutenya Rambipuji-Balong-Puger. Tapi peta menunjukkan jika rel menuju Puger tidak diregauge, melainkan dimatikan. Dalam peta tidak ada rel menuju Puger. Apakah benar demikian?

Sedangkan jalur mulai Klakah-Lumajang-Kencong, nampaknya sejak dulu memang 1067.

Dengan kata lain, setelah Rambipuji-Balong diregauge, jalur disambung dengan Kencong-Lumajang-Klakah. Apakah perkiraan saya ini benar?

Mohon pencerahan.

Salam Spoor,

Awalnya lintas Rambipuji - Balung (ejaan Belanda:Balong)- Lumajang adalah 600 mm. Sejak diregauge akhir '60an, tinggal lintas Balung - Ambulu (yang pernah ditutup th. 1945) dan lintas Balung - Puger yang tetap gaugenya. Lintas ini akhirnya ditutup total tahun 1986.

Jadi regauge nya bukan Jaman Blanda?
Thanks infonya

Salam Spoor
Find all posts by this user Quote this message in a reply
Post: #30
RE: jalur mati rambi-balung(bekas narrow gauge)
30-Oct-2010 20:12 PM

fun_plano
Argo Jati


*

Offline

Posts: 1,091
Likes Given: 0
Likes Received: 5 in 8 posts
Joined: Oct 2009
Reputation: 10



Setelah liat ini banyak yang harus ane tambahin infony hehehe...

(30-Aug-2010 05:24 AM)hamdi robby Wrote:  kemaren q abis krumah temenQ d lumajang lewat kencong, ternyata jalur ini gak sampai balung aja.
jalur ini terus hingga kencong n lumajang.
dan mungkin jalur ini menyatu d stasiun klakah.
mungkin ada yg mau nambahin lg atau koreksix?????

monggo.........
Dipisahkan dulu jalurnya. Kalo tidak salah jalur Klakah-Lumajang-Pasirian adalah jalur yang pertama kali dibangun di Lumajang dan gauge-nya pun dari awal 1067. Setelah itu baru jalur Lumajang-Kencong. Percabangan di LMJ pun tidak di stasiunnya. Percabangan dan Jalur KA Lumajang yang lengkap ada di SINI. Jalur Rambipuji-Balung-Ambulu terletak secara administratif di Kabupaten Jember.


(24-Oct-2010 19:22 PM)Penjelajah Wrote:  
(20-Oct-2010 13:39 PM)rayka Wrote:  bagus petanya kang, ^^b

tapi yang aku bingung kalo percabangan dari klakah tuh gauge nya yang 1064, jadi akhir dari gauge lori ini dimana ya??

Berakhir di Sta. Lumajang. Perhatikan lagi warna merah muda dari peta diatas.
Kang Penjelajah...jalur KA bukan yang merah muda, tapi yang garis zebra (belang hitam putih)New_xiexie

(24-Oct-2010 21:49 PM)Toto Wrote:  Bang Wafa,
Jika merujuk pada Buku Sejarah KA Jilid I, nampaknya 600 mm hanya sampai Puger dan jalur percabangan. Jadi rutenya Rambipuji-Balong-Puger. Tapi peta menunjukkan jika rel menuju Puger tidak diregauge, melainkan dimatikan. Dalam peta tidak ada rel menuju Puger. Apakah benar demikian?

Sedangkan jalur mulai Klakah-Lumajang-Kencong, nampaknya sejak dulu memang 1067.

Dengan kata lain, setelah Rambipuji-Balong diregauge, jalur disambung dengan Kencong-Lumajang-Klakah. Apakah perkiraan saya ini benar?

Mohon pencerahan.

Salam Spoor,
Bila dilihat dari sejarahnya dan faktor administratif yang berbeda (Lumajang dan Jember) kemungkinan seperti itu kang...

Find all posts by this user Quote this message in a reply
Post Reply 


Possibly Related Threads...
Thread: Author Replies: Views: Last Post
  (Poll) Jalur mati mana yang paling ingin dihidupkan lagi? black_cutlery 135 44,380 25-Aug-2014 20:23 PM
Last Post: adji pamungkas
  Jalur mati Medan - Pancurbatu RudyBB303 3 597 20-Aug-2014 17:38 PM
Last Post: RudyBB303
  Jalur mati Purwokerto-Wonosobo adrie 266 115,547 02-Jul-2014 00:10 AM
Last Post: bayucool
  Jalur mati Daop III (Cirebon-Kadipaten) dytto_argo 86 24,947 25-Jun-2014 06:13 AM
Last Post: Warteg
KRL Eco PERKEMBANGAN JALUR MATI PANARUKAN KALISAT sspraptama 412 167,241 30-May-2014 13:22 PM
Last Post: railroad
  Mblusukan: Misteri Jalur Mati di Daerah Kediri (selain jalur mati Kediri-Pare-Jombang) rapih_dhoho 48 26,576 16-May-2014 11:42 AM
Last Post: rapih_dhoho
  Jalur mati Jombang-Ploso-Babat-Tuban jeremiah I.H 142 63,195 09-May-2014 12:43 PM
Last Post: ekspress_zancaka
  JALUR MATI GEMPOL-KEJAPANAN-MOJOKERTO ahmad 67 27,778 08-May-2014 23:42 PM
Last Post: ekspress_zancaka
  Jalur Mati Rembang - Blora Toentang 13 6,257 28-Apr-2014 10:33 AM
Last Post: sonyazis
  jalur mati trem Soerabaia rizky nur adrianto 182 68,168 22-Apr-2014 21:50 PM
Last Post: Bagazi

Forum Jump:


User(s) browsing this thread: 1 Guest(s)