Betul, ini bukan ex jalur trem tapi dulu jalur cabang KA barang dari St.Cikini mengarah ke dalam ex Pabrik Opium yg sekarang jadi Pasar Kenari, kira2 jalurnya dulu nongolnya di samping McDonald sekarang ini.
Sebenarnya jaman dulu ada beberapa cabangan jalur utama di Batavia, selain yg ke Pabrik Opium ada juga cabang ke Pabrik pupuk di sekitar jalan Industri gunung sahari, cabang ke Pabrik PN Gas di daerah Ketapang dan cabang di kawasan pergudangan di Asemka.
Dipo Trem uap dulu ada di ex Kantor PPD di jalan Kramat raya, kalo mungkin mau iseng menggali tanah disitu banyak ketemu rel trem kali, hehehe......
Terus ada juga jalur yg belok masuk ke Jl. Kramat III, masuk Kramat IV memotong ciliwung trus ke arah Kalipasir dan kemudian bercabang di samping Kantor Pos Cikini, cabangnya ke arah menteng raya dan satu lagi ke arah Mesjid Cut mutia terus ke Tanah abang. Nah untuk Dipo Trem listriknya dari ujung jln Kramat IV ada cabangannya, Lokasi Dipo Trem Listrik ini kira2 sekarang terjepit antara jalan Kramat V dgn VI di pinggir Ciliwung.
Nah kalo jembatan tram yg memotong ciliwung saya curiga adalah jembatan yg sekarang ini sdh jadi jalan mobil yg tembus dari Kramat IV ke Kalipasir dan kantor pos cikini.
Dulu jalur tram juga ada beberapa yg memotong jalur rel KA lho...kalo sekarang masih ada asyik kali yee....
Dipo Trem uap dulu ada di ex Kantor PPD di jalan Kramat raya, kalo mungkin mau iseng menggali tanah disitu banyak ketemu rel trem kali, hehehe......
Terus ada juga jalur yg belok masuk ke Jl. Kramat III, masuk Kramat IV memotong ciliwung trus ke arah Kalipasir dan kemudian bercabang di samping Kantor Pos Cikini, cabangnya ke arah menteng raya dan satu lagi ke arah Mesjid Cut mutia terus ke Tanah abang. Nah untuk Dipo Trem listriknya dari ujung jln Kramat IV ada cabangannya, Lokasi Dipo Trem Listrik ini kira2 sekarang terjepit antara jalan Kramat V dgn VI di pinggir Ciliwung.
Nah kalo jembatan tram yg memotong ciliwung saya curiga adalah jembatan yg sekarang ini sdh jadi jalan mobil yg tembus dari Kramat IV ke Kalipasir dan kantor pos cikini.
Dulu jalur tram juga ada beberapa yg memotong jalur rel KA lho...kalo sekarang masih ada asyik kali yee....
Sebenarnya jaman dulu ada beberapa cabangan jalur utama di Batavia, selain yg ke Pabrik Opium ada juga cabang ke Pabrik pupuk di sekitar jalan Industri gunung sahari, cabang ke Pabrik PN Gas di daerah Ketapang dan cabang di kawasan pergudangan di Asemka.
Dipo Trem uap dulu ada di ex Kantor PPD di jalan Kramat raya, kalo mungkin mau iseng menggali tanah disitu banyak ketemu rel trem kali, hehehe......
Terus ada juga jalur yg belok masuk ke Jl. Kramat III, masuk Kramat IV memotong ciliwung trus ke arah Kalipasir dan kemudian bercabang di samping Kantor Pos Cikini, cabangnya ke arah menteng raya dan satu lagi ke arah Mesjid Cut mutia terus ke Tanah abang. Nah untuk Dipo Trem listriknya dari ujung jln Kramat IV ada cabangannya, Lokasi Dipo Trem Listrik ini kira2 sekarang terjepit antara jalan Kramat V dgn VI di pinggir Ciliwung.
Nah kalo jembatan tram yg memotong ciliwung saya curiga adalah jembatan yg sekarang ini sdh jadi jalan mobil yg tembus dari Kramat IV ke Kalipasir dan kantor pos cikini.
Dulu jalur tram juga ada beberapa yg memotong jalur rel KA lho...kalo sekarang masih ada asyik kali yee....
Dipo Trem uap dulu ada di ex Kantor PPD di jalan Kramat raya, kalo mungkin mau iseng menggali tanah disitu banyak ketemu rel trem kali, hehehe......
Terus ada juga jalur yg belok masuk ke Jl. Kramat III, masuk Kramat IV memotong ciliwung trus ke arah Kalipasir dan kemudian bercabang di samping Kantor Pos Cikini, cabangnya ke arah menteng raya dan satu lagi ke arah Mesjid Cut mutia terus ke Tanah abang. Nah untuk Dipo Trem listriknya dari ujung jln Kramat IV ada cabangannya, Lokasi Dipo Trem Listrik ini kira2 sekarang terjepit antara jalan Kramat V dgn VI di pinggir Ciliwung.
Nah kalo jembatan tram yg memotong ciliwung saya curiga adalah jembatan yg sekarang ini sdh jadi jalan mobil yg tembus dari Kramat IV ke Kalipasir dan kantor pos cikini.
Dulu jalur tram juga ada beberapa yg memotong jalur rel KA lho...kalo sekarang masih ada asyik kali yee....