Post Reply 
 
Thread Rating:
  • 46 Votes - 2.98 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5

Telusur Tram di Jakarta (8)

Post: #106
RE: trem
08-Feb-2010 13:12 PM

ady_mcady
Nusantara


*

Offline

Posts: 2,630
Likes Given: 43
Likes Received: 32 in 42 posts
Joined: Sep 2008
Reputation: 22



kalaoe rentjana pemboeatan tram di wilajah superblock rasuna epicentrum dan di kampus ui djadi, kita2 tak perloe bersoesah hati oentoek sekedar bernostalgia oentoek naik tram seperti pada djaman batavia voor de oorlog doeloe.

New_xiexie

"Knowledge cannot replace friendship. I'd rather be an idiot than lose you..."
( patrick star)
Find all posts by this user Quote this message in a reply
Post: #107
RE: trem
09-Feb-2010 07:17 AM

ady_mcady
Nusantara


*

Offline

Posts: 2,630
Likes Given: 43
Likes Received: 32 in 42 posts
Joined: Sep 2008
Reputation: 22



setelah saija preksa dengen seksama itoe peta batavia dari sodara wiryawan, saija bikin perdjelas itoe peta didaerah jang oleh kawan2 ditjoerigai sebagai depo tram didaerah kalipasir kramat. inilah hasilnja:



ternjata dipodjok belokan soengai tjiliwoeng dekat brug/djembatan tram, ada toelisan st. electric tram. persis tepat diblakang gedoeng planteneg dierentum jang sekarang mendjadi TIM.

"Knowledge cannot replace friendship. I'd rather be an idiot than lose you..."
( patrick star)
Find all posts by this user Quote this message in a reply
Post: #108
RE: trem
09-Feb-2010 07:43 AM

bonbon
Tengah² GST - KMT, Seumur hidup rumah nggak jauh dari rel KA


*

Offline

Posts: 2,341
Likes Given: 0
Likes Received: 7 in 12 posts
Joined: Dec 2008
Reputation: 8



ternyata dari kalipasir jalur trem berbelok ke arah gambir dan menteng (bundaran HI kah ? atau ke tanah abang ?)
Big Grin penasaran mo liat sambungan peta yg kearah selatan ..kyk masuk daerah menteng..cuman nembusnya kemana ? nampak dulu jalur trem bisa sejajar berdekatan dengn jalur KA

Terdampar di Purwokerto setahun gara-gara proyek fiber optik Jateng ga kelarMarah
Find all posts by this user Quote this message in a reply
Post: #109
RE: trem
09-Feb-2010 08:08 AM

ady_mcady
Nusantara


*

Offline

Posts: 2,630
Likes Given: 43
Likes Received: 32 in 42 posts
Joined: Sep 2008
Reputation: 22



hehehe, benar bro. ini lijn arahnja naar tanabang. boenderan HI dan thamrin djaman doeloe beloem ada.

djadi ini lijn teroes ke arah barat lewat gondangdia lewat djalan wahid hasjim, perempatan sarinah, fakhroedin, tanabang. teroes belok ke oetara lewat djalan abdoel moeis sampai bertemoe dengan lijn jang dari konningsplein/gambir di risjwijkstraat (djalan madjapahit).

lantas ini lijn teroes ke oetara, sampai di harmonie bertemoe dengan lijn jang dari noordwijk/djoeanda dan post een telegram kantoor/ gedoeng kantor pos.


"Knowledge cannot replace friendship. I'd rather be an idiot than lose you..."
( patrick star)
Find all posts by this user Quote this message in a reply
Post: #110
RE: trem
09-Feb-2010 13:14 PM

bonbon
Tengah² GST - KMT, Seumur hidup rumah nggak jauh dari rel KA


*

Offline

Posts: 2,341
Likes Given: 0
Likes Received: 7 in 12 posts
Joined: Dec 2008
Reputation: 8



agak
"Out of Topic"
kalo melihat stasion passer senen, seperti ada rel yg terpisah (spoor badug) dari stasiun, bukan parkiran kendaraan st. PSE, melainkan yg Skrg GOR PS.Senen dan Polsek Senen, ngga tau dulu berapa jalur, kalo skrg cmn 6 jalur aktif + 3 spoor badug, kemungkinan dahulu lebih dari 3 spoor badug, atau mungkin sama dengan stasiun beos





cukup sampai disini Big Grin

Back on Topic
central trem sendiri dimana yah ?
ada peta jalur trem yg menghubungkan stasiun kramat ke salemba/pasar kenari-cikini ?

Terdampar di Purwokerto setahun gara-gara proyek fiber optik Jateng ga kelarMarah
Find all posts by this user Quote this message in a reply
Post: #111
RE: trem
09-Feb-2010 16:46 PM

dedy vh
Nusantara


*

Offline

Posts: 2,874
Likes Given: 2
Likes Received: 17 in 25 posts
Joined: Sep 2008
Reputation: 14



Quote: ada peta jalur trem yg menghubungkan stasiun kramat ke salemba/pasar kenari-cikini ?
coba lihat halaman 2 di tread yang sama .
ada tuh peta jaman belanda jalur trem dan kereta

tidak terbayangkan keindahan trem uap ketika lalu lalang di bawah jembatan kereta api jatinegara
foto ane yang lainnya ada disini kang !
http://www.flickr.com/photos/36503981@N02/
Find all posts by this user Quote this message in a reply
Post: #112
RE: trem
09-Feb-2010 18:32 PM

H4R15 0N
Parahyangan


*

Offline

Posts: 353
Likes Given: 0
Likes Received: 2 in 2 posts
Joined: Oct 2009
Reputation: 1



bagi rekan2 RF yang sering nongkrong di Beos, sebaiknya jalan2 dikit ke arah jl. Tiang bendera 1 dan 2. Tepatnya di seberang masjid Nurul Al Fatahillah, disitu ada rumah dengan pagar yg cukup langka.. Semuanya dari Rel KA / trem yang ukurannya sangat kecil...dengan tahun yang tertera disitu 1940.
Visit this user's website Find all posts by this user Quote this message in a reply
Post: #113
RE: trem
09-Feb-2010 19:49 PM

ady_mcady
Nusantara


*

Offline

Posts: 2,630
Likes Given: 43
Likes Received: 32 in 42 posts
Joined: Sep 2008
Reputation: 22



(09-Feb-2010 16:46 PM)dedy vh Wrote:  
Quote: ada peta jalur trem yg menghubungkan stasiun kramat ke salemba/pasar kenari-cikini ?
coba lihat halaman 2 di tread yang sama .
ada tuh peta jaman belanda jalur trem dan kereta

tjoba kawan2 oendoeh ini link jang diberikan oleh sodara wiryawan berikoet :

http://eusoils.jrc.it/ESDB_Archive/EuDAS...002_TO.jpg

itoe peta batavia taon 1930 an. peta itoelah jang saija pergoenakan boeat bikin peta di atas. sepertinja peta jang bagoes sekali.

tentang lijn jang menghoeboengken kramat dan tjikini, sepertinja di peta tida terdapat. saija dapat chabar dari toelisan2 nja pak alwi shahab, itoe dipo trem ada benar terdapat di kalipasir. barangkali soepaja letaknja jang strategis karena tram2 bisa keloear dipo ke arah timoer ke salemba dan ke barat ke arah tanabang dan gambir.

cmiiw. New_xiexie

"Knowledge cannot replace friendship. I'd rather be an idiot than lose you..."
( patrick star)
Find all posts by this user Quote this message in a reply
Post: #114
RE: trem
18-Feb-2010 10:35 AM

ady_mcady
Nusantara


*

Offline

Posts: 2,630
Likes Given: 43
Likes Received: 32 in 42 posts
Joined: Sep 2008
Reputation: 22



saija iseng-iseng bikin perdjelas peta plaatgroond van batavia. hasilnja, kira-kira seperti inilah keadaan transportasi massal batavia 1930 an:



jang warna hidjaoe ialah tramlijn BVM
jang warna mera ialah spoorlijn

ternjata batavia djaman doeloe ada loemajan haibat djoega transport system nja. New_ngiler

"Knowledge cannot replace friendship. I'd rather be an idiot than lose you..."
( patrick star)
Find all posts by this user Quote this message in a reply
Post: #115
RE: trem
19-Feb-2010 09:14 AM

bonbon
Tengah² GST - KMT, Seumur hidup rumah nggak jauh dari rel KA


*

Offline

Posts: 2,341
Likes Given: 0
Likes Received: 7 in 12 posts
Joined: Dec 2008
Reputation: 8



buat ukuran dulu sangat rrruuuaaarr biasa manajemen transport nya, boleh dikata batavia tempo doeloe dah kyk eropa banged .. koq dah hampir merdeka 65 tahun malah ancur2an gini

Terdampar di Purwokerto setahun gara-gara proyek fiber optik Jateng ga kelarMarah
Find all posts by this user Quote this message in a reply
Post: #116
RE: trem
19-Feb-2010 17:52 PM

Muhammad Dhafin Khomsah
Plasser & Theurer Crew


*

Offline

Posts: 779
Likes Given: 4
Likes Received: 3 in 6 posts
Joined: May 2009
Reputation: 13



(18-Feb-2010 10:35 AM)ady_mcady Wrote:  saija iseng-iseng bikin perdjelas peta plaatgroond van batavia. hasilnja, kira-kira seperti inilah keadaan transportasi massal batavia 1930 an:



jang warna hidjaoe ialah tramlijn BVM
jang warna mera ialah spoorlijn

ternjata batavia djaman doeloe ada loemajan haibat djoega transport system nja. New_ngiler

(18-Feb-2010 10:35 AM)ady_mcady Wrote:  saija iseng-iseng bikin perdjelas peta plaatgroond van batavia. hasilnja, kira-kira seperti inilah keadaan transportasi massal batavia 1930 an:



jang warna hidjaoe ialah tramlijn BVM
jang warna mera ialah spoorlijn

ternjata batavia djaman doeloe ada loemajan haibat djoega transport system nja. New_ngiler

Kalo rel trem yang motong rel KA itu gimana caranya? Lewat underpass? New_bingung

Visit this user's website Find all posts by this user Quote this message in a reply
Post: #117
RE: trem
20-Feb-2010 06:47 AM

bonbon
Tengah² GST - KMT, Seumur hidup rumah nggak jauh dari rel KA


*

Offline

Posts: 2,341
Likes Given: 0
Likes Received: 7 in 12 posts
Joined: Dec 2008
Reputation: 8



underpass dulu blom ada om ...
Kalo yg ke Mester (kmp Melayu) lewat under bridge MRI - JNG, juga yg ke arah pasar ikan (gedong panjang) sama lewat bawah jembatan KA, kalo yg di Cikini, gambir ke arah istana negara dan sawah besar (?) ga tau deh, memotong mungkin, soalnya ga ada jembatan ataupun terowongan sama sekali di sekitar situ..

btw..peninggalan trem listrik beserta gerbong nya bisa di lihat di mana ya ? di TMII ada ngga yah ?

Terdampar di Purwokerto setahun gara-gara proyek fiber optik Jateng ga kelarMarah
Find all posts by this user Quote this message in a reply
Post: #118
RE: trem
21-Feb-2010 21:20 PM

ady_mcady
Nusantara


*

Offline

Posts: 2,630
Likes Given: 43
Likes Received: 32 in 42 posts
Joined: Sep 2008
Reputation: 22



bonbon benar. hanya ada 2 viaduct yang pernah ada di batavia dulu. satu di jembatan viaduct kebonpala di jatinegara. yang satunya saya belum tahu persisnya. kayaknya kalo gak di jembatan kota intan, ya sebelah timurnya lagi lurusannya jalan tongkol.

sementara titik yang lainnya merupakan perlintasan sebidang, yakni di gondangdia, gambir, juanda, sawahbesar, jayakarta. trus sesama jalur trem juga bersilangan sebidang didekat beos.

ini suasana di pintu air (dekat juanda) tahun 1950. perhatikan ada pintu perlintasan yang bisa digeser buat menutup jalur ka maupun jalur trem nya tergantung kebutuhan:


"Knowledge cannot replace friendship. I'd rather be an idiot than lose you..."
( patrick star)
Find all posts by this user Quote this message in a reply
Post: #119
RE: trem
22-Feb-2010 06:56 AM

bonbon
Tengah² GST - KMT, Seumur hidup rumah nggak jauh dari rel KA


*

Offline

Posts: 2,341
Likes Given: 0
Likes Received: 7 in 12 posts
Joined: Dec 2008
Reputation: 8



wah dimana lagi yah bisa liat Rel Crossing gitu...
bentar yg gw bingung LAA nya gimana tuh kalo Rel Crossing gitu ? ter intregrasi jd satu kah dengan LAA KA Komuter di thn tersebut ?

Terdampar di Purwokerto setahun gara-gara proyek fiber optik Jateng ga kelarMarah
Find all posts by this user Quote this message in a reply
Post: #120
RE: trem
22-Feb-2010 08:06 AM

ady_mcady
Nusantara


*

Offline

Posts: 2,630
Likes Given: 43
Likes Received: 32 in 42 posts
Joined: Sep 2008
Reputation: 22



kayaknya terintegrasi bon. kalo dilihat LAA nya juga bersilangan sebidang itu diatas. jadi pake 1500 V DC kayak LAA punya kereta api.

nah, yang sampai sekarang saya masih belum tahu adalah, apakah semua koridor trem di jakarta dulu pake LAA semua? saya curiga ada beberapa lin yang gak pakai LAA alias yang lewat cuma trem setum/wap.

tapi gak tahu ya. bisa saja lin2 setum nya dieletrifikasi dikemudian hari. barangkali rekan2 RF ada yang punya info tentang hal ini?

"Knowledge cannot replace friendship. I'd rather be an idiot than lose you..."
( patrick star)
Find all posts by this user Quote this message in a reply
Post Reply 


Possibly Related Threads...
Thread: Author Replies: Views: Last Post
  Telusur Rel Mati Sumatera Utara : Lubuk Pakam - Bangun Purba gregory 11 5,511 16-Mar-2010 18:05 PM
Last Post: BAMBANG EKO
  ATJEH TRAM - BAGAIMANA RIWAJATMOE KINI? VAN_DER_SPOOR 1 2,382 24-Jul-2009 18:36 PM
Last Post: Muhammad Dhafin Khomsah

Forum Jump:


User(s) browsing this thread: 1 Guest(s)