07-08-2010, 07:59 AM
Ternyata 1 rangkaian K3 AC berikut Lokomotifnya, pengin lihat kya apa ya Lokomotifnya?
Ini menurut berita di Tempo Interaktif hari Jumat kemaren.
Sumber:
Ini menurut berita di Tempo Interaktif hari Jumat kemaren.
Quote:PT INKA Kebut Pembuatan Kereta Ekonomi Ber-AC
JUM'AT, 06 AGUSTUS 2010 | 13:31 WIB
Pembuatan kereta api ekonomi AC PT Industri Kereta Api (INKA) di Madiun, Jatim. TEMPO/Ishomuddin
TEMPO Interaktif, Madiun - PT Industri Kereta Api (INKA) Madiun, Jawa Timur, mengebut pembuatan kereta api ekonomi yang dilengkapi dengan pendingin ruangan atau air conditioner (AC) yang dipesan Kementerian Perhubungan.
Dari total 27 gerbong penumpang yang dipesan, 10 gerbong kereta penumpang (K3) dan satu kereta makan dan power (KMP) serta lokomotifnya ditargetkan sudah selesai sebelum lebaran dan bisa beroperasi untuk arus mudik lebaran tahun ini. Sepuluh gerbong kereta penumpang dan satu KMP serta lokomotifnya ditargetkan selesai 20 Agustus dan diserahkan ke pemerintah 24 Agustus depan.
“Pembuatan kereta ekonomi ber-AC dilakukan bertahap. Dari 27 gerbong yang dipesan, sepuluh kereta penumpang beserta satu kereta makan-power (KMP) dan lokomotifnya ditargetkan selesai sebelum H-7 lebaran,†jelas Kepala Divisi Humas PT INKA Fathor Rasyid, di Madiun, Jum’at (6/8).
Satu gerbong K3 ber-AC ini mampu memuat sekitar 100 penumpang. “Kualitas AC-nya sama dengan kereta kelas eksekutif. Dana pembuatan kereta ini puluhan milyar rupiah,†ucapnya. Biaya pembuatan satu gerbong diperkirakan menelan dana Rp 3-5 milyar. Sedangkan untuk satu lokomotifnya, menelan biaya Rp 20 milyar.
Hingga kini, proses pengerjaan 11 gerbong kereta itu masih 40 persen. “Rangka gerbongnya sudah selesai, tinggal melengkapi perangkat dalam gerbong seperti instalasi listrik, mesin, AC, kursi, dan sebagainya,†tambah Kepala Divisi Produksi PT INKA Zenij Suprijono. Meski ber-AC, konstruksi jendela pada kereta tetap dibuat dengan model jendela yang bisa dibuka untuk memberi tambahan udara jika jumlah penumpang melebihi kapasitas.
ISHOMUDDIN
Sumber:
Pengin naik kereta ke Pangandaran lagi
Jalur hidup bisa mati, tapi jalur yang mati lebih baik dihidupkan lagi