Post Reply 
 
Thread Rating:
  • 40 Votes - 2.88 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5

Pengandaian Lingkar Jakarta (Fiktif Belaka) (1)

Post: #1
Pengandaian Lingkar Jakarta (Fiktif Belaka)
26-Jan-2009 06:13 AM

Dana Komuter
Nusantara


*

Offline

Posts: 2,622
Likes Given: 2
Likes Received: 20 in 30 posts
Joined: Sep 2008
Reputation: 22



Ini sekedar pengandaian saja...
Berkaitan dengan rencana pengaktifan kembali rel antara stasiun Jakarta Kota dengan stasiun Tanjung Priok buat teman2 pribadi menginginkan agar rute perjalanan KRL itu seperti apa? Khan rencana semula dari Bogor hanya berakhir di stasiun Manggarai, begitu pun sebaliknya. Dari Serpong berakhir di stasiun Tanah Abang, begitu pun sebaliknya. Yang ini sudah terlaksana... Sedangkan yang dari arah Bekasi alias kelak Cikarang akan berakhir di stasiun Jatinegara, begitu pun sebaliknya. Kini, sudah ada KRL Ekonomi AC Ciliwung yang sedikit membantu para komuter yang hendak ke beberapa stasiun lingkar Jakarta. Namun, itu hanya KRL Ekonomi ber-AC.
Kalau aku pribadi sih...
[list=1][*] Menginginkan agar perjalanan KRL tetap seperti rencana. Yang dari Serpong tetap berakhir di stasiun Tanah Abang, begitu pun sebaliknya. Juga semuanya.[/*:m]
[*] KRL Ciliwung tetap ada, namun kalau bisa ditambah lingkar Priok alias rute perjalanan KRL dari stasiun Jatinegara memutar melewati stasiun Manggarai, stasiun Gambir, stasiun Jakarta Kota, stasiun Kampung Bandan atas hingga berakhir di stasiun Tanjung Priok. Beberapa menit kemudian kembali berlaju ke arah stasiun Jatinegara via stasiun Pasar Senen. Begitu pun berlaku untuk arah sebaliknya. Aku beri nama ‘Jalur Lingkar Timur Jakarta’. Silahkan mau diberi nama jalur berwarna apa...[/*:m]
[*] Rute lain, yaitu dari stasiun Manggarai memutar melalui stasiun Tanah Abang, terus ke stasiun Duri hingga stasiun Kampung Bandan bawah dan berlaju mundur ke arah stasiun Jakarta Kota. Dari stasiun Jakarta Kota berlaju ke arah stasiun Manggarai kembali via stasiun Gambir. Begitu pun untuk arah yang berlawanan. Aku beri nama ‘Jalur Lingkar Barat Jakarta’. Silahkan pula diberi jalur berwarna apa...[/*:m]
[*] Berangkat dari nomor 1 hingga 2.2 di atas, aku berasumsi kalau perjalanan KA jarak jauh untuk Klas Eksekutif dan Bisnis+ berakhir dan berawal di stasiun Manggarai. Untuk perjalanan KRL klas Ekonomi dan Klas Ekonomi AC aku berasumsi memiliki stasiun sendiri yang bersinggungan dengan Jl. Matraman Raya. Apabila stasiun Bukit Duri dibangun rel kereta api yang terhubung dengan stasiun Jatinegara, maka akan menjadi persoalan besar karena mesti membebaskan lahan pasar tradisional Jatinegara. Masalah sedikit sepele mungkin tersiar begitu saja, yaitu masalah mistik yang kerap kali menjadi pemberitaan pastinya bukan?[/*:m]
[*] Untuk dipo gerbong KA penumpang KA Klas Eksekutif dan Eksekutif Argo tidak lagi di sisi barat daya stasiun Manggarai melainkan di dipo lok Jatinegara yang aku asumsikan dipo lok Jatinegara sekarang benar – benar sesuai rencana, yaitu berada di stasiun Cipinang. Untuk si Plasseur & Threurrer berada di stasiun Kerawang. Sebagai pengganti dipo gerbong penumpang yang di sisi barat daya stasiun Manggarai yaitu berubah menjadi peron khusus perjalanan KRL Klas AC Jabodetabek.
Catatan :
Dari pada mesti buang – buang uang dibangun stasiun bertingkat sesuai rencana, maka akan memberi dampak [list=1][*] dampak negatif, antara lain :[/*:m]
[*] Citra feodalisme alias kesan zaman Belanda-nya akan luntur ditelan zaman dengan tampilan yang aku ingat yaitu modern.[/*:m]
[*] Akan ada banyak pungli di lahan peparkiran, menambah armada angkutan umum yang membuat ruas jalan di sekitar stasiun semrawut, aspal jalan yang pasti akan tidak terawat (berlubang jadi salah satgu masalah utamanya), belum lagi banyak sampah bertebaran di sekitar stasiun. Yah... taulah bangsa kita....[/*:m][/list:o][/*:m]
[*] Berangkat dari nomor 1 hingga 2.2 di atas, aku berasumsi apabila ada penumpang KRL Ekonomi semisal dari stasiun Kebayoran hendak ke stasiun Taman BMW di Ancol (anggap saja stasiunnya sudah ada), maka si penumpang cukup naik sampai stasiun Tanah Abang, terus lanjut naik KRL Ekonomi dari stasiun Tanah Abang menuju ke stasiun Kampung Bandan bawah. Lanjut ke stasiun Kampung Bandan atas hingga stasiun tujuan, yakni stasiun Taman BMW. Berlaku juga untuk KRL AC lho...[/*:m]
[*] Untuk perjalanan KRL AC aku asumsikan berhenti – berhentinya :
[list=1][*] Untuk Lingkar Barat Jakarta :
Manggarai (stasiun utama) ? Sudirman ? Tn. Abang ? Duri ? Kampung Bandan bawah ? Jakarta Kota ? Gambir ? kembali ke Manggarai. Begitu pun arah sebaliknya.[/*:m]
[*] Untuk Lingkar Timur Jakarta :
Manggarai (stasiun utama) ? Gambir ? Jakarta Kota ? Kampung Bandan atas ? Tanjung Priok ? Pasar Senen ? Jatinegara ? kembali ke Manggarai. Begitu pun arah sebaliknya.[/*:m]
[*] Untuk Lingkar Jakarta :
Manggarai (stasiun utama) ?Sudirman ? Tn. Abang ? Duri ? Kampung Bandan bawah ? Pasar Senen ? Jatinegara ? kembali ke Manggarai. Begitu pun sebaliknya.[/*:m][/list:o]
Catatan :
Pokoknya hampir sama dengan KRL Ekonomi AC Ciliwung buat yang ini. Hanya saja Ciliwung itu khan Ekonomi AC yang notabene berhenti di tiap stasiun.[/*:m]
[*] Aku yakin tidak akan ada perjalanan KRL klas apapun yang terganggu terutama di stasiun Manggarai yang notabene dilalui oleh perjalanan KA jarak jauh. Aku asumsikan perjalanan KRD Langsam Rangkas Bitung – Jakarta berakhir di stasiun Tanah Abang. Apabila semisal ingin melanjutkan ke stasiun Sudirman, maka cukup naik KRL Ekonomi lingkar dalam kota saja.[/*:m][/list:o]
Bagaimana menurut teman – teman? Adapun peta alur perjalanan si KRL seperti berikut ini...

Untuk yang Versi 1 itu :
Benar – benar perjalanan KRL Jabodetabek. Berlaku untuk semua klas.

Untuk yang Versi 2 itu :
[list=1][*] Pengandaian saja seandainya jalur Merak – beberapa kota di pulau Jawa terhubung antara Serang – Tangerang tanpa harus via Rangkas Bitung dan antara Tanjung Priok – Jatibarang via Indrayamu tanpa harus lewat Cikampek. Kalau ini aku berasumsi antara Tanjung Priok – Indramayu dibangun rel KA dengan mengaktifkan kembali rel mati antara Indramayu – Jatibarang.[/*:m]
[*] KA Serayu dan Bangunkarta mengawali dan mengakhiri perjalanan di stasiun Tj. Priok. Ini mengingat banyaknya para penumpang kapal penyeberangan Priok – Bangka Belitung yang tewas tenggelam beberapa tahun silam yang berasal dari beberapa kota di propinsi Jawa Barat yang kemungkinan besar menurutku dilalui KA Serayu.[/*:m]
[*] Aku asumsi rel angtara Labuan - Rangkas Bitung diaktifkan. Begitu pun rel Nambo - Citayam menyambung ke Cianjur tanpa harus lewat Sukabumi yang melingkar lewat Lampegan dulu. Hehe...[/*:m][/list:o] New_nyengir Namanya juga berangan - angan.... New_nyengir

Jangan dianggap ‘serius’ yah... karena aku bukan Candil si suara cempreng... hehe... Penandaan yang aku kasih sebagian ada yang hanya karanganku saja. Apabila ada yang kurang bahkan sangat tidak setuju silahkan saja...

Teman2 sekalian... krn kcerobohan aku sendiri, aku memohon utk mundur dr forum ini yah.. Demi ketenangan teman2 skalian akibat ulah aku sendiri... Tp aku dtg cm utk baca doank koq... gak ngebales.. OK.. Terhitung akhir Juli 2012..
Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #2
Re: Pengandaian Lingkar Jakarta (Fiktif Belaka)
26-Jan-2009 08:34 AM

big bro
Edan Spoor


*

Offline

Posts: 3,471
Likes Given: 0
Likes Received: 5 in 6 posts
Joined: Jan 2008
Reputation: 12



kok kayanya mayoritas treat bikinnan railfans satu ini selalu di tambahkan kata PENGANDAIAN ya..... New_bingung
Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #3
Re: Pengandaian Lingkar Jakarta (Fiktif Belaka)
28-Jan-2009 01:16 AM

Illia
Densha no Otaku


*

Offline

Posts: 7,346
Likes Given: 9
Likes Received: 30 in 69 posts
Joined: Oct 2008
Reputation: 44



Hehehe kalau terjadi beneran bagus tuh
hehehehe Big Grin
smoga terealisasi nantinya Tersenyuum

Ketika anda berniat mencari pengetahuan atau ilmu, yang harus anda lakukan adalah membaca, mencari informasi, mendengar diskusi, dan memberi pendapat yang logis. Dan itulah gunanya forum :3.

Apakah Hibernasi bisa menghasilkan ilmu dan informasi? Semua orang pun tau jawabannya...

Hibernasi いみは ねていきます. xda
l
Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #4
Re: Pengandaian Lingkar Jakarta (Fiktif Belaka)
29-Jan-2009 00:24 AM

adhie_ka33
Railway Photographer


*

Offline

Posts: 1,165
Likes Given: 4
Likes Received: 0 in 3 posts
Joined: Jul 2008
Reputation: 1



Rencana Pembuatan Jln Layang Bcak Ayu ( Bkasi-Caman-kaliMalang-kp Melayu) yg terbengkalai, bisa aja di rubah menjadi jalur Rel Layang tp tdk hanya sampe Kp melayu teruskan bisa Ke manggarai..sbg alternatif mengurangi kepadatan Jln kalimalang n Tol Cikampek..disamping itu mengurangi kpadatan Jalur KA yg ada ( bekasi- Jng - Jakk)

[/URL]
Dilarang keras membawa klonengan di Atas kereta api
Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #5
Re: Pengandaian Lingkar Jakarta (Fiktif Belaka)
30-Jan-2009 14:20 PM

ady_mcady
Nusantara


*

Offline

Posts: 2,683
Likes Given: 46
Likes Received: 37 in 47 posts
Joined: Sep 2008
Reputation: 22



adhie_ka33 Wrote:Rencana Pembuatan Jln Layang Bcak Ayu ( Bkasi-Caman-kaliMalang-kp Melayu) yg terbengkalai, bisa aja di rubah menjadi jalur Rel Layang tp tdk hanya sampe Kp melayu teruskan bisa Ke manggarai..sbg alternatif mengurangi kepadatan Jln kalimalang n Tol Cikampek..disamping itu mengurangi kpadatan Jalur KA yg ada ( bekasi- Jng - Jakk)

berani taruhan? paling2 enggak bakalan jadi..... New_nyengir

btw, rel lingkar jakarta sekarang kurang luas lingkarannya. mestinya tangerang-serpong-depok-cibubur-cileungsi-bekasi-priok-bandara-tangerang. New_nunggu

"Knowledge cannot replace friendship. I'd rather be an idiot than lose you..."
( patrick star)
Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #6
Re: Pengandaian Lingkar Jakarta (Fiktif Belaka)
30-Jan-2009 14:28 PM

katyusha
Peron Stasiun UI


*

Offline

Posts: 2,294
Likes Given: 0
Likes Received: 4 in 7 posts
Joined: Aug 2008
Reputation: 1



gile..berapa lama tuh naek kreta lingkaran segede itu...?

~Because Your Smilling Is Our Happiness~
My Railway Photos
Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #7
Re: Pengandaian Lingkar Jakarta (Fiktif Belaka)
30-Jan-2009 14:35 PM

ady_mcady
Nusantara


*

Offline

Posts: 2,683
Likes Given: 46
Likes Received: 37 in 47 posts
Joined: Sep 2008
Reputation: 22



nggak tau. belum dihitung kira2 panjang treknya. tapi ini bagus untuk kedepannya untuk mengatasi masalah transportasi semisal dari depok/bogor ke bekasi, serpong atau tangerang.

"Knowledge cannot replace friendship. I'd rather be an idiot than lose you..."
( patrick star)
Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #8
Re: Pengandaian Lingkar Jakarta (Fiktif Belaka)
30-Jan-2009 17:53 PM

rizhwan
Senja Utama


*

Offline

Posts: 146
Likes Given: 0
Likes Received: 0 in 0 posts
Joined: Dec 2008
Reputation: 0



#apa gak kepanjangan dana tuh??? Big Grin Big Grin Big Grin Big Grin
"

DD5203New_heran
Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #9
Re: Pengandaian Lingkar Jakarta (Fiktif Belaka)
01-Feb-2009 00:09 AM

adhie_ka33
Railway Photographer


*

Offline

Posts: 1,165
Likes Given: 4
Likes Received: 0 in 3 posts
Joined: Jul 2008
Reputation: 1



rizhwan Wrote:#apa gak kepanjangan dana tuh??? Big Grin Big Grin Big Grin Big Grin "
Saya pikir bisa2 aja..memang bukan solusi terbaik, tp paling tdk utk ngurangi kmacetan di dalam kota n mengurangi penghematan juga, krn subsidi bahan bakar bikin berat apbn, apalagi skrg tingkat pecemaran udara akibat asap kendaraan bermotor sangat tinggi di jakarta..rutenya panjang ga jd masalah, tinggal diitung2 aja...yg pasti jauh lebih hemat dibanding dg pemakaian Kendaraan pribadi..asalkan didukung angkutan pdukung lain..[quote="rizhwan"]#apa gak kepanjangan dana tuh???

[/URL]
Dilarang keras membawa klonengan di Atas kereta api
Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #10
Re: Pengandaian Lingkar Jakarta (Fiktif Belaka)
01-Feb-2009 21:04 PM

Dana Komuter
Nusantara


*

Offline

Posts: 2,622
Likes Given: 2
Likes Received: 20 in 30 posts
Joined: Sep 2008
Reputation: 22



big bro Wrote:kok kayanya mayoritas treat bikinnan railfans satu ini selalu di tambahkan kata PENGANDAIAN ya..... New_bingung
Yeh... kalau mau gak pengandaian, coba bayangkan yang gambar 1 saya itu jadi kenyataan... Kalau yang gambar 2 sulit deh pastinya... New_nunggu Hanya butuh kapan waktunya dijalani apabila pak Kahumas Daops 1 Jakarta Akhmad Sujadi menaggapi positif usulan saya ini. Tapi, bagaimana?? Stasiun Manggarai saja masih kayak sekarang...

Semisal dari Bogor cuma beneran sampai Manggarai, terus menyambung ke semisal stasiun Juanda dg sesam KRL Ekonomi AC, apakah efisien perpindahan jalur terjadi bersamaan semisal dengan kedatangan KRL Ekonomi dari arah Jatinegara yang notabene menangkut para penumpang KRL Ekonomi rute Bekasi - Jatinegara? Yang dari Bogor masuk peron st. Mgr semisal di jalur 5, sedangkan yang dari Jng masuk peron st. Mgr jalur 3. Di waktu yang bersamaan mereka keluar stasiun Manggarai berbarengan dan ada juga yang hendak menerusi semisal naik sesama KRL Ekonomi tapi khusus semisal Lingkar Barat Jakarta seperti yang aku harapkan. Wah... Bisa bentrok dan mengganggu aktifitas KA luar kota pastinya.

Kenapa mengganggu KA luar kota? Karena kedatangan KA luar kota dari arah beberapa kota di Jawa identik di waktu pagi hari. Tidak terkecuali keberangkatan yang pagi hari ke beberapa kota di Jawa. Yang dari sepur / peron 5 hendak ke luar st. Mgr, sedangkan yg dari sepur / peron 3 hendak ke peron 6 utk narik Lingkar Barat Jakarta... eh... di jalur 4 ada KA langsir dari Gambir. WAW... Jeng jeng.... Tau sendiri disiplin masyarakat kita...
New_nunggu

Teman2 sekalian... krn kcerobohan aku sendiri, aku memohon utk mundur dr forum ini yah.. Demi ketenangan teman2 skalian akibat ulah aku sendiri... Tp aku dtg cm utk baca doank koq... gak ngebales.. OK.. Terhitung akhir Juli 2012..
Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #11
Re: Pengandaian Lingkar Jakarta (Fiktif Belaka)
02-Feb-2009 08:38 AM

bojonggede_express
Bojonggede Ekspres


*

Offline

Posts: 145
Likes Given: 0
Likes Received: 0 in 0 posts
Joined: Jan 2009
Reputation: 1



fungsi asli dari jalur lingkar jakarta
bukannya untuk ballon loop
pengganti turn table
untuk muter lokomotif???
Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #12
Re: Pengandaian Lingkar Jakarta (Fiktif Belaka)
02-Feb-2009 18:36 PM

adlian_1090
Senja Utama


*

Offline

Posts: 174
Likes Given: 0
Likes Received: 1 in 1 posts
Joined: Jan 2008
Reputation: 0



bojonggede_express Wrote:fungsi asli dari jalur lingkar jakarta
bukannya untuk ballon loop
pengganti turn table
untuk muter lokomotif???

wah gak mungkin banget fungsi aslinya itu..
boros biaya dan tenaga banget kalo ngebuat jalur lingkar segitu panjangya cuma buat muter lok..
y g??

ketika dunia aviasi dan kereta api menyatu di tubuhku New_mawar
Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #13
Re: Pengandaian Lingkar Jakarta (Fiktif Belaka)
06-Feb-2009 16:02 PM

ady_mcady
Nusantara


*

Offline

Posts: 2,683
Likes Given: 46
Likes Received: 37 in 47 posts
Joined: Sep 2008
Reputation: 22



pokoknya saya setuju saja sama pak dana. yang penting kalo transfer antar koridornya dipermudah alias gak usah mbayar lagi kayak busway. syukur2 kalo tiket elektroniknya sudah terwujud. New_nyengir

"Knowledge cannot replace friendship. I'd rather be an idiot than lose you..."
( patrick star)
Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #14
Re: Pengandaian Lingkar Jakarta (Fiktif Belaka)
06-Feb-2009 17:09 PM

bonbon
Tengah² GST - KMT, Seumur hidup rumah nggak jauh dari rel KA


*

Offline

Posts: 2,341
Likes Given: 0
Likes Received: 7 in 12 posts
Joined: Dec 2008
Reputation: 8



Dana Komuter Wrote:
big bro Wrote:kok kayanya mayoritas treat bikinnan railfans satu ini selalu di tambahkan kata PENGANDAIAN ya..... New_bingung
Yeh... kalau mau gak pengandaian, coba bayangkan yang gambar 1 saya itu jadi kenyataan... Kalau yang gambar 2 sulit deh pastinya... New_nunggu Hanya butuh kapan waktunya dijalani apabila pak Kahumas Daops 1 Jakarta Akhmad Sujadi menaggapi positif usulan saya ini. Tapi, bagaimana?? Stasiun Manggarai saja masih kayak sekarang...

Semisal dari Bogor cuma beneran sampai Manggarai, terus menyambung ke semisal stasiun Juanda dg sesam KRL Ekonomi AC, apakah efisien perpindahan jalur terjadi bersamaan semisal dengan kedatangan KRL Ekonomi dari arah Jatinegara yang notabene menangkut para penumpang KRL Ekonomi rute Bekasi - Jatinegara? Yang dari Bogor masuk peron st. Mgr semisal di jalur 5, sedangkan yang dari Jng masuk peron st. Mgr jalur 3. Di waktu yang bersamaan mereka keluar stasiun Manggarai berbarengan dan ada juga yang hendak menerusi semisal naik sesama KRL Ekonomi tapi khusus semisal Lingkar Barat Jakarta seperti yang aku harapkan. Wah... Bisa bentrok dan mengganggu aktifitas KA luar kota pastinya.

Kenapa mengganggu KA luar kota? Karena kedatangan KA luar kota dari arah beberapa kota di Jawa identik di waktu pagi hari. Tidak terkecuali keberangkatan yang pagi hari ke beberapa kota di Jawa. Yang dari sepur / peron 5 hendak ke luar st. Mgr, sedangkan yg dari sepur / peron 3 hendak ke peron 6 utk narik Lingkar Barat Jakarta... eh... di jalur 4 ada KA langsir dari Gambir. WAW... Jeng jeng.... Tau sendiri disiplin masyarakat kita...
New_nunggu

Mungkin lebih baik kalo kedatangan KA luar kota cukup sampai St. Manggarai daripada sampai St. Gambir.

Terdampar di Purwokerto setahun gara-gara proyek fiber optik Jateng ga kelarMarah
Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #15
Re: Pengandaian Lingkar Jakarta (Fiktif Belaka)
16-Feb-2009 13:36 PM

ady_mcady
Nusantara


*

Offline

Posts: 2,683
Likes Given: 46
Likes Received: 37 in 47 posts
Joined: Sep 2008
Reputation: 22



bonbon Wrote:Mungkin lebih baik kalo kedatangan KA luar kota cukup sampai St. Manggarai daripada sampai St. Gambir.

boleh aja, kalo manggarai sudah punya akses jalan arteri kayak merdeka timur, yang lebar dan mudah diakses dari berbagai penjuru kota lewat jalan raya. New_nunggu

dan juga manggarai harus punya land mark tandingannya monas... New_nyengir

"Knowledge cannot replace friendship. I'd rather be an idiot than lose you..."
( patrick star)
Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post Reply 


Possibly Related Threads...
Thread: Author Replies: Views: Last Post
KRL Eco Sekali Lagi Pengandaian, Railbus gantikan Busway di Jakarta bonbon 31 8,363 23-Sep-2012 11:11 AM
Last Post: POERWOKERTO +75M
  pengandaian saja: jika pak SBY railfans raihan 36 10,773 05-Aug-2011 20:38 PM
Last Post: priyanto zig
  seandainya(pengandaian yang tak mungkin) Haidar Murtadho 111 37,146 18-Nov-2009 13:53 PM
Last Post: titotea

Forum Jump:


User(s) browsing this thread: 1 Guest(s)