26-05-2010, 07:53 PM
Enggak juga tuh, kalau bisa ngakalin pakai loko CC 50, jalur datar maupun menanjak tidak masalah. Membuat jalur baru Ambarawa-Secang yg notabene jalur pegunungan bisa menghabiskan uang negara. PT KA mana mau bikin jalur baru hanya untuk tujuan yg sama? Mending jalur wisatanya dipakai terus aja, nanti sekalian relnya di-upgrade dgn bantalan beton dan R-54 plus gerigi bagi lok B 25.
Kalau bisa jalur yg dibangun lagi tu bisa utuh dari Yogyakarta ke Kedungjati, lok yg dipake adl lok uap spt D 52, CC 50, C 20, B 25 atau BB 10. Menarik sekali kereta uap bisa mampir ke Yogya lagi setelah sekian lama hilang dan digantikan oleh lokomotif diesel.
[/quote]
Maksud saya bukan bgt bro, aspek pasar yg sy maksud bkn wisata tp reguler tujuanya penglaju dari semarang ke jogjakarta yg notabene bth kecepatan dan kenyamanan.
Untuk skrg pasar tersebut dipegang oleh bus, kalo misalnya dijalankan kerta menggunakan lok uap dan melewati jalur menanjak sprti itu, pasti bth waktu yg gak sedikit, dari taspatnya saja dah lambat bgt, apa lg hrs ngisi air bwt lok uapnya, kalo dibikin jalur baru mngkn bkl mnghmbat dibangunya jalan tol coz bkl pikir 2 kali kalo pasar mereka udah direbut KA.
Kalo buat wisata ttp sprti itu saja sudah sangat bgs koq
Bgtu maksud saya bro...
Obsesi: Bikin perusahaan KA sendiri