Thread Rating:
  • 1 Vote(s) - 5 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Jalur KA Cikampek - Padalarang VS Jalan Tol Cipularang
#27

Menurut saya, salah satu faktor mendasarnya ada di pernyataan kang Denzuko. Yaitu yang mana yang dipilih pemerintah untuk diprioritaskan pengembangannya? Tetapi, apapun pilihan pemerintah, pasti sudah ada kalkulasi dan perhitungan tersendiri.

Kesimpulannya, moda transportasi kendaraan bermotor, dalam hal ini jalan tol, yang lebih diprioritaskan. Akan tetapi, seandainya PT. KA jeli dalam menyikapi persoalan ini, sebenarnya tidaklah perlu khawatir. Menurut saya, mau dilakukan cara apapun juga sangatlah sulit untuk mempersingkat jarak tempuh Cikampek-Padalarang, kecuali rombak total rel nya, terobos semua bukit dan buat rel lurus berdampingan dengan jalan tol. Kita lihat siapa yang lebih cepat. Tetapi, hal itu kan tidak mungkin dilakukan, terutama dari segi investasi dan biaya.

Oleh sebab itu, mari melihat dari kenyataan yang sudah ada, bahwa memang petak Cikampek-Padalarang situasinya seperti sekarang ini, yaitu kalah cepat dibandingkan dengan jalan tol. Disinilah PT. KA bisa mengambil kesempatan untuk membuat perjalanan kereta api Cikampek-Padalarang menjadi lebih menarik (bukan lebih cepat, karena selama ini kita selalu fokus untuk berusaha lebih cepat) dibandingkan dengan jalan tol Cipularang.

Misalnya:
1. Keamanan. Dengan Kereta Api, meskipun cepat tetapi aman. Untuk jalan tol Cipularang, bila dipacu kendaraan tetap saja memiliki resiko yang lebih tinggi dibandingkan dengan Kereta Api. Jadi Kereta Api memiliki keunggulan dari segi safety nya.

2. Kenyamanan. Mungkin khusus kereta yang melayani Jakarta-Bandung bisa dibuatkan tempat duduk khusus (semua kelas) yang lebih nyaman. Sehingga meskipun berkelok-kelok, tetap merasa nyaman (paling tidak setara dengan kualitas jok mobil). Sementara kalau di jalan tol, meskipun mayoritas lurus, tetapi kontur jalan sangatlah bumpy, alias naik turun. Sekali lagi, Kereta Api memiliki kesempatan untuk unggul di faktor kenyamanan.

3. Keindahan yang dapat dinikmati. Kalau sudah nyaman, sudah pasti keindahan alam di luar sana sangat dapat dinikmati dengan maksimal. Bandingkan bila berkendaraan, kalau umumnya sulit untuk bisa menikmati keindahan panorama alam bumi Priangan.

4. Full Service. Nah, ini dia. Kalau bawa mobil, itu self service. Kalau naik Kereta Api, full diservice. Diladeni, dilayani.Konsisten menerapkan excellent service. Optimalkan ini bagi pengguna jasa kereta api.

Ingat, pertumbuhan jalan tol akan semakin cepat dibandingkan dengan rel kereta. Tetapi tetap saja, masyarakat akan memilih mana yang terbaik bagi selera ataupun kondisi mereka. Pastikan, PT. KA memberikan pilihan yang terbaik untuk dipilih oleh masyarakat.

Saya rasa, masih banyak pengguna jasa travel atau kendaraan pribadi atau bus, yang bukan saja hanya mencari cepat atau lambatnya untuk mencapai Jakarta-Bandung, tetapi banyak yang mencari 4 faktor tadi.

Kalau itu benar-benar dioptimalkan, saya percaya jalur Cikampek-Padalarang tidak akan kalah dengan jalan tol Cipularang.
As the train goes by, the memory remains
Reply


Messages In This Thread
RE: Jalur KA Cikampek - Padalarang VS Jalan Tol Cipularang - by Boy Daniel - 25-06-2010, 10:21 PM

Forum Jump:


Users browsing this thread: 1 Guest(s)