Post Reply 
 
Thread Rating:
  • 50 Votes - 3.34 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5

Jalur KA Cikampek - Padalarang VS Jalan Tol Cipularang (7)

Post: #91
RE: Jalur KA Cikampek - Padalarang VS Jalan Tol Cipularang
19-Sep-2011 13:17 PM


Posts: 4,757
Likes Given: 0
Likes Received: 19 in 33 posts
Joined: Sep 2008



(19-Sep-2011 12:17 PM)Illia Wrote:  Benerin dulu itu pelayanan, baru bisa bersaing dengan alat transportasi lain.
Selama kereta masih kayak sekarang....itu penumpang pada pindah ke alat transport lain yang lebih nyaman dan cepat.
Walau pun itu tol dibilang mistis kek, apa bahaya kek. Tetep aja tuh PO jalan bolak balik situ bawa penumpang.
Yang lebih aneh lagi kalau ada statment "Cipularang Berbahaya". Lah yang salah ini jalan tolnya? apa orang yang ngemudiin?
Lalu pas Ciganea kereta sehari anjlok dua, ga ada tuh yang bilang "ciganea berbahaya"??? wkwkwkwkwkw.

Aneh ya...alhamdulillah sesuatu banget Tongue

"Out of Topic"
Eh, ada Syahrini di semboyan35.com... Selamat datang, Jeng...Sugeng rawuh...






Ngarepin pelayanan kereta api pd masa saat ini...? New_ngakak
Mending tarif jalan tol yg dikenakan pd jalan rel dibuang dl dech...

"Everyone can train..." #sloganoperatorsepoertempodoeloe

Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #92
RE: Jalur KA Cikampek - Padalarang VS Jalan Tol Cipularang
19-Sep-2011 22:25 PM

ady_mcady
Nusantara


*

Offline

Posts: 2,584
Likes Given: 33
Likes Received: 27 in 38 posts
Joined: Sep 2008
Reputation: 22



(14-Sep-2011 17:52 PM)slamtrack Wrote:  apa mendingan bikin investasi besar untuk rel baru semacam shortcut dari purwakarta ke padalarang mungkin bisa mulai dari padalarang isetelah under pas setelah stasiun padalarang ambil terus sisi kiri tol sampai sekitar km 100 kemudian mulai menjauh lurus sampai ke arah purwakarta sehingga dapat memperpendak waktu dan jarak tempuh ka secara signifikan ketimbang lewat purwakarta-ciganea-sukatani-plered-cikadongdong-rendeh-maswati-sasak saat yang terlalu mengambil jarak memutar . dengan demikian pt ka dapat bersaing kembali dengan tol cipularang

mas slam,

saya kasih ilustrasi saja. belanda dulu bikin shortcut cikampek-padalarang adalah untuk menghindari tanjakan terjal di petak tagogapu-cipatat yang sekitar 30 permil. sehingga shortcut baru ini kelak didesain untuk memiliki tanjakan maksimal 25 permil. sehingga lok2 bisa leluasa mendaki pegunungan priangan ini tanpa harus kehabisan napas.

sekarang seandainya dibangun rel disebelah jalan tol. tahukan kita berapa derajat tanjakan tol cipularang yang paling terjal? menurut binamarga, tol cipularang memiliki tanjakan maksimum 5%. berapakah itu kalo dikonversi ke tanjakan permil yang lebih familiar di kereta api? yaitu 50 permil.

logikanya, belanda saja sampai perlu menghindari tanjakan terjal di cipatat yang 30 permil, lalu kita mau bikin rel dengan tanjakan 50 permil?

50 permil itu berarti hampir sama dengan trek ambarawa-bedono yang 60-70 permil, yang harus menggunakan rel gigi. dengan rel bergigi maka kecepatan pun otomatis sangat lamban.

sebenarnya bisa tanjakan 50 permil tanpa rel gigi. tapi lok nya harus super duper kuat. saya tidak tahu apakah ada lok demikian. yang pasti, tanjakan 50 permil itu sudah sangat terjal buat kereta api. beda dengan jalan raya. tanjakan nagrek yang terkenal itu, memiliki kemiringan 16 % atau sekitar 160 permil. dan moda roda karet masih bisa menanjak dengan baik.

"Knowledge cannot replace friendship. I'd rather be an idiot than lose you..."
( patrick star)
Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #93
RE: Jalur KA Cikampek - Padalarang VS Jalan Tol Cipularang
20-Sep-2011 05:55 AM

Gopar new image
Argo Parahyangan


*

Offline

Posts: 1,384
Likes Given: 0
Likes Received: 2 in 3 posts
Joined: Dec 2010
Reputation: 24



Mungkin shortcut yang dimaksud seperti membuat jembata contohnya petak padalarang cilame dari pada memutar lebih baik di luruskan dengan jembatan

My Train Frequent Passanger Card

Visit this user's website Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #94
RE: Jalur KA Cikampek - Padalarang VS Jalan Tol Cipularang
21-Sep-2011 13:07 PM

Ken Aditya
Parahyangan


*

Offline

Posts: 744
Likes Given: 0
Likes Received: 1 in 2 posts
Joined: Apr 2011
Reputation: 5



Terima kasih pencerahannya, membuat shortcut? Pastilah harus memenuhi persyaratan teknis jalan kereta api, melihat bentuk topografi juga. Beda sekali kereta dengan kendaraan beroda karet. Selain tanjakannya juga radius belokan, ketika pembangunan pengganti tol porong, di usulkan rel kereta api berada di sampingnya, hal tersebut ditolak oleh PT. KAI karena radius beloknya, tidak sesuai dengan persyaratan teknis kereta api,lebih tajam untuk kereta api, kira-kira begitu. Saya pernah baca di suatu majalah (lupa namanya), shinkansen untuk tanjakannya saja maksimal 16 permil, sedang tgv 24 permil, tapi informasi ini sudah lama, 12 tahun lalu, mungkin sudah beda, karena mereka selalu mengupgrade teknologinya. Mohon koreksi.
Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #95
RE: Jalur KA Cikampek - Padalarang VS Jalan Tol Cipularang
21-Sep-2011 14:22 PM

ady_mcady
Nusantara


*

Offline

Posts: 2,584
Likes Given: 33
Likes Received: 27 in 38 posts
Joined: Sep 2008
Reputation: 22



sebenarnya masih ada satu lagi opsi untuk optimalisasi jalur jakarta-bandung, yaitu elektrifikasi. menurut saya, setidaknya ada 2 keuntungan bila jalur ini dielektrifkasi:
  • peghematan biaya bbm. kita gunakan saja konversi umum 0.2 liter solar dapat menghasilkan 1 kwh energi listrik (lihat di wiki). jika harga 1 liter hsd + ppn sekitar Rp. 10ribu, maka 0.2 liter hsd harganya Rp. 2000. bandingkan dengan listrik untuk krl yang 1 kwh sekitar Rp 750, maka biaya solar dibanding listrik hampir 3 kali lipatnya.
  • efisiensi listrik daerah pegunungan. dengan teknologi krl yang baru, rem dinamik dapat menghasilkan listrik dan dikembalikan ke catenary untuk digunakan rangkaian yang lain. jadi kompensasi rangkaian krl yang turun menyuplai listrik tambahan untuk krl yang naik.


penghematan dari konsumsi bbm dapat menambah daya saing moda kereta dengan moda darat yang lain yang dapat menurunkan biaya perjalanan penumpang/barang.

kendala yang pasti: perlu biaya yang besar juga untuk elektrifikasi. saya tidak tahu persis berapa kira2 investasi elektrifikasi jalur krl per km nya. barangkali rekan2 ada yang tahu?

tapi meskipun sama2 perlu dana yang besar bila dibandingkan dengan kereta tilt, buat jalur baru, pelurusan trek, opsi elektrifikasi lebih mudah eksekusinya dibanding dengan yang lain. ibaratnya tinggal pasang saja.

"Knowledge cannot replace friendship. I'd rather be an idiot than lose you..."
( patrick star)
Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #96
RE: Jalur KA Cikampek - Padalarang VS Jalan Tol Cipularang
22-Sep-2011 11:37 AM

Ken Aditya
Parahyangan


*

Offline

Posts: 744
Likes Given: 0
Likes Received: 1 in 2 posts
Joined: Apr 2011
Reputation: 5



Elektrifikasi? Lebih ramah lingkungan, ga ada polusi, harus pake pembangkit PLTN, jika masih PLTA sangat tergantung pada debit air, sedang hutan hulu sungai di Jawa, perlahan-lahan mulai hilang.
Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #97
RE: Jalur KA Cikampek - Padalarang VS Jalan Tol Cipularang
22-Sep-2011 12:00 PM

rayka
tawang alun user


*

Offline

Posts: 1,484
Likes Given: 0
Likes Received: 1 in 2 posts
Joined: Apr 2009
Reputation: 13



(22-Sep-2011 11:37 AM)Ken Aditya Wrote:  Elektrifikasi? Lebih ramah lingkungan, ga ada polusi, harus pake pembangkit PLTN, jika masih PLTA sangat tergantung pada debit air, sedang hutan hulu sungai di Jawa, perlahan-lahan mulai hilang.

"Out of Topic"
mohon maaf saya mencoba sedikit memberikan gambaran,
pembangkit di indonesia terutama di jawa tidak hanya PLTA, tapi ada PLTU, sedangkan PLTA hanya untuk beban harian atau beban normal, justru yang menyuplai daya besar sekarang adalah PLTU, yang terbesar PLTU SURALAYA dan PLTU PAITON






|warm up|

Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #98
RE: Jalur KA Cikampek - Padalarang VS Jalan Tol Cipularang
22-Sep-2011 17:45 PM

Gopar new image
Argo Parahyangan


*

Offline

Posts: 1,384
Likes Given: 0
Likes Received: 2 in 3 posts
Joined: Dec 2010
Reputation: 24



"Out of Topic"
Lah sekarang aja PLN masih kekurangan daya listrik New_bethe
liat aja di jabodetabek LAA sering kelebihan beban gara2 PLN cuma bisa ngasih daya terbatas
masa mau bikin Jakarta-Bandung di elektrifikasi proyek pembangkit 10k MWatt aja belom kelar2






My Train Frequent Passanger Card

Visit this user's website Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #99
RE: Jalur KA Cikampek - Padalarang VS Jalan Tol Cipularang
22-Sep-2011 18:15 PM

ady_mcady
Nusantara


*

Offline

Posts: 2,584
Likes Given: 33
Likes Received: 27 in 38 posts
Joined: Sep 2008
Reputation: 22



ya, memang harus diakui infrastruktur listrik kita masih terus berbenah. tapi optimis saja semakin baik. apalagi berita terbaru dimana PLN menerbitkan obligasi global senilai 2milyar dollar (sekitar 20 triliun) untuk belanja modal.

"Knowledge cannot replace friendship. I'd rather be an idiot than lose you..."
( patrick star)
Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #100
RE: Jalur KA Cikampek - Padalarang VS Jalan Tol Cipularang
22-Sep-2011 18:23 PM

Ken Aditya
Parahyangan


*

Offline

Posts: 744
Likes Given: 0
Likes Received: 1 in 2 posts
Joined: Apr 2011
Reputation: 5



Misal berandai-andai dengan modal sebesar itu 20 trilyun, elektrifikasi terutama di armada barat, jalur ini, apa ada kemungkinan terlaksana, kira-kira berapa tahun lagi, 10 tahun lagi?Mohon pencerahannya.
Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #101
RE: Jalur KA Cikampek - Padalarang VS Jalan Tol Cipularang
22-Sep-2011 18:31 PM

ady_mcady
Nusantara


*

Offline

Posts: 2,584
Likes Given: 33
Likes Received: 27 in 38 posts
Joined: Sep 2008
Reputation: 22



maksudnya, yang punya dana 20 triliun itu siapa? pt. kai ? dan dananya untuk jakarta-bandung?

terus terang saya tidak tahu biaya elektrifikasi jalur ka itu berapa per km nya. tetapi kalau duitnya ada dan memang betul2 niat, bisa sja mas dibuat. entah itu pelurusan jalur atau disetrum.

tapi apakah potensial mengeluarkan biaya triliunan untuk jakarta bandung? sebab kebanyakan mereka lebih suka naik mobil pribadi lewat tol. jadi kan nggak lucu, apabila jalur sudah dibuat, tapi yang naik tetap saja seperti sekarang. apalagi kalau pelayananya juga belum berubah.

"Knowledge cannot replace friendship. I'd rather be an idiot than lose you..."
( patrick star)
Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #102
RE: Jalur KA Cikampek - Padalarang VS Jalan Tol Cipularang
22-Sep-2011 18:46 PM

Ken Aditya
Parahyangan


*

Offline

Posts: 744
Likes Given: 0
Likes Received: 1 in 2 posts
Joined: Apr 2011
Reputation: 5



Perlu perencanaan yang holistik dan komprehensif. Jakarta-Bandung, 2 kota terpenting di armada barat. Semoga pembangunan kereta cepat secepat mungkin segera di mulai, sepertinya pembahasan rencananya sudah ada, mungkin di thread lain. Memang harus optimis. Mohon koreksi.
Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #103
RE: Jalur KA Cikampek - Padalarang VS Jalan Tol Cipularang
23-Sep-2011 14:32 PM

Gregoriusparahyangan
BagusRailfans


*

Offline

Posts: 453
Likes Given: 2
Likes Received: 0 in 2 posts
Joined: Apr 2011
Reputation: 6



sulit ya mengembangkan jalur ini.....
serba mahal kayaknya, kalo saya bilang ini tergantung dr niat masing-masing saja

youtube bagusrailfans
I hope my speed as CC 204 03 02 JNG " The Speed maker " and flying high like A340-600
Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #104
RE: Jalur KA Cikampek - Padalarang VS Jalan Tol Cipularang
23-Sep-2011 16:14 PM

Ken Aditya
Parahyangan


*

Offline

Posts: 744
Likes Given: 0
Likes Received: 1 in 2 posts
Joined: Apr 2011
Reputation: 5



Niat untuk memberikan terbaik,memang daerah ini perlu pelayanan moda transportasi dengan teknologi canggih terkait perkembangan aktivitasnya, di banding daerah di Indonesia lain, Jakarta-Bandung sepertinya sudah menjadi kesatuan, daerah Jawa Barat 2/3 pegunungan jika dilihat dalam peta, jadi suatu tantangan, dan masih ada faktor masih banyak lagi (ga tau apa saja, hee..), mohon koreksi.
Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #105
RE: Jalur KA Cikampek - Padalarang VS Jalan Tol Cipularang
23-Sep-2011 17:23 PM

Dana Komuter
Nusantara


*

Offline

Posts: 2,576
Likes Given: 2
Likes Received: 14 in 24 posts
Joined: Sep 2008
Reputation: 22



(22-Apr-2010 16:24 PM)JaY Wrote:  Ini yang ane maksud !!
Kalau jalur Cikampek-Purwakarta sudah mantap cuma yang jadi
masalah adalah jalur Purwakarta - Padalarang, Mengapa jalur ini tidak dibuat
lurus saja atau berseberangan dengan jalur tol Cipularang ?
Aneh mah orang-orang jaman sekarang, kalau begini sudah jelas jalan tol
memang tiada duanya, coba kalau jalan tol dibuat lengkung-lengkung seperti jalur kereta
Purwakarta-Padalarang ! Mabok!
Kalau nggak salah jalan Padalarang-Purwakarta sekitar 40 km tapi dengan kereta ditempuh hampir
satu setengah jam sedangkan dengan mobil hanya 20 menit. Kalau sudah begini ya mau bagimana lagi,
kita nggak bisa menyalahkan siapapun. Selama ini pemerintah hanya sekadar wacana-wacana konyol yang tak pernah terealisasi sekalipun.
Justru kalau aku kerja di PT. KA tentu akan tetap mempertahankan relnya yg berkelok - kelok. Sebab pemandangan alam Bumi Parahyangan-lah yang menjadi daya tarik pengunjung dalam hal ini para turis khususnya orang - orang bule yg gemar memotret. Kalau semua dilurusin meski dibuat berton - ton jembatan KA yang baru, maka akan merusak daya tarik pr turis. Biarkan saja buat aku pribadi yg merasa betah di mobil yah di mobil... yg betah di bus yah di bus... Itu pun kalau mereka tetep mau cari kepraktisannya semata...

Terus... permasalahan sulitnya mengejar waktu tempuh antara pinggiran Jakarta dengan stasiun Gambir, nampaknya skr sudah tersolusikan semenjak Commuter Line diluncurkan. Semua KRL AC berhenti di tiap stasiun, termasuk Gambir. Jadi, tinggal sosialisasinya saja yang mana setidaknya PT. KCJ juga bekerjasama dg PT. KA utk memberitahu jam brapa aja dan dg KRL AC apa aja yg bisa dinaikin untuk menjangkau rangkaian KA Argo Parahyangan yg stand by di Gambir, Begitu pun saat di st,. Bandung dg pemberitahuan prkatisnya naik Gopar yg jam brapa aja utk bisa ngejangkau KRL AC dr Gambir.

Teman2 sekalian... krn kcerobohan aku sendiri, aku memohon utk mundur dr forum ini yah.. Demi ketenangan teman2 skalian akibat ulah aku sendiri... Tp aku dtg cm utk baca doank koq... gak ngebales.. OK.. Terhitung akhir Juli 2012..
Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post Reply 


Possibly Related Threads...
Thread: Author Replies: Views: Last Post
  setalah BOO-SI kini padalarang-cicalengka???? big bro 33 8,191 09-Jul-2009 11:33 AM
Last Post: Ray
  Seandainya ke Bandung Via Cikarang - Padalarang Langsung bonbon 10 4,042 27-Apr-2009 09:21 AM
Last Post: Guest

Forum Jump:


User(s) browsing this thread: 1 Guest(s)