10-03-2013, 07:36 PM
Bagaimana kalo angan2 K1 Malabar ini, rangkaiannya dicampur sama Golis? jadi stamformasinya 4K1+MP+B. Di pagi hari, si Golis SB-BD brkt sekitar 6.00-6.15, sampe BD ga malem2 langsung balik jadi kereta malem Malabar K1 BD-ML. Artinya, di pagi hari kereta yg ada di ML cuma ngendon (atau jadi Penataran ML-SB-ML kalo mau) dan di malam hari rangkaian Golis di SB cuma tidur #idegila
[/quote]
Wah bro CC 20123,gak mungkin juga lah kalo GoLis SB - BD langsung jadi Malabar full ekse BD - ML. Jaraknya GoLis aja udah jauh amat,apalagi ini ke ML. Padahal kan GoLis seenggaknya butuh istirahat sekitar diatas 3 jam buat istirahatin bogie,ganti K1 ato M1 ato P nya. Dan juga sistem rotasi KA GoLis jadi kacau kalo esok paginya dia g ada di BD nya karena keterbatasan K1 di Daop 2 BD. Apalagi BD hanya punya 2 MP1 yg biasanya justru dipake KA eksis macam Malabar Eksismi ato Lodaya ama Mutsel.
Kalo menurut ane,mendingan sih gak perlu ada Malabar full ekse. Yg ada tar malah jadi musuh dalam selimut alias Malabar ekse ini bakal bunuh GoLis,Mutsel,Turangga bahkan Malabar yg Eksis itu sendiri. Dirut kan punya pertimbangan kenapa Malabar ini dibikin gado gado rangkaiannya. Agar bisa memenuhi permintaan konsumen akan adanya KA yg dr BD ke ML tapi semua kelas ada. Dan juga bisa ngerangkap parcel selatan,karena bawa 2 B. Kalo emang mau cepet,betul saran ama yg pernah ngomen di sini (gw lupa cuman),naik travel ato apa aja yg penting ke Surabaya. Bisa tuh milih GoLis ato Turangga. Atau gak manjangin rangkaiannya aja sih kalo ide gw
[/quote]
Buset, itu si namanya ngerusak barang, bukan ngasi pilihan yg nyaman donk, mana ga sedikit RF yg bilang kalo boggie nya wilis nilai kualitasnya paling parah dibanding argo & satwa laennya, klo dibuat begitu lagi bneran protol tu boggie
Daripada bikin begitu si mending sala 1 KA antara turangga ato wilis digeser relasinya aja jd ke ML, sementara malabar jd bisek ttp pake slot skarang ini, & buat nampung penumpang yg mank tujuannya ke SB, 2-3 K1 yg skarang nempel di malabar diambil aja dipasang ke mutsel.
Toh sepanjang BD-NJ penumpang turangga yg skarang jg uda banyak yg turun kan, ga sampe 50% yg bner2 turun di JG, MR, WO, SGU & SB, dg bgitu penumpang masi bisa milih sama kayak skarang ini, klo ga dapet yg 1 masi ada laennya sbg alternatif
Inspirasi gw omong bgini karna CC-201-23 yg bilang rotasiin malabar ma wilis bergiliran & hubungan timbal balik antara pasundan, kahuripan & sawunggalih selatan yg notabene perbedaan rutenya ga begitu drastis kalo bisa dibilang.
Ini si seolah jd jembatan keledai aja dibalik pertanyaan soal rangkean & sejenisnya.
Kalo gw si ttp masi setuju kalo ada pemisahan 1 dari 3 kelas angkutan penumpang dr malabar, terutama K1 nya, kenapa?
Karna liat cara operator yg uda murni bisnis (cari keuntungan sebanyak mungkin secepet mungkin), sementara penumpang pun gw rasa sampe skarang masih ttp banyak, ato malah mungkin tambah banyak dr antara mreka yg mengharapkan perjalanan dg jaminan kenyamanan yg lebi tinggi.
Dikasus ini lebi ditekankan sering lolosnya penumpang K3 di KA ini ke K2, gw bukan orang yg uda berkali kali pake KA ini ato apal karakter penumpang dipetak yg dilewatin KA ini, tp scara general aja yg biasa penumpang bereaksi ga enak adl saat dia masuk dlm rangkean menemukan seatnya uda diduduki orang laen & stelah ditanya itu orang seatnya ketauan dia tempatnya di kereta yg kelasnya dibawah yg dia nyasar itu scara sengaja atopun ga, pasti penumpang asli seat itu sdikit banyaknya merasa terganggu & gw yakin logisnya reaksi yg sperti itu ga cuma terjadi di 1 tempat tertentu aja, tp terjadi disemua tempat & penumpang skarang ga sdikit yg masi kekeuh nyari jaminan itu (enggan berbaur dg klas dibawahnya, apalagi harus meminta orang pindah dr seat yg aslinya punya dia, seolah ngusir)
Terlebih di KA ini antara K2 ma K3 nya ga ada yg mbatesi bner2 kan & pasti paling ngga nya ad aja penumpang K3 yg memanfaatkan seat di K2 yg blom terisi penuh sampe 1 sta buat iseng pindah (berharap dpt kenyamanan lebih dr yg dia bayar smentara sbenernya uda jd hak orang laen)
Kalo K1nya dipisah sendiri dibuat jd full 1 rangkean, otomatis gap berupa KMP/MP yg menjaga antar kelas dirangkean biseknya jd ada, itu menambah sdikitnya kenyamanan penumpang yg jg sesuai ma cara2 yg disebut peningkatan pelayanan ala nya operator blakangan ini.
Kan tujuan dipisahkannya salah 1 klas di KA ini bukan bicara keefisienan pilihan bagi penumpang dlm 1 rangken (karna biasanya itu dilakuin perusahaan terlebih angkutan/jasa cuma disaat pengenalan awal produk & pengujian diminati penumpang ga nya produk itu) tp uda lebi ke tujuan untuk meningkatkan daya angkut untuk meraup penumpang lebi banyak lg (more passenger=more money)
[/quote][/spoiler]
Kalo gini, mending salah satu B ditempatkan antara K3 dan K2 (meskipun itu berarti KP harus ngelewati kardus2, dan prama ga bisa menawarkan makanan ke pax K3 (dengan kata lain, kalo pax K3 mau ke kereta makan, harus ngelewati tumpukan kardus lagi )
[/quote]
Itu mah makin susa donk buat semuanya :v
Bukan cuma mempersulit crew buat berdinas, tp jg bakal menimbulkan masalah baru di bagian angkutan donk, skalipun B itu dijaga sama orang expedisinya, tp ga smua bisa terawasi kalo B nya lg penuh & ga menutup kemungkinan paket2 yg kecil jd inceran tangan ga bertanggung jawab.
Lebi gampangan nempatin 1 PKD ato crew yg spanjang perjalanan harus ttp ada diantara K2 & K3 buat jaga gawang.
Tp yg gw maksud urgency nya K1 malabar better dioperasikan scara terpisah slaen meningkatkan jamainan kenyamanan dimasing2 kelas ato KA, ada urgency jg soal pemenuhan demand soal waktu tempuh yg dibutuhkan penumpang.
Karna keperluan penumpang K1 pada umumnya pasti nyari angkutan yg semakin cepet semakin baik bagi mreka dibalik ada fanatisme jg yg bagi penumpang itu mampu bayar mahal tp ga mau pake motor terbang kalo ga terpaksa, melainkan ttp memilih K1 sbg harga mutlak krn mreka pikir & butuh bahwa K1 itu lebi cepet
Gw masi merasa waktu tempuh ini KA bisa dipangkas sdikit lagi cuma dg kondisi kalo dia punya kasta yg tinggi, disamping DTin jalur.
[/quote]
Wah bro CC 20123,gak mungkin juga lah kalo GoLis SB - BD langsung jadi Malabar full ekse BD - ML. Jaraknya GoLis aja udah jauh amat,apalagi ini ke ML. Padahal kan GoLis seenggaknya butuh istirahat sekitar diatas 3 jam buat istirahatin bogie,ganti K1 ato M1 ato P nya. Dan juga sistem rotasi KA GoLis jadi kacau kalo esok paginya dia g ada di BD nya karena keterbatasan K1 di Daop 2 BD. Apalagi BD hanya punya 2 MP1 yg biasanya justru dipake KA eksis macam Malabar Eksismi ato Lodaya ama Mutsel.
Kalo menurut ane,mendingan sih gak perlu ada Malabar full ekse. Yg ada tar malah jadi musuh dalam selimut alias Malabar ekse ini bakal bunuh GoLis,Mutsel,Turangga bahkan Malabar yg Eksis itu sendiri. Dirut kan punya pertimbangan kenapa Malabar ini dibikin gado gado rangkaiannya. Agar bisa memenuhi permintaan konsumen akan adanya KA yg dr BD ke ML tapi semua kelas ada. Dan juga bisa ngerangkap parcel selatan,karena bawa 2 B. Kalo emang mau cepet,betul saran ama yg pernah ngomen di sini (gw lupa cuman),naik travel ato apa aja yg penting ke Surabaya. Bisa tuh milih GoLis ato Turangga. Atau gak manjangin rangkaiannya aja sih kalo ide gw
[/quote]
Buset, itu si namanya ngerusak barang, bukan ngasi pilihan yg nyaman donk, mana ga sedikit RF yg bilang kalo boggie nya wilis nilai kualitasnya paling parah dibanding argo & satwa laennya, klo dibuat begitu lagi bneran protol tu boggie
Daripada bikin begitu si mending sala 1 KA antara turangga ato wilis digeser relasinya aja jd ke ML, sementara malabar jd bisek ttp pake slot skarang ini, & buat nampung penumpang yg mank tujuannya ke SB, 2-3 K1 yg skarang nempel di malabar diambil aja dipasang ke mutsel.
Toh sepanjang BD-NJ penumpang turangga yg skarang jg uda banyak yg turun kan, ga sampe 50% yg bner2 turun di JG, MR, WO, SGU & SB, dg bgitu penumpang masi bisa milih sama kayak skarang ini, klo ga dapet yg 1 masi ada laennya sbg alternatif
Inspirasi gw omong bgini karna CC-201-23 yg bilang rotasiin malabar ma wilis bergiliran & hubungan timbal balik antara pasundan, kahuripan & sawunggalih selatan yg notabene perbedaan rutenya ga begitu drastis kalo bisa dibilang.
Ini si seolah jd jembatan keledai aja dibalik pertanyaan soal rangkean & sejenisnya.
Kalo gw si ttp masi setuju kalo ada pemisahan 1 dari 3 kelas angkutan penumpang dr malabar, terutama K1 nya, kenapa?
Karna liat cara operator yg uda murni bisnis (cari keuntungan sebanyak mungkin secepet mungkin), sementara penumpang pun gw rasa sampe skarang masih ttp banyak, ato malah mungkin tambah banyak dr antara mreka yg mengharapkan perjalanan dg jaminan kenyamanan yg lebi tinggi.
Dikasus ini lebi ditekankan sering lolosnya penumpang K3 di KA ini ke K2, gw bukan orang yg uda berkali kali pake KA ini ato apal karakter penumpang dipetak yg dilewatin KA ini, tp scara general aja yg biasa penumpang bereaksi ga enak adl saat dia masuk dlm rangkean menemukan seatnya uda diduduki orang laen & stelah ditanya itu orang seatnya ketauan dia tempatnya di kereta yg kelasnya dibawah yg dia nyasar itu scara sengaja atopun ga, pasti penumpang asli seat itu sdikit banyaknya merasa terganggu & gw yakin logisnya reaksi yg sperti itu ga cuma terjadi di 1 tempat tertentu aja, tp terjadi disemua tempat & penumpang skarang ga sdikit yg masi kekeuh nyari jaminan itu (enggan berbaur dg klas dibawahnya, apalagi harus meminta orang pindah dr seat yg aslinya punya dia, seolah ngusir)
Terlebih di KA ini antara K2 ma K3 nya ga ada yg mbatesi bner2 kan & pasti paling ngga nya ad aja penumpang K3 yg memanfaatkan seat di K2 yg blom terisi penuh sampe 1 sta buat iseng pindah (berharap dpt kenyamanan lebih dr yg dia bayar smentara sbenernya uda jd hak orang laen)
Kalo K1nya dipisah sendiri dibuat jd full 1 rangkean, otomatis gap berupa KMP/MP yg menjaga antar kelas dirangkean biseknya jd ada, itu menambah sdikitnya kenyamanan penumpang yg jg sesuai ma cara2 yg disebut peningkatan pelayanan ala nya operator blakangan ini.
Kan tujuan dipisahkannya salah 1 klas di KA ini bukan bicara keefisienan pilihan bagi penumpang dlm 1 rangken (karna biasanya itu dilakuin perusahaan terlebih angkutan/jasa cuma disaat pengenalan awal produk & pengujian diminati penumpang ga nya produk itu) tp uda lebi ke tujuan untuk meningkatkan daya angkut untuk meraup penumpang lebi banyak lg (more passenger=more money)
[/quote][/spoiler]
Kalo gini, mending salah satu B ditempatkan antara K3 dan K2 (meskipun itu berarti KP harus ngelewati kardus2, dan prama ga bisa menawarkan makanan ke pax K3 (dengan kata lain, kalo pax K3 mau ke kereta makan, harus ngelewati tumpukan kardus lagi )
[/quote]
Itu mah makin susa donk buat semuanya :v
Bukan cuma mempersulit crew buat berdinas, tp jg bakal menimbulkan masalah baru di bagian angkutan donk, skalipun B itu dijaga sama orang expedisinya, tp ga smua bisa terawasi kalo B nya lg penuh & ga menutup kemungkinan paket2 yg kecil jd inceran tangan ga bertanggung jawab.
Lebi gampangan nempatin 1 PKD ato crew yg spanjang perjalanan harus ttp ada diantara K2 & K3 buat jaga gawang.
Tp yg gw maksud urgency nya K1 malabar better dioperasikan scara terpisah slaen meningkatkan jamainan kenyamanan dimasing2 kelas ato KA, ada urgency jg soal pemenuhan demand soal waktu tempuh yg dibutuhkan penumpang.
Karna keperluan penumpang K1 pada umumnya pasti nyari angkutan yg semakin cepet semakin baik bagi mreka dibalik ada fanatisme jg yg bagi penumpang itu mampu bayar mahal tp ga mau pake motor terbang kalo ga terpaksa, melainkan ttp memilih K1 sbg harga mutlak krn mreka pikir & butuh bahwa K1 itu lebi cepet
Gw masi merasa waktu tempuh ini KA bisa dipangkas sdikit lagi cuma dg kondisi kalo dia punya kasta yg tinggi, disamping DTin jalur.