Thread Rating:
  • 1 Vote(s) - 3 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
All About KA MALABAR [Sejarah, Diskusi]
Laporan perjalanan saya dengan KA Malabar 29/06/2010.
(Mohon maaf sebelumnya, saya baru bisa ngepost hari ini gara2 kemarin kecapekan, maklum datangnya pukul 15.30, terus kalau TR saya kurang mendetail dan tanpa foto saya minta maaf lagi, soalnya saya kurang melihat jam + tidak punya kamera.Sedih).

[spoiler]
Quote:Perjalanan saya dengan KA Malabar yg awalnya saya harapkan baik2 saja, ternyata berubah jadi sesuatu yg lain gara2 PLH Logawa terguling di Saradan kurang lebih beberapa ja sebelum KA Malabar berangkat.

Saya berangkat dari Sidoarjo dg KA Penataran jam 1/2 12-an, dan tiba di ML pukul 13.40. Sambil menunggu KA Malabar berangkat, saya menyempatkan diri untuk makan siang & shalat dulu. (biar tenang di jalan) Kurang lebih pukul 14.00 Matarmaja dilangsir ke jalur 1. Baisanya, Matarmaja berangkat pukul 15.00, tetapi setelah 1/4 jam menungu koq belum berangkat2? Ketika saya iseng2 ke depan ruang PPKA, saya mendengar bisik2 dari dalam kalo ada gangguan di jalur selatan (baca: PLH Logawa di Saradan). Ternyata, diumumkan bahwa perjalanan KA Matarmaja, Malabar, dan Gajayana dialihkan lewat Surabaya, melewati Lamongan, Babat, Bojonegoro, Cepu, Gambringan, Gundih, dan Solo Balapan. (kecuali Matarmaja, kalo gak salah langsung ke SMC) Akhirnya, Matarmaja berangkat pukul 15.50, disusul Malabar pukul 16.10. (Saya duduk di K2-2 nomor 2C)

Karena perjalanan dialihkan, otomatis beberapa stasiun harus singgah dulu, seperti Lawang, Bangil, Sidoarjo, Wonokromo, Surabaya Gubeng, Sidotopo, Surabaya Pasarturi, Lamongan, Babat, Bojonegoro, Cepu, Gambringan, Gundih, baru normal kembali setelah masuk Solo Balapan. Akibat dari berhenti dulu di stasiun yg saya sebutkan tadi, walhasil perjalan ML-SGU butuh 2 jam 40 menit (biasanya 2 1/2 jam kurang udah sampai). Kereta tertahan selama 2 jam 5 menit buat nunggu jalur kosong di SDT. (sebenarnya sih rada kesel juga, masa' cuman nunggu kosong aja butuh 2 jam 5 menit.Red Bull) Malabar masuk di jalur 6 SGU pukul 18.50-an. Di jalur 4 ada Sri Tanjung BW-LPN (berangkat pukul 19.20-an), jalur 5 ada Matarmaja ML-PSE (berangkat pukul 19.45-an). Kurang lebih 10 menit setalah Matarmaja berangkat ke SDT, Gajayana masuk jalur 5. Karena harus menunggu 1 jam lagi untuk berangkat, akhirnya Malabar & Gajayana masih standing di SGU dari pukul 19.55 hingga 20.55. Akhirnya, setelah 1 jam bersama, Malabar berangkat lebih dulu ke SDT pukul 20.55

Perjalanan dari SGU-SDT memakan waktu hampir 15 menit karena melewati gang2 sempit di sekitar SDT, padahal jalurnya udah diupgrade ke bantalan beton (sebelumnya kayu). Proses langsir dan menunggu KA Sri Tanjung BW-LPN masuk SBI memakan waktu sekitar 20 menit. Sebelum KA ini berangkat ke SBI, lagi2 ketemu Gajayana yg baru tiba di SDT. Sambil menunggu berangkat, saya sempatkan shalat Maghrib dan Isya' dijamak dulu. Pukul 21.30-an, Malabar menuju SBI dengan perjalan kurang lebih 10 menit.

Di SBI, kereta masih menunggu 10 menit untuk diberangkatkan sehingga dia baru bisa diberangkatkan pukul 21.50-an. Sebelum berangkat, saya melihat rangkaian ABA pagi yg baru selesai dinas dari MRI ada di jalur 2, sementara Malabar di jalur 3. Setelah kereta lepas SBI, perjalanan dilanjutkan dengan kecepatan layaknya kereta lintas SBI-SMC, yaitu hampir 100 km/h. Setelah lepas Duduk, saya pun ketiduran, tahu2 ketika bangun pukul 01.10 kereta berangkat Cepu (CU). Saya pun tidur lagi, dan sekitar jam 2 atau 1/2 3-an KA berada di Gambringan (ketika itu saya bangun sebentar, dan sebelum kereta berangkat saya tidur lagi). Ketika saya bangun sekitar 1/2 4, ni KA udah masuk Gundih (ketahuan karena pake sinyal elektrik). Setelah KA ini berangkat, kereta berhenti di Salem karena nunggu kereta masuk Kalioso (katanya). Ternyata, di Sta. Salem udah ditunggu Bima dari GMR yg juga jadi korban pengalihan jalur. Selama kereta berhenti, saya sempatkan shalat Subuh dulu. Setelah 15 menit berhenti, kereta berangkat lagi. Di Kalioso, lagi2 kereta berhenti. Di jalur 3, Mutsel dari BD udah nunggu dari tadi, dan berangkat setelah Malabar dateng. Kereta tertahan 20 menit karena nunggu bersilang dengan Turangga dari BD. 5 menit sebelum Turangga berjalan langsung di jalur 1, Gajayana masuk di jalur 3, dan lagi2 ketemu! Akhirnya, Malabar diberangkatkan lebih dulu menuju SLO. Akhirnya, pukul 5.40-an, kereta tiba di SLO setelah sekian lama diputer2 ke jalur utara.

Kereta masuk jalur 1 SLO, di sini aktivitas turun-naik penumpang tidak begitu ramai, mungkin karena banyak yg membatalkan perjalanannya, terbukti dari sebelumnya banyak kursi yang masih kosong, sampai SLO masih tidak banyak berubah. Kereta berangkat jam 6 pas, sebelum berangkat lagi2 (dan gak bosen2), ketemu Gajayana di jalur 3!

Antara SLO-YK, kereta hanya berhenti di Klaten (KT) sebentar karena sesuai dengan GAPEKA, setelah itu kereta berangkat menuju YK.

55 menit kemudian (dari SLO), kereta tiba di YK masuk jalur 4. Di jalur 2 udah ada Sancaka II yang akan menuju SGU. Dan 10 menit setelah Malabar datang (pukul 07.05), Gajayana masuk jalur 3 YK, dan di sinilah Malabar disusul Gajayana. (wajar kalo disusul, kalo Gajayana harus ngekor di belakang Malabar ntar kasihan dong Gajayana, bakalan tambah parah telatnya) Setelah Gajayana berangkat pukul 07.10, 5 menit kemudian Sancaka II berangkat menuju SGU, dan pukul 07.20 Malabar meninggalkan YK.

Kereta hanya berhenti di Wates karena sesuai GAPEKAnya pada jalur YK-KTA. Setelah 50 menit meninggalkan YK, Malabar akhirnya masuk jalur 2 stasiun KTA, soalnya jalur 1 ada feeder Purworejo dan jalur 4 ada KRD Prameks ke SLO. Kereta nunggu selama 15 menit karena di depan ada Gajayana. Akhirnya, kereta berangkat KTA pukul 08.25-an, disusul Kutojaya Selatan 10 menit kemudian.

Selama KTA-KYA, kereta hanya berhenti di Prembun (silang dengan KA Logawa dari PWT), Kutowinangun (GAPEKA), Kebumen (GAPEKA), Gombong (GAPEKA), Ijo (gak tau kenapa), Sumpiuh (gak tau kenapa), Kemranjen (sama juga gak tau), dan akhirnya masuk KYA jam 1/2 10 lebih dengan berjalan langsung di KYA. Kereta terus berjalan langsung di tiap stasiun (di Jeruklegi berhenti sebentar) hingga Sidareja, dimana kereta ini menunggu bersilang dengan Argo Wilis dari BD. Setelah bersilang, kereta melanjutkan perjalanan ke BJR (Banjar). Di Cipari, kereta bersilang dengan Pasundan, dimana Malabar Ls di Cipari. Kereta tiba di Banjar pukul 11.40-an ditunggu KA Lodaya BD-SLO yang menungu dari beberapa menit sebelumnya.

Kereta berhenti di Banjar hanya 10 menit, setelah itu berangkat lagi menuju Tasikmalaya. Malabar tidak berhenti di Ciamis karena tidak ada di GAPEKA. Lepas Ciamis, kita akan disambut dengan pemandangan sekitar jembatan Cirahong yang sangat eksotik dan terkenal itu. (jarang2 loh KA Malabar lewat Cirahong siang2, biasanya subuh2 udah nyampe Cirahong, pas masih gelap lagi. Sayang tidak ada kamera, jadi gak punya putuna.Sedih) Malabar pun berhenti di Tasikmalaya 45 menit kemudian.

Kereta berhenti selama kurang lebih 5 menit sebelum berangkat menuju BD. Setelah berangkat meninggalkan Tasikmalaya, saya pun segera ambil wudu, terus shalat dulu, biar enak melihat pemandangan Ciawi-Cipeundeuynya. Perjalanan Tasik-Cipeundeuy memakan waktu kurang lebih 45 menit sebelum akhirnya tiba di Cipeundeuy.

Cipeundeuy merupakan stasiun untuk cek fisik kereta lintas Priangan Timur, jadi Malabar pasti juga akan cek fisik di situ. Cek fisik kereta memakan waktu kurang lebih 10 menit sebelum diberangkatkan kembali. Kereta berjalan langsung hingga KAC dan hanya sekali bersilang dengan Serayu, itupun Malabar Ls. Sebenarnya, spot antara Ciawi-Cicalengka begitu indah dan sayang kalo dilewatkan, cuman gara2 gak ada kamera, jadi tidak ada satupun arsip2 mengenai spot jalur ini.Sedih Dan di KAC, kereta berhenti untuk menurunkan penumpang. Kereta melanjutkan perjalanan hingga akhirnya tiba di tujuannya, BD! Malabar tiba di BD pukul 15.30 dan ditunggu penumpang Malabar dari BD. Sampai2 announcer mengumumkan permohonan maafnya kepada penumpang Malabar di sta. BD. Akhirnya, perjalanan 24 jam dengan KA Malabar yang melelahkan itu berakhir. Sampai jumpa di perjalanan berikutnya.Bye Bye
[/spoiler]


(Catatan: sebenarnya postingan ini dibuat tangal 01 Juli 2010, tetapi baru selesai hari ini 02 Juli 2010, saya bahkan merelakan waktu untuk begadang menyelesaikan TR ini).

mangtabz tu d KRS moment langka, pasti siang bolong
d tunggu uploadnya kang
Xie Xie
[/quote]

Jangan2 klo yang di siang bolong itu KA Malabar yang saya naikin.Xie Xie
Buah dari perjuangan adalah kebahagiaan
Semakin keras kita berjuang bagi hidup kita, semakin manis pula buahnya
Semakin santai perjuangan kita, semakin pahit pula buahnya


Reply


Messages In This Thread
Malabar dgn kelas uniknya - by Aliph Gajayana - 17-04-2010, 11:46 AM
RE: New KA MALABAR, Malang - Bandung Raya - by GusEva - 30-04-2010, 08:24 AM
RE: New KA MALABAR, Malang - Bandung Raya - by budiono_tri - 01-05-2010, 08:49 PM
RE: New KA MALABAR, Malang - Bandung Raya - by banggenjotbang - 27-05-2010, 04:32 PM
RE: New KA MALABAR, Malang - Bandung Raya - by stasiunkastephanie - 02-07-2010, 12:59 AM
RE: New KA MALABAR, Malang - Bandung Raya - by iqbal chen - 17-04-2011, 01:45 PM
All about ka argo jati - by muhammad bilal - 22-05-2011, 12:48 PM
RE: All about ka argo jati - by d'tRAiNeR - 22-05-2011, 12:57 PM
Rencana PTKA Nonaktifkan K2 - by ArvendoGTASA - 22-05-2011, 08:35 PM
All about ka malabar - by muhammad bilal - 22-05-2011, 08:39 PM
RE: All about ka malabar - by gilang pratama - 23-05-2011, 12:23 AM
RE: All about ka malabar - by muhammad bilal - 23-05-2011, 07:34 AM
RE: All about ka malabar - by gilang pratama - 23-05-2011, 04:50 PM
New ka malabar - by muhammad bilal - 23-05-2011, 07:27 PM
Satu KA, Dua Nama.. - by ArvendoGTASA - 10-08-2011, 02:27 PM
Malabar - by Billy Dancing - 07-11-2011, 02:49 PM
RE: Malabar - by Smidi_cahbagus - 07-11-2011, 05:34 PM
RE: Malabar - by d'tRAiNeR - 07-11-2011, 06:00 PM
RE: Malabar - by Smidi_cahbagus - 07-11-2011, 06:02 PM
RE: Malabar - by d'tRAiNeR - 07-11-2011, 06:11 PM
RE: Malabar - by Smidi_cahbagus - 07-11-2011, 06:33 PM
Malabar - by Billy Dancing - 07-11-2011, 07:39 PM
RE: Malabar - by suhari.primo - 08-11-2011, 02:30 PM
RE: Malabar - by d'tRAiNeR - 08-11-2011, 02:51 PM
RE: Malabar - by love_alisa - 08-11-2011, 05:28 PM
RE: Malabar - by Warteg - 08-11-2011, 05:32 PM
MALABAR PERDANA ML-BD 30April2010 - by wilapri - 30-04-2010, 07:02 PM
RE: MALABAR PERDANA ML-BD 30April2010 - by heroex - 30-04-2010, 09:09 PM
RE: MALABAR PERDANA ML-BD 30April2010 - by acka21 - 30-04-2010, 09:15 PM
RE: MALABAR PERDANA ML-BD 30April2010 - by ajuy - 30-04-2010, 09:17 PM
RE: MALABAR PERDANA ML-BD 30April2010 - by acka21 - 30-04-2010, 09:42 PM
RE: MALABAR PERDANA ML-BD 30April2010 - by acka21 - 01-05-2010, 12:29 AM
RE: MALABAR PERDANA ML-BD 30April2010 - by syauqi - 01-05-2010, 10:54 AM
RE: MALABAR PERDANA ML-BD 30April2010 - by rayka - 03-05-2010, 10:51 AM
RE: MALABAR PERDANA ML-BD 30April2010 - by Agung - 03-05-2010, 02:38 PM
RE: MALABAR PERDANA ML-BD 30April2010 - by g10d - 03-05-2010, 02:57 PM
RE: MALABAR PERDANA ML-BD 30April2010 - by Agung - 03-05-2010, 03:07 PM
RE: MALABAR PERDANA ML-BD 30April2010 - by g10d - 03-05-2010, 03:10 PM
RE: MALABAR PERDANA ML-BD 30April2010 - by g10d - 04-05-2010, 12:15 PM
RE: MALABAR PERDANA ML-BD 30April2010 - by Warteg - 04-05-2010, 07:51 PM
RE: MALABAR PERDANA ML-BD 30April2010 - by g10d - 05-05-2010, 10:39 AM
RE: MALABAR PERDANA ML-BD 30April2010 - by Agung - 05-05-2010, 02:05 PM
RE: MALABAR PERDANA ML-BD 30April2010 - by Agung - 06-05-2010, 12:43 AM
RE: MALABAR PERDANA ML-BD 30April2010 - by Adolph - 06-05-2010, 02:16 PM
RE: MALABAR PERDANA ML-BD 30April2010 - by JaY - 07-05-2010, 03:54 PM
RE: MALABAR PERDANA ML-BD 30April2010 - by Adolph - 07-05-2010, 10:13 PM
RE: MALABAR PERDANA ML-BD 30April2010 - by g10d - 08-05-2010, 09:10 AM
RE: MALABAR PERDANA ML-BD 30April2010 - by Adolph - 08-05-2010, 03:53 PM
RE: MALABAR PERDANA ML-BD 30April2010 - by animaX - 08-05-2010, 10:08 PM
RE: MALABAR PERDANA ML-BD 30April2010 - by Warteg - 14-05-2010, 02:05 PM

Forum Jump:


Users browsing this thread: 5 Guest(s)