Post Reply 
 
Thread Rating:
  • 31 Votes - 2.97 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5

Seandainya ada Mall di Stasiun Kereta Api (1)

Post: #1
Seandainya ada Mall di Stasiun Kereta Api
06-Apr-2010 16:00 PM

g10d
Gio Dariyo


*

Offline

Posts: 1,780
Likes Given: 1
Likes Received: 2 in 2 posts
Joined: Nov 2008
Reputation: 5



Seandainya di setiap Stasiun Kereta Api di Jakarta ada mallnya, mungkin masyarakat Jakarta lebih suka naik kereta kalo mau ke mall daripada membawa kendaraan pribadi. Dengan demikian Jakarta bebas macet.
Tidak menutup kemungkinan di kota lain selain Jakarta.
Mungkinkah hal ini bisa terjadi? New_bingung


Pengin naik kereta ke Pangandaran lagi
Jalur hidup bisa mati, tapi jalur yang mati lebih baik dihidupkan lagi
Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #2
RE: Seandainya ada Mall di Stasiun Kereta Api
06-Apr-2010 16:19 PM

fun_plano
Argo Jati


*

Offline

Posts: 1,091
Likes Given: 0
Likes Received: 5 in 8 posts
Joined: Oct 2009
Reputation: 10



(06-Apr-2010 16:00 PM)g10d Wrote:  Seandainya di setiap Stasiun Kereta Api di Jakarta ada mallnya, mungkin masyarakat Jakarta lebih suka naik kereta kalo mau ke mall daripada membawa kendaraan pribadi. Dengan demikian Jakarta bebas macet.
Tidak menutup kemungkinan di kota lain selain Jakarta.
Mungkinkah hal ini bisa terjadi? New_bingung

Bisa...contohnya SB (Surabaya Kota)..di atasnya udah ada pertokoan...klo diperbagus lagi bisa jadi mall. Mall pasar turi (yang sekarang masih jadi kontorversi) ada jalur KA yang menembus di tengah2 mall. Sehingga membentuk terowongan. Kalo terowongan itu dimodifikasi sebagai shelter/halte, bisa saja penumpang langsung turun di mall..

Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #3
RE: Seandainya ada Mall di Stasiun Kereta Api
06-Apr-2010 16:31 PM

m_ilhami
otomotif teoritis


*

Offline

Posts: 895
Likes Given: 0
Likes Received: 3 in 4 posts
Joined: Mar 2009
Reputation: 3



sekalian aja st tanah abang disambung dengan Pasar Blok A.
dibuatkan lorong atau travelator...bisa kalah luasnya kelapa gading 1-2-3.
Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #4
RE: Seandainya ada Mall di Stasiun Kereta Api
06-Apr-2010 18:55 PM

bagus70 !!
ؤرمط غرك



Offline

Posts: 2,564
Likes Given: 0
Likes Received: 4 in 13 posts
Joined: Feb 2008



Ide bagus....tapi perlu diingat, dulu di Surabaya pernah dilakukan hal itu di stasiun Semut baru. Namanya Indo Plaza, dimana diatas stasiun Surabaya Kota yang baru ada shopping centre, dimana para penumpang KA bisa shopping sebelum berangkat naik KA.

Tapi sayang, konsep ini kandas sekitar tiga tahun setelah Indo Plaza dibuka, dan kemudian Indo Plaza tutup.

Ada beberapa faktor yang mungkin menyebabkan Indo Plaza mati:
-sewanya kemahalan
-traffic pengunjung kurang.
-lokasi kurang strategis.

Dugaan saya, faktor nomor satu mungkin menjadi alasan kenapa Indo Plaza mati....
Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #5
RE: Seandainya ada Mall di Stasiun Kereta Api
06-Apr-2010 21:19 PM

Joe_cn
Yang terbaik tak pernah mati


****

Offline

Posts: 6,574
Likes Given: 8
Likes Received: 25 in 53 posts
Joined: Oct 2009
Reputation: 40



Ya bener itu sewanya kemahalan.....
Mungkin jangan dhe kalo dibuat mall, kita harus melihat fungsi dulu....

Di sta para konsumen mau ngapain?
Lebih ke arah sektor belanja ato perjalanan?
Lebih baik dibuat mini market, kalo Mall sepertinya tidak akan pernah bisa Mall dan Sta digabungkan.


Temen2 tolong bantu isi Survei ya Disini diklik lalu diisi surveinya, dapat pahala di dunia dan akhirat....New_bye

Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #6
RE: Seandainya ada Mall di Stasiun Kereta Api
07-Apr-2010 08:24 AM

Charles
PT. KAI Commuter Jabodetabek


*

Offline

Posts: 3,191
Likes Given: 0
Likes Received: 9 in 9 posts
Joined: Mar 2009
Reputation: 16



(06-Apr-2010 21:19 PM)Joe_cn Wrote:  Ya bener itu sewanya kemahalan.....
Mungkin jangan dhe kalo dibuat mall, kita harus melihat fungsi dulu....

Di sta para konsumen mau ngapain?
Lebih ke arah sektor belanja ato perjalanan?
Lebih baik dibuat mini market, kalo Mall sepertinya tidak akan pernah bisa Mall dan Sta digabungkan.

Benar sekali mas Joe, mall cukup banyak memakan tempat dibandingkan mini market, dan tidak semua stasiun besar dapat didirikan mall di dalamnya mengingat tempat yang cukup sempit, sehingga lebih baik didirikan mini market.

Konsumen di stasiun juga akan kurang tertarik dengan tawaran yang diajukan mall seandainya mall tersebut memang didirikan, mengingat prioritas utama konsumen adalah naik KA dan selamat sampai tujuan dan bukan untuk belanja/shopping karena mall di masyarakat nyaris identik dengan pusat belanja yang menjual barang-barang untuk kelas menengah ke atas.

CMIIW.

Tokyo Metro 05-108F|Sora Naegi

Jabodetabek no Tsuukin Dentetsu (KCJ)
Visit this user's website Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #7
RE: Seandainya ada Mall di Stasiun Kereta Api
07-Apr-2010 08:42 AM

g10d
Gio Dariyo


*

Offline

Posts: 1,780
Likes Given: 1
Likes Received: 2 in 2 posts
Joined: Nov 2008
Reputation: 5



Maksud saya untuk kereta Komuter jarak dekat.
Begini lho. kalo di setiap Mall ada stasiun kereta, jadi yang mau ke Mall itu gak perlu bawa mobil.
Bukan berarti di setiap stasiun itu ada mallnya, tapi di stiap mall itu ada stasiunnya.
kalo gitu judule salah ya? seharusnya "Ada stasiun kereta api di Mall" gitu ya?


Pengin naik kereta ke Pangandaran lagi
Jalur hidup bisa mati, tapi jalur yang mati lebih baik dihidupkan lagi
Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #8
RE: Seandainya ada Mall di Stasiun Kereta Api
07-Apr-2010 08:48 AM

tjcdes2009
Parahyangan


*

Offline

Posts: 510
Likes Given: 0
Likes Received: 2 in 3 posts
Joined: Sep 2009
Reputation: 6



Kalo di Mall kayaknya ga mungkin tapi kalo dekat dengan mall di jakarta kayaknya hampir semua stasiun dekat denagn mall atao plaza. Contoh :
Stasiun Kota (Beos) dan Kampung Bandan deket sama Mall Mangga Dua, Mangga Dua Plaza. Harco Mangga Dua, Glodok Plaza. Stasiun Senen deket sama Atrium, Stasiun JAtinegara deket sama Jatinegara Plaza dan belum lagi2 Stasiun2 yg dilalui sama KRL hampir smuanya deket mall tp buktinya yg mo naik kereta cuma sedikit ato pegawai mallnya ja.
Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #9
RE: Seandainya ada Mall di Stasiun Kereta Api
07-Apr-2010 10:34 AM

g10d
Gio Dariyo


*

Offline

Posts: 1,780
Likes Given: 1
Likes Received: 2 in 2 posts
Joined: Nov 2008
Reputation: 5



waktu itu saya ke Mall WTC Mangga dua, disitu kan deket stasiun Kampung Bandan. Nah kalo Stasiunnya di pindahin di Mall kan yang mau belanja bisa langsung tuh turun dari kereta.


Pengin naik kereta ke Pangandaran lagi
Jalur hidup bisa mati, tapi jalur yang mati lebih baik dihidupkan lagi
Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #10
RE: Seandainya ada Mall di Stasiun Kereta Api
07-Apr-2010 10:57 AM

bagus70 !!
ؤرمط غرك



Offline

Posts: 2,564
Likes Given: 0
Likes Received: 4 in 13 posts
Joined: Feb 2008



Pengalaman saya menjalankan usah di lahan PT KA...sewanya mahalnya minta ampun, dan kalau ada pegawai PT KA (biasanya level agak tinggi) terkadang suka minta diskon besar-besaran dengan alasan kenal sama atasan saya. Lha gitu caranya bisa untung?

Saya rasa itu yang dulu sempat menghinggapi benak para tenant di Indo Plaza.

Kalau konsep stasiun Mall yang pernah saya lihat sukses adalah di KL Sentral di Kuala Lumpur Malaysia. tapi waktu saya lihat, stasiun itu baru 3 bulan buka, jadi segalanya kelihatan bagus. Nggak tahu sekarang.
Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #11
RE: Seandainya ada Mall di Stasiun Kereta Api
07-Apr-2010 11:22 AM

kemal reza
bercinta didalam kabin cc20417


*

Offline

Posts: 1,060
Likes Given: 0
Likes Received: 0 in 0 posts
Joined: May 2009
Reputation: 4



klo ada mall di stasiun, pastinya sebelum mudik bisa shopping dulu dan beli cemilan buat di perjalanan..
Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #12
RE: Seandainya ada Mall di Stasiun Kereta Api
07-Apr-2010 11:36 AM

m_ilhami
otomotif teoritis


*

Offline

Posts: 895
Likes Given: 0
Likes Received: 3 in 4 posts
Joined: Mar 2009
Reputation: 3



pantesan makanan di stasiun itu mahal banget ya, apalagi di Gambir.
Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #13
RE: Seandainya ada Mall di Stasiun Kereta Api
07-Apr-2010 12:08 PM

kemal reza
bercinta didalam kabin cc20417


*

Offline

Posts: 1,060
Likes Given: 0
Likes Received: 0 in 0 posts
Joined: May 2009
Reputation: 4



klo ada mall, pasti kan ada market modern semacam ALFAxxxT yang harganya miring..
@M_ILHAMI : bukan hanya digambir aja kang, tapi di setiap stasiun juga lebih dari standar harganya..
CMIIW
Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #14
RE: Seandainya ada Mall di Stasiun Kereta Api
07-Apr-2010 13:34 PM

Agus Riyanto
Apakah besok masih bisa melihat Matahari ? ..........


*

Offline

Posts: 2,750
Likes Given: 1
Likes Received: 7 in 18 posts
Joined: Aug 2009
Reputation: 25



1. Sepertinya aga' sulit membangun mall di stasiun apalagi membangun stasiun di mall !!

2. Pengalaman saya DISINI memang sebagian besar stasiun mereka ada nya dibawah tanah dan tepat diatasnya adalah mall. Tapi ada juga sebagian yang mall nya itu aga' jauh dari stasiun. Tapi mereka menyatukannya dengan dibuat terowongan yang nyaman & asri antara stasiun dengan mall mall disekitarnya.

3. Berkaca pada negara tetangga tersebut, sepertinya untuk membuat mall di stasiun kita agak sulit krn stasiun kita ada diatas tanah.

4. Ada beberapa tempat di Jakarta (yg saya tahu), ada beberapa mall yang dekat dengan stasiun. Seperti Sta. JAKK dengan mangdu, Sta. PSE dengan Planet Senen, Sta. THB dengan pasar Tanah Abang, dll, dll. Bisa saja dihubungkan dengan membuat terowongan bawah tanah.

5. Sebaiknya terowongan tsb tdk hanya menghubungkan sta. dengan mall tapi juga ke daerah daerah sekitarnya. Sehingga calon penumpang yang hendak ke stasiun tidak perlu berjalan diatas trotoar/menyebrang jalan. kan bikin macet tuh. Contoh yang dah ada adalah didepan sta. JAKK

Regards

Ku mau terbang dan tenggelam, menjalani semua ini .....
"Terbang Tenggelam" ~ song by NETRAL
Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post: #15
RE: Seandainya ada Mall di Stasiun Kereta Api
07-Apr-2010 13:49 PM

bagus70 !!
ؤرمط غرك



Offline

Posts: 2,564
Likes Given: 0
Likes Received: 4 in 13 posts
Joined: Feb 2008



MAs Agus Riyanto, KL Sentral itu ada diatas tanah, dan nggak satupun public spacenya terletak dibawah tanah.
Find all posts by this user Like Post Quote this message in a reply
Post Reply 


Possibly Related Threads...
Thread: Author Replies: Views: Last Post
  Seandainya Tiap Stasiun Dipasang CCTV Dana Komuter 17 5,950 11-Aug-2012 13:56 PM
Last Post: PJL_Hunter
  Seandainya di Papua ada Jalur Kereta Api g10d 72 24,801 07-Sep-2011 08:49 AM
Last Post: Joe_cn
  Seandainya Purwosari-Solo Jebres dibangun jalur layang kereta api animaX 10 3,657 22-Jul-2010 07:23 AM
Last Post: Dana Komuter

Forum Jump:


User(s) browsing this thread: 1 Guest(s)