Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Jalur kereta api ke Bandara Juanda Surabaya
#1
Quote:Ke Bandara Juanda Naik Kereta Api?
Kamis, 1 April 2010 | 13:54 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com - Jika Anda ingin menuju Bandara dengan menggunakan kereta api, itu akan dapat dilakukan pada 2012 mendatang. Untuk merealisasikannya, Dinas Perhubungan dan Lalu Lintas Angkutan Jalan (Dishub & LLAJ) Jawa Timur akan membuat jalur kereta api (KA) listrik tembus ke Bandara Juanda.

"Selain menggunakan transportasi bus dan taksi, masyarakat bisa memanfaatkan jalur KA ini akan menjadi alternatif menuju bandara," ujar Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Transportasi Dishub dan LLAJ Jatim Wahid Wahyudi saat dikonfirmasi, Kamis (1/4/2010).

Ia menuturkan, untuk tahap awal, pihaknya akan membuat ruas rel KA dari Stasiun Gubeng ke Bandara Juanda. Menurut dia, rute itu dipilih, karena penumpang pada koridor utara-selatan volumenya cukup padat.

Untuk mewujudkan rute awal ini, konsep yang digunakan adalah memanfaatkan rel yang ada. Teknisnya, dari ruas rel di Aloha Sidoarjo akan disambung belok kiri menuju Juanda dengan memanfaatkan lahan di tengah-tengah jalan kembar (double way) Jl Raya Juanda Lama. Jalur ini dilanjutkan hingga jalur masuk tol bandara hingga perempatan Sedati dan langsung lurus ke Jl Raya Juanda Baru menuju Bandara Juanda.

Ia berharap, tahun ini Detail Engineering Design (DED) proyek bisa dituntaskan sehingga tahun depan proyek pembangunan bisa dimulai. "Paling lambat proyek ini bisa diselesaikan pada 2012," katanya. Mengenai KA yang dioperasionalkan, pihaknya akan menggunakan KA listrik baru (light rail) yang biasa dioperasikan di Jakarta.

sumber: Kompas


wow keretanya menggunakan jalur di tengah2 jalan raya
.
Reply


Messages In This Thread
Jalur kereta api ke Bandara Juanda Surabaya - animaX - 01-04-2010, 03:05 PM

Forum Jump:


Users browsing this thread: 1 Guest(s)